Qontak WhatsApp

Cara Membuat API WhatsApp: Begini Tahapannya!

cara-membuat-api-whatsapp

Ingin menggunakan API WhatsApp, tapi bingung memulainya? Berikut cara membuat API WhatsApp!

Saat ini, hampir semua pengguna internet menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bekirim pesan, termasuk transaksi bisnis. Menyadari hal itu, WhatsApp mengeluarkan fitur baru WhatsApp API yang didesaign khusus untuk membantu bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Lalu bagaimana cara membuat API WhatsApp Business?

Berikut cara membuat API WhatsApp Business dengan mudah:


Sebelum Mempelajari Bagaimana Cara Membuat API WhatsApp, mari kenali Apa itu WhatsApp API?

Cara Membuat WhatsApp Business API adalah dengan bermitra dengan official partner WhatsApp. API WhatsApp sendiri adalah produk terbaru WhatsApp yang didesain khusus bagi bisnis untuk memudahkan dalam menjangkau pelanggan. WhatsApp API (Application Program Interface)  digunakan untuk menghubungkan antara WhatsApp dengan aplikasi yang lain. Peran dari API adalah biasanya sebagai perantara yang menghubungkan aplikasi penjualan, baik dari platform yang sama maupun lintas platform.

Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel. Versi WhatsApp ini dapat diterapkan pada server dan menyediakan API lokal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara terprogram. WhatsApp Business API juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) atau WhatsApp CRM.

Secara singkat, berikut adalah perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau


Mengapa Bisnis Perlu Mengetahui Cara Membuat API WhatsApp?

Alasan bisnis perlu mengetahui cara membuat API WhatsApp adalah kemampuan WA API untuk merespon pelanggan secara otomatis. Hal ini terbukti mampu meningkatkan customer service. WhatsApp API terbukti dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan berinteraksi efektif dengan pelanggan.

Hal tersebut tidak lepas dari fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh WhatsApp Business API yang dapat melakukan banyak hal seperti berikut:

– Dilengkapi Profile Business sebagai Branding

Pihak WhatsApp membuat fitur ini khusus untuk bisnis memberikan informasi yang bermanfaat untuk pelanggan, seperti alamta, deskripsi bisnis, alamat email dan situs web Anda.  Hal ini membantu pelanggan mengenali bisnis Anda lebih mudah sekaligus sebagai branding dalam waktu bersamaan.

– Digunakan banyak Agen dan Device

Akun WhatsApp API dapat digunakan banyak admin atau agen dengan satu nomor melalui perangkat berbeda. Dengan begitu, bisnis dapat merespon pelanggan lebih cepat dan mereka juga tidak perlu kebingungan menghubungi Anda karena hanya tersedia satu nomor.

– Otomatisasi Sistem Pada WhatsApp

API WhatsApp dilengkapi sistem otomatisasi yang akan menyimpan dan mengunduh semua kontak, percakapan serta informasi pelanggan lainnya. Hal ini bermanfaat bagi tim support memberikan customer experience yang lebih baik.

– Akun Terverifikasi yang Meningkatkan Customer Trust

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Tanda centang hijau pada akun WhatsApp bot API dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan terhadap bisnis Anda.

– Melayani Pelanggan Cepat dengan Rotator

Rotator akan otomatis meneruskan pesan dari pelanggan atau prospek ke customer service. Sehingga semua pesan yang masuk dapat ditangani lebih cepat dan tepat.

– Asisten Virtual (ChatBot)

WhatsApp Business API memiliki fitur unggulan ChatBot yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini dapat menyelesaikan permintaan pelanggan sederhana dalam waktu cepat tanpa perlu bantuan customer service.

– Mengirimkan Pesan Broadcast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk mampu mengirimkan banyak pesan secara bersamaan meskipun mereka tidak menyimpan kontak bisnis. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

Integrasi dengan CRM

API WhatsApp Business dapat diintegrasikan dengan CRM. Hal ini akan mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API

Cara-Membuat-API-WhatsApp-features


Siapa Saja yang Perlu Mengetahui Cara Membuat API WhatsApp?

WhatsApp API sangat dibutuhkan bisnis skala menengah dan besar yang memiliki banyak pelanggan. Misalnya industri retail yang memiliki banyak permintaan pelanggan masuk setiap harinya. Tim customer service akan kerepotan untuk menangani semua permintaan tersebut satu persatu. Umumnya mereka menghabiskan waktu 5-8 menit untuk melayani satu pelanggan. Berbeda bila menggunakan WhatsApp Business API yang mampu menangani banyak pelanggan dalam waktu bersamaan sekaligus. Hal serupa juga dialami oleh industri hospitality, konstruksi, kesehatan dan lainnya membutuhkan WhatsApp API untuk meningkatkan customer service.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp API?

