Qontak WhatsApp

Aplikasi Pencatat Pesanan dan Penjualan untuk Bisnis!

Aplikasi Pencatat Pesanan

Anda Pebisnis yang Membutuhkan Aplikasi Pencatat Pesanan?

Aplikasi pencatat pesanan merupakan alat yang membantu para pelaku bisnis dalam mengelola pesanan secara efektif, efisien, dan sistematis. Hal-hal yang biasanya dikelola oleh aplikasi catat pesanan meliputi: data produk, stok, pencatatan barang keluar dan masuk, total penjualan, dan sebagainya sampai tentang perhitungan laba dan rugi pada laporan keuangan.

Tanpa aplikasi pencatat pesanan, akan sangat merepotkan jika harus melakukan semuanya secara manual, terutama di zaman sekarang dimana semuanya dituntut serba cepat dan instan. Pencatatan secara manual berisiko mengalami kesalahan karena adanya human error yang akhirnya mengakibatkan kerugian pada bisnis.

Aplikasi untuk mencatat orderan juga dapat digunakan dalam berbagai macam bidang usaha, baik offline maupun online. Jadi, apakah Anda salah satu pebisnis yang membutuhkan aplikasi mencatat pesanan dari sales? Jika ya, silakan baca lebih lanjut artikel ini.

Artikel Terkait: Aplikasi untuk Mencatat Orderan, Fitur, dan Manfaatnya dan 6 Pilihan Terbaik Aplikasi Data Penjualan dan Fiturnya


Apa Manfaat Aplikasi Pencatat Pesanan?

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan aplikasi pencatat pesanan pada sebuah bisnis. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

– Memantau pesanan

Aplikasi untuk mencatat orderan tentu dapat memantau pesanan yang masuk dengan lengkap dan sistematis. Jumlah pesanan, pengiriman, serta penerbitan invoice juga termasuk dalam aplikasi ini.

– Manajemen pelanggan

Tidak hanya memantau pesanan, aplikasi catat pesanan juga mampu mengelola hubungan pelanggan. Kontak pelanggan yang masuk melalui pesanan dapat tersimpan dengan lengkap dan otomatis pada sistem.

– Manajemen tim

Aplikasi ini juga mampu membangun manajemen tim bisnis yang baik. Hal ini dapat sangat berpengaruh pada kinerja masing-masing karyawan.

– Manajemen stok barang

Aplikasi mencatat pesanan dari sales mampu mengelola stok barang dengan baik. Oleh karenanya pengguna aplikasi ini mampu terhindar dari stok yang tiba-tiba kosong karena tingginya pesanan yang masuk seperti berita yang dilansir oleh detik.com.

– Aplikasi pencatat pesanan mengomatisasi dokumen

Semua dokumen bisnis dapat disimpan dan dibuat secara otomatis dan mudah. Hal ini dapat menghindarkan penggunanya dari kehilangan dokumen, serta mempermudah tugas dalam mengelola dokumen yang banyak.

– Integrasi dengan aplikasi obrolan

Adanya integrasi dengan aplikasi obrolan seperti WhatsApp Business atau aplikasi obrolan lainnya pasti memberikan manfaat yang besar bagi penggunanya. Dengan integrasi ini, pengguna dapat melakukan komunikasi dengan sesama tim bisnis atau dengan pelanggan.

– Aplikasi pencatat pesanan memberikan laporan dan statistik

Aplikasi catat pesanan juga menyediakan laporan dan analisis bisnis. Analisis atau statistik perkembangan bisnis perlu ada dalam sebuah laporan bisnis agar pengguna dapat memantau bisnisnya dengan baik.


Aplikasi Pencatat Pesanan dan Penjualan Terbaik untuk Bisnis

Inilah beberapa aplikasi pencatat pesanan terbaik rekomendasi kami untuk Anda:

  1. Qontak.com
  2. MOKA
  3. Moodah
  4. Pawoon
  5. Olsera
  6. EQUIP POS

Ada banyak sekali aplikasi pencatat pesanan di pasaran. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami akan membahas aplikasi untuk mencatat orderan yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu:

1. Qontak.com

Aplikasi Pencatat Pesanan

Qontak.com merupakan salah satu penyedia aplikasi pencatat pesanan dengan sistem CRM terbaik di Indonesia yang telah melayani banyak pelanggan dalam memenuhi kebutuhan bisnis mereka. Aplikasi CRM Qontak.com ini dapat berfungsi sebagai aplikasi catat pesanan dengan fitur lengkap yang dimilikinya.

Harga: Rp 200.000/bulan untuk setiap pengguna

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Memiliki fitur manajemen data penjualan yang terpusat.
  • Memiliki dashboard yang lengkap dan interaktif.
  • Menyediakan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat.
  • Dapat diakses baik melalui perangkat seluler dan desktop.
  • Dapat memantau data penjualan dengan seksama.
  • Memungkinkan adanya kolaborasi dalam satu aplikasi.
  • Tersedianya manajemen sales pipeline yang membantu pengguna memantau bisnis secara keseluruhan.
  • Dapat diintegrasikan dengan saluran bisnis penting lainnya.
  • Masih fokus melayani market Indonesia saja.

2. MOKA

Aplikasi Pencatat Pesanan

MOKA adalah salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai layanan khusus untuk para pelaku bisnis, terutama bisnis retail, restoran, dan salon. Salah satu layanannya yang kerap digunakan oleh para pelaku usaha sebagai aplikasi pencatat pesanan adalah MOKA POS.

Harga: MOKA POS dibanderol seharga Rp 299.000/bulan. Terdapat paket harga yang berbeda untuk setiap layanan, serta ada biaya tambahan untuk fitur tambahan yang dibutuhkan.

Kelebihan MOKA (Pros)

Kekurangan MOKA (Cons)

  • Memiliki fitur: Dasbor dan laporan penjualan, CRM basic, Manajemen karyawan, Program promosi, Integrasi ke platform lain, Manajemen stok, Item library, Manajemen multicabang, Akses ke pinjaman dana dan GoStore, dan E-wallet.
  • Fitur basic yang ada pada Selly atau Moka POS cukup untuk bisnis dengan skala kecil.
  • Harga cukup mahal untuk fitur yang ditawarkan.
  • Harus berlangganan fitur tambahan dengan harga yang cukup tinggi.

3. Moodah

Aplikasi Pencatat Pesanan

Moodah adalah salah satu aplikasi pencatat pesanan yang berlokasi di Indonesia, tepatnya di Jakarta Selatan. Sebagai aplikasi mencatat pesanan dari sales, Moodah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Harga: Gratis

Kelebihan Moodah (Pros)

Kekurangan Moodah (Cons)

  • Memiliki fitur Bookkeping terpadu yang dapat membantu mencatat berbagai macam kategori transaksi pengeluaran dan pemasukan.
  • Pengguna dapat membuat laporan keuangan harian dan bulanan dengan mudah secara instan.
  • Hutang dan piutang dapat dikelola dengan mudah dan tanpa ribet.
  • Hanya tersedia untuk digunakan pada perangkat seluler.
  • Tidak terdapat informasi mengenai jumlah agen yang dapat menggunakan satu akun.

4. Pawoon

Aplikasi Pencatat Pesanan

Pawoon telah dikenal sebagai salah satu sistem kasir yang digunakan pada bisnis retail. Pawoon menyediakan paket yang berbeda untuk bisnis dengan skala yang berbeda. Selain aplikasi, Pawoon juga menyediakan perangkat yang mendukung bisnis penggunanya.

Harga: Tersedia dari versi gratis dan berbayar. Paket yang berbayar dibanderol seharga Rp 299.000/bulan untuk setiap outlet.

Kelebihan Pawoon (Pros)

Kekurangan Pawoon (Cons)

  • Sistem kasir yang mudah digunakan serta dapat digunakan untuk transaksi offline dan online. Struk dapat dicetak atau dapat dikirim melalui email.
  • Menyediakan pembayaran digital.
  • Dapat melihat pengaturan meja pelanggan.
  • Harga yang ditawarkan cukup tinggi untuk paket dasar.
  • Agar lebih maksimal, pengguna harus menyediakan perangkat khusus tambahan.

5. Olsera

Olsera merupakan salah satu aplikasi penjualan yang banyak digunakan oleh apotek, pemilik cafe, bahkan food truck. Aplikasi ini dirancang untuk membantu UMKM dalam negeri dalam mengembangkan bisnis retailnya.

Harga: Tersedia dalam paket gratis (Lite) dan berbayar (Premium). Untuk paket berbayar (Premium), pengguna harus membayar sebesar Rp 218.000/bulan jika membayar bulanan. Tapi jika ingin membayar tahunan, pengguna cukup membayar sebesar Rp 140.000/bulan.

Kelebihan Olsera (Pros)

Kekurangan Olsera (Cons)

  • Menyediakan layanan yang menyesuaikan dengan kategori bisnis penggunanya.
  • Menyediakan jasa konsultasi terlebih dahulu, serta adanya layanan pelanggan selama 24 jam setiap harinya.
  • Tidak hanya menyediakan aplikasinya saja, namun juga pilihan perangkat sesuai kebutuhan.
  • Terdapat banyak keterbatasan fitur pada paket Lite.
  • Untuk paket berbayar, harga yang ditawarkan cukup tinggi untuk pembayaran bulanan.

6. EQUIP POS

Aplikasi EQUIP POS

EQUIP POS adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang bertujuan untuk membantu berbagai perusahaan dari berbagai bidang industri untuk mengembangkan bisnis mereka melalui sistem yang otomatis. Aplikasi ini mencakup seluruh proses bisnis, seperti: manajemen akuntansi, penjualan, pembelian, stok, dan sebagainya.

Harga: Anda perlu menghubungi customer service EQUIP POS untuk mengetahui harga layanannya.

Kelebihan EQUIP POS (Pros)

Kekurangan EQUIP POS (Cons)

  • Dapat digunakan tanpa adanya batasan jumlah pengguna.
  • Aplikasi ini selalu diperbaharui untuk menunjang kebutuhan penggunanya.
  • Sistemnya dapat dikonfigurasi sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan oleh penggunanya.
  • Tersedia dukungan penuh untuk pengguna aplikasi ini.
  • Lebih cocok digunakan untuk bisnis skala menengah dan skala besar.
  • Tidak tersedianya daftar harga pada situsnya.

Dapatkan Aplikasi Pencatat Pesanan Terbaik Sekarang!

Dari uraian aplikasi pencatat pesanan yang telah kami jabarkan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa semua manfaat dari aplikasi untuk mencatat orderan dapat kita peroleh dari Qontak.com. Hal ini karena Qontak.com menyediakan aplikasi CRM Omnichannel yang memiliki fitur lengkap yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Qontak.com juga merupakan Official Business Partner dari WhatsApp yang dapat membantu Anda mengintegrasikan aplikasi pencatat pesanan Anda dengan WhatsApp API. Dengan kombinasi aplikasi catat pesanan yang canggih seperti ini, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih mudah dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk memiliki aplikasi pencatat pesanan namun masih bingung bagaimana memulainya, Anda dapat berkonsultasi dulu dengan tim Qontak.com. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan dapatkan FREE TRIALnya sekarang juga!


Tonton penjelasan singkat mengenai cara memasukan data dalam aplikasi pencatat pesanan Qontak.com pada video berikut ini:

You may also like

By