Aplikasi Toko: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya!

Aplikasi Toko jenis fitur dan manfaatnya

Aplikasi Toko: Solusi untuk Bisnis dan Toko Retail

Aplikasi toko atau software toko bisa saja menjadi salah satu kebutuhan Anda saat ini jika Anda membuka bisnis atau toko di bidang retail. Mengapa demikian? Hal ini tidak terlepas dari banyaknya tugas yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis atau toko tersebut. Gagal pada satu tugas dapat mempengaruhi tugas lainnya juga, yang kemudian akan berubah menjadi hambatan pada penjualan Anda. Untuk itulah aplikasi manajemen toko hadir sebagai solusi bagi Anda sebagai pelaku bisnis retail.

Saat ini jumlah minimarket menjamur, dan hal tersebut merupakan ancaman bagi sebagian orang yang memiliki toko kecil. Sebut saja, beberapa toko kelontong yang berada di perkotaan sudah tergeser dengan adanya minimarket yang memiliki tempat dan pelayanan yang lebih baik. Walaupun terkadang toko kelontong memiliki pilihan produk yang lengkap, namun banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja di minimarket. Oleh karena itu, toko kelontong atau toko retail kecil lainnya perlu berbenah, salah satunya adalah menggunakan aplikasi toko gratis.


Apa itu Aplikasi Toko?

Aplikasi toko dapat disebut juga sebagai aplikasi kasir. Aplikasi ini merupakan program komputer yang dilengkapi dengan berbagai fitur atau menu sederhana yang dapat digunakan untuk keperluan toko. Sejatinya software toko ini merupakan alat bantu yang dapat mendata semua transaksi di toko. Transaksi yang dimaksud meliputi pengecekan keluar dan masuknya barang, mendata supplier dan pelanggan, dan sebagainya. Dengan berbagai fungsi inilah, aplikasi ini juga berfungsi sebagai aplikasi manajemen toko.


Jenis Aplikasi Toko yang Penting untuk Pemilik Bisnis

Dari beberapa tugas penting yang ada, terciptalah beberapa jenis aplikasi toko yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas tersebut. Beberapa diantaranya merupakan aplikasi toko gratis yang banyak diburu oleh para pelaku bisnis dalam skala kecil. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah:

1. Aplikasi Akuntansi / Aplikasi Finansial

Aplikasi ini memiliki sistem yang bekerja untuk merapikan segala sesuatu yang berkaitan dengan catatan keuangan toko. Catatan keuangan atau pembukuan untuk setiap transaksi masuk dan keluar akan dicatat secara sistematis dan terorganisir. Hal ini sangatlah penting karena pelaku bisnis harus memiliki perhitungan yang jitu untuk meminimalisir kerugian yang terjadi pada toko.

2. Aplikasi Kasir / Point of Sale

Aplikasi kasir banyak dicari oleh para pelaku bisnis, baik bisnis online maupun offline. Hal ini sangatlah wajar karena mencatat setiap barang yang masuk dan keluar secara manual dapat menyita banyak pikiran, waktu, dan tenaga. Apalagi jika barang yang dijual memiliki banyak varian yang memusingkan. Aplikasi ini juga berguna untuk meminimalisir kesalahan yang biasa terjadi saat proses input barang.

3. Aplikasi Marketing / Pemasaran

Marketing software digunakan untuk menciptakan hubungan pelanggan atau loyalitas pelanggan dengan baik. Aplikasi ini juga mampu menarik minat prospek untuk menjadi pelanggan baru di toko Anda. Tidak peduli betapa siapnya toko Anda, proses pemasaran tetaplah penting untuk dilakukan. Aplikasi ini menerapkan sistem otomatisasi pemasaran dimana sistem dapat membaca minat prospek atau pelanggan Anda berdasarkan perilaku belanja mereka di internet. Informasi tersebut kemudian akan diolah menjadi sebuah data yang dapat Anda gunakan sebagai acuan saat menentukan promosi apa yang tepat untuk dilakukan.

4. Aplikasi KPI (Key Performance Indicator)

KPI merupakan singkatan dari Key Performance Indicator. KPI merupakan indikator untuk mengukur sebuah kinerja. Menentukan, mengelola dan mengukur KPI merupakan hal penting dalam sebuah bisnis, karena KPI merupakan sebuah landasan yang kita gunakan untuk mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan software KPI, para pelaku bisnis dapat mengetahui perbaikan apa yang perlu dilakukan dan hal apa yang telah memenuhi standar sehingga harus dipertahankan.

Rekomendasi Artikel: 10 Aplikasi untuk Online Shop yang Wajib Dimiliki dan 5 Software Perusahaan Terpentin saat Pandemi


Fitur Aplikasi Toko yang Wajib Dimiliki

Setiap toko retail dapat memiliki kebutuhan yang berbeda, namun biasanya memiliki tugas dasar yang serupa. Aplikasi toko yang baik adalah aplikasi yang memiliki fitur wajib yang lengkap. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut dapat mengatasi atau menyelesaikan semua keperluan atau tugas di toko dengan baik. Fitur penting pada sebuah software toko adalah sebagai berikut:

  • Laporan Analisis Tentang Penjualan

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui dan menganalisis data-data yang berkaitan dengan penjualan / sales dari toko Anda secara akurat. Anda akan memperoleh laporan penjualan secara real-time yang dapat Anda pantau setiap saat melalui laporan dan metrik data.

reporting pada aplikasi toko

  • Manajemen Inventori

Fitur manajemen inventori dapat membantu pelaku bisnis atau toko retail untuk mengelola stok barang yang Ada di etalase toko ataupun gudang. Fitur ini wajib ada pada sebuah aplikasi manajemen toko karena kemampuan mengelola stok barang dengan baik dapat sangat berpengaruh pada keberhasilan toko Anda. Dengan fitur ini para pelaku bisnis tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual lagi.

