Bisnis Anda Work from Home? Ini 4 Alasan Pentingnya CRM!

alasan pentingnya crm

Simak alasan pentingnya CRM berikut untuk keberlangsungan bisnis Anda selama work from home!

Virus Corona atau Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini sangat mengkhawatirkan. Bahkan, pada 12 Maret 2020, World Health Organization (WHO) telah menetapkan Covid-19 sebagai sebuah pandemi. Data terakhir per tanggal 1 April 2020 menunjukkan terdapat 1.677 kasus positif dengan 157 orang meninggal di Indonesia, sedangkan di dunia terdapat 750.890 kasus positif dengan jumlah kematian 36.405. Pandemi ini memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat luas dari berbagai kalangan, salah satunya adalah para pemiliki bisnis.

Sejak diberlakukannya social distancing atau physical distancing, masyarakat disarankan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan tinggal di rumah. Pemerintah menyarankan agar kantor-kantor dan perusahaan menerapkan sistem work from home atau kerja dari rumah. Beberapa perusahaan langsung menerapkan sistem work from home bagi pekerja mereka, bahkan sudah terbiasa dengan sistem ini. Namun, lebih banyak yang merasa tidak siap dan kelabakan untuk menerapkan sistem work from home.

Bagi perusahaan, bisnis harus tetap berjalan bagaimana pun caranya. Mereka harus memutar otak agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi saat ini. Dibutuhkan kreativitas untuk membuat agar pemasukan tetap ada, operasional perusahaan berjalan, dan gaji karyawan terpenuhi. Sistem work from home membuat para pegawai melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Beberapa perusahaan yang tidak terbiasa dengan sistem ini mungkin kebingungan, bagaimana mungkin pekerjaan-pekerjaan harian di kantor dapat dilakukan dari rumah?

Mengenal Customer Relationship Management (CRM) dan Alasan Pentingnya bagi Bisnis

Mungkin Anda pernah mendengar istilah customer relationship management, atau CRM, atau manajemen hubungan pelanggan, mungkin ada juga yang belum. Apa itu CRM? CRM adalah sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi-interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. Tujuannya adalah membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selengkapnya mengenai CRM: Bisnis Anda Mandek? Pahami Konsep CRM!

Lalu, mengapa CRM penting? Bagaimana sistem CRM dapat membantu pemilik bisnis dengan sistem work from home?

Software CRM memiliki beberapa fitur dan modul yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, terutama di situasi saat ini. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh CRM, berikut adalah alasan-alasan pentingnya CRM untuk bisnis Anda!

4 alasan pentingnya CRM untuk Work from Home

  1. Integrasi dengan Whatsapp Business Official

Whatsapp Business Official membantu perusahaan untuk berkomunikasi dengan calon klien, pelanggan, dan pegawai. Whatsapp dan sistem CRM yang terintegrasi akan memudahkan manajemen dalam mengirim notifikasi dan menangani customer service.

Bagaimana cara kerja integrasi Whatsapp Business Official dengan CRM?

  • Whatsapp akan dioperasikan oleh agen-agen customer service untuk menangani pelanggan
  • Terdapat chatbot untuk menangani FAQ (frequently asked questions) yang dapat memberikan informasi-informasi umum
  • Dengan sistem CRM, agen dapat memberikan pesan outbond Whatsapp dan membuat ticket secara otomatis hanya dengan 1 klik
  • Sistem CRM mempermudah manajemen dan agen untuk melacak progress ticket
  • Seluruh database pelanggan (nama, nomor telepon, pesanan) akan tersedia di satu platform yang memungkinkan manajemen menggunakan database tersebut untuk keperluan marketing

Anda bisa membuat template chat sendiri, atau menggunakan template default sebagai dasarnya.

Anda juga bisa melakukan integrasi beberapa platform chat. Akan terdapat informasi tambahan berupa asal dari mana calon pelanggan melakukan pesan (Facebook, Line, atau Whatsapp)

Lalu, apa bedanya Whatsapp Business Official dengan Whatsapp Business biasa?

Inilah kelebihan Whatsapp Business Official

alasan pentingnya crm

Qontak merupakan salah satu dari official business partner Whatsapp API di Indonesia yang bisa membantu Anda untuk menyediakan solusi Whatsapp Business Official untuk perusahaan Anda.

