Qontak WhatsApp

Cara Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak

Cara Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak, Memang Bisa?

Broadcast WhatsApp merupakan fitur WA yang mampu mengirimkan pesan ke banyak nomor dalam waktu bersamaan. Tools broadcast WhatsApp ini ialah solusi tepat bagi bisnis untuk bekerja lebih efisien dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara broadcast WhatsApp juga cukup mudah digunakan bisnis.

WhatsApp menjelaskan cara broadcast WhatsApp ialah memanfaatkan daftar siaran untuk mengirim pesan, sehingga tidak perlu memilih ulang penerima pesan siaran setiap kali mengirim pesan siaran. Penerima akan menerima pesan sebagai pesan individual. Pesan balasan dari mereka juga akan ditampilkan sebagai pesan individual di layar chat Anda.

Fakta tersebut menunjukan tools broadcast WhatsApp sebagai sarana tepat untuk menyebarkan informasi bisnis dan pemasaran (WA marketing tools) yang efektif. Mengingat lebih dari 2 milyar pengguna mengakses WhatsApp setiap bulannya dan sekitar 124 juta penggunanya berasal dari Indonesia.

Baca juga: WhatsApp Bulk: Cara mengirimkan Pesan Bulk di WA


Apa Saja Syarat untuk Mengirimkan Broadcast WhatsApp?

Sebelum Anda mengetahui cara broadcast WhatsApp, ada baiknya untuk memahami syarat untuk mengirim pesan masal. Berikut ini di antaranya:

  • Simpan semua nomor yang ingin Anda kirimi pesan di gadget.
  • Pesan hanya bisa dikirimkan ke 256 kontak sekaligus dalam satu waktu.
  • Jumlah pesan yang akan Anda kirimkan tidak dibatasi oleh WhatsApp. Namun, mengirim pesan broadcast dalam jumlah banyak dan waktu singkat dapat berpotensi dianggap sebagai spam dan diblokir pihak WhatsApp. Sebaiknya beri jeda beberapa menit.

Persyaratan cara broadcast WhatsApp itu terlihat kurang efisien. Misalnya, sebagai pelaku bisnis, Anda pasti menginginkan mengirim pesan ke banyak pelanggan. Padahal tidak semua kontak pelanggan disimpan oleh bisnis, terutama prospek baru.

Solusi tools broadcast WhatsApp yang tepat adalah menggunakan ChatBot WA atau disebut juga Bot broadcast WhatsApp. Dengan Bot broadcast WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan tanpa syarat apapun. Terpenting tidak akan diblokir pihak WhatsApp. Sebab ChatBot hanya dapat diperoleh official partner WhatsApp API Bisnis.

Cara Broadcast WhatsApp


Bagaimana Cara Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak?

Bagi bisnis, adanya fitur broadcast WhatsApp sangat membantu dalam menyukseskan pemasaran. Ada dua cara broadcast WhatsApp ke semua kontak yakni pada aplikasi WA biasa dan melalui Bot.

Cara Broadcast WhatsApp pada WhatsApp Biasa

Ada perbedaan cara broadcast di WhatsApp melalui perangkat Android dan iOS. Namun, untuk secara garis besar keduanya memiliki fungsi sama, hanya tools broadcast WhatsApp yang digunakan berbeda.

  • Cara broadcast WhatsApp melalui perangkat Android

Mengirim broadcast bagi pengguna gawai Android diawali dengan membuka WhatsApp. Pada laman chat, klik titik tiga di kanan atas → ‘New broadcast‘ → pilih daftar kontak klik ikon centang → tulis pesansend.

  • Cara broadcast WhatsApp melalui perangkat iOS

Sementara bagi Anda yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, langkah yang dilakukan setelah membuka WhatsApp adalah klik ‘Broadcast Lists → ‘New List‘ → pilih daftar kontaktulis pesanSend.

Sayangnya, kedua cara broadcast WhatsApp jangkauan kontak yang menerima pesan terbatas 256 saja. Itupun jika nomor yang dikirimi pesan tersebut tidak menyimpan kontak Anda dalam ponsel mereka, pesan broadcast tidak akan diterima meski Anda telah menyimpan kontak mereka.

Fakta yang terjadi, pesan broadcast rata-rata tidak semuanya terkirim pada hari yang sama. Ada jeda waktu antar pesan, terkadang pesan yang dikirim hari ini akan diterima nomor tujuan esok hari atau beberapa hari kemudian. Selain itu, pesan tidak bisa dipersonalisasi seperti menyebut nama penerima.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda mengirim pesan massal dengan Bot WhatsApp. Broadcast WhatsApp dengan Bot tidak membatasi jumlah kontak yang dikirim dan Anda tidak perlu menyimpan kontak mereka satu per satu secara manual. Pesan pun dapat dipersonalisasi dan diterima secara bersamaan (real time). Selain itu, Anda dapat melihat laporan jumlah pesan yang terkirim dan tidak terkirim, serta apakah pesan itu dibaca atau belum.

