Qontak WhatsApp

Cara Membuat API WhatsApp: Begini Caranya!

Ingin menggunakan API WhatsApp, tapi bingung memulainya? Berikut cara membuat API WhatsApp!

Hampir semua bisnis kini memanfaatkan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini tidak mengherankan sebab bisa dipastikan hampir seluruh pengguna smartphone saat ini memiliki WhatsApp. Hadirnya WhatsApp API Indonesia telah membuat penggunaan WhatsApp untuk bisnis semakin meluas. Bisnis skala kecil biasanya menggunakan WhatsApp Business biasa yang bisa diunduh secara gratis. Namun, bagi bisnis skala menengah hingga besar, penggunaan WhatsApp Business API akan lebih sesuai. Lalu bagaimana cara membuat API WhatsApp Business?

Mengenal WhatsApp API

Sebelum mempelajari bagaimana cara membuat API WhatsApp, mari kenali terlebih dahulu apa itu WhatsApp API.

WhatsApp Business API berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel. Versi WhatsApp ini dapat diterapkan pada server dan menyediakan API lokal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara terprogram.

WhatsApp Business API juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service. Integrasi WhatsApp dengan CRM sering juga disebut dengan istilah WhatsApp CRM.

Cara membuat api whatsapp

WhatsApp Business API didesain bagi bisnis yang lebih besar untuk memudahkan dalam menjangkau pelanggan mereka. Karena bentuknya API, tidak ada front end interface yang tersedia. WhatsApp API digunakan dengan mengambil endpoint dan mengintegrasikannya dengan software perusahaan yang sudah ada.

3 penggunaan utama WhatsApp API:

  • Untuk menciptakan kehadiran perusahaan pada WhatsApp , yaitu melalui WhatsApp Business Profile
  • Memberikan respon kepada pelanggan dengan lebih cepat, salah satunya dengan bantuan WhatsApp Chatbot
  • Memberikan pesan notifikasi secara terprogram

Baca juga: 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API

Langkah-langkah dan Cara Membuat WhatsApp API

WhatsApp API tidak dapat diperoleh dengan sekedar mengunduh secara gratis di Playstore atau Appstore. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan yang terpenting adalah memilih partner WhatsApp resmi yang tepat, seperti Qontak.com.

Akun WhatsApp Business harus diterima oleh WhatsApp dengan bantuan WhatsApp partner. Untuk membuat akun WhatsApp API, yang harus dilakukan adalah:

1. Memilih WhatsApp Partner

Memilih WhatsApp partner yang tepat sangatlah penting. Sebab ketika memilih WhatsApp partner, Anda memilih untuk terhubung dengan API partner tersebut, bukan kepada API WhatsApp langsung. Pilihlah WhatsApp partner resmi di Indonesia seperti Qontak.com untuk memastikan seluruh fitur WhatsApp API yang dibutuhkan dapat Anda miliki dengan harga terjangkau.

cara membuat api whatsapp

2. Melakukan Verifikasi Perusahaan

WhatsApp menggunakan proses ini untuk memvalidasi kebenaran identitas perusahaan yang didaftarkan. Data yang diberikan biasanya berupa:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Mendaftarkan WhatsApp Business Account pada Facebook Business Manager dapat membingungkan. Untuk itulah official WhatsApp partner seperti Qontak.com hadir untuk membantu perusahaan. Anda tidak perlu repot untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk registrasi perusahaan, sebab semua akan ditangani oleh Qontak.com.

Setelah seluruh syarat terpenuhi, official partner akan mendaftarkan bisnis Anda secara langsung ke WhatsApp.

3. Mengaktifkan Nomor yang Ingin Didaftarkan

Ketika bisnis Anda sudah disetujui oleh WhatsApp, Anda hanya perlu menambahkan nomor telepon yang ingin digunakan. Nomor ini tidak bisa diganti sehingga Anda perlu menentukannya dengan hati-hati.

Setelah nomor telah aktif, WhatsApp bisa langsung digunakan dan diintegrasikan dengan aplikasi CRM untuk semakin mengembangkan sales dan customer service perusahaan.

Dengan langkah-langkah di atas, perusahaan Anda dapat memperoleh API WhatsApp Business. Salah satu kelebihan API WhatsApp adalah tanda centang berwarna hijau, yang menandakan akun telah terverifikasi. Ketika akun WhatsApp telah terverifikasi, nama perusahaan akan muncul beserta tanda centang berwarna hijau, bahkan jika pengguna belum menyimpan kontak Anda.

Cara membuat API WhatsApp lebih mudah dengan Qontak.com

Sebagai Official Partner WhatsApp Business, Qontak.com dapat membantu bisnis Anda untuk membuat API WhatsApp lebih mudah. Qontak.com telah membantu berbagai macam industri dari berbagai skala bisnis untuk merasakan banyak kelebihan yang dimiliki oleh WhatsApp Business API. Tidak perlu pusing untuk melakukan pendaftaran karena Qontak.com yang akan menanganinya untuk Anda.cara membuat api whatsapp

Pelajari cara membuat API WhatsApp langsung dengan partner WhatsApp Indonesia resmi terpercaya. Klik di sini.

You may also like

By