Qontak WhatsApp

Cara Memaksimalkan Marketing di Musim Liburan

Marketing in Holiday Season

Menjelang akhir tahun, Anda pasti sudah mulai ancang-ancang merencanakan diskon dan promo spesial apa yang bisa Anda tawarkan bagi customer Anda. Di sinilah, perencanaan dan strategi marketing Anda harus benar-benar dipikirkan. Inilah peluang yang tidak boleh dilewatkan, di mana customer yang tertarik dengan promo yang Anda tawarkan akan secara aktif melakukan sign up untuk database Anda, melakukan follow di social media, mendownload aplikasi Anda dan berbelanja.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips marketing di musim liburan yang dipenuhi dengan diskon bersaing, yang bisa Anda jadikan pertimbangan!

  1. Ketahuilah tema marketing yang paling relevan memasuki musim liburan

Bulan Oktober, November dan Desember biasanya adalah tiga bulan akhir dengan berbagai tema yang berlomba-lomba didesainkan strategi marketingnya oleh para marketer. Musim liburan dan atmosfernya yang semakin mendekat membuat banyak calon customer mendekat. Mengetahui tema apa yang tepat untuk target market Anda akan membantu menarik perhatian mereka dan membuat mereka memenuhi call to action yang Anda berikan lewat email promosi atau lewat media sosial.

Konten-konten seperti hadiah yang bisa Anda berikan selama musim liburan sangat menarik untuk mereka simak, dan mengetahui bahwa pilihan barangnya tersedia dan ditawarkan oleh bisnis Anda dapat membantu menarik massa, audiens serta menambah jumlah member.

  1. Lakukan segmentasi pada daftar email Anda, kelompokkan menjadi customer yang hanya berbelanja saat musim liburan atau mereka yang secara rutin berbelanja

Setelah melakukan pengelompokkan, Anda dapat mendesain kampanye marketing yang memang diperuntukkan bagi customer yang hanya berbelanja memasuki musim liburan dan mereka yang berbelanja secara rutin. Kampanye yang disesuaikan dengan kecenderungan berbelanja customer Anda akan membuat customer merasa ditargetkan secara personal dan membantu mereka untuk mengambil keputusan secara lebih mudah.

Marketing in Holiday Season
Sumber Gambar: bulldogreporter.com

3. Pastikan semua call to action serta customer journey Anda berlaku dalam akses mobile

Promosi harga di masa liburan akan lebih efektif ketika diakses dari mobile phone. Anda bisa mengundang calon customer dengan memberikan reward apabila mereka mendownload aplikasi mobile Anda atau jika mereka melakukan subscribers dengan nomor handphone Anda. Jika Anda berhasil membuat mereka melakukan subscribe dalam journey yang lebih mudah, mereka tidak akan ragu untuk melakukan transaksi. Akses yang mudah via smartphone ini perlu dipastikan agar bekerja secara serentak dan efisien dalam setiap tipe smartphone dan sistem operasinya.

  1. Bangunlah dan ciptakan pesan yang solid untuk ditampilkan di semua profil di media sosial

Penggunaan Facebook, Instagram dan Twitter, bahkan YouTube dan Snapchat merupakan tempat di mana para calon customer bersarang dan beraktivitas setiap harinya. Memasuki musim liburan, pastikan Anda melakukan postingan secara rutin tanpa menciptakan spamming. Share berbagai content yang akan menciptakan interaksi yang positif dari komunitas di sekitar Anda dan bangun algoritma yang efektif agar ke depannya Anda bisa memasukkan pesan marketing yang relevan dalam platform yang juga relevan.

Marketing in Holiday Season
Sumber Gambar: entrepreneur.com

 

  1. Perhatikan desain digital Anda, pastikan agar terdapat tampilan khas liburan dan dapat menarik mata mereka yang melihatnya.

Pastikan desain newsletter email Anda, ads dan profil bisnis Anda memiliki tema yang seragam dengan desain dan layout yang menarik serta mudah dibaca. Jangan takut untuk bereksperimen hingga mendapatkan desain yang paling menarik.

  1. Prioritaskan proses personalisasi kampanye

Customer Anda yang aktif di email cenderung akan langsung menghapus email yang tidak ditujukan langsung ke mereka secara pribadi. Mereka juga cenderung mengenali gaya subjek email yang hanya bertujuan promosi dan langsung menghapus email tersebut dari inbox Anda, apalagi saat banyak email yang diterimanya bernada sama memasuki musim liburan. Karenanya, agar Anda menonjol dan berbeda, lakukan profiling pada customer yang ada di database Anda dan cari tahu email seperti apa yang memperoleh respon yang baik dari masing-masing customer, sebelum Anda merancang emailnya dan mengirimkan SMS, email maupun memasang ads digital.

Sudah siap menyambut musim liburan?

You may also like

By