Qontak WhatsApp

Aplikasi Sales dan Distribusi: Manfaat dan Contohnya

Aplikasi-Sales-dan-Distribusi-1

Kenali Manfaat serta Contoh Aplikasi Sales dan Distribusi

Di era perkembangan zaman, kehadiran teknologi memudahkan pekerjaan manusia di segala bidang, termasuk urusan bisnis. Salah satunya adalah dengan adanya aplikasi sales dan distribusi yang membantu mengelola penjualan dan distribusi bisnis. Penasaran bagaimana pemanfaatan dan contoh penerapan aplikasi distribusi sales ini? Simak penjelasannya di bawah ini.


Apa itu Aplikasi Sales dan Distribusi?

Aplikasi sales dan distribusi adalah aplikasi dengan sistem manajemen penjualan dan distribusi yang memberikan kemudahan dalam melacak penjualan dan distribusi pesanan, mengelola stok, hingga menghasilkan laporan.

Aplikasi untuk sales kanvas adalah aplikasi yang dapat mengatur sistem manajemen penjualan dan distribusi untuk salesman yang menggunakan kendaraan roda 4. Sama seperti salesman pada umumnya, sales kanvas dapat menjangkau pelanggan lebih jauh lagi.

Sales atau penjualan yang menurun bukan hal yang diinginkan oleh pengusaha, tetapi hal itu merupakan bagian dari sebuah bisnis. Jika penjualan Anda menurun, maka mungkin ini lah saat yang tepat bagi Anda untuk menggunakan aplikasi sales dan distribusi sebagai upaya meningkatkan sales maupun marketing di perusahaan Anda.

Sebagai pengusaha tentunya Anda akan terus memutar otak dan membuat inovasi produk agar pelanggan terus bertambah. Selain inovasi produk, Anda juga perlu fokus pada sales dan distribusi perusahaan. Terdapat berbagai macam konsumen yang dapat kita jadikan target penjualan. Mereka berasal dari kalangan dan wilayah yang berbeda, untuk itu lah tercipta beberapa jenis sales.

Manfaat-Aplikasi-Sales-dan-Distribusi


Apa Saja Jenis Aplikasi Sales pada Perusahaan?

Dalam perusahaan, sales setidaknya terbagi menjadi tiga. Pertama adalah sales taking order, kedua adalah sales kanvas, dan yang terakhir adalah sales motoris. Berikut adalah perbedaan antara ketiganya:

1. Sales Taking Order

  • Sales TO mengendarai motor, namun tidak membawa serta produk yang ditawarkan.
  • Tugasnya adalah menerima dan mencatat pesanan dari konsumen, yang kemudian akan dikirim oleh perusahaan.
  • Sales TO menangani berbagai jenis konsumen baik retail maupun grosir, seperti pedagang di pasar tradisional.
  • Sales TO menawarkan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving) dan produk yang repeat-ordernya cepat (fast moving).
  • Harga yang ditawarkan cenderung lebih rendah daripada harga pada sales jenis lain.

2. Sales Kanvas

  • Sales kanvas memiliki tugas yang mirip dengan sales motoris, namun mereka menggunakan kendaraan roda 4 (mobil box). Mereka dapat menjangkau konsumen dengan jarak yang lebih jauh.
  • Mereka menawarkan produk baru, kepada pengecer (retailer) dan juga pada pedagang semi grosir.
  • Sales kanvas menawarkan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving) maupun produk yang repeat-ordernya cepat (fast moving).
  • Harga produk pada sales kanvas lebih rendah dibandingkan dengan harga pada sales motoris, atau memiliki harga sama seperti harga pada sales TO.
  • Konsumen yang menjadi target sales kanvas adalah outlet semi grosir serta outlet yang belum dijangkau oleh sales TO.

3. Sales Motoris

  • Sales motoris membawa produk langsung ke hadapan konsumen menggunakan sepeda motor yang dilengkapi dengan saddle bag.
  • Produk yang ditawarkan merupakan produk baru, mereka menjualnya pada pengecer (retailer).
  • Produk yang dibawa merupakan produk yang repeat-ordernya lama (slow moving).
  • Harga produk lebih tinggi dibandingkan dengan harga pada sales kanvas.
  • Target konsumennya adalah pengecer (retailer) di outlet kecil. Sales motoris dapat menjangkau pelanggan di wilayah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh mobil.

Dengan tersebarnya tenaga sales ke banyak lokasi, Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi sales dan distribusi untuk melacak tim sales dan distribusi produk perusahaan Anda.Aplikasi-Sales-dan-Distribusi-Qontak-Dashboard


Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Sales dan Distribusi?

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa sales dan distribusi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, dan salah satu ujung tombaknya terletak pada performa sales lapangan. Oleh karena itu, pelacakan terhadap distribusi dan sales sangatlah penting untuk dilakukan karena akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Namun, banyak pengusaha yang merasa kesulitan untuk melakukan pelacakan tersebut, terutama untuk melacak sales lapangan. Untuk mengatasi itu semua, pengusaha atau pebisnis harus memiliki aplikasi sales distribusi yang akan sangat bermanfaat bagi bisnis mereka.

