Qontak WhatsApp

Aplikasi Untuk CRM: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya

aplikasi crm jenis fitur dan manfaatnya

Aplikasi CRM Sangat Penting bagi Sebuah Bisnis

Aplikasi CRM tampaknya telah begitu ramai diperbincangkan dalam dunia bisnis, terutama bisnis yang mengutamakan kepuasan pelanggannya. Untuk itu mereka berusaha meningkatkan kualitas pelayanan pada tim customer service, yang salah satunya dapat diperoleh jika mereka menggunakan CRM software. Tanpa Aplikasi CRM berbasis web, sebuah perusahaan atau bisnis dapat mengalami berbagai kendala atau kesulitan untuk memantau semua interaksi yang terjadi dengan para pelanggannya. Hal tersebut kemudian akan berdampak pada penurunan kualitas pelayanan pelanggan, proses penjualan serta keuntungan perusahaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi untuk CRM menduduki peranan penting dalam dunia bisnis saat ini.


Apa itu Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau bisnis dalam menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Selain itu, aplikasi untuk CRM ini dapat memantau dan memberikan gambaran yang lengkap mengenai interaksi pelanggan, penjualan, kinerja dan kolaborasi antara berbagai tim, serta berbagai hal lainnya yang penting bagi bisnis Anda.

Sistem pada Aplikasi manajemen hubungan pelanggan berbasis web ini bekerja dengan cara mengumpulkan data pelanggan, kemudian menganalisis riwayat interaksi pelanggan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik. CRM software tersebut dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, serta menarik prospek untuk menjadi pelanggan loyal, untuk pada akhirnya meningkatkan penjualan dan penjualan perusahaan.

Berikut adalah fitur wajib yang dimiliki aplikasi untuk CRM:

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai aplikasi CRM, Anda dapat menonton video berikut ini:

Baca Juga: Top 10 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia


Apa Saja Jenis Aplikasi CRM?

Ada beberapa jenis aplikasi customer relationship management yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Hal tersebut terjadi karena setiap bisnis biasanya memiliki kendala dan kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis-jenis CRM software tersebut antara lain:

  • CRM Operasional

Jenis CRM Operasional berfungsi untuk memudahkan proses bisnis yang meliputi: sales automation, marketing automation, dan service automation. CRM ini bertujuan untuk mencari pelanggan potensial, yaitu dengan cara menarik perhatian prospek untuk kemudian diubah menjadi pelanggan baru. Aplikasi CRM berbasis web ini mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan untuk kemudian digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi yang tepat dalam melakukan kampanye pemasaran. Jenis aplikasi untuk CRM ini merupakan yang paling umum dan populer pada berbagai jenis industri bisnis.

  • CRM Analitis

Seperti namanya, CRM Analitis berfungsi untuk menganalisis data yang direkam atau disimpan oleh sistem dari berbagai sumber. Analisa data tersebut akan membantu pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis terbaik, serta akan membantu pihak pemasaran dalam memahami efektivitas promosi yang mereka lakukan. Oleh karenanya, Aplikasi CRM jenis ini dapat sangat bermanfaat dalam bidang manajemen, pemasaran, penjualan, serta pelayanan pelanggan. Peningkatan kualitas pelayanan pelanggan dapat menciptakan hubungan pelanggan yang baik sehingga akan menghasilkan peningkatan penjualan dalam perusahaan.

  • CRM Kolaboratif atau Strategis

Jenis CRM software ini membantu perusahaan untuk memberikan informasi pelanggan kepada seluruh tim antar unit, seperti tim pemasaran, tim penjualan, dan tim lainnya yang berkaitan dengan proses bisnis. Jenis aplikasi untuk CRM ini penting untuk digunakan bagi tim pada perusahaan karena kehadirannya dapat mempermudah kolaborasi tugas tim perusahaan. Sebagai contoh, tanggapan atau feedback pelanggan yang berasal dari tim CS akan sangat berguna bagi tim pemasaran untuk menentukan pendekatan seperti apa yang paling cocok untuk pelanggan tertentu. Mereka akan dapat lebih mudah menentukan produk atau jasa mana yang paling baik untuk ditawarkan kepada pelanggan tersebut. Jenis aplikasi CRM berbasis web ini mempersatukan semua tim perusahaan dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan pelayanan pelanggan serta meningkatkan penjualan.


