Qontak WhatsApp

Aplikasi Untuk Sales: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya

aplikasi untuk sales jenis fitur dan manfaatnya

Apa Saja Jenis, Fitur, dan Manfaat Aplikasi untuk Sales?

Aplikasi untuk sales digunakan sebagian besar bisnis untuk mendorong pertumbuhan sekaligus meningkatkan produktivitas. Mereka ingin mendapatkan data-data cukup banyak dari pelanggan maupun leads potensial yang akan membantu dalam menyusun strategi bisnis lebih berkembang dan mendorong pertumbuhan jangka panjang. Keinginan bisnis tersebut sulit tercapai tanpa bantuan aplikasi sales.

Permasalahan yang kerap bisnis hadapi selama ini adalah leads berasal dari berbagai saluran dengan kualifikasi berbeda. Selain itu tim penjualan harus menindaklanjuti leads potensial tersebut dengan melacak dan mencatatnya dari ribuan interaksi. Sementara dalam waktu bersamaan ticket yang masuk, perlu dianalisis untuk menyesuaikan strategi penjualan.  Hal ini tentu tidak bisa ditangani mereka secara manual, karena akan tertinggal dengan kompetitor.

Sales monitoring system membantu tim penjualan mengatasi tantangan ini dan lainnya dengan menciptakan visibilitas antar departemen, memusatkan data, mengotomatisasikan alur kerja dan memberdayakan tim sales sehingga berhasil memenuhi target.


Apa itu Aplikasi untuk Sales?

Aplikasi untuk sales adalah perangkat lunak digital yang digunakan bisnis untuk mempersingkat, mengoptimalkan dan mempercepat keseluruhan siklus penjualan produk. Software ini membantu Anda memulai operasional bisnis dengan gambaran tentang sasaran/target harian yang jelas.

Aplikasi untuk sales juga memungkinkan Anda berbagi informasi, mendelegasikan tugas, mengumpulkan informasi tentang berbagai pelanggan dan leads. Hal ini memudahkan tugas tim sales dan staf lainnya, seperti pengadaan, produksi, dan logistik yang perlu dipersiapkan membawa stok tambahan atau masuknya volume.

Aplikasi sales membantu Anda membuat laporan dan analisis berdasarkan informasi yang relevan biasanya hanya dengan sekali klik. Selain itu, Anda dengan mudah mengidentifikasi leads potensial dan menghindarkan dari “jebakan” menggunakan platform analitik penjualan mahal dan rumit.


 Jenis-Jenis Tools Aplikasi untuk Sales

Penggunaan aplikasi untuk sales  merupakan salah satu langkah yang diambil bisnis untuk memastikan strategi peningkatan penjualan tetap berjalan lancar. Saat ini banyak software sales di pasaran yang memberikan kelebihan dalam pemasaran produk, termasuk untuk meningkatkan penjualan serta pendapatan dari sales monitoring system.

Berikut beberapa jenis aplikasi sales yang paling umum digunakan oleh para pelaku bisnis:

  • Aplikasi CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management Software) adalah sistem untuk mengelola hubungan dengan pelanggan Anda. Software ini membantu monitoring pelanggan, meningkatkan hubungan, meningkatkan rasio konversi, mempertahankan penjualan dan mengotomatiskan komunikasi. Pengguna aplikasi CRM telah bertambah 113% sejak 2006, dan 65% profesional sales melaporkan menggunakan aplikasi CRM di tahun 2020. Aplikasi ini mudah disesuaikan dan integrasi dengan berbagai saluran, sehingga tidak membatasi Anda untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Rekomendasi aplikasi untuk Anda: Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia, No. 1 Wajib Coba

  • Aplikasi Marketing Automation/Otomatis Marketing

Aplikasi marketing automation adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk merampingkan alur pemasaran dan mengoptimalkan strategi pemasaran dengan mengotomatiskan tugas-tugas pemasaran seperti email marketing, postingan media sosial dan menangkap leads. Kegiatan ini membangun database yang kaya melalui konversi. Aplikasi marketing automation dapat digunakan untuk mengukur dampak promosi pada KPI tim pemasaran, ROI dan pengaruhnya pada pendapatan perusahaan. Meski aplikasi ini dijalankan secara otomatis, Anda tetap harus secara konsisten memantau alur kerja marketing untuk memastikan pesan yang disampaikan tetap up-to-date.

  • Aplikasi customer service/helpdesk

Aplikasi customer service membantu Anda mengelola komunikasi masuk dan keluar di berbagai saluran serta memberikan layanan dan menyelesaikan masalah pelanggan secara efisien. Software helpdesk biasanya dilengkapi fitur perutean panggilan, live chat, dashboard analitik, ChatBots dan manajemen kasus. Aplikasi ini memberikan solusi layanan pelanggan menjadi lebih terjangkau, dan adaptif sesuai kebutuhan bisnis Anda. Software customer service tersedia bervariasi menurut skala, penggunaan industri, jenis platform, kompatibilitas dan fitur.

  • Aplikasi pelaporan sales

Aplikasi pelaporan sales adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat setiap siklus penjualan seperti permintaan, pemesanan, pengadaan hingga pembayaran secara real-time. Perangkat lunak ini dirancang untuk mengoptimalkan sumber daya dengan mempertimbangkan segala jenis keterampilan tim sales, lokasi tim dan faktor lainnya.


