Qontak WhatsApp

Cara Jualan di Instagram Shop untuk Bisnis Online

Cara Jualan di Instagram Shop

Hal-hal yang Perlu Anda Pelajari tentang Cara Jualan di Instagram Shop!

Cara jualan di Instagram Shop masih merupakan hal yang terbilang baru di Indonesia. Hal itu disebabkan karena Instagram Shop atau Instagram Shopping baru mulai memasuki pasar di Indonesia per 6 Oktober 2020 lalu.

Jika Anda termasuk salah satu dari pelaku bisnis online yang biasa menjalankan bisnis melalui Instagram, maka Anda perlu mempelajari cara jualan di Instagram Shop atau Instagram Shopping mulai sekarang, seperti bagaimana cara membuat dan cara jualan di Instagram Shop, fitur dan manfaat apa yang dapat Anda peroleh dari Instagram Shop, dan sebagainya.

Inilah 10 cara jualan di Instagram Shop yang dapat meningkatkan penjualan pada bisnis Anda:

    1. Posting Produk secara Rutin
    2. Tunjukkan Proses Pembuatan Produk
    3. Informasikan Varian Produk yang Anda Jual
    4. Buatlah Sorotan Cerita untuk Setiap Produk
    5. Perhatikan Kualitas dan Komposisi Foto Produk
    6. Posting Produk Menggunakan Cara Flat Lay
    7. Bagikan Foto Testimoni Pelanggan
    8. Buat Tutorial Mengenai Produk Anda
    9. Bangun Interaksi dengan Pemirsa Anda
    10. Menerapkan Instagram API

Hal yang Perlu Dipelajari tentang Cara Jualan di Instagram Shop


Apa Itu Instagram Shop?

Instagram Shop atau Instagram Shopping adalah salah satu fitur yang terdapat pada Instagram untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk yang terpampang pada foto atau video yang Anda posting pada galeri Instagram Anda. Uniknya, konsumen tidak perlu berpindah aplikasi jika ingin berbelanja, namun mereka dapat langsung belanja lewat aplikasi Instagram di manapun mereka berada.

Cara jualan di Instagram Shop seperti ini pastinya memudahkan baik bagi penjual maupun bagi pembeli. Hal ini dapat terwujud berkat diciptakannya Instagram API yang mendukung proses transaksi jual beli pada bisnis online Anda.


Apa Saja Fitur Instagram Shop?

Instagram telah mengembangkan serangkaian fitur Belanja yang telah disesuaikan dengan perilaku belanja pengguna Instagram. Fitur-fitur Instagram Shop tersebut adalah sebagai berikut:

– Toko

Instagram Shop Toko

Anda dapat memposting produk-produk yang Anda jual pada toko Instagram Anda. Untuk itulah penting bagi Anda untuk mempelajari cara jualan di toko Instagram Anda.

– Label Produk

Instagram Shop Label Produk

Tak hanya dapat memposting foto produk, Anda juga dapat memberikan label pada foto produk sehingga Anda dapat menyoroti produk dari katalognya pada Cerita dan Beranda Anda. Label produk memudahkan konsumen untuk lebih mengetahui tentang detail produk.

– Etalase

Instagram Shop Etalase

Instagram Shopping memiliki etalase yang tampilannya dapat disesuaikan, dan konsumen Anda dapat langsung berbelanja pada halaman profil bisnis Anda.

– Koleksi

Instagram Shop Koleksi

Fitur ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan tampilan toko dengan cara memisahkan produk yang diatur sesuai kategori atau tema masing-masing.

– Halaman Detail Produk

Instagram Shop Halaman Detail Produk

Tentu saja produk yang Anda jual harus disertai dengan keterangan produk secara detail. Untuk itu, Instagram Shop menyediakan halaman detail produk yang memuat semua informasi yang relevan tentang suatu barang. Misalnya: harga, deskripsi barang yang terperinci, dan media.

– Iklan dengan Label Produk

Cara Jualan di Instagram Shop Iklan dengan Label Produk

Anda juga dapat memaksimalkan jangkauan produk yang Anda jual dengan cara mempromosikan postingan Anda yang telah dilengkapi dengan fitur belanja atau membuat iklan sendiri pada Pengelola iklan. Iklan yang disertai dengan label produk akan mengarahkan konsumen ke situs web milik Anda.

