Qontak WhatsApp

Aplikasi Ticketing Helpdesk: 7 Rekomendasi Terbaik

Kenali Aplikasi Ticketing Helpdesk dan Pilihannya

Aplikasi ticketing helpdesk adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan pada layanan pelanggan (helpdesk) untuk mengenali dan memisahkan jenis permintaan dukungan yang masuk dari berbagai saluran yang kemudian diubah menjadi tiket.

Dengan aplikasi ticketing berbasis web maupun mobile, tim customer service dapat lebih mudah dalam memprioritaskan, melacak, serta menindaklanjuti permintaan pelanggan dari satu platform. Helpdesk ticketing system pada akhirnya dapat membantu tim customer service Anda untuk berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan, serta menangani masalah pelanggan dengan lebih efisien.


Apa Manfaat Aplikasi Ticketing Helpdesk?

Ada begitu banyak perusahaan yang tengah berbenah untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggannya. Salah satunya adalah PT Kereta Api Indonesia yang menyeleksi dengan ketat calon pegawai yang akan menjadi tim customer service mereka. Tidak hanya itu, PT KAI juga melakukan pembinaan terhadap tim customer service mereka agar mereka dapat melayani serta mengatasi keluhan pelanggan dengan baik.

Upaya peningkatan layanan pelanggan yang demikian tidaklah salah, namun akan lebih lengkap jika disertai dengan penggunaan aplikasi ticketing helpdesk. Ada beberapa aplikasi ticketing helpdesk gratis di pasaran, namun pilihlah aplikasi ticketing helpdesk yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai beberapa alasan mengapa bisnis Anda memerlukan helpdesk ticketing system. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi ticketing helpdesk untuk bisnis Anda:

– Praktis

Anda dapat mengelola secara otomatis semua panggilan, e-mail, dan tiket yang masuk dalam satu aplikasi ticketing helpdesk.

– Sederhana

Manajemen SLA (Service Level Agreements) yang berkaitan dengan waktu penanganan tiket, cara menangani keluhan, dan sebagainya menjadi lebih sederhana karena telah diatur secara otomatis pada sistem.

– Mudah

Anda dapat dengan mudah mendelegasikan tugas atau tiket pelanggan melalui sistem kepada tim customer service yang tersedia dan kompeten.

– Notifikasi

Tim customer service Anda dapat dengan mudah mengetahui tiket pelanggan yang masuk karena adanya notifikasi yang muncul pada sistem aplikasi ticketing berbasis web.

– Jelas

Anda dapat mengetahui semua informasi terkait status tiket pelanggan dengan jelas melalui sistem aplikasi ticketing helpdesk, yaitu apakah tiket tersebut masih aktif, belum direspon, atau belum selesai secara otomatis.


7 Rekomendasi Aplikasi Ticketing Helpdesk Terbaik

Berikut ini adalah 7 rekomendasi aplikasi ticketing helpdesk terbaik pilihan kami untuk Anda:

  1. Qontak.com
  2. HubSpot
  3. Spiceworks
  4. Freshdesk
  5. Zendesk
  6. Zoho Desk
  7. Jira Service Desk

1. Qontak.com

Aplikasi Ticketing Helpdesk

Qontak.com merupakan penyedia aplikasi ticketing helpdesk lokal yang memudahkan para pelaku bisnis untuk meningkatkan layanan pelanggan pada perusahaan mereka. Aplikasi ticketing helpdesk dari Qontak.com dapat memudahkan tim customer service dalam menjalankan tugasnya sehingga penanganan masalah pelanggan menjadi lebih cepat.

Harga: Rp 200.000/bulan untuk setiap pengguna. Anda dapat memulainya dengan gratis dengan free trial yang disediakan.

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Pelacakan tiket mudah dan memastikan setiap agen memiliki informasi yang sama.
  • Memiliki dashboard dengan fitur lengkap yang menampilkan laporan bisnis dan informasi pelanggan.
  • Pengguna dapat menambahkan informasi yang lebih rinci seperti: foto, lokasi GPS, catatan, dan sebagainya tanpa perlu berpindah aplikasi.
  • Mudah dalam melakukan diskusi tiket antar agen.
  • Dapat integrasi antara saluran bisnis lain dengan aplikasi ticketing helpdesk gratis ini, seperti: ChatBot (ChatBot WhatsApp), Live Chat, Call Center, Media Sosial, dan sebagainya.
  • Mudah dalam memantau progress kerja di setiap tahapan untuk menghindari pelanggan yang tidak direspon melalui manajemen SLA.
  • Sistem perutean agen dapat disesuaikan.
  • Cara penggunaan yang mudah saat melacak dan menyelesaikan tiket, cukup melakukan drag and drop di sepanjang pipeline.
  • Aplikasi ticketing berbasis web dan juga aplikasi mobile.
  • Dengan fitur yang lengkap dan berbagai kelebihan tersebut, sayangnya Qontak.com masih fokus pada market lokal saja.