9  Fitur Wajib Dimiliki Aplikasi untuk Sales

Aplikasi untuk sales pada umumnya didukung fitur-fitur yang mendorong perkembangan bisnis seperti berikut ini:

1. Manajemen Kontak dan Prospek

Aplikasi sales mengelola informasi pelanggan berdasarkan kriteria yang sesuai dengan proses bisnis. Hal ini akan berguna untuk menentukan strategi bisnis kedepan. Sales monitoring system membaca perilaku prospek atau leads yang dijadikan landasan untuk ditindak lanjuti menjadi pelanggan.

aplikasi untuk sales manajemen kontak

2. Pelaporan yang Rinci

Bisnis dapat dengan mudah melihat semua database yang tersimpan dari riwayat transaksi dalam satu tampilan dashboard. Laporan tersebut dapat ditampilkan sesuai kinerja tim atau periode waktu tertentu yang memudahkan Anda menganalisis dan menyusun strategi.

3. Pelacakan KPI dan Penjualan

Fitur aplikasi untuk sales kanvas ini melacak KPI (key performance indicator) sesuai dengan dengan kebutuhan bisnis Anda. Kinerja tim sales terorganisir dengan baik sekaligus membangun proses pendapatan yang dapat diprediksi dan diulang dengan sales monitoring system.

4, Mobile App

Aplikasi yang dapat diakses lewat mobile menjadi keharusan di era digital seperti sekarang. Begitu pula bagi pelaku bisnis yang menginginkan sesuatu mudah digunakan. Aplikasi untuk sales didukung fitur yang mudah digunakan di seluler sehingga tim sales dapat memperbarui informasi dimana saja.

aplikasi untuk sales mobile app

5. GPS Tracking

Fitur GPS tracking ini memungkinkan aplikasi untuk sales memantau kinerja tim Anda saat dilapangan secara real-time. Selain itu juga membantu mengidentifikasikan leads berdasarkan lokasinya. Usahakan fitur ini juga dapat digunakan saat tidak ada koneksi internet sehingga tidak menghambat kinerja tim sales.

aplikasi untuk sales gps tracking

6. Integrasi dengan Layanan Pesan Singkat

Integrasi dengan layanan pesan sangatlah penting untuk tetap menjalin komunikasi dan mendapatkan informasi dari pelanggan. Fitur ini menghubungkan dengan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp API, email, Facebook Messenger, dan media sosial.

7. Otomatisasi Pemasaran

Fitur ini membantu dalam menargetkan leads potensial dengan lebih efisien dan strategis. Hal ini tentu akan meningkatkan angka rasio konversi dan penjualan.

8. Otomatisasi Dokumen

Aplikasi untuk sales kanvas memungkin untuk mengunggah template dokumen ke sistem dengan bantuan fitur otomatisasi dokumen. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah membuat dokumen yang dibutuhkan dengan satu kali klik.

9. Manajemen Inventori

Fitur manajemen inventori membantu mengelola database menjadi informasi yang mudah diakses dari berbagai perangkat seluler dan desktop. Dengan begitu memudahkan Anda saat mencari tahu informasi produk mana yang paling laris dan terjadinya kegagalan penjualan.

Baca juga: 6 Fitur Penting Aplikasi Sales Lapangan


Manfaat Aplikasi untuk Sales bagi Bisnis

Aplikasi sales memberikan kemudahan bagi bisnis dalam mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales. Menggunakan aplikasi untuk sales kanvas mengurangi tugas administratif sehingga mereka dapat fokus pada tujuan utama melakukan penjualan. Selama ini, sebagian besar waktu sales digunakan untuk menyelesaikan tugas administratif. Keuntungan lain bagi bisnis menggunakan sales monitoring system adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan komunikasi antar anggota sales dengan transfer chat.
  • Peningkatan close deals dengan adanya pengingat otomatis kesepakatan yang hampir busuk.
  • Setiap proses dalam alur penjual terkontrol dari satu aplikasi sehingga tidak akan ada yang terlewat.
  • Memudahkan dalam menyusun strategi karena semua informasi ditampilkan dalam satu platform.
  • Melacak kinerja tim sales dan matrik KPI dengan sales monitoring system.
  • Meningkatkan rasio konversi pelanggan dan penjualan
  • Mendapatkan informasi dan analisis akurat secara real-time.
  • Integrasi mudah dengan pesan instan

Kembangkan Bisnis Anda dengan Aplikasi untuk Sales

Aplikasi untuk sales mendatangkan banyak keuntungan yang sayang dilewatkan bisnis. Pilihlah aplikasi sales yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda sehingga memperoleh keuntungan maksimal. Salah satu aplikasi untuk sales terbaik dikelasnya adalah Qontak.com

Qontak.com menawarkan sistem end-to-end yang terintegrasi dengan omnichannel CRM. Fitur lengkap dari Qontak.com memastikan bisnis Anda dapat mengontrol kinerja tim sales dan KPI. Selain itu banyak keuntungan lain yang akan berguna untuk perkembangan bisnis di masa depan.

Coba Gratis sekarang aplikasi untuk sales. Tim kami akan selalu siap membantu Anda apabila mengalami kesulitan atau ingin berkonsultasi mengenai aplikasi sales disini!

You may also like

By