Buat Tulisan Blog Anda Ber-SEO dengan Cara-Cara Berikut

SEO on Blog

Blogging merupakan salah satu dari sekian banyak platform content marketing yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan promosi dan pembangunan image brand bisnis Anda. Untuk menjangkau audiens dengan cara memperluas dan membuat banyak link yang bisa mengantarkan prospek ke situs utama Anda, Anda tetap membutuhkan konten yang baik dan didukung oleh SEO yang terpasang dengan sesuai. Berikut ini beberapa cara mengoptimasi blog Anda dengan pemasangan SEO.

  1. Tentukanlah topik bahasan yang fokus

SEO bukan hanya soal memasukkan kata kunci yang relevan dalam jumlah yang cukup banyak dan tersebar di dalam satu tulisan. SEO juga merupakan aspek dari pemilihan konsep di setiap postingan yang Anda buat secara fokus dan tertarget sehingga kata kunci akan mengikuti dengan sendirinya. Dari sini, Anda dapat mengembangkan ide penulisan yang dapat menjawab kebutuhan target audiens Anda sekaligus mengundang trafik yang relevan ke situs Anda.

  1. Lakukan optimasi khusus pada judul Anda

Setelah Anda tahu topik apa yang akan Anda bahas dan tulis serta menemukan kata kunci yang akan Anda pakai, Anda dapat mulai berfokus pada judul dari postingan blog Anda. Judul yang baik haruslah menarik bagi target audiens Anda serta mesin pencari yang akan melacak SEO dari postingan Anda. Pastikan topik Anda terwakili dengan jelas dalam rangkaian judul yang Anda susun dan tanpa terkesan dipaksakan agar cukup menampung semua kata kunci untuk SEO Anda. Pastikan judul Anda tidak bertele-tele dan langsung memberikan gambaran seperti apa isi tulisannya tanpa memperlihatkan terlalu banyak informasi sehingga target audiens termotivasi untuk melakukan klik.

SEO on Blog
Sumber gambar: imbuecreative.com
  1. Pastikan URL dari postingan Anda tersebut mengandung kata kunci Anda yang tergolong panjang

Jika judul Anda tidak bisa menampung semua kata kunci yang ingin Anda tampilkan, Anda dapat menyelipkan kata kunci yang lebih panjang pada URL hasil postingan Anda. Hal ini akan membantu pelacakan postingan Anda secara lebih maksimal saat target audiens Anda memasukkan kata kunci yang cocok dengan kata kunci Anda di dalam search engine. Jangan menggunakan URL yang seperti robot dengan banyak kode dan angka, dan sesuaikan URL agar lebih sesuai dengan search engine dan memiliki kata-kata jelas yang menggambarkan keywords Anda.

  1. Dalam postingan blog Anda, sertakan juga gambar dan deskripsi yang mendukung keywords Anda

Masih seringkah Anda mempublikasikan postingan pada blog tanpa memasukkan gambar sama sekali? Gambar dapat menjadi platform tambahan untuk memasukkan kata kunci di bagian deskripsi gambar. Perkembangan web sekarang mengarah ke area yang lebih visual, sehingga Anda bisa membuat postingan blog yang dipenuhi dengan gambar dan masih bisa melakukan pemasangan SEO dan kata kunci tanpa masalah pada deskripsi gambar. Algoritma search engine yang terbaru mampu membaca teks natural yang Anda tambahkan pada gambar di dalam postingan blog Anda.

SEO on Blog
Sumber gambar: mattwolfe.net
  1. Bersihkan informasi Meta pada postingan Anda

Salah satu trik pemasangan SEO yang paling sering luput adalah pembersihan meta information. Optimasi on-page berikut ini dilakukan dengan cara membersihkan meta information pada postingan blog, yang terdiri dari title dan deskripsi yang muncul di hasil pencarian lewat search engine. Meta information yang dibiarkan berantakan dapat menghasilkan title yang berantakan dan deskripsi yang hanya mengambil kalimat pertama hingga kalimat kedua dari postingan blog Anda, yang semakin mempersempit kemungkinan ditemukannya postingan Anda.

Saatnya Anda memperhatikan SEO pada blog Anda untuk menjangkau target audiens yang lebih luas lagi dari topik spesifik yang Anda hadirkan.

You may also like