– Pembayaran

Cara Jualan di Instagram Shop Pembayaran

Instagram juga menyediakan fitur pembayaran langsung. Namun, sayangnya fitur ini masih tersedia di Amerika Serikat saja. Pembayaran tersebut dilakukan menggunakan Facebook Pay tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun untuk di Indonesia, proses pembayaran di Instagram masih belum tersedia sehingga perlu menggunakan fitur belanja lain yang mengarahkan konsumen keluar situs untuk proses pembayaran.

– Belanja dari Kreator

Cara Jualan di Instagram Shop Belanja dari Kreator

Fitur ini juga hanya tersedia untuk pelaku bisnis yang telah menggunakan proses pembayaran dimana konsumen dapat berbelanja produk mode inspiratif yang merupakan karya dari kreator favorit mereka.

– Peluncuran Produk

Cara Jualan di Instagram Shop Peluncuran Produk

Sebagai seorang pelaku bisnis online, Anda tentu ingin selalu berinovasi. Produk-produk baru yang akan launching dapat diumumkan terlebih dahulu melalui Instagram Shopping. Dengan demikian, konsumen dapat mengetahui info produk lebih awal serta memasang pengingat waktu untuk berbelanja saat produk telah mulai dipasarkan. Sayangnya, fitur ini masih hanya bisa digunakan untuk pelaku bisnis yang telah menggunakan proses pembayaran.

Live Shopping

Cara Jualan di Instagram Shop Live Shopping

Fitur terakhir yang ditawarkan adalah akses untuk menjual produk melalui Siaran Langsung (Live Shopping) Instagram. Dengan cara ini, pelaku bisnis dapat menjalin koneksi yang lebih mendalam dengan para pemirsa secara online. Namun, sayangnya fitur ini juga baru bisa digunakan untuk bisnis yang telah mengaktifkan proses pembayarannya.


Apa Manfaat Menerapkan Cara Jualan di Instagram Shop?

Tidak heran jika kini Instagram mengembangkan layanannya bagi para pelaku bisnis online. Menurut riset yang dilakukan oleh Facebook bersama PT PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang dilansir oleh Katadata pada tahun 2019 menyebutkan:

89% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia menggunakan empat aplikasi besutan Facebook untuk mengembangkan bisnisnya. Keempat aplikasi itu adalah Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Menerapkan cara jualan di Instagram Shop dengan benar akan memberikan beberapa manfaat yang sangat baik bagi bisnis online Anda, di antaranya adalah:

  • Dengan mempelajari serta menerapkan cara jualan di toko Instagram, Anda akan mengetahui fitur apa saja yang disediakan. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan fungsi fitur-fitur tersebut pada Instagram Shopping Anda.
  • Penggunaan fitur yang maksimal akan dapat menarik lebih banyak pengguna Instagram ke dalam Instagram Shop Anda.
  • Semakin banyak pemirsa yang mengunjungi toko Anda, maka peluang mendapatkan penjualan juga makin tinggi. Terutama jika Anda memadukan proses bisnis Anda menggunakan Instagram API.
  • Tak hanya penjualan produk Anda yang dapat meningkat, tetapi brand Anda juga dapat lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih luas lagi.

Bagaimana Cara Membuat Instagram Shop?

Cara membuat Instagram Shop cukup mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Konfirmasi Kelayakan

Bisnis Anda harus memenuhi semua syarat yang telah ditentukan oleh Instagram, yaitu:

  • Berlokasi di pasar yang didukung
  • Menjual produk yang memenuhi persyaratan
  • Mematuhi Perjanjian Pelapak dan Kebijakan Perdagangan yang telah dibuat oleh Instagram
  • Memiliki domain situs web untuk berjualan

2. Beralih ke Akun Bisnis

Beralih ke Akun Instagram Bisnis

Ubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Kemudian Anda dapat menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti: alamat toko, nomor telepon atau nomor WhatsApp, jam operasional, serta tautan ke situs web bisnis Anda.