  • Point of Sale

Point of Sale disingkat POS merupakan titik dimana penjualan terjadi / dilakukan. Hal ini berarti konsumen Anda melakukan pembayaran untuk barang atau jasa yang mereka beli dari toko Anda. Sistem POS yang dulu banyak digunakan pada toko adalah laporan tertulis berupa nota. Beda halnya dengan sekarang, pelaku bisnis lebih memilih sistem POS dalam bentuk elektronik, seperti aplikasi kasir yang memiliki mesin untuk membaca kartu debit / kredit, memindai barcode, dan sebagainya. Fitur ini bahkan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan data penjualan dengan lebih akurat, namun juga untuk melihat produk mana yang paling laris serta waktu berjualan yang paling baik.

  • Manajemen Pelanggan

Fitur ini dapat mengumpulkan data riwayat pemesanan / pembelian yang dilakukan oleh pelanggan Anda. Dengan data ini, Anda dapat mengetahui konsumen mana yang menciptakan konversi dan retensi yang tinggi bagi toko Anda. Anda juga dapat mengelola reseller Anda melalui fitur ini. Semua data tersebut direkam, disimpan, dan dikelola dengan baik oleh sistem melalui sistem CRM. CRM yang baik harus memiliki sistem dan fitur yang lengkap, seperti hadirnya fitur otomatisasi serta omnichannel. Hal ini bertujuan agar semua keperluan toko dapat dipenuhi serta semua aplikasi dan sistem dapat bekerjasama dengan baik.

Baca Juga: 10 Tantangan dan Kendala Bisnis tanpa Aplikasi CRM dan Apa itu Omnichannel untuk Retail


Manfaat Menggunakan Aplikasi Toko

Salah satu tujuan dari menggunakan aplikasi toko atau software toko adalah tentu saja karena manfaat-manfaat yang bisa diperoleh oleh penggunanya. Manfaat-manfaat ini tentu saja akan berkontribusi langsung untuk kemajuan bisnis atau toko yang dijalankan. Beberapa manfaat dari aplikasi manajemen toko adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Toko Mempercepat Proses Transaksi

Aplikasi toko dapat mempercepat dan mempermudah proses transaksi yang ada, seperti mencatat pesanan atau pembelian, menghitung total belanja, menghitung biaya lain-lain seperti ongkos kirim atau pajak, dan sebagainya. Dengan proses transaksi yang mudah dan cepat, Anda dapat meningkatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan Anda yang akan meningkatkan juga kepuasan pelanggan terhadap toko Anda.

2. Catatan Penjualan Lebih Akurat

Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual yang memusingkan lagi. Dengan software toko ini Anda dapat mencatat semua hal yang berkaitan dengan penjualan, mulai dari pemesanan hingga pembayaran, secara akurat dan otomatis.

3. Meningkatkan Customer Service

Selain kualitas dan kelengkapan produk atau jasa, konsumen memperhatikan hal lain yang juga penting bagi mereka. Hal tersebut adalah pelayanan yang mereka terima dari Anda. Pelayanan yang cepat dan ramah akan membuat mereka menjadi pelanggan tetap Anda. Jadi sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas customer service pada bisnis Anda. Jangan sampai Anda memiliki manajemen CS yang buruk.

4. Memudahkan Analisis Hasil Penjualan

Aplikasi manajemen toko ini menyediakan data toko secara real-time serta laporan bisnis secara menyeluruh. Dengan informasi yang lengkap inilah, Anda dapat membuat analisis dan strategi bisnis selanjutnya.

5. Membantu Proses Monitoring Bisnis

Anda dapat memantau performa bisnis Anda secara menyeluruh, mulai dari proses operasional hingga hal terkecil lainnya yang terkadang luput dari perhatian Anda. Anda dapat mengetahui dengan pasti tentang stok barang, karyawan yang sedang bertugas, produk terlaris, jam tersibuk pada toko, dan sebagainya.

6. Meningkatkan Keuntungan

Anda tentu menginginkan terjadinya peningkatan keuntungan dalam bisnis Anda. Hal ini tentu tidak dapat tercapai dalam waktu semalam dengan mudah. Perlu analisis dan strategi bisnis yang jitu untuk membaca peluang bisnis yang dapat meningkatkan keuntungan toko Anda. Dengan menggunakan aplikasi toko, hal ini dapat tercapai karena proses bisnis Anda menjadi lebih mudah untuk dipantau dan dikelola.

Baca Juga: 6 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia


Dapatkan Aplikasi Toko Anda Sekarang!

Aplikasi toko gratis yang banyak dijumpai atau ditawarkan kepada para pelaku bisnis saat ini memang menawarkan beberapa manfaat. Namun, sangatlah penting untuk menemukan aplikasi manajemen toko atau software toko terbaik bagi bisnis Anda. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena setiap bisnis pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Biasanya ada satu kebutuhan unik yang harus dipenuhi agar bisnis tersebut menjadi menonjol di antara bisnis yang lain.

Anda dapat menemukan semua solusi dari kebutuhan bisnis Anda pada Qontak.com. Mengapa Qontak.com? Karena Qontak.com menyediakan semua manfaat aplikasi toko yang terangkum dalam software CRM dengan fitur yang lengkap. Fitur tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda serta dapat diintegrasikan dengan sistem dan saluran lain.

Coba GRATIS Aplikasi Toko terbaik sekarang juga atau hubungi kami disini!