Bagaimana CRM Dapat Memperbaiki Customer Experience Secara Drastis?

Sangatlah menakjubkan bagaimana sebuah perangkat lunak sederhana dapat melakukan lebih dari sekedar manajemen data dan dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan customer experience mereka.

CRM (Customer Relationship Management) merupakan perangkat lunak yang menyimpan informasi tentang pelanggan dan interaksinya dengan bisnis. Banyak perusahaan yang bergantung pada perangkat lunak ini untuk mengatur data pelanggan yang digunakan untuk meningkatkan fungsi yang dihadapi pelanggan dan juga tim internal perusahaan. Penggunaan CRM dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dari karyawan serta mendorong keberhasilan pelanggan yang lebih baik.

Jika perusahaan Anda belum memiliki sistem CRM – Anda mungkin disini untuk mempertimbangkan penerapan sistem tersebut dalam perusahaan Anda. Sistem CRM ini dapat dimanfaatkan oleh bisnis besar atau kecil, sistem CRM yang ditawarkan di Qontak.com dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan industri dari perusahaan Anda. Dalam meningkatkan customer experience, ada beberapa hal yang dapat CRM lakukan untuk meningkatkan customer experience terhadap perusahaan Anda.

5 hal yang dapat CRM lakukan untuk meningkatkan Customer Experience:

  1. Membuat self-serve dan onboarding dengan mudah

Pelanggan mudah terintimidasi oleh gagasan untuk mempelajari produk atau layanan baru. Ini karena proses orientasi seringkali membingungkan dan memakan waktu. Dengan sistem CRM, mereka dapat membantu dengan orientasi dengan membuat proses melayani diri sendiri dengan mudah. Misalnya, karyawan dapat menyesuaikan bidang catatan kontak untuk memicu alur kerja di perusahaan Anda. Alur kerja ini memberi sinyal kepada karyawan tindakan yang harus diambil dengan pelanggan dan kapan.

  1. Personalisasi Komunikasi Pelanggan

Banyak pelanggan yang mengalami pertukaran dikarenakan personalisasi dari perusahaan tersebut buruk. Dengan adanya CRM dapat membuat semua informasi pelanggan tersedia bagi tim Anda, sehingga memungkinkan perwakilan untuk mempersonalisasi setiap interaksi baru dengan pelanggan Anda. Misalnya, mereka dapat menarik catatan kontak pelanggan, sehingga mereka dapat menentukan apakah mereka telah memiliki pengalaman buruk dengan merek / perusahaan Anda, kemudian Anda dapat menerapkan langkah-langkah untuk potensi pertukaran. Atau dalam kasus sebaliknya, jika Anda memiliki pelanggan yang terus belanja atau menggunakan pelayanan di perusahaan Anda – Anda dapat melakukan penghargaan atas kesetiaan pelanggan tersebut.

  1. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Hubungan pelanggan dikembangkan dengan membangun kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan. CRM dapat membantu membangun kepercayaan ini dengan menyimpan informasi pelanggan penting yang dapat dirujuk di lain waktu. Pelanggan sering berinteraksi dengan bisnis lebih dari sekali, sehingga membantu untuk mencatat setiap interaksi untuk analisis di masa depan. Hal ini sangat bermanfaat bagi tim layanan yang menangani kasus dukungan jangka panjang. Mungkin ada detail kecil atau sepotong data yang dirujuk sejak awal dalam kasus yang ternyata penting untuk menemukan solusi. Mengelola data dengan benar membuat tim pendukung Anda lebih andal saat menemukan jawaban, yang memperkuat hubungan pelanggan dari waktu ke waktu.

  1. Akses Informasi Pelanggan yang Cepat

Fungsi utama CRM adalah untuk mengatur dan menyimpan data kuantitatif dan kualitatif tentang pelanggan Anda. Ini termasuk interaksi masa lalu dengan perusahaan seperti dukungan dan keterlibatan layanan. Ketika seorang pelanggan menjangkau tim layanan Anda, perwakilan Anda dapat dengan cepat melihat riwayat komunikasi pelanggan dengan merek Anda dan menghindari mengulangi tanggapan yang sama. Ini sangat membantu tim dukungan teknis yang menangani masalah jangka panjang yang dihadapi pelanggan.

  1. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

CRM akan meningkatkan kepuasan pelanggan di perusahaan Anda karena bertindak sebagai peta jalan untuk kebutuhan spesifik setiap pelanggan. Karena setiap interaksi disimpan dalam perangkat lunak terpusat, repetisi dapat menganalisis keterlibatan masa lalu untuk menentukan metode terbaik untuk mendekati pelanggan.

Ini sangat penting untuk mempertahankan pelanggan bernilai tinggi. Studi menunjukkan bahwa 10% teratas dari pelanggan setia Anda menghabiskan tiga kali lebih banyak per kunjungan daripada pelanggan rata-rata. Ini memberikan tekanan signifikan pada bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ini sebelum mereka membawa bisnis mereka ke tempat lain.

CRM mengkategorikan data dan menyediakan sumber daya bagi tim Anda yang menghasilkan interaksi pelanggan yang positif. Menggunakan keunggulan yang tercantum di atas, bisnis Anda dapat menggunakan CRM mereka untuk mengoptimalkan manajemen data mereka dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai software Social CRM dari Qontak – Anda dapat mengunjungi link dibawah ini untuk mendapatkan trial dan konsultasi gratis!

Click Here for Free Trial and Consultation

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai CRM, KPI, Target Penjualan Anda dapat membaca artikel dibawah ini:

You may also like