Qontak WhatsApp

5 Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik di Indonesia

5 aplikasi ticketing berbasis web terbaik di indonesia

Apa Saja Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik di Indonesia? No. 1 Wajib

Aplikasi ticketing berbasis web mengotomatisasi manajemen interaksi pelanggan dari berbagai saluran yang ditampilkan dalam satu panel. Aplikasi helpdesk ini tidak hanya menerima percakapan dari beberapa saluran (email, telepon, video, media sosial, google’s business messages, webcat dan sms), tapi juga mempertahankan konteks dari percakapan pada unified manner yang memberikan layanan pelanggan lebih cepat dan efektif.

Software ticketing juga mampu meningkatkan efisiensi bisnis baik dari segi produktivitas maupun biaya yang dikeluarkan. Fakta ini didukung penelitian yang dikutip dari  helpjuice mengatakan sebuah bisnis menyelesaikan permasalahan pelanggan dapat menghabiskan biaya rata-rata Rp 41.289 hingga Rp 700.221 dan akan naik tiga kali lipat setiap kali masalah meningkat. Dengan aplikasi ticketing helpdesk bisa mengurangi, bahkan meniadakan biaya tersebut dengan integrasi sistem otomatis. Dalam waktu bersamaan, aplikasi helpdesk dapat menghemat waktu kerja tim support sekitar 670 jam per tahun.

Apa itu Aplikasi Ticketing Berbasis Web?

Aplikasi ticketing berbasis web adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah dan mengontrol setiap pertanyaan, keluhan dan permintaan pelanggan yang masuk ke website bisnis. Lewat aplikasi helpdesk ini, Anda dapat memantau progres penyelesaian keluhan tersebut.

Selain itu setiap departemen dalam bisnis Anda dapat melakukan pelaporan keluhan pelanggan yang dilakukan oleh pelanggan secara real-time dan dimana saja.

Aplikasi ticketing helpdesk bekerja dengan merekam seluruh interaksi yang masuk dari saluran-saluran yang berbeda dan membuat tiket untuk setiap interaksi pada ticketing system. Tiket-tiket ini dapat digunakan untuk pelanggan atau tim support Anda dalam menginisiasi proses dari setiap pertanyaan di tahap manapun pada pengalaman pelanggan. Semua tiket yang terdaftar di ticketing system akan diteruskan ke konteks percakapan. Selanjutnya akan digabungkan dan dipisah sesuai kebutuhan tiap kasus.

Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ticketing, baca: Aplikasi Ticketing: Pengertian dan Cara Kerjanya

 5 Pilihan Aplikasi Ticketing Berbasis Web Terbaik di Indonesia

1. Qontak.com

aplikasi ticketing berbasis web qontak 2

Qontak.com adalah aplikasi ticketing berbasis web yang memudahkan tim untuk melakukan diskusi tiket yang sama sehingga penanganan tiket menjadi lebih cepat. Anda juga bisa menambahkan catatan tertentu dan melakukan komunikasi sesama agen tanpa perlu berpindah aplikasi. Aplikasi ticketing helpdesk Qontak.com memudahkan dalam pelacakan tiket dan memastikan seluruh agen memiliki informasi yang sama. Bahkan Anda dapat menambah detail seperti foto maupun lokasi GPS. Berikut fitur pendukung yang dimiliki aplikasi berbasis web dari Qontak.com:

  • Software ticket yang mudah disesuaikan dengan aliran tiket dan memungkinkan Anda untuk membangun pipeline dan tiket layanan pelanggan sendiri.
  • Integrasi ominchannel yang memungkinkan Anda melayani pelanggan dimana saja berada dengan memanfaatkan pesan instan, telepon dan media sosial.
  • Manajemen service level agreement (SLA) yang memudahkan Anda memantau progres di setiap tahapan untuk menghindari pelanggan yang tidak dilayani.
  • Sistem Eskalasi & Reminder untuk menetapkan poin eskalasi sehingga dapat meningkatkan pelayanan pelanggan yang mulai membusuk untuk diproses ke tahap closing deal.
  • Business Intelligence Dashboard menampilkan laporan analitik bisnis Anda dalam bentuk spreadsheet atau rancang grafik yang dapat dipersonalisasi.
  • Sistem Perutean Agen yang dapat disesuaikan untuk menetapkan pesan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Helpdesk Tiket Otomatis untuk melacak dan menyelesaikan tiket saat masuk atau cukup drag dan drop di sepanjang pipeline.
  • Integrasi ChatBot membuat obrolan FAQ dengan mudah dan mengotomatiskan tanggapan mudah dan memfasilitasi perdagangan.

2. HubSpot

aplikasi ticketing berbasis web hubspot

HubSpots adalah software ticketing gratis yang memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan dengan adanya interface, sekaligus meningkatkan produktivitas tim Anda secara keseluruhan. Anda juga bisa menggunakan customer feedback software dari HubSpot untuk mensurvei dan mengukur sentimen pelanggan secara proaktif. Aplikasi helpdesk HubSpot terintegrasi dengan sistem CRM dan ChatBots yang memungkinkan tim support Anda merespon dan menyelesaikan ticket lebih cepat, menjaga operasi layanan tetap lancar dan stabil. Berikut fitur yang mendukung aplikasi ticketing berbasis web dari HubSpot:

  • Automation & Routing mengotomatiskan layanan pelanggan Anda dengan mengatur perutean, eskalasi dan pembuatan tugas.
  • Tickets mencatat masalah pelanggan sebagai data berdasarkan jenis yang ditetapkan anggota tim Anda, atur dan buat prioritas .
  • Feedback yang mengumpulkan umpan balik dari pelanggan terkait produk Anda. Informasi ini berguna untuk membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  • Reporting mengukur efektifitas layanan pelanggan yang ada saat ini berdasarkan basis data pelanggan, volume ticket, waktu respon, umpan balik dan banyak lagi.

