Qontak WhatsApp

Aplikasi untuk Marketing: 6 Pilihan Terbaik bagi Bisnis!

aplikasi untuk marketing

Mengapa Bisnis Perlu Aplikasi untuk Marketing?

Aplikasi untuk marketing adalah aplikasi khusus yang digunakan oleh bagian pemasaran untuk menarik perhatian prospek atau calon pelanggan menarik sebanyak mungkin. Aplikasi pendukung marketing seperti ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Tidak sedikit toko offline yang beralih ke bisnis online karena kegiatan transaksi belanja online meningkat pesat.

Kompas.com menuliskan hasil wawancara terhadap Ferry Kusnowo selaku Chief Customer Care Officer di Lazada Indonesia pada 27 Oktober 2020 dalam diskusi webinar berjudul “Kenali Hak Konsumen dalam Berbelanja Online”, yang mengatakan bahwa:

“Selama 6-7 bulan terakhir, belanja online menjadi alternatif utama yang banyak dipilih masyarakat. Terdapat 92% mencoba metode belanja baru, 57% melakukan pembelanjaan secara digital dan 48% untuk layanan grocery pick up dan aplikasi pengiriman.”

Mungkin semua orang bisa membuka toko baru, namun tidak semua orang handal dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi marketing yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkannya.

Penggunaan aplikasi untuk marketing biasanya dimulai dari membaca perilaku pasar, membaca peluang yang ada, membaca trend yang sedang terjadi, serta menentukan strategi pemasaran. Aplikasi pendukung marketing yang baik akan mampu menganalisis apakah strategi yang telah dijalankan berhasil atau tidak.

aplikasi untuk marketing


Apa Manfaat Aplikasi untuk Marketing bagi Bisnis?

Aplikasi pendukung marketing tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis dalam skala besar saja, namun bisnis dengan skala kecil dan menengah juga. Hal tersebut tidak lepas dari manfaat-manfaat yang diberikannya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat aplikasi untuk marketing bagi sebuah bisnis:

  • Aplikasi untuk marketing menjangkau pasar secara online

Dengan aplikasi marketing, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak pasar dan peluang. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet yang lebih suka belanja online. Produk dan jasa yang Anda tawarkan dapat dikenal oleh banyak orang, tidak hanya dalam negeri tapi  juga luar negeri.

  • Mudah menentukan prospek yang sesuai dengan target

Dengan luasnya potensi pasar yang ada, akan sulit jika Anda meraba-raba tanpa arah dan panduan yang jelas. Beda halnya jika Anda menggunakan aplikasi pemasaran, Anda dapat mengatur iklan Anda sesuai kata kunci yang spesifik. Strategi iklan dapat diatur hanya untuk prospek dengan kriteria tertentu. Misalnya dikategorikan sesuai gender, usia, pekerjaan, hobi, dan sebagainya.

  • Memiliki posisi strategis dalam persaingan bisnis

Saat ini bisnis Anda tengah berebut posisi dalam menjaring pasar. Saingan Anda tidak hanya bisnis dalam skala yang sama dengan Anda, tapi juga bisnis dengan skala yang lebih besar. Dengan aplikasi untuk pemasaran, Anda dapat menempatkan posisi bisnis Anda di tempat yang lebih baik dibandingkan bisnis yang dijalankan tanpa aplikasi pemasaran.

  • Meningkatkan keuntungan pada bisnis

Aplikasi untuk pemasaran dapat menarik perhatian prospek dengan lebih mudah. Bisnis Anda akan lebih mudah dicari sehingga Anda hanya perlu melanjutkan prosesnya ke tahap selanjutnya, yaitu bagian penjualan. Semakin banyak orang yang datang, semakin banyak penjualan terjadi. Semakin banyak penjualan, semakin banyak keuntungan yang dapat diraih.

  • Mudah dalam melakukan evaluasi dengan aplikasi untuk marketing

Evaluasi bisnis sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan adanya evaluasi, kita akan memahami strategi pemasaran mana yang perlu dilanjutkan atau dihentikan. Sayangnya, melakukan evaluasi tanpa data yang jelas hanyalah omong kosong belaka. Untuk itu diperlukan adanya aplikasi marketing yang dapat membaca dan mengolah semua data dan informasi yang berkaitan dengan pemasaran.

  • Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

Pada dasarnya, marketing atau pemasaran akan banyak menghabiskan waktu, tenaga dan biaya. Namun kesalahan dalam pemasaran akan lebih buruk lagi. Dengan penggunaan aplikasi untuk marketing, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan anggaran pemasaran. Hal ini karena Anda telah memahami siapa target Anda, kampanye apa yang tepat, barang atau jasa apa yang paling banyak dicari, dan sebagainya.

aplikasi marketing


Apa Saja 6 Pilihan Terbaik Aplikasi untuk Marketing?