17 Fitur Wajib Dimiliki Aplikasi CRM

Saat Anda berpikir bahwa bisnis Anda memerlukan Aplikasi CRM, Anda harus mulai jeli untuk memilih CRM software mana yang paling tepat bagi bisnis Anda. Pilihlah Aplikasi CRM berbasis web yang memiliki fitur wajib yang lengkap agar fungsi aplikasi tersebut dapat memberikan manfaat yang optimal bagi bisnis Anda. Lalu fitur apa saja yang wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi untuk CRM?

1. Manajemen Kontak

Aplikasi CRM menyimpan dan mengelompokkan kontak ke dalam grup yang sesuai dengan proses bisnis. Kontak mereka akan dilengkapi juga dengan informasi tambahan, seperti riwayat interaksi mereka dengan bisnis Anda. Hal ini akan berguna di kemudian hari untuk menentukan strategi bisnis di masa mendatang.

Salah satu fitur aplikasi CRM yaitu manajemen kontak

2. Manajemen Prospek (Customer Database)

Sistem CRM dapat membaca prospek mana yang cukup potensial untuk ditindak lanjuti agar mereka menjadi pelanggan setia nantinya. Sistem dapat membaca perilaku prospek dalam berbelanja di internet, semua data dan informasi tersebut disimpan dan dikelola menjadi wawasan yang kemudian dijadikan landasan dalam menindak lanjuti prospek tersebut.

3. Pelaporan dan Dasbor

Pengguna dapat melihat semua riwayat transaksi dan laporan yang disimpan dalam satu dasbor yang telah diatur dengan rapi sesuai jenisnya. Hal ini memudahkan pengguna dalam melihat data-data yang tersimpan.

4. KPI dan Pelacakan yang Customizable

KPI merupakan indikator kinerja yang sangat penting untuk ditentukan, diukur dan dianalisis. Proses pelacakan tersebut juga harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Jangan sampai Anda justru kerepotan dengan hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

kpi tracking pada aplikasi crm
Fitur KPI tracking pada call center

5. CRM Seluler/ Mobile App

Di zaman yang canggih ini, smartphone telah banyak menggantikan fungsi gadget lain. Hampir semua orang sekarang telah menggunakan ponsel pintar. Tentu sebagai pelaku bisnis, Anda menginginkan sesuatu yang lebih fleksibel untuk digunakan. CRM yang bisa digunakan di seluler Anda tentu lebih diminati oleh para pelaku bisnis.

6. Pelacakan GPS

Selain mobile app, kehadiran GPS sangatlah penting untuk memantau kinerja tim Anda. Akan lebih baik jika fitur ini juga bisa digunakan saat offline, karena masih ada beberapa wilayah yang mungkin akan sulit mendapatkan sinyal yang bagus.

7. Otomatisasi dan Pelacakan Sales

Salah satu hal yang juga penting adalah adanya otomatisasi penjualan yang juga bisa dilacak oleh sistem. Tenaga penjualan Anda tidak perlu lagi melakukan entri penjualan secara manual. Hal ini dapat mengurangi kesalahan yang bisa terjadi.

8. Integrasi Email

Anda dapat memperoleh semua otomatisasi dan mengatur email pada CRM software Anda. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melihat riwayat interaksi yang terjadi dengan pelanggan Anda melalui informasi pelanggan lewat email saat mereka menghubungi Anda untuk meminta bantuan.

9. Manajemen Alur Kerja

Fitur CRM ini dapat memfasilitasi pengoptimalan dengan mengotomatisasi proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas-tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara manual. Aplikasi CRM juga menyediakan laporan dan analisis untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah sehingga dapat diperbaiki dengan mudah.

10. Penyimpanan Data dalam Aplikasi CRM

Agar data dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka data harus disimpan dengan benar. Salah satu fitur utama CRM adalah metode penyimpanan data yang dipatenkan sehingga pengguna dapat menarik data secara efisien. Aplikasi untuk CRM juga menawarkan perlindungan dan pencadangan data penting untuk mencegah kerugian dan pelanggaran keamanan.