3. Hubungkan dengan Halaman Facebook

Facebook Business Manager Account

Tautkan akun Instagram Bisnis Anda ke Halaman Facebook Anda (bukan Toko Halaman Facebook). Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka profil Instagram Bisnis > Pilih “Edit Profil” > Pilih “Halaman” pada bagian “Informasi Bisnis Publik” > Pilih “Halaman Facebook” (Jika Anda tidak memilikinya, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”).

4. Unggah Katalog Produk

Anda dapat mengunggah produk yang ingin Anda jual pada katalog Instagram Shopping Anda. Ada dua cara untuk menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Bisnis Anda, yaitu:

  • Pengelola Katalog, yaitu metode “mandiri” yang tersedia pada Pengelola Bisnis Facebook.
  • Partner Platform Ecommerce, yaitu integrasi dengan certified platform ecommerce yang merupakan patner Instagram seperti Shopify atau BigCommerce.

5. Selesaikan Peninjauan Akun

Ajukan peninjauan akun Instagram Anda ketika Anda telah berhasil menghubungkan katalog produk ke Instagram (katalog telah berisi produk yang ingin dijual). Peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari atau lebih lama. Beberapa pengajuan juga mungkin memerlukan informasi tambahan mengenai kepemilikan domain situs web, untuk itu periksa apakah Anda mendapatkan notifikasi tersebut atau tidak.

Langkah-langkah mengajukan peninjauan akun adalah sebagai berikut:

Buka profil Instagram > Klik tanda 3 garis pada pojok kanan atas > Pilih “Pengaturan” > Daftar untuk Shopping > Ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun Anda > Buka “Belanja” pada bagian “Pengaturan” untuk melihat status akun Anda kapan saja.

6. Aktifkan Fitur Belanja

Anda dapat mengaktifkan fitur Belanja setelah akun Anda mendapat persetujuan. Caranya adalah sebagai berikut:

Buka profil Instagram lalu klik tanda 3 garis pada pojok kanan atas > Pilih “Pengaturan” > Klik “Bisnis” > Klik “Belanja” > Pilih “Katalog Produk” yang ingin Anda hubungkan ke akun > Pilih “Selesai”.

7. Buat Konten untuk Ditindaklanjuti

Setelah fitur Belanja aktif, Anda dapat menggunakan fitur Label untuk disematkan pada produk agar Anda dapat menyoroti produk-produk di foto atau video yang ditampilkan pada bagian Beranda (Home) dan Cerita (Story).

Baca selengkapnya: Cara Membuka Toko di Instagram (Instagram Shopping)


10 Cara Jualan di Instagram Shop yang Baik

Berikut ini merupakan 10 tips untuk cara jualan di Instagram Shop yang baik untuk bisnis online Anda, yaitu:

1. Posting Produk secara Rutin

Cara Jualan di Instagram Shop Posting Produk secara Rutin

Memposting produk secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk mengenalkan brand Anda kepada pemirsa Anda. Anda dapat melakukannya setiap hari atau pada hari-hari tertentu dengan teratur.

2. Tunjukkan Proses Pembuatan Produk

Cara Jualan di Instagram Shop Proses Pembuatan Produk

Selain membagikan foto produk, Anda dapat membagikan proses pembuatan produk tersebut. Hal ini dapat membuat pemirsa Anda lebih memahami dan menghargai produk yang Anda jual lewat video tersebut sehingga dapat menarik minat mereka untuk membeli produk yang Anda jual.

3. Informasikan Varian Produk yang Anda Jual

Cara Jualan di Instagram Shop Informasi Varian Produk

Tampilkan semua varian produk yang Anda jual, misalnya: warna, ukuran, model, bahan, dan sebagainya. Satu produk dapat memiliki banyak varian. Dengan varian yang banyak, pemirsa Anda mungkin akan lebih tertarik untuk membeli karena mereka dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

4. Buatlah Sorotan Cerita untuk Setiap Produk

Cara Jualan di Instagram Shop Sorotan Produk pada Instagram Story

Fitur Story atau Cerita juga sangat penting untuk tidak dilewatkan. Anda dapat menyoroti produk yang Anda jual lewat Cerita, kemudian pancing pemirsa Anda untuk berinteraksi dengan apa yang Anda bagikan.

