Bagaimana Mengintegrasi WhatsApp dengan CRM Perusahaan Anda? Begini caranya!

CRM Whatsapp

Whatsapp sebagai aplikasi pesan paling populer di dunia telah berkembang menjadi alat utama bagi perusahaan untuk melakukan customer relationship management (CRM).

Sangat bisa dipahami mengapa perusahaan memilih WhatsApp sebagai sarana utama mereka untuk berkomunikasi dengan customer. Dengan Whatsapp, komunikasi antara customer dan bisnis bisa terjadi langsung sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran informasi untuk keseluruhan proses pembelian.

WhatsApp melihat peluang tersebut dengan meluncurkan WhatsApp for Business, yaitu versi yang dikhususkan bagi mereka yang memiliki bisnis. Versi ini dapat menjadi alat Customer Relationship Management atau CRM bagi perusahaan yang ingin berhubungan dengan pelanggan mereka. (Lebih lanjut mengenai CRM: CRM Adalah Apa Sih?)

WhatsApp sebagai CRM dapat memberikan manfaat bagi perusahaan Anda, baik melalui peningkatan sales maupun customer service.

Cara Memulai WhatsApp sebagai Alat Customer Relationship Management

Langkah pertama yang anda lakukan adalah membuat akun WhatsApp Business dan mempromosikannya. Jika anda memiliki kartu bisnis, social media atau media promosi lainnya (flyer, spanduk, dsb), cantumkan nomor tersebut. Hal ini menjadi penting karena:

  1. Nomor WhatsApp Anda tidak akan ditemukan jika tidak dipromosikan
  2. Customer harus menjadi pihak pertama yang mengontak perusahaan Anda. WhatsApp memiliki aturan bahwa Anda tidak dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk Anda. Anda akan dianggap spam dan berpotensi di-block jika melakukannya.

Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan perusahaan adalah memaksimalkan agar pelanggan menemukan nomor WhatsApp mereka sehingga mereka bisa memulai komunikasi terkait bisnis perusahaan tersebut.

Menurut Callbell, memasukkan nomor WhatsApp ke website perusahaan merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan conversion rate secara signifikan.

CRM Whatsapp

Bagaimana Mengatur Hubungan dengan Pelanggan melalui WhatsApp

Ketika pelanggan menghubungi nomor WhatsApp Business Anda, mereka akan menanyakan hal seperti informasi produk maupun bantuan after sales. Customer service anda harus dapat merespon langsung secara cepat. Inilah yang diharapkan dari pelanggan, yaitu kecepatan dalam merespon pertanyaan mereka dibandingkan harus melalui cara tradisional seperti email.

Jika customer service Anda tidak tersedia 24/7, kemampuan WhatsApp Business akan sangat membantu Anda melalui fitur pesan terotomatisasi (automated message). Pesan ini dapat Anda atur sesuai kebutuhan, misalnya jam operasional CS anda atau frequently asked questions (FAQs).

Untuk perusahaan besar, Anda bisa menggunakan chatbot yang bisa menuntun pelanggan untuk mendapat solusi yang diinginkan melalui automated form. Jika pelanggan tidak mendapat jawaban yang diinginkan, mereka dapat meminta bantuan operator manusia.

Setiap bisnis dapat menentukan strategi dan tools mana yang ingin digunakan, tergantung dari jumlah dan jenis permintaan pelanggan mereka. Bisnis yang tidak terlalu besar mungkin ingin memperlakukan pelanggan seperti teman, sedangkan bisnis yang lebih besar tentu akan lebih kompleks dan berbeda.

Tools Apa yang Bisa Digunakan untuk Mengintegrasi WhatsApp dengan Strategi CRM Perusahaan Anda?

Di bawah ini adalah tools berguna untuk mengatur WhatsApp Anda dan melacak informasi kontak yang masuk.

  1. WhatsApp Business

Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang tidak terlalu besar, yaitu yang hanya memiliki 1 customer service saja dengan request yang tidak terlalu banyak. Tampilannya sama dengan WhatsApp biasa, dengan tambahan fitur seperti welcome message.

  1. Qontak

Qontak merupakan official business partner WhatsApp API yang memungkinkan nomor Anda menjadi WhatsApp Official. Apa saja kelebihan WhatsApp Official dibandingkan WhatsApp Business biasa? Berikut adalah 4 kelebihan utama WhatsApp Official yang ditawarkan oleh Qontak.

 4 Kelebihan Utama WhatsApp Official yang Ditawarkan Qontak

  1. Check Mark

Dengan WhatsApp Official, nama perusahaan Anda akan muncul di kontak dengan check mark. Hal ini akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih reliable sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Up to 15 Agents

Jika WhatsApp Business biasa hanya bisa dipegang oleh 1 customer service, WhatsApp official memungkinkan nomor Anda dipegang oleh hingga 15 customer service. Untuk perusahaan yang besar, hal ini tentu akan membantu Anda untuk memiliki beberapa customer service WhatsApp dengan hanya menggunakan 1 nomor saja.

  1. Cek KPI Customer Service Anda

Anda dapat mengecek key performance indicator (KPI) customer service Anda dengan melihat berapa percakapan yang mereka lakukan dan seberapa cepat respon mereka terhadap pelanggan.

  1. Perekaman Percakapan

Semua percakapan dapat terekam secara rapi sehingga memungkinkan Anda untuk melacak percakapan antara customer service dengan pelanggan Anda.

Bagaimana? Luar biasa bukan? Anda memperoleh banyak sekali manfaat untuk kelancaran dan kemudahan bisnis Anda dengan solusi WhatsApp Official yang ditawarkan Qontak.

Segera mulai konsultasi bisnis Anda sekarang di sini.

 

You may also like

× Contact Us!