2. HubSpot

Aplikasi Ticketing Helpdesk

HubSpot adalah adalah sebuah aplikasi ticketing berbasis web yang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan karena adanya interface dan pelayanan yang optimal dari tim customer service Anda. Aplikasi ticketing helpdesk HubSpot juga terintegrasi dengan sistem CRM dan ChatBot.

Harga: Tersedia 3 paket dengan fitur dan harga yang berbeda. Paket Starter dibanderol sebesar $45/bulan untuk setiap pengguna (dimulai dari 2 pengguna berbayar). Biaya tersebut boleh dibayarkan per bulan atau per tahun.

Kelebihan HubSpot (Pros)

Kekurangan HubSpot (Cons)

  • Helpdesk ticketing system ini dapat mengotomatiskan layanan pelanggan dengan cara mengatur perutean, eskalasi dan pembuatan tugas menggunakan fitur Automation and Routing.
  • Anda bisa mengatur tiket dan membuat prioritas tiket sesuai jenis yang telah ditetapkan oleh tim customer service Anda.
  • Pengguna bisa mengumpulkan testimoni dari para pelanggan yang berguna untuk dianalisis dengan tujuan membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  • Tim CS Anda dapat mengukur efektivitas layanan pelanggan yang ada saat ini berdasarkan basis data pelanggan, volumen tiket, waktu respon, umpan balik, dan masih banyak lagi.
  • Memerlukan usaha lebih untuk mengoperasikan sistem CRM yang diintegrasikan dengan aplikasi ticketing helpdesk gratis dari HubSpot.
  • Template cukup sulit untuk dimodifikasi.
  • Pelaporan yang disajikan terbatas.
  • Pengguna harus membayar biaya lebih untuk bantuan teknis yang diperlukan, dan kontraknya kurang fleksibel bagi pengguna.

3. Spiceworks

Aplikasi Ticketing Helpdesk

Spiceworks adalah salah satu aplikasi ticketing helpdesk yang berlokasi di luar negeri. Saat ini mereka memiliki 3 kantor, yaitu di Amerika Serikat, Inggris, dan India. Dengan menggunakan Spiceworks network monitor, Anda bisa mengawasi server dan perangkat SNMP Anda melalui satu dashboard.

Harga: Pengguna tidak dikenakan biaya apapun.

Kelebihan Spicework (Pros)

Kekurangan Spicework (Cons)

  • Merupakan aplikasi ticketing helpdesk gratis bagi siapapun penggunanya.
  • Tidak ada jumlah batasan pengguna pada aplikasi ticketing helpdesk ini.
  • Aplikasi ticketing berbasis web ini dirancang khusus untuk manajemen TI.
  • Terdapat dua macam sistem penyediaan, yaitu sistem self-hosted dan sistem cloud.
  • Tidak ada peningkatan fitur yang disediakan oleh penyedia aplikasi, jadi akan sulit jika sebuah perusahaan memiliki kebutuhan yang baru yang tidak tersedia pada helpdesk ticketing system tersebut.

4. Freshdesk

Aplikasi Ticketing Helpdesk

Aplikasi ticketing helpdesk dari Freshdesk memungkinkan Anda mengontrol dengan baik keluhan pelanggan yang masuk melalui saluran yang berbeda, seperti: telepon, e-mail, chat, media sosial (Twitter dan Facebook), dan melalui aplikasi seluler. Banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan antara Freshdesk dan Freshservice yang sama-sama diciptakan oleh Freshworks. Perbedaan keduanya adalah:

  • Freshdesk adalah perangkat lunak layanan pelanggan (CSS) yang membantu penggunanya untuk melacak, mengelola, dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan saat menggunakan produk atau layanan yang mereka beli.
  • Freshservice adalah helpdesk TI internal dan platform manajemen layanan yang membantu perusahaan modern dalam menyederhanakan dan mengotomatiskan operasi TI internal mereka.

