Qontak WhatsApp

Bot Instagram: Fitur dan Cara Mendapatkannya

Bot Instagram Cover

Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang Bot Instagram!

Bot Instagram merupakan tools yang dapat membantu bisnis mengotomatisasikan proses penjualan dan pelayanan pelanggan sehingga menjadi lebih efektif. ChatBot Instagram dapat didapatkan melalui Mitra Resmi Instagram API di Indonesia, salah satunya Qontak.com.

Berikut adalah 5 step untuk mendapatkan Bot Instagram API:

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com
Step 2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager
Step 3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business
Step 4. Mitra Resmi akan Set Up bot Instagram API
Step 5. Bot Instagram API Siap Digunakan

Semua Hal dari Bot Instagram


Apa Itu Bot Instagram?

Bot Instagram adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini melakukan percakapan natural melalui aplikasi Instagram. Natural artinya seolah-olah bukan berbicara kepada robot atau sistem, melainkan seperti dengan admin CS pada umumnya.

Bot Instagram diharapkan dapat meningkatkan customer experience. Adanya ChatBot di Instagram API memungkinkan bisnis untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan. Bot Instagram dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda dapat membangun Instagram shop melalui bot Instagram. ChatBot Instagram dapat berfungsi untuk mengirimkan katalog toko online Anda langsung ke DM Instagram atau bahkan WhatsApp, Facebook Messenger, dan saluran media sosial lainnya.


Apa Saja Jenis-Jenis Bot Instagram?

Bot Instagram API untuk Online Shop

Ada banyak sekali jenis-jenis bot Instagram, salah satunya untuk auto reply dan katalog Instagram shop.

Berikut adalah contoh penggunaan jenis bot Instagram:

– Auto Reply / Autoresponder DM Instagram

Bot Instagram yang utama dapat digunakan untuk otomatis balas pesan pelanggan. Bot ini dapat menerima pesan, membalas pesan pelanggan yang berulang, FAQ, atau untuk melayani permintaan pemesanan, informasi pengiriman, bahkan untuk konfirmasi ke pelanggan secara otomatis. ChatBot Instagram juga dapat melakukan routing ke admin/agent jika diperlukan, sehingga admin/agent akan lebih produktif dan efektif karena tidak perlu lagi menjawab pertanyaan yang bot dapat jawab sendiri.

– Bot Katalog Instagram

Jika Anda memiliki toko online di Instagram, Anda dapat membangun katalog bisnis Anda dengan menggunakan bot Instagram. Bot ini akan menampilkan produk Anda layaknya katalog profesional yang bisa Anda pasang di Instagram DM, WhatsApp, Facebook Messenger, dan media sosial lainnya.


Apa Saja Fitur Bot Instagram?

Untuk mempercepat proses penjualan dan pelayanan pelanggan, Chatbot Instagram memerlukan dukungan dari fitur-fitur canggih sehingga mendapatkan hasil maksimal. Berikut daftar fitur-fitur wajib yang dimiliki Chatbot Instagram:

1. Instagram Multi Agents/Users

Bot Instagram multiple user atau device (banyak device)

Fitur ini memungkinkan menggunakan satu akun Instagram untuk dengan banyak agen atau admin di berbagai perangkat sekaligus tanpa harus memberikan username atau password asli. Sehingga apabila chatbot tidak dapat menangani permintaan pelanggan, ada banyak pilihan admin/CS yang bisa membantu. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

2. Instagram Rotator

Bot Instagram rotator untuk mendistribusikan pesan

Fitur Rotator ini akan meneruskan pelanggan/prospek yang tidak dapat diselesaikan oleh Bot Instagram secara adil ke tim CS secara otomatis sesuai dengan yang telah ditentukan. Dengan begitu tidak ada pelanggan yang merasa terabaikan karena semua dilayani dengan cepat dan tepat.

3. Instagram Automation

Sistem automation pada Instagram ChatBot akan menyimpan dan mengunduh semua percakapan yang terjadi didalam IG, termasuk informasi kontak pelanggan. Semua data tersebut akan disimpan di sistem CRM , sehingga saat dibutuhkan dapat diakses dengan mudah oleh tim bisnis Anda untuk perihal marketing atau customer service.

4. Instagram Auto Reply

 

Bot auto reply Instagram akan merespon dan menjawab setiap pesan yang masuk dari pelanggan secara otomatis. Isi pesan auto reply dapat didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

5. Laporan dan Analisis

Laporan dan analisis untuk Instagram bot

ChatBot Instagram dilengkapi dengan laporan analitik yang menampilkan interaksi tim CS/admin dengan pelanggan dalam satu dashboard terpadu. Dari dashboard tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga kontak pelanggan. Dengan melihat report, manajer/supervisor dapat menyusun strategi berikutnya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

6. Integrasi dengan WhatsApp, FB Messenger, dan Media Sosial Lainnya

omnichannel instagram api bot

Bisnis atau perusahaan Anda memiliki nomor WhatsApp, akun Facebook Messenger, Line, Telegram, dan Twitter untuk menangani pesan pelanggan? Integrasikan Instagram Messenger API dengan aplikasi Omnichannel Qontak.com agar Anda tidak perlu repot lagi pindah akun atau window untuk menjawab seluruh pesan pelanggan dari berbagai saluran tersebut. Chatbot pun dapat bekerja pada WhatsApp, Facebook, dan Instagram Anda.


