Daftar isi
7 min read

Aplikasi Sales dan Distribusi: Manfaat dan Contohnya

Tayang 13 April 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Mengenal Aplikasi Sales dan Distribusi
Aplikasi Sales dan Distribusi: Manfaat dan Contohnya

Teknologi kini memainkan peranan penting di hampir semua aspek kehidupan, termasuk di antaranya ialah bidang bisnis. Di mana terdapat berbagai jenis aplikasi yang dapat mengotomatiskan bisnis secara keseluruhan, salah satunya adalah aplikasi sales dan distribusi.

Saat ini, banyak bisnis yang menggunakan aplikasi sales dan distribusi untuk membantu mereka mengelola penjualan dan distribusi secara efektif dan efisien. Selain dapat membantu mengelola penjualan dan distribusi, aplikasi tersebut juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang aplikasi sales dan distribusi di bawah ini!


Apa itu Aplikasi Sales dan Distribusi?

Aplikasi sales dan distribusi adalah aplikasi dengan sistem manajemen penjualan dan distribusi yang dapat memberikan kemudahan dalam melacak penjualan, distribusi pesanan, mengelola stok, hingga menghasilkan laporan. Di sisi lain, aplikasi ini juga dikenal dengan nama aplikasi untuk sales kanvas.

Sederhananya, aplikasi untuk sales kanvas adalah aplikasi yang dapat mengatur sistem manajemen penjualan dan distribusi untuk sales kanvas atau salesman. Tujuannya pun sama seperti tujuan salesman pada umumnya, yaitu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Dalam hal ini, penggunaan aplikasi sales dan distribusi sangatlah penting bagi bisnis. Mengingat aplikasi ini dapat membantu pelacakan penjualan lapangan dan distribusi produk yang dilakukan oleh salesman secara real-time.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan visibilitas ke target audiens dan prospek penjualan, manajemen saluran, tindak lanjut prospek, hingga kinerja anggota dan tim penjualan.

Manfaat-Aplikasi-Sales-dan-Distribusi


Apa Saja Jenis Aplikasi Sales pada Perusahaan?

Dalam perusahaan, sales setidaknya dapat terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah sales taking order, kedua adalah sales kanvas, dan yang terakhir adalah sales motoris. Berikut adalah perbedaan antara ketiganya:

1. Sales Taking Order

  • Sales TO mengendarai motor, namun tidak membawa serta produk yang ditawarkan.
  • Tugasnya adalah menerima dan mencatat pesanan dari konsumen, yang kemudian akan dikirim oleh perusahaan.
  • Sales TO menangani berbagai jenis konsumen baik retail maupun grosir, seperti pedagang di pasar tradisional.
  • Sales TO menawarkan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving) dan produk yang repeat-ordernya cepat (fast moving).
  • Harga yang ditawarkan cenderung lebih rendah daripada harga pada sales jenis lain.

2. Sales Kanvas

  • Sales kanvas memiliki tugas yang mirip dengan sales motoris, namun mereka menggunakan kendaraan roda 4 (mobil box). Mereka dapat menjangkau konsumen dengan jarak yang lebih jauh.
  • Mereka menawarkan produk baru, kepada pengecer (retailer) dan juga pada pedagang semi grosir.
  • Sales kanvas menawarkan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving) maupun produk yang repeat-ordernya cepat (fast moving).
  • Harga produk pada sales kanvas lebih rendah dibandingkan dengan harga pada sales motoris, atau memiliki harga sama seperti harga pada sales TO.
  • Konsumen yang menjadi target sales kanvas adalah outlet semi grosir serta outlet yang belum dijangkau oleh sales TO.

3. Sales Motoris

  • Sales motoris membawa produk langsung ke hadapan konsumen menggunakan sepeda motor yang dilengkapi dengan saddle bag.
  • Produk yang ditawarkan merupakan produk baru, mereka menjualnya pada pengecer (retailer).
  • Produk yang dibawa merupakan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving).
  • Harga produk lebih tinggi dibandingkan dengan harga pada sales kanvas.
  • Target konsumennya adalah pengecer (retailer) di outlet kecil. Sales motoris dapat menjangkau pelanggan di wilayah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh mobil.

Dengan tersebarnya tenaga sales ke banyak lokasi, Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi sales dan distribusi yang dapat membantu Anda untuk melacak tim sales dan distribusi produk perusahaan Anda.

Aplikasi-Sales-dan-Distribusi-Qontak-Dashboard


Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Sales dan Distribusi?