Harga: Freshdesk menyediakan beberapa pilihan paket mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk paket yang berbayar, harga dipatok sebesar $15/bulan untuk setiap pengguna (ditagih per tahun) atau $19/bulan untuk setiap pengguna (ditagih per bulan).

Kelebihan Freshdesk (Pros)

Kekurangan Freshdesk (Cons)

  • Semua keluhan pelanggan yang masuk dapat diubah menjadi tiket secara otomatis yang kemudian ditetapkan dan diatur diantara tim.
  • Semua tiket yang masuk dianalisis dan kemudian dikonversi menjadi wawasan pelanggan yang digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja tim perusahaan.
  • Tersedia paket gratis dan free trial untuk setiap paket pilihan.
  • Terdapat fitur gamifikasi yang dapat memotivasi kerja para agen.
  • Pengguna dapat melacak metrik penting dalam pipeline bisnis yang disimpan.
  • Penetapan tiket dapat sedikit rumit jika perusahaan memiliki struktur grup yang rumit.
  • Pengguna mengalami beberapa kendala dengan format e-mail pada aplikasi.
  • Integrasi telepon pada aplikasi ticketing helpdesk gratis ini kurang begitu baik.
  • Pelaporan dan API sudah tersedia, namun helpdesk ticketing system ini tidak menyediakan laporan untuk tugas yang cukup berat, serta dibutuhkan seorang programmer untuk mengimplementasikan sistem sesuai kebutuhan Anda.

5. Zendesk

Aplikasi Ticketing Helpdesk

Zendesk adalah helpdesk ticketing system yang mudah diatur dan berfungsi untuk melaporkan peristiwa, masalah/ keluhan, dan permintaan layanan oleh pelanggan dari berbagai saluran bisnis. Aplikasi ticketing helpdesk yang satu ini dapat dioptimalkan dengan mengintegrasikannya dengan aplikasi bisnis lain yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Harga: Terdapat harga yang berbeda untuk perusahaan dan perorangan. Harga untuk perorangan dibanderol mulai dari $49/bulan untuk setiap agen yang penagihannya dilakukan setiap tahun. Sedangkan untuk perusahaan, harga dimulai dari $150/bulan untuk setiap agen yang penagihannya juga dilakukan setiap tahun.

Kelebihan Zendesk (Pros)

Kekurangan Zendesk (Cons)

  • Aplikasi ticketing berbasis web ini dapat melacak matrik KPI yang akan membantu penggunanya untuk membuat keputusan tepat mengenai cara mengatasi masalah operasional layanan pelanggan.
  • Helpdesk ticketing system Zendesk dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lengkap mengenai pelanggan sehingga Anda lebih mengenal siapa pelanggan Anda, dan bisa membuat dan memberikan penawaran terbaik bagi mereka.
  • Help center pada aplikasi ini dapat mengurangi biaya dan volume tiket yang masuk, sehingga tim CS Anda dapat lebih fokus untuk menangani masalah pelanggan yang lebih serius atau unik.
  • Terdapat fitur messaging dan live chat yang memudahkan Anda untuk tetap berhubungan dengan interaksi yang bersifat personal.
  • Harga yang dibanderol cukup mahal untuk layanan helpdesk.
  • Integrasi dengan WordPress kurang baik.
  • Terdapat kesulitan dalam mengekspor data.

6. Zoho Desk

Zoho Desk adalah aplikasi ticketing helpdesk yang melengkapi tim support Anda untuk menyelesaikan masalah tiket secara efisien. Aplikasi ticketing berbasis web ini didukung dengan sistem CRM yang berguna untuk mengatur data pengguna dan mensinkronkan database. Dengan begitu, Anda memiliki akses ke riwayat tiket, seluruh aktivitas dalam sistem dan tren pengalaman pelanggan. Selain itu aplikasi helpdesk Zoho Desk terintegrasi dengan komunikasi multichannel, multibrand help center, email, telepon dan media sosial.

Harga: Harga mulai dari $0, dan untuk yang berbayar, harga dibanderol mulai dari $14/bulan untuk setiap agen dan ditagih per tahun.

