Qontak WhatsApp

Cara Membuat Siaran WhatsApp: Begini Caranya!

Cara-Membuat-Siaran-Di-WhatsApp

Begini Cara Mudah Membuat Pesan Siaran di WhatsApp!

WhatsApp merupakan platform populer yang sering digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, banyak bisnis memanfaatkan WhatsApp untuk media customer service dan marketing, salah satunya dengan mengirimkan pesan siaran ke banyak nomor sekaligus. Selain itu cara membuat siaran di WhatsApp juga mudah dan efisien dibandingkan metode lainnya.

7 cara membuat pesan siaran di WhatsApp sebagai berikut:

  1. Mendaftar ke WhatsApp Official Partnercom
  2. Ajukan Verifikasi Facebook Business Manager
  3. Lengkapi Profil Bisnis
  4. Masuk ke Chat Panel Qontak.com
  5. Susun List Kontak Broadcast
  6. Buat Temple Pesan Siaran
  7. Kirim Pesan Siaran


Apa itu Pesan Siaran (Broadcast) WhatsApp?

Pesan siaran (broadcast) adalah pesan massa yang dikirimkan melalui WhatsApp Business API ke banyak (ratusan hingga ribuan) kontak  sekaligus. Pesan tersebut akan diterima pelanggan selayaknya pesan individual (WhatsApp Messenger).

Kelebihan mengirim pesan siaran di WA API adalah Anda tidak perlu menyimpan nomor atau kontak penerima. Selain itu WhatsApp API juga tidak membatasi jumlah kontak yang akan Anda kirimi pesan siaran.

Oleh karena itu, Pesan Siaran API WhatsApp sering juga dimanfaatkan sebagai marketing tools. Cara ini dinilai lebih efektif efisien untuk menjangkau prospek dan pelanggan lebih banyak secara bersamaan.


Apa saja Syarat Membuat Siaran di WhatsApp?

Sebelum masuk ke cara membuat siaran di WhatsApp, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat yang harus dipenuhi. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti akun diblokir.

Berikut syarat-syarat broadcast WhatsApp biasa adalah

  • Simpan semua nomor pelanggan atau prospek yang akan dikirimi pesan pada smartphone
  • Penerima pesan siaran harus menyimpan nomor bisnis Anda.
  • Pesan siaran yang dikirim terbatas hanya ke 256 kontak.
  • Pesan siaran akan diterima dalam waktu berbeda-beda bahkan di hari berikutnya.

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda merasa syarat tersebut kurang efisien. Pasti Anda ingin mengirim pesan siaran ke banyak prospek dan pelanggan. Sementara tidak semua kontak mereka tersimpan dalam database.

Maka dari itu cara membuat siaran di WhatsApp terbaik adalah menggunakan WhatsApp blast dari WA API. Sebab WhatsApp API merupakan fitur resmi dari WhatsApp. Dengan begitu Anda dapat dengan bebas mengirimkan pesan siaran tanpa syarat apapun.

Perbedaan mengirimkan pesan siaran melalui WA blast dan WhatsApp broadcast sebagai berikut:

Siaran Resmi melalui Blast WhatsApp

Siaran melalui Broadcast WhatsApp

Tidak ada batasan jumlah kontak yang bisa dikirimi pesan Hanya bisa mengirim pesan ke 256 kontak
Nomor tujuan tidak harus menyimpan nomor Anda Nomor tujuan harus menyimpan nomor Anda
Anda tidak harus menyimpan kontak nomor tujuan yang akan dikirimi pesan. Cukup disimpan di file Excel Anda harus menyimpan kontak nomor tujuan yang akan dikirimi pesan di perangkat Anda
Waktu delay pesan dapat diatur sesuai kebutuhan. Pesan dapat terkirim saat itu juga Ada jeda antar pesan yang terkirim (diatur otomatis oleh WhatsApp). Pesan tidak terkirim dalam waktu yang bersamaan
Memiliki fitur personalisasi yang dinamis Tidak bisa mengirim pesan secara personal, misalnya menyebut nama
Kaya akan fitur pendukung strategi WhatsApp marketing lainnya, seperti: import dan export kontak, pembagian pesan secara rata, dan integrasi dengan channel media sosial lainnya

Bagaimana Cara Membuat Siaran di WhatsApp Resmi?

Cara membuat siaran di WhatsApp resmi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan melalui blast. Template pesan siaran WhatsApp dapat Anda simpan dan dikirim kembali di lain waktu. Untuk lebih lengkapnya, simak cara membuat siaran di WhatsApp resmi berikut ini:

Step 1: Mendaftar ke WhatsApp Official Partner Qontak.com

Langkah-1-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Cara membuat siaran di WhatsApp pertama dengan mendaftarkan bisnis Anda menjadi WhatsApp API melalui Business Solution Provider (BSP) Qontak.com. Selanjutnya BSP akan membantu Anda mendapatkan WA API lengkap dengan fitur canggihnya seperti Chatbot, blast dan masih banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2: Ajukan Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah-2-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Untuk mendapatkan API WhatsApp, ajukan verifikasi akun bisnis pada Facebook Business Manager. Selanjutnya Facebook akan mengkonfirmasi apakah Anda telah memenuhi persyaratan dan memiliki sebuah bisnis. Qontak.com akan membantu Anda mengajukan verifikasi hingga disetujui. Anda hanya perlu menyiapkan:

  • Nama perusahaan
  • URL website perusahaan
  • Email resmi perusahaan
  • SIUP/NIB/NPWP perusahaan

Step 3: Lengkapi Profil Bisnis

Langkah-3-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Sebelum mengisi profil, Anda diminta untuk menentukan nomor yang akan digunakan sebagai WhatsApp API. Nomor tersebut bisa baru atau lama, tapi tidak bisa diganti setelah didaftarkan.

