Qontak WhatsApp

Bot WhatsApp: Definisi & Cara Membuat Chat Otomatis

Bot WhatsApp 5 Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Mengenal Bot WhatsApp dan Cara Membuat Pesan Otomatis dengan Chatbot

Dengan popularitas WhatsApp saat ini, wajar saja apabila Anda kerap kerepotan membalas pesan WhatsApp dari Pelanggan. Namun dengan bantuan Chatbot atau Bot WhatsApp, Anda tidak perlu repot lagi. Pasalnya WhatsApp Bot akan membantu Anda merespon pelanggan dengan mengirim pesan jawaban secara otomatis.

Secara singkat, berikut adalah cara membuat Bot WhatsApp:

  1. Bermitra dengan Partner Resmi WhatsApp di Indonesia (Qontak.com)
  2. Verifikasi akun Facebook Business Manager
  3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil
  4. Buat alur percakapan bot WhatsApp
  5. Qontak merancang sistem bot WhatsApp Anda


Apa Bot WhatsApp?

Bot WhatsApp adalah fitur WhatsApp Business API yang otomatis merespon pesan pelanggan. Kemampuan tersebut diperoleh dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dengan kemampuan berkomunikasi layaknya orang asli. Dengan begitu, Bisnis dapat memberikan respon ke pelanggan lebih cepat.

Syarat membuat Bot WhatsApp adalah harus memiliki WhatsApp API. Setelah itu Bot WhatsApp dapat digunakan untuk menangani permintaan pelanggan sederhana dan meningkatkan jangkauan bisnis terhadap pelanggan. Chatbot juga dapat menampilkan kebiasaan pelanggan dan memperoleh customer experience yang lebih kaya.

Tonton penjelasan singkat mengenai apa itu Whatsapp API dan Chatbot pada video berikut ini:


Apa Alasan Bisnis Menggunakan Bot WhatsApp?

Bot WhatsApp telah banyak digunakan karena terbukti mampu meningkatkan bisnis. Hal ini tak lepas dari kemampuan Chatbot yang dapat mengirimkan pesan tanggapan secara otomatis kapanpun bisnis dibutuhkan pelanggan.

Berikut alasan lainnya bisnis Anda memerlukan Bot WhatsApp:

– Menyediakan Layanan Pelanggan 24 Jam

bot-WhatsApp-Customer-Service

WA Business API akan memberikan respon setiap kali pelanggan menghubungi bisnis. Mereka akan langsung direspon oleh Chatbot tanpa dibatasi jam operasional bisnis. Pertanyaan tersebut dibalas cepat dan real time yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

– Aman Digunakan

WA Auto Reply End to End Encryption

WA memiliki sistem keamanan end-to-end encryption menjamin kerahasiaan semua pesan pada WhatsApp. Sistem ini juga ada pada WhatsApp Chatbot, sehingga hanya pengguna dan bisnis yang terlibat dalam percakapan yang dapat mengakses isi obrolannya.

– Membangun hubungan pelanggan (Customer Relation) lebih baik

bot-whatsapp-customer-relation

Chatbot WhatsApp membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat dipersonalisasi. Misalnya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan lebih baik.

– Mengumpulkan Umpan Balik

bot-whatsapp-feedback

Chatbot WA Business dapat dimanfaatkan tim CS untuk meminta umpan balik berupa masukan dari pelanggan. Masukan tersebut dapat digunakan untuk memahami pelanggan serta menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi bisnis.

– Mengurangi Pengeluaran Biaya

hemat biaya

Bot WhatsApp menjawab secara otomatis selama 24 jam non-stop. Hal ini, membuat bisnis mengurangi pengeluaran biaya operasional customer service seperti biaya telepon dan gaji karyawan.

– Meningkatkan Penjualan

Bot-WhatsApp-Order

Chatbot WhatsApp mampu menyelesaikan permintaan sederhana pelanggan dalam waktu cepat, tanpa melalui tim CS. Hal ini memberikan menciptakan customer experience lebih baik. Dampaknya bisnis mendapat reputasi baik dan meningkatkan kesempatan untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.


Bagaimana Cara Membuat Bot di WhatsApp?

