Aplikasi Tracking Karyawan, Mengapa Penting?

Aplikasi tracking

Pentingkah untuk Mengetahui Progress Karyawan?

Aplikasi tracking karyawan, memang ada? dan seberapa pentingnya?

Di masa pandemi saat ini muncul sebuah istilah yang kerap digunakan khususnya bagi kalangan karyawan, yaitu WFH (work from home). Bekerja dari rumah mungkin saja menjadi hal yang tidak mudah bagi beberapa orang. Hal tersebut tidak lepas dari minimnya fasilitas yang menunjang pekerjaan mereka di rumah.

Tak hanya karyawan yang mengalami kesulitan bekerja dari rumah, namun juga bagi para pemilik bisnis atau manajer sebuah perusahaan. Beberapa diantaranya adalah sales tracking dan sulit dalam memonitor para karyawan baik kinerja dan lokasinya. Permasalahan ini biasanya juga dihadapi oleh manajer sales terhadap karyawan lapangan di perusahaannya.

Aktivitas bekerja diluar kantor membuat sales lapangan lebih sulit untuk dipantau. Untuk itulah diperlukan adanya sebuah aplikasi tracking atau tracking software untuk memonitor karyawan, biasanya disebut dengan Aplikasi tracking karyawan.

Apa itu Aplikasi Tracking Karyawan?

Aplikasi tracking karyawan adalah aplikasi tracking atau tracking software yang dapat memantau dan mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari tugas/aktivitas yang diberikan (kinerja karyawan), lokasi karyawan (khususnya bagi karyawan lapangan), sampai kepada hal yang berkaitan dengan prospek (ataupun pelanggan).

Kegunaan dari Tracking Software

Mari kita bahas lebih rinci kegunaan aplikasi tracking ini. Kegunaan tracking software tersebut adalah:

  1. KPI Karyawan Selalu Terlacak

KPI (Key Performance Indicator) merupakan sebuah pengukuran kinerja untuk melacak dan menganalisis faktor-faktor yang penting bagi keberhasilan bisnis. Setiap departemen memiliki KPI nya sendiri yang dapat berbeda satu sama lain. Tidak mudah untuk menentukan dan mengelola KPI secara manual, maka alangkah lebih baiknya jika pebisnis memiliki aplikasi tracking yang dapat mengelola KPI perusahaan, yaitu Aplikasi KPI karyawan.

  1. Sales dan Interaksi Pelanggan Terlacak

Manajer perusahaan mengemban tugas berat untuk melakukan sales tracking yang berkaitan dengan sales dan interaksi antara karyawan dan pelanggan. Karyawan tidak dapat selalu dipantau, apalagi karyawan lapangan. Untuk itu Aplikasi tracking hadir sebagai solusi. Tracking software ini menyajikan data yang cukup lengkap berupa laporan mengenai kinerja karyawan, jumlah produk/jasa terjual, transaksi pelanggan, dan lainnya.

  1. Customer Service Terlacak

Customer Service (disingkat CS) menjadi bagian terpenting dalam perusahaan. Meningkatnya citra perusahaan dapat dipengaruhi oleh pelayanan CS yang baik. Penjelasan produk oleh CS melalui live chat dapat meningkatkan penjualan. Memantau kinerja CS apalagi jika dilakukan dari jarak jauh tidaklah mudah. Dengan menggunakan aplikasi tracking, maka semua kinerja CS seperti sales tracking dapat terlacak.

Tips: 6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

  1. Manajemen Proyek Berbasis Cloud

Perlu kerjasama dan pemahaman yang baik dan terarah dalam menyelesaikan proyek bersama. Sedangkan, terkadang sebuah proyek harus dikerjakan di lokasi terpisah. Aplikasi tracking yang menggunakan manajemen proyek berbasis cloud hadir untuk memudahkan karyawan untuk menyelaraskan pemahaman bersama sebelum memulai tugas, sehingga akan mengurangi kesalahpahaman diantara anggota tim.