Setelah itu lengkapi profil akun WhatsApp Business. Isi dengan informasi sedetail mungkin seperti jam operasional, alamat, katalog dan lainnya. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah mengenali bisnis Anda, sekaligus sebagai branding.

Step 4: Masuk ke Chat Panel Qontak.com

Langkah-4-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Untuk memulai membuat pesan siaran, Anda perlu login ke chat panel Qontak.com. Masuk dengan username dan password yang telah diberikan.

Step 5: Susun List Kontak Broadcast

Langkah-5-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Selanjutnya adalah membuat list kontak yang akan menerima pesan siaran. Caranya masuk pada menu Broadcast, pilih ‘Lists’. Klik ‘Create New List’. Masukkan atau unggah nomor-nomor yang ingin Anda kirimi pesan siaran dalam bentuk Excel atau CSV.

Step 6: Buat Temple Pesan Siaran

Langkah-6-Cara-Membuat-Siaran-di-WhatsApp

Pilih ‘Templates’, kemudian klik ”Add New Template’. Anda juga bisa menyisipkan gambar, dokumen dan video pada template. Disarankan untuk membuat pesan siaran minimal 1×24 jam sebelum dikirimkan. Alasannya pihak WhatsApp perlu waktu untuk meninjau isi pesan siaran tersebut, apakah telah sesuai dengan ketentuan yang mereka terapkan.

Dimana WhatsApp tidak mengizinkan isi pesan siaran mengandung hard selling seperti diskon besar-besaran, buy one get one dan banyak lagi.

Step 7: Kirim Pesan Siaran

Apabila template telah disetujui WhatsApp, mulailah mengirimkan pesan siaran dengan klik ‘New Broadcast Message’ pilih tipe kampanye. Selanjutnya bangun struktur atau template kampanye yang akan dikirim.

Dalam hitungan menit, sistem akan otomatis mengirimkan pesan siaran ke nomor yang ada pada list. Penerima akan menerima pesan Anda secara bersamaan. Nama bisnis dan centang hijau akan muncul sebagai pengirim meski penerima pesan tidak menyimpan nomor Anda.


Apa Bahaya Membuat Siaran Melalui WhatsApp yang Tidak Resmi?

Mengirimkan pesan siaran tidak resmi berulang ulang melanggar aturan ‘Terms of Service’. Sebab pesan siaran berupa iklan, spam, memajang status atau foto profil yang melanggar hukum akan dianggap mengganggu pengguna lain.

WhatsApp akan mendeteksi pesan tersebut dan memberi ‘hukuman’ dengan memblokir akun. Pemblokiran akun WhatsApp bisa sementara selama berjam-jam, terkadang bisa mencapai 24 jam lebih. Bahkan untuk kasus tertentu, WhatsApp akan meneruskannya ke proses hukum.

Dikutip dari merdeka.com bahwa saat server WhatsApp memblokir sebuah akun, maka pengguna tidak akan bisa mengakses akun sama sekali. Yang bisa dilihat hanyalah notifikasi pemblokiran dan hitung mundur waktu pemblokiran.

Hal ini akan sangat merugikan dan mengganggu aktivitas customer service atau marketing Anda. Terlebih saat ini banyak pelanggan yang lebih nyaman menggunakan WhatsApp dibanding platform lainnya.

Solusi agar akun tidak diblokir adalah mengirimkan pesan siaran melalui blast WhatsApp API. Dengan blast, Anda bebas mengirimkan pesan siaran tanpa syarat apapun. Sebab WhatsApp blast hanya dapat diperoleh official partner WhatsApp API Business seperti Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Gunakan Cara Membuat Pesan Siaran Resmi di WhatsApp Sekarang!

Seperti yang dibahas sebelumnya, cara membuat pesan siaran di WhatsApp cukup mudah. Pertama Anda perlu meningkatkan akun bisnis Anda menjadi WhatsApp Business API. Selanjutnya Anda bisa menggunakannya layaknya WhatsApp Messenger biasa. API WhatsApp tidak akan blokir oleh pihak WhatsApp.

WhatsApp API hanya bisa diperoleh melalui Business Solution Provider seperti Qontak.com. WhatsApp API dari Qontak.com terintegrasi Aplikasi CRM juga dapat dihubungkan dengan Omnichannel. Selain itu juga dilengkapi fitur lengkap seperti auto reply, ChatBot, rotator dan banyak lainnya.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

0 comments

By