5. Perhatikan Kualitas dan Komposisi Foto Produk

Cara Jualan di Instagram Shop Foto Produk Berkualitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kekuatan selling pada bisnis online terletak pada kualitas foto produk. Untuk itulah, buatlah foto produk yang memiliki kualitas yang baik. Perhatikan teknik pengambilan gambar serta komposisi foto. Gunakan latar belakang yang membuat produk terlihat menonjol serta membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

6. Posting Produk Menggunakan Cara Flat Lay

Cara Jualan di Instagram Shop Flat Lay

Flat Lay merupakan teknik memotret beberapa produk yang ditata sedemikian rupa pada permukaan yang datar kemudian difoto dari atas. Selain teknik ini tentu Anda dapat menggunakan teknik foto yang menarik lainnya.

7. Bagikan Foto Testimoni Pelanggan

Cara Jualan di Instagram Shop Bagikan Testimoni Pelanggan

Beberapa pelanggan pasti sangat senang jika foto mereka dapat Anda posting pada akun Anda, terutama untuk produk branded yang berhasil mereka beli. Dan sebagian pelanggan lainnya juga akan senang hati untuk memberikan testimoninya. Mintalah izin pada mereka untuk mempostingnya pada akun Instagram Bisnis Anda. Hal ini dapat meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan Anda.

8. Buat Tutorial Mengenai Produk Anda

Cara Jualan di Instagram Shop Video Tutorial

Hal yang tidak kalah penting adalah tutorial dalam menggunakan produk yang Anda jual, terutama untuk produk baru yang mungkin belum banyak digunakan. Tutorial tersebut dapat Anda bagikan melalui foto atau video. Jika durasinya cukup panjang, gunakan fitur IGTV pada instagram.

9. Bangun Interaksi dengan Pemirsa Anda

Cara Jualan di Instagram Shop Interaksi dengan Pemirsa

Instagram menyediakan cukup banyak stiker lucu yang dapat Anda gunakan untuk memancing interaksi dari pemirsa Anda. Ada stiker pertanyaan, sticker pilihan jawaban, polling, dan sebagainya pada bagian Cerita Instagram.

10. Menerapkan Instagram API

Cara Jualan di Instagram Shop Instagram API

Cara jualan di toko Instagram yang terakhir namun sangat ampuh adalah menerapkan Instagram API pada Instagram Shopping Anda. Instagram API dapat membuat interaksi yang lebih efisien antara pelanggan dengan para pemilik bisnis. Ada begitu banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika menerapkan Instagram API pada bisnis Anda. Dimana manfaat tersebut tidak akan Anda peroleh dengan mudah tanpanya. Namun, Anda harus mencari provider Instagram API terbaik bagi bisnis Anda.

Artikel Terkait: 12 Contoh Penggunaan API Instagram untuk Bisnis


Gunakan Instagram API Terbaik untuk Instagram Shop Anda!

Instagram API Qontak.com

Instagram API terbaik hanya dapat Anda peroleh melalui Qontak.com. Instagram API yang Qontak.com sediakan dapat terintegrasi dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda. Tentu saja layanan yang disediakan berbeda dengan Instagram biasa yang tidak bisa diintegrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Lalu mengapa Qontak.com? Karena dengan Qontak.com, Anda bisa memperoleh semua aplikasi serta layanan yang Anda butuhkan pada bisnis Anda. Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang didukung dengan sistem Omnichannel.

Selain itu, Qontak.com juga merupakan BSP resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda untuk memperoleh WhatsApp Business API. Ketiganya dapat Anda integrasikan sehingga akan mengoptimalkan kinerja tim customer service dan meningkatkan sales. Anda juga dapat memanfaatkan FREE TRIAL yang disediakan sebelum berlangganan serta dapat berkonsultasi lebih dulu dengan tim Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

 


Frequently Asked Question

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Instagram API?
    • Tidak ada syarat khusus yang akan menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
          • Akun Facebook Business Manager
          • Facebook account dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
          • Akun Instagram Business atau Professional Account

        Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda dapat mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Instagram API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
    • Tidak bisa. Instagram Messenger API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun Instagram yang didaftarkan pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Instagram API?
    • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Qontak.com.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
    • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram di Indonesia.

You may also like

0 comments

By