Bagaimana Memperkuat Brand Anda dan Membuatnya Lebih Diingat

Memorable Branding

Memiliki bisnis berarti harus berkutat dengan yang namanya branding. Untuk menciptakan branding yang solid sendiri bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Anda harus memulai dari awal dan dari ketiadaan, serta melakukan perbaikan secara terus-menerus dalam prakteknya. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat brand dan membuatnya menjadi lebih mudah diingat lewat hal-hal berikut.

  1. Memulai memperkenalkan brand di lingkup kota dan area sekitar pusat bisnis Anda berada

Memulai sebuah brand berarti memulai pembangunan reputasi, dan tidak ada tempat yang lebih sesuai melakukannya selain di area lokal tempat bisnis Anda berada. Komunitas yang lebih kecil dan ada di sekitar Anda merupakan medium penguat brand yang dapat Anda lakukan dengan terlibat lebih banyak lagi dalam kegiatan berskala lokal dan memberikan kontribusi untuk mengingat dan merefleksikan seperti apa image dari brand Anda. Brand akan lebih mudah diingat berdasarkan nilai-nilai yang dipegangnya serta etika dan kekuatannya. Anda dapat sekalian membangun brand Anda dengan membentuk tim yang terdiri dari orang-orang yang juga hidup di area yang sama.

Memorable Branding
Sumber gambar: worstofalldesign.com
  1. Membangun persepsi

Kembali lagi pada poin nilai brand yang dipegang dan ingin diperkenalkan ke masyarakat, Anda sebagai brand dapat terlibat lebih awal dalam community service atau pelayanan kemasyarakatan sebagai cara pengasosiasian brand Anda. Anda dapat memanfaatkan platform ini untuk membentuk persepsi masyarakat mengenai brand Anda yang akan dinilai peduli. Jadilah suara untuk suatu hal yang perlu diangkat di tengah masyarakat, dan brand bisnis Anda pun akan mengikuti dengan sendirinya serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Memorable Branding
Sumber gambar: bacnetwork.com
  1. Bangunlah kultur perusahaan dan brand yang mendarah daging

Bagian lain yang penting dari branding namun sering terabaikan adalah pembangunan dan penetapan kultur dan cara kerja dalam perusahaan. Dengan kultur yang jelas, Anda dapat lebih mempertahankan orang-orang terbaik yang bekerja dalam tim Anda serta memperkuat komitmen mereka. Anda dapat mengajak anggota tim terlibat dalam pelayanan masyarakat untuk sekaligus memperlihatkan bagaimana tim brand Anda mau bekerja dan dapat didekati oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi cara memperkuat rasa saling memiliki sesama anggota tim. Anda akan berkontribusi terhadap pengalaman kerja yang menyenangkan dan membentuk loyalitas tim Anda.

Pada akhirnya, brand dan segala aktivitas pendukung yang Anda lakukan tetaplah berbicara mengenai reputasi. Pembentukan reputasi seperti apa yang Anda harapkan untuk brand Anda? Jika Anda sudah mengetahui hal ini, maka Anda akan bergerak ke arah yang lebih jelas.

You may also like