Qontak WhatsApp

Bagaimana Memanfaatkan Aktivitas Kontes Bagi Tim yang Terdiri dari Kaum Millennial

Sales Team Competition

Memotivasi tim Anda untuk terus maju dan mencapai target terutama bagi tim sales yang adalah ujung tombak merupakan hal yang penting. Tanpa adanya motivasi yang datang dari dalam diri masing-masing, semakin sulit bagi tim sales untuk dapat mencapai target dengan performa yang baik.

Jika Anda adalah seorang pemimpin tim sales, maka Anda bertanggung jawab untuk membuat tim Anda fokus pada tujuan dan target bersama, dan hal ini kadang lebih sulit dari sekedar menuntut mereka mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk membuat anggota tim sales Anda tetap fokus dan mau terlibat lebih dalam kegiatan tim, Anda dapat memotivasi mereka dengan mengadakan kontes internal dengan memanfaatkan insting berkompetisi yang secara alami ada di dalam diri masing-masing orang.

Berikut ini cara Anda dapat mengadakan kompetisi bagi anggota tim sales Anda, terutama yang merupakan bagian dari kaum millennials:

1. Mengadakan beberapa banyak jenis kompetisi dengan lawan yang berbeda-beda, seperti salesperson lawan goal, salesperson lawan salesperson lainnya, salesperson bersaing dengan pencapaian pribadinya di masa sebelumnya atau tim sales A melawan tim sales B.

2. Ketahui apa yang menjadi pemicu bangkitnya semangat kompetisi di antara kelompok umur yang paling mendominasi di tim sales Anda.

Sales Team Competition
Sumber Gambar: linkedin.com

3. Ambil contoh dari Pokemon Go yang berhasil membangkitkan semangat berkompetisi di tengah kaum millennials. Cobalah memasang dan menampilkan progress mereka satu per satu secara real-time sehingga mereka bisa saling melihat sampai mana performa mereka dan saingan mereka. Seperti format Pokemon Go, hal ini terbukti efektif membuat kaum millennials bangkit dan berusaha mendahului saingannya, karena melihat nilai yang terpampang. Update “papan nilai” setiap ada perubahan agar mereka bisa melihat jejak rekam mereka dan mengingat goal mereka. Hal ini dapat dilakukan secara individual maupun tim.

4. Tetapkan beberapa goal yang berbeda. Mulailah dengan goal berdasarkan quota, namun tetapkan juga goal harian dan mingguan untuk aktivitas seperti berapa banyak telepon yang dilakukan serta email yang dikirimkan, berapa banyak meeting yang berhasil dijadwalkan dengan prospek serta berapa banyak konversi potensial. Hal ini cukup efektif dalam merayakan kemenangan kecil serta memotivasi salesperson semaksimal mungkin hanya dalam jangka waktu pendek.

Sales Team Competition
Sumber Gambar: getupandgo.com

5. Setiap beberapa lama, modifikasi kompetisi antar anggota tim. Kebosanan sangat mudah terjadi dalam sesuatu yang berulangkali dilakukan. Selain memastikan nilai dan progress setiap individu terekam dan ditunjukkan. Gunakanlah tool digital untuk mendukung hal ini dan memungkinkan update yang lebih cepat. Kaum millennials dalam tim Anda juga akan lebih bersemangat jika mereka mendapatkan reward berupa pengalaman yang menarik daripada sekedar voucher belanja. Modifikasi juga reward yang Anda janjikan.

Pastikan Anda dapat membangkitkan antusiasme anggota tim Anda demi memotivasi terjadinya sales dengan dorongan internal yang efektif dan positif.

You may also like

By