Top 6 Aplikasi untuk Marketing di Indonesia:

  1. Qontak.com
  2. Trello
  3. Mention
  4. Twitter
  5. LinkedIn
  6. Facebook Creator Studio
  1. Qontak.com

Qontak.com adalah penyedia Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) lokal yang dapat digunakan juga untuk otomatisasi marketing. Aplikasi untuk marketing dari Qontak.com terintegrasi dengan chat panel seperti WhatsApp dan juga media sosial, sehingga memudahkan untuk mengumpulkan database secara otomatis melalui pesan yang masuk ke kontak Anda. Anda pun tidak perlu lagi merapikan atau mengumpulkan database secara manual yang seringkali terjadi kesalahan saat proses input data.

Inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi marketing CRM Qontak.com:

  • Segmentasi pelanggan yang lebih baik dan spesifik. Kampanye yang tidak tepat sasaran akan sia-sia untuk dilakukan bagi bisnis Anda.
  • Akses data pelanggan yang mudah kapan pun dan di mana pun.
  • Email marketing yang personal dan terotomatisasi. Tingkatkan hubungan pelanggan dengan pendekatan secara personal, sehingga Anda dapat mengubah prospek menjadi pelanggan yang loyal.
  • Menciptakan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik dengan penanganan keluhan secara terorganisir dan terdokumentasi.
  • Pelacakan interaksi dengan pelanggan dari awal hingga akhir. Aplikasi CRM memberikan pandangan 360° terhadap pelanggan Anda.
  • Analisis pemasaran yang lengkap dan akurat untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya yang lebih efektif.

dashboard aplikasi marketing

  1. Trello

Trello memiliki fitur checklist yang dapat membantu tugas pemasaran memeriksa apakah semua tugas telah dilaksanakan atau tidak. Hal ini dapat menghemat waktu serta menghindari kesalahan yang kerap terjadi. Kesalahan dalam melewatkan sebuah tugas pun tidak akan terjadi lagi. Selain itu aplikasi untuk pemasaran ini juga berguna untuk mengelola karyawan Anda.

  1. Mention

Saat Anda telah terlalu sibuk dalam mengelola bisnis Anda, Anda mungkin akan melewatkan apa yang pelanggan Anda pikirkan tentang bisnis Anda. Padahal feedback dan testimoni mereka penting bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, Mention yang merupakan aplikasi pemasaran menghadirkan fitur yang dapat melacak kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda, serta dapat memantau jutaan sumber berbeda yang sering menyebutkannya secara real-time. Mention juga melengkapi fiturnya dengan statistik yang memuat hal tersebut.

  1. Twitter

Dengan Twitter, Anda dapat membuat konten kreatif yang lucu dan menyenangkan melalui sebuah Thread. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan hashtag dan atur akun Anda agar dapat dilihat oleh semua orang. Jika aplikasi ini sudah tersedia di smartphone Anda, dan ada banyak penggunanya, lalu mengapa tidak untuk dicoba?

  1. LinkedIn

Jika Anda bergerak dalam bidang business to business atau bisnis ke bisnis, maka LinkedIn merupakan aplikasi marketing yang cocok untuk Anda. Banyak bisnis dengan model ini yang mendapatkan sebagian besar kliennya dari LinkedIn.

  1. Facebook Creator Studio

Facebook Creator Studio memungkinkan pembuat dan penerbit konten untuk mengelola kiriman, wawasan, dan pesan dari semua Halaman Facebook Anda pada satu tempat. Aplikasi pendukung marketing ini sangat cocok untuk digunakan oleh pembuat konten atau pebisnis yang sedang mengembangkan bisnisnya menggunakan promosi lewat digital video.

Baca Juga: 5 Aplikasi Marketing Terbaik Lainnya dan 9 WhatsApp Marketing Tools


Bagaimana Mendapatkan Aplikasi untuk Marketing secara Mudah?

Anda bisa memperoleh aplikasi untuk marketing secara mudah melalui Qontak.com. Mengapa Qontak.com? Karena selain menyediakan Aplikasi CRM dengan fitur marketing yang baik, Qontak.com juga merupakan Official Partner untuk WhatsApp di Indonesia yang dapat membantu Anda untuk memperoleh WhatsApp Business API.

Anda dapat melakukan pemasaran yang lebih efektif lewat WhatsApp API dengan menggunakan fitur WhatsApp Blast untuk mengirimkan kampanye atau promosi bisnis Anda kepada prospek tertarget Anda. Selain itu, ada banyak manfaat WhatsApp API lainnya karena terintegrasi dengan aplikasi CRM Omnichannel Qontak.com dan juga media sosial yang Anda gunakan.

Tunggu apa lagi?

Anda dapat mencobanya secara GRATIS sekarang juga. Hubungi tim kami jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar aplikasi untuk marketing. Kami siap membantu Anda kapan saja, silahkan klik disini!

whatsapp api features

Rekomendasi Artikel: 6 Alasan Menggunakan WhatsApp Business API 

You may also like

By