Belajar dari 3 Entrepreneurs yang Memanfaatkan Kekuatan Content Marketing

Content Marketing Success

Selama ini, berbagai pembahasan mengenai konten dan pemanfaatannya dalam dunia marketing sudah berulangkali ditampilkan, namun belum pernah ada kisah sukses menggunakan konten sebagai alat marketing untuk menginspirasi Anda. Karenanya, berikut ini beberapa praktek content marketing yang sudah teruji dan dilakukan oleh nama-nama besar berikut yang bisa jadi inspirasi Anda berikutnya.

  1. Peep Laja

Sebagai pendiri ConversionXL, sebuah blog yang fokus membahas mengenai optimasi penjualan dan sudah menjadi referensi untuk praktek marketing di seluruh dunia, Peep Laja tidak bisa disepelekan. Melakukan tes optimasi merupakan salah satu langkah yang paling vital dalam dunia digital marketing, dan blog dari Peep Laja berkontribusi besar terhadap hal ini.

Content Marketing Success
Sumber Gambar: experimentengine.com

Peep Laja pertama kali membangun dan membuat kontennya di tahun 2011, dan sudah menguasai formula postingan yang pasti viral. Perlahan tapi pasti, karena industri yang dipilihnya cukup spesifik, Peep Laja pun berhasil mencapai angka 100 ribu visitor setiap bulannya. Rahasia dari Peep Laja ternyata sederhana saja. Selain memastikan spesifikasi industrinya, Peep Laja juga menganalisa data dan melakukan riset terhadap blog lain, mencari tahu “jurang” yang belum terjembatani dengan konten berkualitas. Peep Laja kemudian menciptakan formula yang berdasarkan kepada data-data akurat, memberikan tips yang dapat diaplikasikan.

Belajar dari Peep Laja, berikut formula yang selalu berhasil untuk kontennya.

  1. Postingan yang panjang antara 1,800 sampai 3,000 kata.
  2. Cantumkan foto yang relevan dengan konten.
  3. Konten yang memiliki data akurat untuk mendukung pembahasannya.
  4. Konten yang memberikan contoh institusi nyata yang bisa membuat tingkat share yang diterima oleh konten Anda semakin tinggi.
  5. Manfaatkan platform media sosial untuk melakukan sharing content.
  6. Promosikan konten dengan bantuan influencers.
  7. Tuliskan postingan tamu untuk situs lain agar mendatangkan trafik.
  8. Fokuslah membuat konten yang berkualitas, jangan terlalu fokus akan jumlah yang banyak.
  1. Neil Patel

Neil Patel pastinya merupakan nama yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para marketers di dunia digital. Keahlian Neil Patel adalah membangun audiens melalui berbagai macam konten marketing yang fokus untuk memberikan nilai bagi para penikmatnya. Dari konten-kontennya saja, Neil Patel berhasil mengembangkan bisnis hingga mencapai nilai jutaan dolar. Sedikit berbeda dari Peep Laja, Neil tetap memastikan konten yang di-share-nya berjumlah banyak, dan karenanya, Neil pun mengajak penulis lepas bekerjasama. Hingga kini, Neil Patel tidak pernah lagi menulis sendiri kontennya, dan situsnya sudah dikunjungi lebih dari 100,000 pengunjung. Berbagai konten berkualitas ini bahkan berhasil diangkat oleh Inc., Entrepreneur, The Huffington Post, Forbes, dan masih banyak lainnya.

Content Marketing Success
Sumber Gambar: justwebworld.com
  1. Joy Cho

Sebagai seorang desainer grafis, sosok Joy Cho dikenal lewat media dan situs bernama Oh Joy yang berhasil dibangunnya. Dari mana kontennya berasal? Joy Cho hanya secara rutin blogging mengenai perjalanannya menjadi desainer grafis di kota baru baginya, New York. Tanpa adanya strategi dan bermodalkan konsistensi serta selera yang bagus, Joy Cho sharing mengenai hal-hal yang dinikmati dan ditemukannya sehari-hari. Perlahan namun pasti, trafik blognya naik dan banyak klien berdatangan menggunakan jasanya. Setelahnya, semuanya menjadi sejarah, Joy Cho berhasil merubah karir freelance-nya menjadi bisnis purna waktu. Blognya, Oh Joy, kini menjadi medium lifestyle brand yang membantu organisasi dengan desain dan kontennya masing-masing mempromosikan diri dalam bentuk visual. Joy menjadi ratu di Pinterest dengan total 13 juta followers, brand-brand besar pun berdatangan meminta bantuannya untuk membenahi akun Pinterest-nya.

Curi ide mereka untuk diaplikasikan bagi bisnis dan konten marketing Anda.

You may also like

× Contact Us!