3. Zendesk

Aplikasi Ticketing Berbasis Web zendesk

Zendesk adalah aplikasi ticketing berbasis web yang mudah diatur untuk melaporkan insiden, peristiwa, masalah dan permintaan layanan dari berbagai saluran bisnis Anda. Bahkan fungsionalitas Zendesk dapat diperluas dengan mengintegrasikan alat yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Dengan aplikasi ticketing helpdesk ini, Anda dapat melacak matrik KPI sehingga dapat membuat keputusan yang tepat terkait cara mengatasi masalah operasional layanan pelanggan. Berikut fitur yang mendukung aplikasi ticketing berbasis web dari Zendesk:

  • Ticketing system memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memberikan gambaran lengkap mengenai pelanggan, sehingga Anda dapat menawarkan solusi yang tepat untuk mereka.
  • Help center mengurangi biaya dan volume tiket, sehingga agen dapat fokus pada masalah yang lebih besar dan menawarkan dukungan yang lebih bermakna.
  • Analytics memberi Anda akses cepat ke informasi pelanggan yang ditampilkan lewat statistik, sehingga dapat membuat bisnis Anda lebih baik.
  • Massaging & live chat memudahkan Anda untuk tetap berhubungan dengan interaksi yang dipersonalisasikan dan menarik

4. Zoho Desk

Zoho Desk adalah aplikasi ticketing helpdesk yang melengkapi tim support Anda untuk menyelesaikan masalah tiket secara efisien. Aplikasi ticketing berbasis web ini didukung dengan sistem CRM yang berguna mengatur data pengguna dan mensinkronkan database. Dengan begitu, Anda memiliki akses ke riwayat tiket, seluruh aktivitas dalam sistem dan tren pengalaman pelanggan. Selain itu aplikasi helpdesk Zoho Desk terintegrasi dengan komunikasi multichannel, multibrand help center, email, telepon dan sosial media.

 5. Jira Service Desk

Jira service desk adalah aplikasi helpdesk yang memungkinkan tim support Anda membuat beberapa proyek untuk mengatur dan memproses permintaan pelanggan. Proyek tersebut bisa diklasifikasikan berdasarkan produk, area atau departemen. Dengan begitu, Anda memiliki basis dokumentasi internal yang dapat digunakan untuk pelaporan dan analisis dalam pengambilan keputusan. Aplikasi ticketing helpdesk Jira service desk memungkinkan pelanggan menyelesaikan masalah sederhana sendiri, sehingga tim support Anda dapat fokus menyelesaikan masalah yang lebih kompleks atau mendesak.

Baca juga: 8 Tips Memilih Software Helpdesk Online Terbaik

Manfaat Menggunakan Aplikasi Ticketing Berbasis Web

Aplikasi ticketing berbasis web membantu menangani semua permintaan layanan pelanggan secara efisien. Aplikasi helpdesk membantu meningkatkan produktivitas tim support Anda, karena mereka hanya fokus menyelesaikan permintaan pelanggan yang lebih kompleks. Berikut manfaat lain yang akan dinikmati bisnis Anda setelah menerapkan aplikasi ticketing berbasis web:

  • Memprioritaskan permasalahan yang perlu diperhatikan dulu atau mendesak, komunikasi dengan pelanggan menjadi mudah dan memiliki alur pemecahan masalah yang kohesif antara semua pihak dengan pesan dari berbagai saluran dalam satu platform.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan baik dengan cara yang sederhana maupun kompleks. Anda juga dapat menavigasi semua permasalah pelanggan yang masuk.
  • Mengorganisir daftar tugas yang dibuat berdasarkan prioritas yang akan membuat tim support dan pelanggan senang.
  • Menyimpan semua riwayat informasi pelanggan sehingga Anda tidak perlu menanyakan pertanyaan sama kepada mereka.
  • Bekerja secara efisien karena menangani banyak masalah yang berbeda dalam waktu bersamaan dan meminimalisir kesalahan manusia.
  • Respon cepat atas permintaan pelanggan kurang dari semenit dengan sistem otomatis ChatBot.
  • Memberikan solusi terbaik dari tim support yang menguasai keahlian sesuai permasalahan yang dialami pelanggan.
  • Memberikan pelayanan profesional karena solusi yang diberikan sesuai kebutuhan personal pelanggan bukan sekedar opsi umum.

 Dapatkan Aplikasi Ticketing Berbasis Web Sekarang

Aplikasi ticketing berbasis web mendatangkan sejumlah keuntungan bagi bisnis Anda. Apapun pilihan software ticketing gratis  Anda, pastikan aplikasi helpdesk tersebut dapat membantu bisnis Anda dalam melacak, memprioritaskan, kemudahan integrasi dan omnichannel.

Qontak.com menyediakan solusi aplikasi ticketing helpdesk yang akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Kemudahan integrasi omnichannel CRM Qontak.com menyempurnakan strategi bisnis Anda. Omnichannel CRM akan mengotomatisasikan sistem sehingga akan membuat pekerjaan Anda dikelola dengan mudah dan efisien.

Coba GRATIS Aplikasi Ticketing Berbasis Web sekarang juga atau hubungi kami untuk konsultasi gratis disini!

You may also like

By