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa sales dan distribusi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, dan salah satu ujung tombaknya terletak pada performa sales lapangan. Oleh karena itu, pelacakan terhadap distribusi dan sales sangatlah penting untuk dilakukan karena akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Namun, banyak pengusaha yang merasa kesulitan untuk melakukan pelacakan tersebut, terutama untuk melacak sales lapangan. Untuk mengatasi itu semua, setiap pengusaha perlu memiliki aplikasi sales distribusi yang akan sangat bermanfaat bagi bisnis mereka. Berikut manfaat aplikasi sales dan distribusi bagi bisnis:

  1. Memeroleh wawasan (insight) yang lebih rinci terkait dengan sales funnel. Anda dapat melihat pertumbuhan bisnis Anda, mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Misalnya tentang produk / jasa apa yang paling laris, atau wilayah mana yang repeat order-nya tinggi, dan lain-lain.
  2. Menciptakan jalur produksi, penjualan, dan distribusi yang lebih efisien.
  3. Informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan akan lebih cepat untuk ditindaklanjuti, yang nantinya akan berdampak baik pada kepuasan pelanggan sehingga dapat juga menarik calon pelanggan lainnya.
  4. Lebih mudah memahami dan meninjau tentang calon pelanggan serta perilaku mereka sebagai target penjualan. Hal tersebut juga dapat dicapai berkat adanya komunikasi yang lebih baik antara mereka dan perusahaan Anda.
  5. Meminimalisir kehilangan dokumen penting seperti invoice, yang dapat mengganggu jalannya bisnis sehingga tercipta kemudahan dalam bekerja.
  6. Lebih mudah dalam memantau kinerja dan kualitas tim secara berkala.
  7. Meningkatkan pendapatan serta produktivitas tim sales.
  8. Lebih cepat dalam mengambil tindakan penyelesaian jika terjadi suatu masalah, serta dapat mencegah resiko dengan lebih baik.
  9. Menghemat biaya perusahaan.

Bagaimana Contoh Penggunaan Aplikasi Sales dan Distribusi Pada Bisnis?

– Industri Otomotif

Penerapan aplikasi sales dan distribusi akan membantu bisnis yang bergerak dibidang otomotif untuk mengidentifikasi pembuatan / model / tahun pada produk tertentu yang diminati pelanggan. Hal ini tak lepas dari kemampuan aplikasi distribusi dalam memahami tren pasar dan analisis hasil penjualan yang didapatkan bisnis.

– Industri Pakaian

Aplikasi sales dan distribusi memudahkan bisnis pakaian untuk mengelola pesanan barang yang disesuaikan dengan warna, tren, dan ukuran.  Aplikasi ini akan bekerja otomatis mengatur setiap progres dari pemesanan barang hingga distribusi sampai ke tangan pelanggan.

– Perusahaan Kesehatan

Industri perawatan kesehatan sangat membutuhkan sistem yang mampu melacak nomor seri dari entitas pengiriman individual dan supply chain, mengingat perusahaan biasanya menangani jutaan pengiriman hanya dalam waktu sehari. Aplikasi distribusi ini sangat cocok untuk membantu bisnis kesehatan menangani hal itu hanya dari satu platform terpadu.

– Industri Makanan dan Minuman

Contoh aplikasi distribusi digunakan pada produsen makanan dan distributor adalah untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan industri yang memang cukup rumit. Misalnya seperti pencatatan inventory atau stok gudang, ini karena persediaan produk tidak boleh dikirim ke pelanggan jika telah melewati batas waktu tertentu.

– Distributor

Umumnya sebuah distributor memiliki katalog produk yang masif dan salah satu kebutuhan bisnis mendasar mereka adalah penambahan value atau nilai, sehingga dapat menciptakan diferensiasi kompetitif yang memadai.

Industri-industri tersebut memerlukan contoh aplikasi distribusi yang bisa memenuhi kompleksitas penyimpanan pesanan dan manajemen persediaan yang harus ditangani secara tepat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing


Apa Contoh Aplikasi Sales dan Distribusi di Indonesia?

Logo Mekari Qontak

Salah satu contoh aplikasi sales dan distribusi terbaik di Indonesia adalah aplikasi sales CRM Mekari Qontak. Aplikasi sales CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu bisnis dalam melakukan sistem tracking.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan merekam, melacak, dan mengelola penjualan, sales kanvas, KPI, dan sebagainya dalam satu platform terpadu.

Adapun fitur unggulan lainnya yang dimiliki aplikasi sales dan distribusi Qontak adalah sebagai berikut:

  • Fitur kustomisasi yang dapat membantu Anda menyesuaikan software dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Aplikasi mobile dan GPS offline, Anda dapat melacak lokasi GPS sales lapangan Anda walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Dashboard laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per tenaga sales atau untuk rentan periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template Spreadsheet dan Word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Integrasi dengan omnichannel, WhatsApp, chat panel, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan.
  • Sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

Dapatkan Aplikasi Sales dan Distribusi Terbaik Sekarang!

Dari pembahasan di atas dapat dipahami bahwasanya penggunaan aplikasi sales dan distribusi dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis, khususnya bagi tim penjualan di lapangan. Di mana aplikasi tersebut dapat membantu merampingkan tugas tim sales dan meningkatkan produktivitas serta kinerja mereka.

Salah satu penyedia aplikasi sales dan distribusi terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Aplikasi sales CRM Mekari Qontak dapat Anda gunakan sebagai aplikasi untuk sales kanvas, distribusi, taking order, dan motoris sekalipun. Selain itu, Mekari Qontak juga menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu bisnis Anda untuk terus tumbuh dan berkembang.

Mekari Qontak sendiri telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Tidak hanya itu saja, MekariQontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : Sales
WhatsApp WhatsApp Sales