11. Manajemen Kinerja Penjualan

Anda dapat dengan mudah melihat aspek apa dari tim penjualan yang berkinerja baik dan mana yang perlu diperbaiki. Anda dapat mengelola kinerja mitra penjualan langsung dari platform untuk memastikan tim Anda berkinerja terbaik.

12. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda untuk menargetkan prospek yang mungkin tertarik pada produk Anda dengan lebih efisien dan strategis. Aplikasi CRM yang baik akan memungkinkan Anda untuk mengontrol ketentuan otomatisasi strategi pemasaran Anda secara selektif.

13. Integrasi Obrolan

Fitur obrolan dalam Aplikasi CRM sangatlah penting bagi pengguna. Dengan mengintegrasikan program obrolan seperti WhatsApp API ke dalam sistem CRM Anda, Anda dapat melakukan percakapan dengan para karyawan, mitra, dan memberikan dukungan pelanggan, semuanya tersedia dalam 1 platform yang sama.

Fitur aplikasi crm integrasi whatsapp api

14. Otomatisasi dan Integrasi Call Center

Call center merupakan salah satu bagian terpenting dalam pelayanan pelanggan. Memiliki otomatisasi serta integrasi sistem call center dapat meningkatkan pengalaman pelanggan pada bisnis Anda.

15. Basis Data Produk di dalam Aplikasi CRM

Sistem CRM juga memiliki basis data untuk produk Anda. Dengan fitur ini Anda dapat mencari tahu produk mana yang paling laris dan terjadinya kegagalan penjualan. Akan lebih baik jika informasi tersebut dapat diakses dari perangkat seluler, desktop, dan lainnya.

16. Izin dan Akses Keamanan Aplikasi CRM

Sebagai keamanan tambahan, Anda dapat membatasi akses karyawan Anda berdasarkan peran mereka dalam perusahaan melalui aplikasi ini. Kontrol apa saja yang dapat dilihat oleh pengguna yang berbeda untuk mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan.

17. Otomatisasi Dokumen

CRM software yang baik akan memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunggah template dokumen Anda ke sistem sehingga Anda dapat segera membuat dokumen yang dibutuhkan dengan satu klik.

Baca Juga: Fitur dan Fungsi CRM yang Wajib Dimiliki Perusahaan


Manfaat Aplikasi CRM

Secara umum kita telah membahas manfaat dari Aplikasi CRM, yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan yang kemudian akan meningkatkan penjualan perusahaan. Sekarang mari kita bahas lebih rinci mengenai manfaat apa saja yang akan perusahaan dapatkan melalui penggunaan aplikasi untuk CRM:

  • Melacak tim penjualan dan KPI (Key Performance Indicator) atau Sales KPI
  • Meningkatkan manajemen kontak atau basis data (sistem manajemen database)
  • Dapat meningkatkan retensi pelanggan
  • Memperoleh kepuasan pelanggan
  • Untuk meningkatkan manajemen penjualan
  • Menciptakan efisiensi kerja
  • Meningkatkan penjualan
  • Menciptakan kolaborasi yang baik antar tim pada perusahaan melalui WhatsApp CRM
  • Memperoleh laporan dan analisa bisnis yang akurat secara real-time
  • Memperoleh wawasan data untuk pemasaran dan pengembangan produk
  • Membantu pertumbuhan bisnis

Rekomendasi Artikel: Omnichannel CRM: Pengertian, Manfaat dan Fiturnya


Dapatkan Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Kita sudah membahas secara rinci mengenai Aplikasi CRM berbasis web yang ternyata banyak sekali manfaatnya bagi dunia bisnis. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi untuk CRM bagi bisnis Anda, Anda dapat memilih Omnichannel CRM yang disediakan oleh Qontak.com. Mengapa harus Qontak.com? Karena Omnichannel CRM yang disediakan oleh Qontak.com memiliki fitur yang lengkap. Anda juga akan mendapatkan pelayanan terbaik dari tim mereka.

Coba Aplikasi CRM terbaik dari Qontak.com Gratis Sekarang. Hubungi kami disini apabila Anda memiliki kesulitan atau pertanyaan mengenai CRM software.

You may also like

By