  1. Sumber Informasi Terpusat

Sumber informasi terpusat sebagai rujukan juga dibutuhkan, terutama saat WFH. Selain itu manajer tidak akan selalu ada untuk dimintai pendapat. Dengan aplikasi tracking/tracking software yang menyimpan semua informasi dalam satu dashboard, karyawan hanya perlu mengupdate informasi terkini terkait dengan pelanggan/sales yang mereka tangani.

Fitur Penting dalam Aplikasi Tracking Karyawan

Anda juga harus memahami fitur penting yang wajib ada pada aplikasi tracking/tracking software.

  1. Akses Mobile

Tracking software dengan akses mobile sangat penting, agar bisa digunakan di berbagai lokasi. Akan lebih baik jika aplikasi tersebut juga bisa diakses secara offline, yang kemudian akan terupdate secara otomatis, karena tidak semua lokasi memiliki akses internet. Hal tersebut akan memudahkan karyawan lapangan dalam bekerja serta dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi di lapangan.

  1. Manajemen Calon Pelanggan

Database customer dan prospek yang dikelola dengan baik dan sistematis akan baik bagi perusahaan. Informasi rinci tentang prospek Anda akan membuat Anda tahu harus bagaimana melayaninya. Aplikasi tracking/tracking software yang baik juga memuat informasi tentang sales pipeline untuk memantau tahapan prospek yang sedang ditangani, sehingga dapat mengurangi kekeliruan yang kerap terjadi.

Manajemen Prospek

  1. Live GPS Tracking

Fitur favorit pada aplikasi tracking GPS adalah Live GPS Tracking. Anda dapat melacak waktu dan lokasi check-in dan check-out karyawan lapangan Anda. Fitur ini juga memungkinkan mereka membuat pelaporan langsung melalui aplikasi tracking GPS tersebut.

Live GPS Tracking

  1. Pelacakan KPI

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, KPI memegang peranan penting pada sebuah bisnis. Fitur pelacakan KPI ini membantu perusahaan, terutama manajer sales dalam melacak KPI sales nya. Aplikasi tracking/tracking software ini disebut sebagai Aplikasi KPI Karyawan yang kegunaannya untuk melakukan sales tracking.

  1. Pelaporan

Pelaporan yang dapat diakses setiap saat melalui sistem mobile pada aplikasi tracking/tracking software akan sangat membantu tim sales terutama saat mereka sedang berada di lapangan. Informasi terbaru yang dapat mereka akses dengan mudah akan sangat bermanfaat.

Pelaporan pada Aplikasi Tracking

  1. UI yang Mudah Digunakan

Tidak semua orang sudah melek teknologi. Atau paling tidak, dapat dikatakan bahwa manusia harus beradaptasi lebih dulu terhadap hal baru yang dijumpainya. Aplikasi tracking karyawan dengan UI yang mudah dipelajari dan digunakan akan baik untuk tim sales, yaitu dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka.

Menemukan Aplikasi Tracking yang Tepat, Coba SEKARANG!

Quick Tips: Memilih Aplikasi Tracking Karyawan yang Tepat

Diantara begitu banyak penyedia aplikasi tracking, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan dan keinginan apa saja yang harus Anda dapatkan pada sebuah tracking software. Berbagai manfaat/kegunaan serta fitur-fitur penting dalam sebuah aplikasi tracking yang telah dipaparkan di atas dapat menjadi rujukan bagi Anda dalam mencari aplikasi tracking gps atau aplikasi KPI karyawan yang terbaik bagi bisnis Anda.

Qontak.com sebagai penyedia aplikasi tracking karyawan mampu memberikan solusi terbaik dalam hal sales tracking untuk karyawan/sales lapangan Anda. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi tracking Qontak.com telah mencakup semua fitur penting yang dibutuhkan pada sebuah tracking software, sehingga Anda dapat merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut secara maksimal. Jadi tunggu apalagi? Segera miliki dan rasakan manfaat dari aplikasi tracking karyawan terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan CRM sekarang! 

 

You may also like

× Contact Us!