9 manfaat menggunakan aplikasi sales dan distribusi:

  1. Memperoleh wawasan (insight) yang lebih rinci terkait dengan sales funnel. Anda dapat melihat pertumbuhan bisnis Anda, mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Misalnya tentang produk / jasa apa yang paling laris, atau wilayah mana yang repeat-ordernya tinggi, dan lain-lain.
  2. Menciptakan jalur produksi, penjualan, dan distribusi yang lebih efisien.
  3. Informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan akan lebih cepat untuk ditindaklanjuti, yang nantinya akan berdampak baik pada kepuasan pelanggan sehingga dapat juga menarik calon pelanggan lainnya.
  4. Lebih mudah memahami dan meninjau tentang calon pelanggan serta perilaku mereka sebagai target penjualan. Hal tersebut juga dapat dicapai berkat adanya komunikasi yang lebih baik antara mereka dan perusahaan Anda.
  5. Meminimalisir kehilangan dokumen penting seperti invoice, yang dapat mengganggu jalannya bisnis sehingga tercipta kemudahan dalam bekerja.
  6. Lebih mudah dalam memantau kinerja dan kualitas tim secara berkala.
  7. Meningkatkan pendapatan serta produktivitas tim sales.
  8. Lebih cepat dalam mengambil tindakan penyelesaian jika terjadi suatu masalah, serta dapat mencegah resiko dengan lebih baik.
  9. Menghemat biaya perusahaan.

Bagaimana Contoh Penggunaan Aplikasi Sales dan Distribusi Pada Bisnis?

– Industri Otomotif

Penerapan aplikasi sales dan distribusi akan membantu bisnis yang bergerak dibidang otomotif untuk mengidentifikasi pembuatan / model / tahun pada produk tertentu yang diminati pelanggan. Hal ini tak lepas dari kemampuan aplikasi distribusi dalam memahami tren pasar dan analisis hasil penjualan yang didapatkan bisnis.

– Industri Pakaian

Aplikasi sales dan distribusi memudahkan bisnis pakaian untuk mengelola pesanan barang yang disesuaikan dengan warna, tren, dan ukuran.  Aplikasi ini akan bekerja otomatis mengatur setiap progres dari pemesanan barang hingga distribusi sampai ke tangan pelanggan.

– Perusahaan Kesehatan

Industri perawatan kesehatan sangat membutuhkan sistem yang mampu melacak nomor seri dari entitas pengiriman individual dan supply chain, karena perusahaan biasanya menangani jutaan pengiriman hanya dalam waktu sehari. Aplikasi distribusi ini sangat cocok untuk membantu bisnis kesehatan menangani hal itu hanya dari satu platform terpadu.

– Industri Makanan dan Minuman

Contoh aplikasi distribusi digunakan pada produsen makanan dan distributor adalah untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan industri yang memang cukup rumit. Seperti pencatatan inventory atau stok gudang, karena persediaan produk tidak boleh dikirim ke pelanggan jika telah melewati batas waktu tertentu.

– Distributor

Umumnya sebuah distributor memiliki katalog produk yang masif dan salah satu kebutuhan bisnis mendasar mereka adalah penambahan value atau nilai, sehingga dapat menciptakan diferensiasi kompetitif yang memadai. Industri-industri tersebut memerlukan contoh aplikasi distribusi yang bisa memenuhi kompleksitas penyimpanan pesanan dan manajemen persediaan yang harus ditangani secara tepat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing


Apa Contoh Aplikasi Sales dan Distribusi di Indonesia?

Qontak.com adalah contoh aplikasi distribusi yang memiliki berbagai fitur canggih yang membantu bisnis dalam sistem tracking. Contoh Aplikasi distribusi Qontak.con terhubung dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) yang memiliki banyak fungsi, seperti: merekam, melacak, dan mengelola penjualan, sales kanvas, KPI, dan sebagainya.  Berikut contoh keunggulan aplikasi sales distribusi yang ditawarkan Qontak.com, diantaranya:

  • Software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proses bisnis Anda.
  • Aplikasi mobile dan GPS offline. Anda dapat melacak lokasi GPS sales lapangan Anda walaupun tanpa koneksi internet dengan.
  • Dashboard laporan yang berisi analisis dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya diatur per tenaga sales atau untuk periode tertentu.
  • Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga meningkatkan sales dan operasional bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang memudahkan mengunggah template Spreadsheet dan Word secara instan agar menghemat waktu dan biaya.
  • Integrasi dengan WhatsApp, chat panel, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan.
  • Sales pipeline yang jelas sehingga mudah dipahami agar setiap tahapan prospek dapat diketahui dengan baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Terapkan Aplikasi Sales dan Distribusi Sekarang!

Dengan melihat uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat dari aplikasi untuk sales kanvas, aplikasi sales taking order, aplikasi sales lapangan bisa diperoleh dalam satu aplikasi sales dan distribusi yang ditawarkan oleh Qontak.com. Selain memiliki fitur yang lengkap, penggunaannya juga mudah dan semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Yuk, beralih ke aplikasi sales dan distribusi yang lebih praktis dan modern.

Tertarik untuk mencobanya?

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By