Cara Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak dengan Bot

Berikut tahapan untuk mendapatkan cara broadcast WhatsApp Business dengan mudah melalui Bot:

1. Daftarkan Bisnis melalui WhatsApp Official Partner Qontak.com
2. Verifikasi Akun Bisnis
3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil
4. Atur Daftar Kontak yang akan menerima Pesan Broadcast
5. Buat Template Pesan Broadcast
6. Kirim Pesan Broadcast ke Semua Kontak

Step 1: Daftarkan Bisnis melalui WhatsApp Official Partner Qontak.com

cara broadcast WhatsApp

Untuk mengirimkan pesan broadcast melalui ChaBot WA Business, mulailah dengan mendaftarkan bisnis menjadi WA API melalui Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp. Pilihlah BSP sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki banyak pengalaman seperti Qontak.com.

Step 2: Verifikasi Akun Bisnis

cara broadcast WhatsApp

Verifikasi akun bisnis pada Facebook Business Manager dibutuhkan untuk membuktikan bahwa akun Anda telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan WhatsApp. Data yang perlu disiapkan yakni:

  • Nama perusahaan
  • URL website perusahaan
  • E-mail resmi bisnis
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Qontak.com akan membantu Anda dalam proses verifikasi ini sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk melakukannya.

Step 3: Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil

Pilih satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai kontak bisnis Anda hingga ke depannya.Tambahkan informasi bisnis dengan mengisi profil sedetail mungkin seperti jam operasional. Dengan begitu, pelanggan mudah mengenali bisnis Anda. Proses ini juga dapat dimanfaatkan sebagai branding.

Jika nomor bisnis Anda berhasil terverifikasi, akan terlihat centang hijau dan nama bisnis akan otomatis terlihat di layar pelanggan meski mereka tidak menyimpan kontak bisnis Anda.

Step 4: Atur Daftar Kontak yang akan menerima Pesan Broadcast

Cara Broadcast WhatsApp

Pada tahapan ini, Anda sudah masuk ke sistem chat panel Qontak.com. Pada opsi ‘Lists’ di bagian Broadcast, Anda dapat mengklik ‘Create New List‘ untuk mengunggah nomor-nomor yang akan Anda kirimi pesan broadcast dalam bentuk Excel atau CSV.

Step 5: Buat Template Pesan Broadcast

Cara Broadcast WhatsApp

Selanjutnya, pilihlah ‘Add New Template‘ di dalam bagian ‘Templates‘. Buat template pesan broadcast minimal 1×24 jam sebelum waktu pengiriman. Sebab, pihak WhatsApp akan meninjau isi pesan apakah telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Isi pesan dilarang mengandung hard selling misalnya ‘Buy 1 Get 1’, diskon besar-besar, dan sebagainya. Bukan hanya tulisan, template pesan bisa juga disisipkan gambar, dokumen atau video.

Step 6: Kirim Pesan Broadcast ke Semua Kontak

Setelah template mendapat persetujuan dari WhatsApp, kirim pesan broadcast ke semua kontak dengan klik ‘New Broadcast Message‘, pilih tipe kampanye, kemudian bangun struktur kampanye yang akan dikirim. Dalam hitungan menit sistem akan mengirimkan pesan Anda secara otomatis di waktu yang sama. Mudah bukan?


Mudahkan Cara Broadcast WhatsApp Anda Sekarang!

Business Solution Provider (BSP) Qontak.com membantu Anda untuk mendapatkan cara broadcast WhatsApp Business yang lebih efisien. Bot WhatsApp API dari Qontak.com tidak membatasi jumlah kontak penerima pesan yang cocok bagi pelaku bisnis.

Qontak.com membantu Anda mendapatkan fitur terdepan WhatsApp seperti integrasi WhatsApp Anda dengan omnichannel dan sistem lainnya. Anda juga akan memiliki satu dashboard yang menampilkan seluruh analisis dan touch point pelanggan.

Coba GRATIS broadcast WhatsApp ke semua kontak Anda sekarang juga, atau hubungi kami apabila Anda ingin berkonsultasi gratis!


Frequently Asked Question tentang Cara Broadcast WhatsApp

Apakah membutuhkan API untuk fitur broadcast ini?
    • Untuk cara broadcast WhatsApp yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan WhatsApp API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem broadcast yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan broadcast promosi dengan WhatsApp API?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API (Bot) untuk broadcast yang lebih canggih pada video berikut ini:

You may also like

By