Qontak WhatsApp

Broadcast WhatsApp: Cara Mengirimkan Broadcast WA

Broadcast WhatsApp

Begini Cara Mengirimkan Pesan Broadcast ke Banyak Kontak!

WhatsApp merupakan platform yang memudahkan untuk mengirim pesan ke orang lain. Apalagi Anda yang ingin mengirimkan pesan siaran (broadcast) ke banyak kontak sekaligus. Fitur broadcast WhatsApp membantu bisnis menyebarkan pesan marketing ke banyak pelanggan sekaligus. Lalu, bagaimana cara untuk mengirim pesan broadcast melalui aplikasi WhatsApp?

Berikut 7 cara mengirim pesan broadcast yang bisa Anda ikuti:

  1. Ajukan verifikasi akun Facebook Business Manager
  2. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API Qontak.com
  3. Lengkapi profil bisnis
  4. Login pada Chat Panel Qontak.com
  5. Susun daftar kontak broadcast
  6. Buat template pesan broadcast
  7. Kirim pesan broadcast ke semua kontak


Apa itu Broadcast WhatsApp?

Broadcast WhatsApp adalah salah satu fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda mengirimkan satu pesan ke ratusan hingga ribuan kontak bersamaan. Jadi Anda tidak perlu repot copy paste pesan tersebut, kemudian mengirimkan satu persatu ke kontak tujuan.

Penggunaan broadcast pada aplikasi WhatsApp hampir mirip dengan broadcast pada SMS dan BBM. Anda cukup menandai kontak mana saja yang akan menerima pesan kalian atau unggah nomor WA blast dengan excel. Selanjutnya cukup sekali kirim, blast WhatsApp langsung mengirimkan pesan tersebut ke banyak nomor.


Apa Perbedaan Mengirimkan Pesan Broadcast melalui WhatsApp Biasa dan WhatsApp API?

Mengirimkan pesan broadcast (siaran) bisa dilakukan melalui WhatsApp Messenger atau biasa. Namun, WhatsApp membatasi jumlah penerima pesan siaran hanya 256 nomor saja. Tidak hanya itu, pemilik 256 nomor tersebut harus menyimpan nomor yang Anda gunakan dalam daftar kontak pertemanan mereka. Apabila tidak, makan pesan siaran yang Anda kirimkan tidak akan diterima.

Sementara itu, pihak WhatsApp akan secara otomatis mengatur jeda waktu pengiriman pesan antar kontak, meski Anda mengirimkan pesan secara bersamaan. Jadi, pesan tidak akan diterima hari yang sama. Hal ini cukup merugikan bagi bisnis, apabila pesan siaran yang dikirim bersifat urgent.

Berbeda dengan mengirimkan broadcast melalui WhatsApp API atau blast WhatsApp. WA API merupakan versi upgrade dari WhatsApp Business yang memiliki banyak kelebihan. Dimana tidak ada batasan jumlah pesan siaran atau nomor penerima. Pesan tetap akan terkirim meski penerima tidak menyimpan kontak Anda.

Selain itu, keunggulan lainya adalah Anda tidak perlu menyimpan semua nomor dalam perangkat cukup import kontak WA blast dengan Excel. Cara blast WhatsApp dari Excel memudahkan bisnis menyebarkan pesan siaran. Aplikasi ini nantinya juga bisa membuat kamu mengatur tingkat konektivitas pesan hingga delay sesuai kebutuhan. Jadi Anda bisa mengirimkan ribuan pesan siaran ke banyak kontak sekaligus.

Perbedaan Mengirimkan Pesan Broadcast melalui WhatsApp Biasa dan WhatsApp API:

Broadcast melalui WhatsApp API Broadcast melalui WhatsApp Biasa
Tidak ada batasan jumlah kontak yang bisa dikirimi pesan. Hanya bisa mengirim pesan ke 256 kontak.
Nomor tujuan tidak harus menyimpan nomor Anda. Nomor tujuan harus menyimpan nomor Anda.
Anda tidak harus menyimpan kontak nomor tujuan yang akan dikirimi pesan. Cukup disimpan di file Excel. Anda harus menyimpan kontak nomor tujuan yang akan dikirimi pesan di perangkat Anda.
Waktu delay pesan dapat diatur sesuai kebutuhan. Pesan dapat terkirim saat itu juga. Ada jeda antar pesan yang terkirim (diatur otomatis oleh WhatsApp). Pesan tidak terkirim dalam waktu yang bersamaan.
Memiliki fitur personalisasi yang dinamis Tidak bisa mengirim pesan secara personal, misalnya menyebut nama.
Kaya akan fitur pendukung strategi WhatsApp marketing lainnya, seperti: import dan export kontak, pembagian pesan secara rata, dan integrasi dengan channel media sosial lainnya. Tidak ada fitur pendukung tambahan. Fitur yang tersedia sama dengan WhatsApp Messenger pada umumnya

Bagaimana Cara Mengirimkan Pesan Broadcast di WhatsApp?