Bot WhatsApp dibuat dengan WhatsApp API atau WhatsApp Bisnis API yang merupakan sebuah pengembangan fitur oleh WhatsApp yang khusus dirancang bagi pengguna yang memiliki bisnis.

Berikut adalah cara membuat Bot WhatsApp:

Step 1. Bermitra dengan Partner Resmi WhatsApp di Indonesia (Qontak.com)

WhatsApp-Bot-Qontak

Untuk membuat Bot WhatsApp, Anda perlu menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui partner resmi WhatsApp di Indonesia atau Business Solution Provider (BSP) WhatsApp.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Qontak.com adalah BSP WhatsApp Tier 1 di Indonesia. Qontak.com memiliki client pengguna WhatsApp Business API terbanyak di Indonesia dibanding BSP lainnya. Anda bisa mendaftar di Qontak.com untuk mendapatkan WhatsApp Business API.

Step 2: Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Bot-WhatsApp-facbook-manager

Setelah mendaftar pada BSP, Anda harus melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager (FBM) Anda. Untuk melakukan verifikasi Anda memerlukan:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Email berdomain sama dengan website
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Hal ini dilakukan karena penggunaan WhatsApp Business API memang khusus untuk bisnis. Qontak.com akan membantu Anda mendaftarkan Akun Anda ke pihak Facebook hingga terverifikasi.

Step 3: Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil

Bot-WhatsApp-API-profil

Setelah terverifikasi, Anda dapat mendaftarkan nomor WhatsApp yang ingin Anda gunakan ke BSP. BSP akan mendaftarkan nomor tersebut ke WhatsApp agar berubah menjadi WhatsApp Business API.

Setelah pendaftaran nomor selesai dan berhasil, Anda dapat melengkapi profil nomor WhatsApp Anda.

Step 4: Buat Alur Percakapan Bot WhatsApp

Bot-WhatsApp-Chat-Bot

Anda bisa mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara Chatbot dengan pelanggan Anda. Caranya adalah dengan membayangkan bagaimana Chatbot akan melakukan percakapan, termasuk ketika ada pertanyaan yang tidak terdaftar pada alur. Anda juga perlu memastikan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan akan mendapatkan respon baik dari Chatbot.

Alur percakapan ini dapat dikonsultasikan dengan BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com. Konsultasi ini dapat membantu Anda menyusun alur serta memilih alur agar chatbot dapat berfungsi secara maksimal.

Step 5: Qontak Merancang Sistem Bot WhatsApp Anda

WhatsApp Verified BSP Qontak.com

Setelah alur percakapan sudah terfinalisasi, maka BSP yang menyediakan layanan chatbot seperti Qontak.com akan membuatkan Bot WhatsApp Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat chatbot sendiri.


Bagaimana Cara Menggunakan Bot WhatsApp?

Cara menggunakan bot WhatsApp tidaklah sulit. Sebab Chatbot WhatsApp didukung fitur canggih agar dapat menghasilkan keuntungan optimal bagi bisnis.

Berikut hal apa saja yang bisa dilakukan oleh Chatbot WhatsApp agar dapat bekerja optimal:

– Meneruskan Pesan Otomatis

WhatsApp-bot-Rotating

Fitur rotator pada WhatsApp API akan menuruskan pesan dari pelanggan ke customer service sesuai yang telah diatur secara otomatis. Dengan begitu pelanggan tidak akan merasa diabaikan atau mendapatkan jawaban tidak memuaskan karena harus menunggu respon CS lama dan tidak sesuai.

– Balas Otomatis

WA-auto-reply

WhatsApp Bot dilengkapi fitur auto reply yang akan menjawab setiap pesan masuk secara otomatis. Pesan auto reply ini biasanya memberikan pesan berupa greeting message, daftar harga produk, memudahkan transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– Digunakan di banyak perangkat atau Multiple Users

whatsapp-bot-multiple-users-qontak

Fitur ini memungkinkan satu akun WhatsApp Business digunakan oleh banyak admin atau agen dari berbagai perangkat. Artinya satu nomor WhatsApp Anda dapat diakses oleh banyak admin customer service dari berbagai device. Dengan begitu, Anda mampu merespon pelanggan lebih cepat.