WhatsApp API tidak dapat diperoleh dengan sekedar mengunduh secara gratis di Playstore atau Appstore. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan yang terpenting adalah memilih partner WhatsApp resmi yang tepat, seperti Qontak.com.

Akun WhatsApp Business harus diterima oleh WhatsApp dengan bantuan WhatsApp partner. Untuk membuat akun WhatsApp API, yang harus dilakukan adalah:

Step 1. Memilih WhatsApp Partner Resmi Qontak.com

official partner facebook qontak

Memilih WhatsApp partner yang tepat sangatlah penting. Sebab ketika memilih WhatsApp partner, Anda memilih untuk terhubung dengan API partner tersebut, bukan kepada API WhatsApp langsung. Pilihlah WhatsApp partner resmi di Indonesia seperti Qontak.com untuk memastikan seluruh fitur WhatsApp API yang dibutuhkan dapat Anda miliki dengan harga terjangkau.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 2. Melakukan Verifikasi Akun Facebook Manager

cara membuat API WhatsApp-facbook manager

WhatsApp menggunakan proses ini untuk memvalidasi kebenaran identitas perusahaan yang didaftarkan. Data yang diberikan biasanya berupa:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Mendaftarkan WhatsApp Business Account pada Facebook Business Manager dapat membingungkan. Untuk itulah official WhatsApp partner seperti Qontak.com hadir untuk membantu perusahaan. Anda tidak perlu repot untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk registrasi perusahaan, sebab semua akan ditangani oleh Qontak.com.

Setelah seluruh syarat terpenuhi, official partner akan mendaftarkan bisnis Anda secara langsung ke WhatsApp.

Step 3. Mengaktifkan Nomor yang Ingin Didaftarkan

Ketika bisnis Anda sudah disetujui oleh WhatsApp, Anda hanya perlu menambahkan nomor telepon yang ingin digunakan. Nomor ini tidak bisa diganti sehingga Anda perlu menentukannya dengan hati-hati.

cara membuat API whatsapp-green-tick-qontak

Selain itu, Anda bisa melengkapi profil bisnis. Usahakan profil diisi dengan informasi bisnis selengkap mungkin seperti jam operasional, website, katalog dan lainnya. Hal ini akan membantu branding bisnis Anda.

Step 4. WhatsApp API Siap Digunakan

bot-qontak-official

Setelah nomor telah aktif, WhatsApp bisa langsung digunakan dan diintegrasikan dengan aplikasi CRM untuk semakin mengembangkan sales dan customer service perusahaan.

Dengan langkah-langkah di atas, perusahaan Anda dapat memperoleh API WhatsApp Business. Salah satu kelebihan API WhatsApp adalah tanda centang berwarna hijau, yang menandakan akun telah terverifikasi. Ketika akun WhatsApp telah terverifikasi, nama perusahaan akan muncul beserta tanda centang berwarna hijau, bahkan jika pengguna belum menyimpan kontak Anda.


Apa saja Manfaat Bisnis Mengetahui Cara Membuat API WhatsApp?

Seperti yang telah diketahui cara membuat API WA cukup mudah. Tapi mungkin Anda masih ragu untuk menerapkan WA Business API untuk bisnis Anda. Maka Anda perlu memperhatikan manfaatkan dari WhatsApp API business berikut ini:

  • Menangani pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor WhatsApp
  • Melayani pelanggan pelanggan selama 24 jam nonstop
  • Asisten virtual yang meringankan kerja customer service Anda
  • Dilengkapi dashboard laporan analisis yang memudahkan Anda memantau seluruh aktivitas layanan pelanggan melalui WA.
  • Integrasi dengan sistem CRM yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Meningkatkan customer service lebih cepat dan efisien
  • Membangun loyalitas dan kredibilitas dimata pelanggan
  • Terjamin keamanan karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp.

Bagaimana Cara membuat API WhatsApp Paling Mudah?

Sebagai Official Partner WhatsApp Business, Qontak.com dapat membantu bisnis Anda untuk membuat API WhatsApp lebih mudah. Qontak.com telah membantu berbagai macam industri dari berbagai skala bisnis untuk merasakan banyak kelebihan yang dimiliki oleh WhatsApp Business API. Tidak perlu pusing untuk melakukan pendaftaran karena Qontak.com yang akan menanganinya untuk Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di samping kanan!

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API melalui video berikut ini:

 

You may also like

By