Apa Saja Manfaat Bot Instagram bagi Bisnis?

ChatBot Instagram API didesain untuk dapat terintegrasi dengan sistem lain yang terdapat pada bisnis, seperti CRM, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi yang mulus antara bisnis dengan pelanggan. Respon yang cepat dari chatbot membuat pelanggan tidak harus menunggu lama untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berikut manfaat lainnya dari chatbot Instagram:

1. Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat secara real time

bot instagram available 24/7

Menjalankan operasional customer service selama 24/7 dapat menjadi sangat mahal jika harus mempekerjakan seorang admin. Belum lagi harus membayar lebih untuk uang lembur. Chat otomatis mungkin tidak dapat menangani seluruh permintaan pelanggan, namun dengan Instagram API dengan ChatBot Anda dapat dengan mudah menyediakan customer support yang terus tersedia.

ChatBot Instagram dapat melayani permintaan pelanggan untuk menjawab pertanyaan repetitif, seperti ketersediaan barang, informasi produk, pesanan baru, maupun pengiriman. Dengan demikian bisnis dapat meningkatkan customer experience dengan biaya yang rendah.

2.  Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan

katalog instagram bot

ChatBot Instagram dapat mengirim pesan berupa katalog produk Anda ke pesan DM pelanggan atau langsung melalui WhatsApp. Dengan bot, Anda juga dapat menerima, menghitung, menjumlahkan, dan menginformasikan pesanan pelanggan secara otomatis.

Tentunya hal ini akan mempercepat proses pelayanan pelanggan dan penjualan toko online Anda, karena Anda tidak perlu lagi manual menerima, menghitung, dan menginformasikan pesanan ke pelanggan Anda.

3.  Mengirimkan status ticket dan penyelesaiannya

Chatbot Instagram mampu mengirimkan status ticket kepada pelanggan secara otomatis. Misalnya saat pemesanan tiket pesawat, robot virtual ini akan mengirimkan laporan tiket berhasil dipesan berikut dengan lampiran dokumen tiket ke pelanggan via Instagram. Apabila ada perubahan jadwal ChatBot juga akan mengirimkan ulang informasi terbaru ke DM Instagram pelanggan.

4.  Mengumpulkan feedback pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang diberikan bisnis. Namun, seringkali pelanggan malas untuk mengisi form feedback.

Instagram DM dapat memudahkan bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. ChatBot Instagram dapat digunakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan maupun masukkan lainnya. Memberikan pertanyaan langsung melalui bot dapat mendorong tingkat respon dari pelanggan.

5. Menawarkan kemudahan akses kepada pelanggan

Dengan Bot, pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk dapat memperoleh informasi tentang bisnis yang ingin dihubungi. Pelanggan hanya perlu berinteraksi melalui ChatBot di Instagram, layaknya kita mengirim pesan kepada orang lain.

Baca juga: 12 Contoh Penggunaan API Instagran untuk Bisnis


Bagaimana Cara Mendapatkan Bot Instagram untuk Bisnis?

Untuk mendapatkan bot Instagram, syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki akun Instagram untuk bisnis atau perusahaan untuk Instagram API.

Berikut adalah 5 step untuk mendapatkan bot Instagram API:

Step 1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com

Mendaftar ke Mitra Resmi Messenger API untuk Instagram seperti Qontak.com sangatlah penting. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan bot Instagram API. Qontak.com akan memastikan Anda memiliki seluruh fitur ChatBot Instagram API shop dengan harga terjangkau.

Qontak.com akan men-set up aplikasi Omnichannel yang merupakan medium untuk Instagram API.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager

Untuk dapat menggunakan Instagram API, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Jika belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah membuat dan mendaftarkannya untuk proses selanjutnya. Untuk API Instagram, Akun Facebook Business Manager tidak perlu diverifikasi terlebih dahulu.

Step 3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Karena penggunaannya diutamakan untuk bisnis dan perusahaan, maka pastikan akun Instagram yang Anda miliki adalah akun Instagram Business atau Professional Account. Berikut adalah cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account):

  1. Buka halaman profile Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  2. Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  3. Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  4. Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  5. Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

Step 4. Mitra Resmi akan Set Up Bot Instagram API

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Qontak.com sebagai Mitra Resmi akan set up ChatBot Instagram API Anda melalui aplikasi Omnichannel Qontak.com.

Step 5. Bot Instagram API Siap Digunakan

Setelah di set up, Qontak.com akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Chatbot Instagram API. Instagram API pun siap digunakan.


Gunakan Bot Instagram Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Instagram Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Dilengkapi dengan ChatBot Instagram untuk Instagram shop Anda,

Qontak.com telah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Dengan mendapatkan Instagram API melalui Qontak.com, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan lebih mulus dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Frequently Asked Question tentang Bot Instagram

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Tidak ada syarat khusus yang menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
    • Akun Facebook Business Manager
    • Akun Facebook dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
    • Professional Account atau Akun Instagram Business

    Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda bisa mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Messenger Instagram API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
  • Tidak bisa. Instagram API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun yang didaftarkan untuk Instagram API pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Qontak.com.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
  • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram.
Apakah saya dapat membuat bot Instagram saya sendiri?
  • Ya, Anda dapat membuat alur percakapan bot Instagram Anda sendiri. Qontak akan membantu Anda untuk merealisasikan bot Instagram Anda.

You may also like

0 comments

By