  1. Mengelola penjualan dan customer service

Di situasi sulit saat ini, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk mengelola penjualan dengan cermat agar bisnis tetap berjalan dan tidak merugi. Bahkan, profit mungkin jadi urusan kesekian, asal operasional tetap berlangsung. Di sisi lain, Anda tetap harus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kalau tidak ingin mereka lari

Anda dapat mengelola penjualan Anda dengan software CRM. Software ini memungkinkan Anda untuk melihat keseluruhan proses penjualan di perusahaan. Anda dapat melakukan sales monitoring sehingga semua detail aspek proses penjualan dapat terlihat dan bisa memperoleh insight yang dibutuhkan untuk meningkatkan calon pelanggan Anda. Software CRM membantu megelola penjualan bisnis Anda dalam hal:

  • Manajemen kontak

Salah satu modul penting dalam CRM adalah manajemen kontak. Sistem CRM dapat menyimpan detail calon pelanggan maupun pelanggan eksistin serta melacak interaksi mereka dengan perusahaan.

Manajemen kontak juga membantu dalam menganalisis kebutuhan pelanggan dan mempersingkat sales funnel calon pembeli.

  • Sales report

Selain menyimpan seluruh data penjualan, sistem CRM dapat membantu menganalisis data tersebut dalam bentuk pipeline report untuk melihat peluang sales, deals yang sedang berlangsung, serta pencapaian anggota tim penjualan

 

Modul CRM

Sistem CRM juga membantu mengelola customer service Anda lebih baik lagi. Dengan data yang tersimpan lengkap di software CRM, seluruh data pelanggan mulai dari detail kontak, percakapan, deals, maupun meeting dapat dilihat kapan pun. Hal ini memudahkan siapa pun yang sedang menangani pelanggan dapat memperoleh informasi yang sama tentang pelanggan tersebut.

  1. Melacak kegiatan dan KPI seluruh anggota tim

Salah satu kendala perusahaan dengan sistem work from home adalah melacak kegiatan dan kinerja anggota tim. Bagaimana Anda bisa memastikan pegawai Anda tetap memberikan performa yang baik untuk perusahaan?

Jawabannya adalah dengan sistem CRM.

Dengan software CRM, Anda dapat memasukkan indikator yang ingin dicapai ke dalam sistem dan penilaian dapat dilihat secara otomatis. Sistem CRM dapat menampilkan laporan berapa jumlah tugas yang dilakukan oleh tiap pegawai dan tahapan-tahapan pada tugas tersebut. Aplikasi CRM juga membantu Anda untuk melihat berapa jumlah kontak dan closed deals yang dihasilkan masing-masing pegawai,

Selengkapnya mengenai Software Untuk Mengelola KPI Perusahaan

  1. Mengelola tim dan live check-in GPS

Masih bingung bagaimana cara mengelola tim Anda dan memastikan keberadaan mereka? Fitur live check-in GPS dapat melacak keberadaan anggota tim. Anda dapat meminta mereka untuk melakukan check-in dan check-out sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dengan adanya modul sistem mobile CRM, pengguna dapat mengakses aplikasi CRM kapan pun dan di mana pun mereka berada. Dengan fitur ini, Anda dapat memastikan keberadaan pegawai tanpa khawatir. Bekerja di mana pun tidak menjadi masalah, bahkan jika harus dilakukan di rumah.

modul CRM

Situasi pandemi Covid-19 saat ini memang sangat tidak nyaman untuk berbagai kalangan. Dampak yang ditimbulkan terhadap keadaan ekonomi membuat pemilik bisnis harus beradaptasi, salah satunya dengan menerapkan sistem work from home. Dengan mengetahui 4 alasan pentingnya CRM, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalani bisnis Anda dengan sistem work from home. Berbagai kegunaan dan keuntungan yang dimiliki sistem CRM akan membantu keberlangsungan bisnis Anda tetap berjalan dengan baik. Walaupun terdapat kelebihan dan kekurangan, cara kerja CRM pada perusahaan akan banyak memberikan manfaat, bahkan jika pandemi ini telah berakhir dan bisnis Anda kembali berjalan normal. Itulah mengapa CRM dianggap penting.

Segera miliki software CRM terbaik di Indonesia untuk membantu bisnis Anda dalam work from home.

Hubungi Qontak sekarang juga!

× Contact Us!