Bajak Pertumbuhan Pendapatan Bisnis dengan Cara Berikut

Business Growth

Bagaimana strategi yang Anda implementasikan dalam memastikan terjadinya pertumbuhan secara konstan dan tepat sasaran dalam bisnis Anda? Semua pelaku bisnis pasti ingin menikmati pertumbuhan terukur yang terus menanjak dan dinamis, serta maksimal di setiap bidang perusahaan. Terkadang, kita masih terus mencari tahu jalan apa yang memang sudah tepat atau apakah masih terdapat kesempatan dan potensi yang masih belum tereksplorasi.

Lalu bagaimanakah cara memastikan pertumbuhan pendapatan bisnis terus terjadi meski hanya 10% saja? Berikut beberapa pembelajaran yang mungkin bisa Anda curi jika Anda bergerak di bidang sales dan marketing.

  1. Diperlukan adanya perencanaan dan perkiraan hal-hal yang akan terjadi di depan nanti secara lebih matang

Prediksi yang dilakukan sedekat mungkin dengan kenyataan yang ada di lapangan dan kondisi market saat Anda memutuskan untuk mengimplementasi sebuah strategi akan sangat krusial dalam memupuk terjadinya pertumbuhan pendapatan. Menargetkan sesuatu dan berusaha untuk tetap berada di dalam jalur untuk mencapainya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membantu konsistensi pertumbuhan pendapatan dan mencapai gol sales. Anda seperti memiliki peta bagi tim Anda, dan ketika ada anggota tim atau eksekusi yang “nyasar”, Anda dapat segera kembali mengacu pada peta tersebut. Saat terjadi gap atau celah, Anda juga dapat segera memperbaikinya. Semuanya merupakan proses trial dan error yang disempurnakan seiring dengan berjalannya strategi.

  1. Lakukan pemeriksaan kembali pada sistem marketing bisnis Anda

Bisnis apapun yang sudah berhasil melakukan penjualan kemungkinan besar memiliki potensi yang belum sempat tergali dalam berbagai tumpukan datanya. Berbagai calon klien yang terlupakan dan tidak sempat ter-follow up masih bisa kembali dimanfaatkan dan didekati kembali. Pada dasarnya, tidak ada leads yang tidak berpotensi, bahkan dapat menjadi rute tercepat untuk pertumbuhan ketika diaktifkan, terutama para klien atau customer yang sudah setengah jalan di pipeline penjualan Anda dan sudah mengenal tentang produk Anda. Kembalilah menggali untuk menemukan leads-leads dengan ciri berikut.

Business Growth
Sumber Gambar: talegaexecutivetransportation.com
  1. Lakukan analisa terhadap jangkauan perkembangan sales

Setelah menggali database Anda, Anda kemungkinan besar masih melewatkan berbagai white space yang berpotensi. Lakukan analisa terhadap penjangkauan sales development dengan cara mencari tahu berapa banyak kesempatan yang tersedia dalam suatu funnel di quarter yang Anda tengah jalani. Sales development outreach atau SDR ini biasanya dapat ditemui dalam tim marketing atau tim sales, dan dengan melihat bagian mana yang butuh penyeimbangan dan butuh dimaksimalkan, Anda tidak akan melewatkan potensi berharga apapun dan mengetahui cara apa yang paling tepat dan mengapa white space ini penting bagi bisnis Anda.

Business Growth
Sumber Gambar: businessreviewaustralia.com
  1. Selalu awasi dan analisa berbagai kesempatan sales aktif maupun yang tidak aktif

Lapisan ketiga dari white space berisikan leads yang sudah masuk kualifikasi, sehingga diperlukan adanya pengawalan yang terus-menerus sehingga leads dapat menjadi customer. Lakukan analisa terhadap leads yang tidak kunjung berubah menjadi customer dan “tersangkut” pada salah satu tahapan. Ketahui apa penyebab melambatnya proses, dan perbaiki hal tersebut dengan memfokuskan sumber daya ke perbaikan tahapan tersebut.

Jangan pernah melepaskan leads yang potensial hanya karena terhambat di salah satu tahap, dan selalu awasi keberadaan hiccups atau hambatan dan lakukan perbaikan terus-menerus demi pertumbuhan bisnis yang signifikan.

You may also like