Bermanfaatkah Bisnis Menggunakan Influencer Marketing?

influencer marketing

Banyaknya sosok orang-orang yang digital savvy dan tahu benar cara membranding keberadaannya di media sosial membuat orang-orang ini dapat bekerja sama dengan brand untuk membantu memberikan paparan yang lebih banyak lagi bagi brand Anda, bahkan tidak jarang juga trafik. Orang-orang yang demikian ini disebut influencer marketing, dengan jumlah followers yang banyak dan interaksi yang tinggi di platform yang mereka manfaatkan, mereka dianggap sebagai selebriti di media sosial. Di sinilah brand masuk untuk memanfaatkan ketenaran ini untuk keperluan promosi.

Apa saja manfaat menggunakan influencer marketing bagi bisnis Anda dan apa yang harus Anda pertimbangkan?

  1. Hasil yang kuat

Berbagai strategi marketing yang berbeda dapat menjadi pertimbangan dan salah satu yang dapat Anda manfaatkan adalah jasa influencer yang memang memiliki hasil yang kuat. Hasil yang diperoleh dengan memanfaatkan influencer marketing ini berbanding sekitar 1:5, dengan pengeluaran yang hanya sebagian saja dengan hasil yang dapat mencapai lima kali lipatnya. Influencer marketing merupakan strategi yang tepat jika Anda ingin mendapatkan customer baru, bahkan lebih efektif dari email marketing dan cara organik.

influencer marketing
Sumber gambar: brandbacker.com
  1. Untuk membangun kepercayaan

Penggunaan influencer marketing di media sosial dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih memiliki kredibilitas. Mereka merupakan pengguna produk sama seperti target market Anda, dan mereka dapat menunjukkan adanya value dari bisnis Anda lewat foto atau video yang mereka buat sebagai testimoni. Followers dari influencer marketing yang diajak berkolaborasi dengan bisnis Anda dapat memperoleh perspektif yang baru mengenai brand Anda. Dengan melihat produk berkualitas dipakai oleh idolanya, maka brand Anda dapat menjadi produk acuan target market Anda.

  1. Mencapai target audiens yang diharapkan

Dengan memilih influencer marketing yang topik kontennya relevan dengan brand dan bisnis Anda, secara otomatis Anda menargetkan target audiens yang sesuai dengan brand Anda, yang pasti mem-follow influencer tersebut karena menyukai konten yang diberikan. Hal in idapat menjadi win-win solution, karena brand tidak menghabiskan energi dan sumber daya untuk menjangkau audiens dengan persona yang paling tepat. Anda bahkan dapat melihat langsung interaksi terhadap brand Anda lewat komentar yang ditinggalkan di postingan yang dilakukan influencer marketing.

influencer marketing
Sumber gambar: skyword.com
  1. Menentukan ke mana target harus diarahkan

Influencer marketing berbeda-beda di setiap platform, sehingga Anda dapat menargetkan pasar Anda di platform yang berbeda dengan tepat. Platform yang paling efektif sekarang adalah Facebook, YouTube, Instagram dan Twitter. Sesuaikan platform yang ingin Anda targetkan di social media dengan yang paling dapat mempromosikan brand Anda dan merepresentasi bisnis Anda dengan tepat.

Apakah brand Anda dapat menuai keuntungan dari influencer marketing?

You may also like