Daftar isi
3 min read

5 Cara Membuat Bot Instagram untuk Meningkatkan Sales

Tayang 26 Juli 2021
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara membuat bot Instagram
5 Cara Membuat Bot Instagram untuk Meningkatkan Sales

Cara membuat Bot Instagram merupakan salah satu search term yang banyak pelaku bisnis cari. Terutama mereka menggunakan Instagram sebagai media pemasaran dan penjualannya.

Penggunaan bot pada Instagram Shop mempermudah mengirimkan katalog toko langsung lewat DM IG, bahkan WhatsApp, Facebook Messenger, dan akun media sosial lainnya. Oleh karena itu, banyak bermunculan berbagai aplikasi yang menawarkan fitur Bot IG.

Bot IG terbaik satu-satunya adalah melalui Instagram API yang hanya bisa didapatkan melalui rekan resmi Instagram. Pasalnya cara membuat Bot Instagram resmi menghindari Anda dari resiko yang bisa merugikan bisnis seperti pencurian data.

Pelajari selengkapmya pada artikel berikut ini.


Bagaimana Cara Membuat Bot Instagram?

Berikut ini merupakan cara membuat bot Instagram resmi adalah:

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram

Logo Mekari Qontak

Pertama adalah mendaftar ke Mitra Resmi Instagram API untuk Instagram seperti Mekari Qontak sangatlah penting. Ini merupakan syarat pertama untuk mendapatkan bot untuk Instagram API.

Qontak akan memastikan Anda memiliki seluruh fitur ChatBot dengan harga yang terjangkau. Qontak juga akan men-set up aplikasi Omnichannel yang merupakan medium untuk Instagram API.

Step 2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager

Cara Membuat Bot Instagram Facebook Business Manager Account

Untuk dapat menggunakan Chatbot pada IG API, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Jika belum memilikinya, Anda bisa membuat dan mendaftarkannya dahulu. Untuk API Instagram, Akun Facebook Business Manager tidak perlu diverifikasi.

Step 3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Cara Membuat Bot Instagram Akun Instagram Business

Karena khusus untuk bisnis dan perusahaan, maka akun IG Anda haruslah akun Instagram Business atau Professional Account. Berikut adalah cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account):

  • Buka halaman Profile Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  • Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  • Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  • Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  • Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

Step 4. Mitra Resmi akan Men-Set Up ChatBot

Cara Membuat Bot Instagram Setting Bot Instagram API

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Mekari Qontak sebagai Mitra Resmi akan membantu men-set up Bot untuk akun IG Anda melalui aplikasi Omnichannel Qontak.

Step 5. Bot Instagram API Siap

Inbox Instagram API

Setelah di-set up, Mekari Qontak akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Instagram API. Setelah itu, Bot IG siap digunakan.


Dapatkan Bot Instagram Resmi untuk Bisnis Anda Sekarang!

Cara membuat bot Instagram resmi cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungi tim Mekari Qontak. Selanjutnya, tim Mekari Qontak yang akan membantu Anda mendapatkan Instagram API dengan mudah.

Selain bot, API Instagram memiliki fitur lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan sales pada Instagram Shopping Anda. Salah satunya, fitur blast yang berguna mengirimkan promosi massal. Dan masih banyak fitur Instagram tools lainnya.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : ChatbotInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales