Daftar isi
4 min read

3 Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan Pada Bisnis

Tayang 16 Maret 2020
Diperbarui 11 Desember 2023
cara-membuat-crm-berhasil
3 Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan Pada Bisnis

Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) telah banyak diterapkan pada bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM yang berhasil diimplementasikan akan membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Namun bagaimana caranya? Simak pengertian, manfaat, dan cara membuat CRM berhasil pada artikel dibawah ini.


Apa itu CRM? Bagaimana Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan?

Sebelum mempelacari cara membuat CRM berhasil, terlebih dahulu kita perlu memahami apa itu CRM. Customer relationship management (CRM) adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi – interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Tujuan implementasi CRM adalah untuk membantu bisnis Anda dalam mengembangkan hubungan yang dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bayangkan Anda telah menemukan aplikasi CRM yang Anda cari. Anda telah memasukkan data-data ke sistem CRM yang baru dan mengadakan meeting untuk memperkenalkan sistem baru tersebut. Anda merasa ini adalah strategi sales force yang sangat baik. Setelah berjalan beberapa minggu, ternyata terdapat fitur-fitur CRM yang tidak diterapkan oleh tim Anda. Bagaimana mengatasinya dan cara membuat CRM agar berhasil adalah pertanyaan selanjutnya.

cara-membuat-crm-berhasil


Apa Manfaat Implementasi CRM bagi Bisnis?

Implementasi CRM yang berhasil akan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Aplikasi CRM menyederhanakan proses customer service lebih efisien dan efektif. Selain itu, manfaat CRM lainnya yang bisa Anda dapatkan dari proses CRM sebagai berikut:

  • Membantu bisnis mendapatkan prospek atau pelanggan baru
  • Memahami kebutuhan pelanggan lebih mudah
  • Mengumpulkan semua informasi pelanggan dalam satu platform
  • Memudahkan dalam mengidentifikasi kendala yang mungkin terjadi pad operasinal bisnis
  • Memantau seluruh aktivitas dalam bisnis darimana saja
  • Integrasi CRM dengan saluran bisnis lainnya

3 Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan Pada Bisnis

1. Komunikasi

Keberhasilan dari adanya suatu perubahan adalah bagaimana hal tersebut dikomunikasikan dengan baik. Pemilihan dan penerapan sistem CRM harus melibatkan feedback dari tim penjualan Anda. Merekalah pengguna utama sistem tersebut sehingga sangat penting untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. Apa yang Anda pikir butuhkan belum tentu sesuai dengan kebutuhan tim penjualan Anda. Anda harus melibatkan dan membuat mereka tertarik dengan perubahan ini.

Dengan menciptakan komunikasi di awal proses perubahan, Anda akan mendorong inovasi dari tim. Anggota tim akan terlibat dalam meningkatkan keseluruhan proses penjualan. Anda akan memperoleh ide-ide terbaik dari tim Anda.

Komunikasi yang baik juga akan membuat tim Anda mensosialisasikan implementasi aplikasi CRM yang baru tanpa pengawasan terus menerus dari Anda. Ini merupakan hal yang penting untuk membuat tim Anda nyaman dengan aplikasi CRM yang baru sehingga implementasi akan menjadi lebih sukses.

2. Perencanaan

Selain komunikasi yang baik, Anda harus melakukan perencanaan dalam penerapan sistem CRM pada penjualan Anda. Setelah memilih sistem CRM dan mengomunikasikannya pada tim, langkah selanjutnya yaitu memastikan Anda memperoleh manfaat CRM.

Menerapkan sistem CRM adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi keseluruhan proses bisnis Anda. Perhatikan beberapa pertanda bahwa perusahaan Anda membutuhkan CRM segera.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan ketika melakukan perencanaan dalam menerapkan CRM yaitu:

  • Apa yang bisa diotomatisasi dengan sistem CRM ini?
  • Bagaimana dapat memperoleh informasi yang tepat di waktu yang tepat?
  • Bagaimana memasukkan data ke sistem CRM?

3. Fasilitasi

Walaupun telah dilakukan komunikasi secara berkala dan perencanaan terhadap implementasi CRM pada tim, Anda tetap harus fleksibel terhadap perubahan. Pengembangan baru dapat dilakukan pada proses penjualan Anda dengan melibatkan tim.

Namun, Anda harus tetap memastikan adanya komunikasi secara berkala sehingga perubahan tersebut dapat digunakan pada keseharian tim Anda. Hal ini untuk melihat mana perubahan yang berhasil sehingga dapat dilanjutkan untuk membangun penjualan Anda.

Salah satu kendala utama dalam implementasi CRM adalah memastikan bahwa tim memiliki pemahaman yang sama. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana tiap anggota penjualan menggunakan data CRM secara real time dalam meningkatkan pemasukan dan memperpendek siklus penjualan.

Pastikan tim Anda melihat penggunaan aplikasi CRM sesering mungkin. Implementasi CRM akan semakin berhasil jika tim dapat melihat bagaimana pemimpin mereka menggunakan dan memperoleh manfaat darinya.


Permudah Cara Membuat CRM Berhasil dan Terapkan Sekarang!

cara-membuat-crm-berhasil-dengan-qontak

Aplikasi CRM terbaik harus dapat meningkatkan customer experience dalam membangun pengembangan bisnis, terutama memastikan bahwa informasi yang tepat diperoleh oleh orang yang tepat di saat yang tepat. Dengan membangun cara membuat CRM di atas, Anda dapat merasakan keuntungan dan manfaat CRM bagi perusahaan.

Jika Anda masih belum menemukan sistem CRM yang Anda butuhkan, segera hubungi Qontak.com untuk konsultasi secara gratis. Qontak.com merupakan solusi CRM terbaik di Indonesia yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan Anda.

 

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales