Qontak WhatsApp

8 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis

Kenali Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

Aplikasi pendukung sales dan marketing adalah perangkat lunak yang digunakan untuk  membangun hubungan pelanggan (customer relation) yang lebih baik, serta memantau KPI sales dan marketing secara rinci dari seluruh saluran penjualan (sales pipeline).

Selain menggunakan berbagai strategi promosi dan marketing yang kreatif, banyak pebisnis yang akhirnya melirik software sales dan marketing untuk diterapkan pada bisnis mereka. Hal itu disebabkan karena menggunakan lebih dari satu aplikasi dengan fungsi yang berbeda secara bersamaan akan merepotkan, serta terdapat risiko lainnya seperti adanya informasi yang tidak sinkron di antara keduanya.

Aplikasi pendukung sales dan marketing ini sering digunakan bisnis untuk mendapatkan prospek secara lebih efektif. Tidak hanya itu, melalui sebuah software sales dan marketing, Anda dapat mengarahkan prospek ke saluran penjualan (sales pipeline) serta dapat memberikan manfaat berkelanjutan kepada pelanggan yang sudah ada.

Rekomendasi Artikel: Aplikasi untuk Sales: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya dan 6 Aplikasi untuk Marketing Terbaik untuk Bisnis


Apa Manfaat Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing bagi Bisnis?

6 manfaat yang diperoleh dari penggunaan aplikasi pendukung sales dan marketing bagi bisnis Anda:

– Menghemat Biaya dan Waktu Sales dan Marketing

Dengan memiliki satu aplikasi pendukung sales dan marketing yang lengkap, Anda dapat menghemat biaya dari pembelian banyak aplikasi untuk tugas yang serupa. Anda pun sekaligus dapat terhindar dari menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dengan aplikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat Anda dan tim memiliki produktivitas yang rendah dan bekerja dengan tidak efisien.

– Mempermudah Pengelolaan Sales dan Marketing

Mengelola berbagai interaksi atau menanggapi pelanggan pada sebuah aplikasi yang sama akan jauh lebih mudah daripada mengelolanya melalui aplikasi pendukung sales dan marketing yang berbeda.

– Meningkatkan Kualitas Prospek

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas prospek Anda adalah menyelaraskan pemahaman antara tim penjualan dan pemasaran tentang prospek seperti apa yang menjadi sasaran bisnis Anda. Aplikasi pendukung sales dan marketing dapat membantu tim Anda untuk menjalankan promosi yang tepat bagi prospek tertarget serta meningkatkan keselarasan antar tim untuk tetap sinkron dan fokus pada KPI sales dan marketing yang jelas dan terukur.

– Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Menggunakan software sales dan marketing dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan karena tim Anda dapat memberikan pesan yang konsisten dan tanggap di sepanjang proses jual beli yang pelanggan Anda lakukan.

– Memberikan Laporan dan Analisa Bisnis yang Lengkap dan Akurat

Sebuah software sales dan marketing yang ideal akan memberikan laporan dan analisa bisnis yang lengkap dan akurat bagi penggunanya. Laporan dan analisa bisnis tersebut sangat berguna untuk memantau KPI sales dan marketing.

– Meningkatkan Penjualan Sales dan Marketing

Penjualan dapat meningkat berkat kolaborasi yang selaras antara tim sales dan marketing sehingga terbentuk pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik. Semua hal positif tersebut secara tidak langsung menjadi alasan terjadinya otomatisasi penjualan pada perusahaan.


8 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terpenting

Top 8 Aplikasi Helpdesk Berbasis Web Terbaik seperti berikut:

  1. CRM
  2. To-Do-List
  3. Dikte
  4. Presentasi
  5. E-signature
  6. Document Scannner
  7. Business Card Scanner
  8. Pembagi File

Ini 8 aplikasi pendukung sales dan marketing terpenting yang wajib Anda coba pada bisnis Anda:

1. Aplikasi CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam dan mengelola database sales dan customer service. Software ini mengatur hubungan antara pelaku bisnis dengan pelanggannya.

Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Qontak.com menawarkan aplikasi CRM Omnichannel yang memiliki fitur-fitur penting sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan/ bisnis yang menggunakannya. Sistem CRM Qontak.com bersifat omnichannel sehingga dapat diintegrasikan dengan saluran bisnis yang lain, namun tetap diatur dan dijalankan dalam satu sistem. Kemampuan ini sangatlah penting untuk dimiliki agar semua sales pipeline dapat terpantau dengan baik.

CRM yang baik biasanya juga memiliki fitur pendukung lainnya seperti e-mail blast dan task yang bersifat sebagai todolist. E-mail blast memungkinkan tim marketing untuk mengirimkan kampanye/promosi kepada prospek tertarget dan para pelanggan. Sedangkan fitur task memungkinkan tim sales dan marketing untuk bekerja secara teratur dan sesuai arahan yang jelas.

Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

2. Aplikasi ToDoList

Aplikasi todolist merupakan aplikasi yang berisi daftar tugas atau kegiatan yang harus dilakukan dalam waktu tertentu. Dengan aplikasi ini, tim Anda dapat mengatur target kerja harian yang harus mereka selesaikan untuk mencapai tujuan tertentu. Fitur ini juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja dan KPI sales dan marketing, apakah beban kerja mereka sesuai serta apakah mereka dapat menyelesaikannya dengan baik atau tidak.

Salah satu contoh aplikasi todolist adalah Evernote. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat catatan, menyimpan ide-ide, mengumpulkan berbagai artikel saat browsing, dan lain-lain. Tidak hanya berupa catatan, Anda juga bisa menambah gambar, audio, atau dokumen yang berkaitan dengan strategi marketing Anda ke dalamnya.

Anda juga bisa mencari inspirasi dari promosi yang dilakukan oleh pesaing Anda, dan menyimpannya di aplikasi ini untuk dipelajari lagi kemudian. Aplikasi ini dapat diakses dari berbagai macam perangkat digital, seperti: desktop, smartphone, iPad, dan lain-lain.

aplikasi penjualan dan pemasaran

3. Aplikasi Dikte

Aplikasi Dikte adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mencatat atau menyimpan tulisan dalam bentuk digital menggunakan perintah suara (voice typing).

Google Docs Voice Typing merupakan salah satu aplikasi dikte yang dapat Anda coba gunakan. Aplikasi buatan Google ini memudahkan penggunanya untuk mencatat teks tanpa mengetik, namun dengan menggunakan suara. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja dan oleh siapa saja yang memiliki akses di dalamnya. Fitur voice typingnya memudahkan tim Anda dalam menginput atau mencatat data penting di dalam aplikasinya.

Untuk memulainya, pengguna hanya perlu menggunakan Aplikasi Google Docs, kemudian pilih opsi Voice Typing pada bagian tools yang tersedia. Langkah selanjutnya adalah klik ikon microphone, dan mulailah berbicara dengan volume dan kecepatan yang normal serta pengucapan yang jelas. Jika ingin mengubah bagian yang salah, Anda hanya perlu memindahkan kursor ke bagian yang ingin diubah, kemudian kembalikan kursor ke tempat semula. Jika sudah selesai, klik ikon microphone lagi.

Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

4. Aplikasi Presentasi

Tim sales dan marketing pasti akan bertemu dengan banyak orang, baik prospek, pelanggan, atau rekan bisnis. Sebagai tim di garda terdepan, mereka bertugas untuk memberikan presentasi produk/jasa/sistem yang mereka tawarkan. Aplikasi presentasi menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka. Aplikasi presentasi adalah software yang digunakan untuk membantu tim bisnis Anda dalam membuat slides presentasi untuk dipertunjukan dengan tampilan yang menarik.

Salah satu aplikasi presentasi yang dapat Anda coba adalah Keynote. Keynote merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan dan melakukan presentasi. Aplikasi ini dikembangkan sebagai bagian dari rangkaian produktivitas iWork oleh Apple Inc. Kelebihan Keynote dibandingkan aplikasi serupa lainnya terletak pada fitur animasi yang lebih lengkap dan canggih.

Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Keynote

5. E-Signature

E-Signature adalah aplikasi yang digunakan untuk membubuhkan tanda tangan digital. Aplikasi ini akan sangat berguna bagi tenaga sales lapangan yang membutuhkan aplikasi khusus untuk pengisian formulir atau tanda tangan dari pelanggan secara digital. Dengan mengubah semuanya serba digital, Anda tidak perlu takut akan kehilangan dokumen penting dalam bentuk fisik.

Jika Anda membutuhkan aplikasi ini, Anda dapat mencoba aplikasi buatan Adobe Inc, yaitu Adobe Fill & Sign. Aplikasi ini dirancang untuk menyulap dokumen fisik menjadi dokumen dalam bentuk digital (PDF). Dengan menggunakan aplikasi ini, pengisian formulir dan pembubuhan tanda tangan menjadi lebih mudah. Aplikasi Adobe Fill & Sign dapat diunduh secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store.

Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

6. Document Scanner

Document Scanner merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memindai gambar yang kemudian menyimpannya dalam bentuk JPEG atau PDF. Aplikasi ini sangat berguna bagi tim sales dan marketing dalam memindai dokumen penting yang masih tersedia dalam bentuk fisik dan menyimpan salinan dokumennya dalam bentuk digital.

Anda dapat menggunakan CamScanner jika Anda membutuhkan aplikasi pemindai dokumen. CamScanner berguna untuk memindai (scan) gambar melalui perangkat seluler. Selain digunakan untuk memindai gambar, aplikasi CamScanner ini bisa digunakan untuk menyimpan dan membagikan hasil scanning gambar dalam bentuk JPEG atau PDF. CamScanner ini dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store secara gratis. Selain CamScanner, terdapat aplikasi scanning gambar lainnya dengan fungsi yang sama, seperti Adobe Scan.

Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

7. Business Card Scanner

Business Card Scanner adalah aplikasi pemindai yang khusus memindai kartu nama. Sudah lumrah jika pebisnis memiliki kartu nama, namun alangkah repotnya jika harus memindah data dari setiap kartu nama yang ada secara manual. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi tim sales dan marketing Anda, karena mereka biasanya akan mendapat rekan bisnis baru. Dengan aplikasi ini, memindahkan informasi penting pada kartu nama akan jauh lebih mudah.

Anda dapat mencoba aplikasi CamCard yang merupakan aplikasi scan kartu nama. CamCard sangat mudah digunakan, karena penggunanya dapat langsung memotret kartu nama yang ingin dipindai, atau memilih foto sebuah kartu nama yang telah tersimpan dalam galeri perangkat seluler yang digunakan. Data yang terdapat dalam kartu nama akan ditampilkan dalam bentuk data yang bisa langsung Anda simpan ke daftar kontak telepon.

pendukung penjualan dan pemasaran

8. Aplikasi Pembagi File

Pembagi file juga penting untuk dimiliki bagi bisnis. Setiap anggota tim bisnis harus memiliki akses dan informasi yang sama dalam menjalankan tugasnya, salah satunya adalah tim sales dan marketing. Dengan aplikasi pembagi file, Anda dalam menyimpan dan berbagi data sesama tim hingga ke calon client tanpa takut kehilangan data. File pun dapat diakses di mana pun dengan koneksi internet.

Membagi file kini lebih mudah dengan aplikasi Dropbox yang merupakan tempat penyimpanan data berbasis web. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan, sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi data dengan pengguna internet lain menggunakan sinkronisasi data. Dengan menyimpan data pada Dropbox, data Anda akan aman walaupun perangkat yang Anda gunakan rusak atau hilang.

aplikasi penjualan dan pemasaran

Baca Juga: 10 Aplikasi Marketing Terbaik untuk Bisnis, No. 1 Wajib!


Bagaimana Mendapatkan Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik?

Anda bisa mendapatkan aplikasi pendukung sales dan marketing terbaik melalui Qontak.com sekarang juga dan mulai secara GRATIS. Selain sebagai aplikasi CRM dengan fitur lengkap, Qontak.com juga dapat sekaligus Anda gunakan sebagai aplikasi todolist yang pada akhirnya akan membantu mencapai setiap target KPI sales dan marketing Anda.

Karena bersifat omnichannel, maka aplikasi pendukung sales dan marketing Qontak.com juga dapat diintegrasi dengan sistem yang sudah bisnis Anda gunakan. Pekerjaan Anda dan tim bisnis Anda pun menjadi lebih mudah.

Tertarik untuk mencobanya?

Hubungi tim kami jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi terlebih dahulu mengenai aplikasi pendukung sales dan marketing dari Qontak.com. Kami siap membantu Anda kapan saja!

You may also like

By