Cara mengirimkan pesan siaran melalui WhatsApp Business API relatif mudah. Pasalnya Anda tidak perlu repot copy paste pesan untuk dikirim ke masing-masing nomor. Cukup melalui daftar kontak yang diimpor dari WA blast dengan Excel. Cara broadcast WA dari Excel ini jauh lebih praktis.

7 Cara mengirimkan pesan broadcast di WhatsApp sebagai berikut:

Step 1. Ajukan verifikasi akun Facebook Business Manager

Langkah-1-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Proses verifikasi ini diperlukan untuk membuktikan bahwa bisnis yang Anda jalankan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan WhatsApp. Dimana salah satu syaratnya harus memiliki NPWP dan SIUP yang menunjukan bisnis resmi. Selain itu, produk yang dijual bukan ilegal. Maka dari itu, proses verifikasi membutuhkan waktu cukup lama dan tidak semua disetujui oleh Facebook.

Sebaiknya, Anda meminta bantuan Business Solution Provider (BSP) seperti Qontak.com. BSP akan membantu bisnis Anda hingga mendapatkan verifikasi dari Facebook. Tugas Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama perusahaan,
  • Website URL,
  • Email domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 2. Bermitra dengan Official Partner WhatsApp API Qontak.com

Langkah-2-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Bermitra dengan partner resmi WhatsApp Business API seperti Qontak.com menjadi syarat wajib berikutnya. Qontak.com akan membantu Anda mendaftarkan nomor yang akan dijadikan WA API. Termasuk membantu Anda mendapatkan semua fitur canggih API WhatsApp.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 3. Lengkapi Profil Bisnis

Langkah-3-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Perbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis seperti jam operasional, alamat, katalog, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan pelanggan mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Tahap ini juga dapat dimanfaatkan sebagai branding.

Setelah WhatsApp terverifikasi, akan terlihat centang hijau saat WhatsApp telah aktif. Nama bisnis otomatis akan terlihat pada layar pelanggan meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi CRM yang disediakan Qontak.com.

Step 4. Login pada Chat panel Qontak.com

Langkah-4-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Setelah semua proses sebelumnya selesai, Anda bisa menggunakan broadcast WhatsApp. Cara pertama adalah dengan masuk atau login ke chat panel Qontak.com. Gunakan username dan password yang diberikan Qontak.com setelah mendaftar.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 5. Susun daftar kontak broadcast

Langkah-5-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Buat daftar kontak yang akan dikirimi pesan broadcast. Anda bisa memasukkan daftar nomor satu persatu atau langsung mengunggahnya pada sistem dalam bentuk Excel atau csv. Cara broadcast WA dari Excel ini banyak dipilih oleh bisnis karena praktis. Setelah itu Anda juga bisa membuat daftar lain dengan mengulangi cara blast WhatsApp dari Excel.

Step 6. Buat template pesan broadcast

Langkah-6-Cara-Mengirimkan-Pesan-WhatsApp-Broadcast

Buat template pesan, caranya pilih ‘Templates‘ kemudian klik ‘Add New Template‘. Tulis pesan siaran yang ingin Anda sampaikan. Sisipkan juga gambar, dokumen dan video supaya pesan lebih menarik. Sebaiknya template dibuat minimal 1×24 jam sebelum dikirim. Pasalnya pesan tersebut akan ditinjau pihak WhatsApp, apakah sesuai dengan ketentuan berlaku. dokumen dan video pada template.

Step 7. Kirim pesan broadcast ke semua kontak

Setelah template pesan disetujui oleh WhatsApp, kirim pesan siaran pada template pesan ke nomor yang ada pada list. Caranya klik ‘New Broadcast Message’ pilih tipe kampanye. Selanjutnya, bangun template kampanye yang akan dikirim. Tunggu beberapa menit karena sistem akan mengirimkannya secara otomatis di waktu yg sama. Ulangi tahap 4-7 setiap kali Anda akan mengirimkan pesan broadcast.


Kirimkan Pesan Broadcast WhatsApp Anda Sekarang!

Mengirim pesan broadcast menjadi kebutuhan bisnis sebagai marketing efektif. Namun, terdapat peraturan atau ketentuan dari WhatsApp yang tidak boleh dilanggar. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengirimkan pesan siaran melalui WhatsApp resmi atau WA Business API yang diperoleh dari Qontak.com.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi CRM serta solusi Omnichannel. Qontak.com telah lebih dari 1000 bisnis dari berbagai jenis industri untuk mendapatkan akun bisnis WhatsApp terverifikasi. Fitur WhatsApp Qontak.com seperti autoreply, chatbot, rotator, dan lainya telah membantu bisnis dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan pelanggan.

Jangan ragu untuk menghubungi kami. Qontak.com juga menyediakan FREE TRIAL aplikasi dan layanan yang ditawarkannya. Cobalah sekarang juga!


Frequently Asked Question tentang Broadcast WhatsApp

Mengapa saya membutuhkan Broadcast WhatsApp?
    • Untuk mendapatkan fitur obrolan yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan WhatsApp API. Qontak.com akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem chat yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan Broadcast WhatsApp?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai Boradcast Whatsapp pada video berikut ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

0 comments

By