Kelebihan Zoho Desk (Pros)

Kekurangan Zoho Desk (Cons)

  • Memiliki fitur yang lengkap yang sesuai dengan banyak kebutuhan perusahaan.
  • Harga yang ditawarkan lumayan terjangkau.
  • Terdapat versi gratis sebelum beralih ke versi berbayar.
  • Mampu meningkatkan produktivitas tim dalam skala besar.
  • Menawarkan bantuan teknis selama 24/7 tanpa tim global.
  • Membantu untuk mengelola proses support kepada pelanggan tanpa menimbulkan masalah baru.
  • Menganalisis keluhan pelanggan hingga ke sumber masalah utama.
  • Tidak memiliki fungsionalitas fitur drag and drop saat menjalankan beberapa alat pelacak masalah.
  • Tidak bisa menerima dan mengirim memo suara.
  • Membutuhkan fitur kustomisasi yang lebih canggih.
  • Tidak memiliki otomatisasi setup.
  • Fitur laporan kurang user-friendly untuk beberapa pengguna.
  • Pengalaman integrasi dengan email tidak berjalan mulus.

7. Jira Service Desk

Jira Service Desk adalah aplikasi ticketing helpdesk yang memungkinkan tim support Anda membuat beberapa proyek untuk mengatur dan memproses permintaan pelanggan. Proyek tersebut bisa diklasifikasikan berdasarkan produk, area atau departemen. Dengan demikian, Anda memiliki basis dokumentasi internal yang dapat digunakan untuk pelaporan dan analisis dalam pengambilan keputusan. Aplikasi ticketing berbasis web ini memungkinkan pelanggan untuk dapat menyelesaikan masalah sederhananya sendiri, sehingga tim support Anda dapat fokus menyelesaikan masalah yang lebih kompleks atau mendesak.

Harga: Terdapat versi gratis. Tapi untuk versi berbayar, harga dibanderol mulai dari $20/bulan untuk setiap agen (rata-rata). Pengguna dapat memilih penagihan bulanan atau tahunan.

Kelebihan Jira Service Desk (Pros)

Kekurangan Jira Service Desk (Cons)

  • Penggunaan uji coba berfungsi penuh untuk jangka waktu terbatas.
  • Memiliki dasbor yang dapat disesuaikan dan laporan standar dengan daftar widget yang didukung.
  • Dapat mengelola seluruh pekerjaan karyawan dalam satu platform, sehingga memudahkan dalam membantu tim atau pelanggan.
  • Tersedia wawasan bisnis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi serta menetapkan strategi bisnis di masa mendatang.
  • Mampu memilah kategori keluhan dan permintaan serta menganalisis akar permasalahan sehingga dapat mudah diperbaiki.
  • Tidak ada wawasan dasar yang terintegrasi.
  • Tidak ada akses pelanggan melalui saluran media sosial.
  • Hanya pengguna dan alamat email dari domain primer yang dapat memanfaatkan Atlassian Cloud jika akun Google pengguna dikaitkan dengan beberapa domain.
  • Aplikasi ticketing helpdesk ini terkadang memberikan respon yang lambat.
  • Tidak terdapat learning curve pada aplikasi ini.
  • Aplikasi ini membutuhkan fitur tambahan wajib yang biasanya dibutuhkan oleh pengguna.

Bagaimana Mendapatkan Aplikasi Ticketing Helpdesk Gratis Terbaik?

Anda bisa mendapatkan aplikasi ticketing helpdesk gratis terbaik dengan mudah melalui Qontak.com. Mengapa Qontak.com? Aplikasi ticketing helpdesk yang disediakan merupakan aplikasi CRM terintegrasi yang membantu mengotomatiskan penyimpanan, pengelolaan, serta analisis data.

Karena bersifat omnichannel dan open API, maka CRM dapat menghubungkan aplikasi ticketing berbasis web dengan saluran bisnis lain yang Anda butuhkan. Tidak seperti aplikasi ticketing helpdesk open source, Qontak.com menawarkan semua keuntungan dari sistem open source tanpa tim Anda harus membangun sistem dari awal. Anda dapat membangun sebanyak atau sesedikit mungkin yang Anda butuhkan.

Jika Anda masih ragu atau memiliki pertanyaan mengenai aplikasi ticketing helpdesk, Anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan tim kami.

Hubungi kami agar kami dapat membantu Anda. Tidak hanya menyediakan konsultasi gratis, namun Qontak.com juga memberikan uji coba aplikasi ticketing helpdesk GRATIS.


Tonton penjelasan secara singkat mengenai fitur ticketing pada aplikasi Qontak.com melalui video berikut ini:

Rekomendasi Artikel: 5 Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik

You may also like

By