Bagaimana Cara Melipatgandakan Data Customer Bisnis Anda?

data customer

Pentingnya Data Customer

Memiliki data customer yang lengkap, relevan dan berpotensi merupakan kunci kesuksesan suatu bisnis, termasuk bisnis Anda. Program customer relation akan dapat dijalankan dengan layanan yang sesuai standar ketika Anda memiliki pertumbuhan konstan dan jalinan yang kuat dengan setiap orang yang ada dalam daftar customer Anda.

Pentingnya data customer yang menyeluruh dan mudah diakses akan membantu membuat bisnis Anda memiliki customer relationship management (CRM) yang sukses. Lalu, bagaimana cara Anda melipatgandakan data customer agar layanan customer yang bisnis Anda berikan semakin baik?

3 Cara Melipatgandakan Data Customer

  1. Kumpulkan informasi dari big data, namun jangan mengabaikan data yang sifatnya termasuk little data

Big data atau data yang sifatnya ‘besar’ merupakan data yang menjadi pegangan untuk mengambil keputusan di setiap fase. Sementara little data atau data yang sifatnya ‘kecil’ merupakan data yang lebih menyempit dan personal mengenai tiap customer. Little data memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengetahui data yang lebih spesifik dan membantu Anda memiliki data kualitatif mengenai apa yang diinginkan dan tidak diinginkan oleh customer. Anda dapat memperoleh informasi little data ini melalui survei yang dapat Anda sebarkan ke customer sehingga bisa lebih mendetail dan memperbaiki layanan yang diberikan ke depannya dengan jenis pertanyaan open-ended. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk membantu memuluskan langkah mengumpulkan feedback dari customer Anda.

  1. Menentukan gol yang dapat dicapai dan terukur bagi semua channel yang berhubungan dengan customer

Channel yang berhubungan dengan customer biasanya merupakan saluran yang paling banyak dipakai. Penggunaan channel akan mendatangkan customer serta target market yang sesuai demografik bisnis Anda. Agar lebih maksimal, tentukan gol bagi masing-masing channel agar performa untuk meningkatkan interaksi di dalam setiap channel tidak terbengkalai. Dengan begitu, akan terjadi kemajuan yang akan berujung pada kemajuan bisnis Anda juga. Tujuan yang Anda tetapkan untuk masing-masing channel haruslah secara konsisten lebih baik dari rata-rata, dan tidak perlu terlalu muluk-muluk. Tentukan rentang waktu untuk mencapai gol tersebut, mulai dari hal yang paling sederhana. Misalnya, berapa lama Anda dan tim harus merespon email dari klien, mengingat email adalah salah satu channel yang paling ramai mendatangkan klien potensial.

Data customer

  1. Anggaplah customer service sebagai praktek marketing yang baru

Semua praktek marketing di dunia digital menggunakan data serta akses untuk mengolahnya. Data merupakan pusat dari segala strategi marketing dan sales bisnis. Pencapaian terbaik adalah ketika Anda dapat memberikan layanan pada customer yang secara otomatis membuat mereka merekomendasikan bisnis Anda ke kenalan mereka. Word-of-mouth masih merupakan pemberi motivasi terkuat untuk membantu terjadinya penjualan dan transaksi. Anda bisa mewujudkannya dengan layanan customer service yang memastikan pelanggan memiliki pengalaman terbaik. Untuk itu, senantiasa perbaiki layanan oleh manusia maupun oleh hal-hal teknis dalam bisnis Anda.

Gunakan Aplikasi Data Customer untuk Bantu Bisnis Anda

Data customer service merupakan aset yang tidak tergantikan, sehingga pelipatgandaannya jelas harus tersedia dalam strategi dan planning bisnis Anda ke depannya. Pahami pengalaman dan pelayanan customer seperti apa yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi, dan fokuslah pada hal-hal ini demi mendatangkan keuntungan secara langsung maupun tidak langsung.

Anda dapat menggunakan aplikasi database pelanggan untuk membuat bisnis Anda lebih efisien dan tepat guna. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end software data customer atau solusi aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Omnichannel. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Pelajari lebih lengkap mengenai Qontak.com dengan klik disini untuk konsultasi gratis atau dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

You may also like