– Akun Bot WhatsApp Terverifikasi

Dual WhatsApp WhatsApp Business API

Chatbot WhatsApp dilengkapi Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis oleh pihak Facebook. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp API dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

– Mengirimkan Pesan Massal

bot-whatsapp-blast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk pada Chatbot dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Integrasi Bot WhatsApp dengan CRM

Instagram API Integrasi dengan Aplikasi Lain

Integrasi CRM ini akan membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pasalnya semua informasi yang dibutuhkan pelanggan dapat diakses dengan mudah oleh tim CS.

– Bot WhatsApp dilengkapi dengan Laporan Analitik

report-pada-whatsapp-bot

WhatsApp chabot dilengkapi laporan analitik terkait interaksi bisnis dengan pelanggan dalam satu dashboard. Dalam laporan tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.


Bagaimana whatsapp dapat membantu kebutuhan bisnis Anda?

Bot WhatsApp dapat membantu bisnis dalam meningkatkan laju engagement, brand awareness, dan tentunya memberikan customer service yang lebih baik. WhatsApp chatbot memberikan kesempatan emas bagi bisnis untuk menjangkau prospek yang lebih luas dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan hingga mereka menjadi pelanggan loyal.

Berikut contoh menggunakan chabot WhatsApp oleh stakeholders yang terlibat:

1. Pemilik Bisnis

Bagi pemilik bisnis, bot WhatsApp dapat digunakan untuk kegiatan seperti berikut:

  • Memberikan customer experience yang lebih kaya sehingga dapat meningkatkan customer retention dan engagement
  • Membangun brand awareness dan loyalitas brand sambil meningkatkan hubungan dengan pelanggan
  • Memberikan bisnis yang tersedia pada berbagai platform
  • Kemampuan untuk mengirimkan broadcast dan notifikasi kepada pelanggan
  • Memfasilitasi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan melalui media yang telah mereka gunakan
  • Ketersediaan WhatsApp secara global membuat bisnis dapat membangun hubungan pelanggan tidak terbatas di Indonesia saja, tetapi hingga internasional

2. Tim Marketing

Tim marketing atau pemasaran dapat memanfaatkan chabot WhatsApp untuk melakukan aktivitas seperti:

  • Menangani pekerjaan repetitif marketing sehingga mereka dapat bekerja secara lebih efisien
  • Memberikan saluran yang efektif untuk menghasilkan calon pelanggan dan menghubungi mereka
  • Membantu tim marketing mengarahkan pelanggan melalui funnel

3. Tim Sales

WhatsApp chatbot dapat digunakan oleh tim sales untuk kegiatan seperti berikut:

  • Mengarahkan pelanggan melalui sales funnel
  • Membantu pelanggan mengambil keputusan pembelian. Ketika bot dapat memudahkan pelanggan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka, pelanggan akan lebih cepat untuk memutuskan melakukan pembelian
  • Memberikan update pesanan pelanggan dan notifikasi lainnya
  • Memberikan balasan dengan cepat akan membuat pelanggan tetap terhubung selama perjalanan pembelian mereka
  • Melakukan up-sell atau cross-sell dengan merekomendasikan produk lainnya yang berhubungan, terutama jika ditambah dengan gambar dan link Biasanya pembeli akan lebih mudah untuk melakukan pembelian lainnya

4. Tim Customer Support

Tim customer support dapat memanfaatkan chatbot WhatsApp untuk kegiatan seperti:

  • Memberikan jawaban otomatis dengan mengatur FAQ (frequently asked questions)
  • Mespon pelanggan lebih cepat
  • Memberikan notifikasi yang penting kepada pelanggan
  • Chatbot dapat dimanfaatkan untuk meminta feedback kepada pelanggan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas produk dan jasa

WA-Chatbot


Bagaimana Mendapatkan Bot WhatsApp?

Bot WhatsApp hanya bisa didapatkan ketika akun WhatsApp Business Anda di upgrade menjadi WA API. Cara memperoleh WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis ke WhatsApp official partner Indonesia seperti Qontak.com.Setelah bergabung dengan Qontak.com, akun WhatsApp API Anda akan terintegrasi dengan fitur-fitur canggih seperti Chatbot dan sistem CRM. Setelah itu Anda dapat memberikan pelayanan prima yang melayani pelanggan selama 24/7 dengan cepat.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

You may also like

By