Daftar isi
5 min read

Aplikasi Mapping Sales: Meningkatkan Kinerja Sales

Tayang 18 Juni 2020
Diperbarui 12 Desember 2023
aplikasi mapping sales
Aplikasi Mapping Sales: Meningkatkan Kinerja Sales

Aplikasi mapping sales sejatinya adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengetahui keberadaan salesman. Hal ini penting jika bisnis Anda sangat mengandalkan sales motoris/sales kanvas untuk mendapatkan penjualan. Dengan menggunakan aplikasi tracking rute sales ini, Anda tidak hanya dapat track salesman, tetapi juga dapat meningkatkan penjualan Anda.

Bagaimana Aplikasi Mapping Sales dapat meningkatkan penjualan Anda?

Mengintegrasikan data penjualan dengan GPS menjadi solusi yang banyak dicari oleh bisnis saat ini, terutama bagi yang memiliki banyak tenaga sales di lapangan. Aplikasi mapping sales seperti aplikasi CRM sangat membantu bisnis dalam melakukan hal tersebut. Bukan hanya untuk melacak tenaga sales di lapangan saja, tetapi juga melacak proses sales secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tenaga sales menghabiskan hanya sekitar 34% waktu mereka untuk melakukan penjualan, sisanya habis untuk pekerjaan administratif. Ini tentunya bukan cara kerja yang efisien.

Software mapping sales hadir sebagai solusi untuk membantu tenaga lapangan maupun manajer dalam bekerja lebih efektif dan efisien. Selain itu, aplikasi tracking juga membantu mengelola bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Cara Kelola Bisnis Secara Remote dengan Aplikasi Tracking

Keuntungan Aplikasi Mapping Sales bagi Tim Sales

  1. Hemat waktu

Aplikasi tracking sales membantu perencanaan rute tenaga sales di lapangan maupun mempermudah manajer dalam melacak keberadaan mereka. Aplikasi tracking rute sales ini akan terhubung dengan GPS salesman dan dapat dilihat langsung melalui kantor. 

Dengan menggunakan aplikasi tracking sales Qontak, Anda tidak perlu takut jika salesman tidak memiliki internet saat di lapangan, karena Qontak dapat tetap bekerja walaupun salesman dalam keadaan offline.

  1. Memberikan data lapangan secara real time ke dalam sistem CRM

Kelebihan menggunakan software tracking sales lainnya adalah dapat memberikan data lapangan secara langsung dan tepat, serta otomatis masuk ke sistem CRM. Tentunya ini juga berfungsi sebagai aplikasi untuk sales report, karena data yang masuk dapat diunduh/download datanya untuk keperluan pembuatan laporan. 

Software mapping sales seperti Qontak terhubung langsung dengan sistem CRM sehingga Anda tidak perlu repot memiliki 2 aplikasi yang berbeda. Data ini sekaligus dapat digunakan untuk mengukur kinerja tenaga sales lapangan, apakah mereka mencapai target penjualan atau tidak.

  1. Melacak calon pelanggan baru

Aplikasi mapping sales dapat berfungsi sekaligus sebagai fungsi customer relationship mangement. Dibantu dengan aplikasi CRM Qontak, Anda tidak perlu repot untuk input database karena setiap calon pelanggan yang menghubungi Anda otomatis masuk ke database. Hal ini membantu tim sales sehingga dapat bekerja lebih efisien dan mempermudah dalam melacak calon pelanggan baru. 

Namun, bagaimana sebenarnya aplikasi mapping sales dapat memperbaiki kinerja tim sales lapangan Anda?

Aplikasi mapping sales CRM dapat berguna bagi tenaga sales maupun manajer. Tenaga sales dapat bekerja lebih produktif dan memaksimalkan waktu mereka dalam meraih calon pelanggan baru. Sementara itu, manajer dapat terbantu untuk mengelola area penjualan dan melihat bagaimana peluang pada area tersebut.

5 Cara Meningkatkan Kinerja Sales dengan Aplikasi Mapping Sales

  1. Memperbaiki produktivitas tenaga sales

Tenaga sales memiliki jadwal yang padat, mulai dari menghadiri satu meeting ke meeting berikutnya, mempelajari calon pelanggan, hingga tetap terhubung dengan pelanggan eksisting.

Bagaimana memaksimalkan produktivitas mereka ketika berada di lapangan?

Aplikasi mapping sales membantu tenaga sales atau sales force memperoleh tampilan menyeluruh terhadap keberadaan calon pelanggan mereka maupun lokasi meeting yang harus mereka hadiri.

aplikasi mapping sales

Bagian terbaiknya adalah aplikasi tracking sales seperti Qontak tersedia untuk perangkat mobile sehingga Salesforce dapat dengan cepat mengakses informasi yang mereka butuhkan langsung dari handphone mereka. Bahkan walaupun dalam keadaan offline, posisi mereka masih dapat terdeteksi. Aplikasi tracking rute sales akan membantu Anda tracking tenaga sales Anda.

  1. Memanfaatkan perangkat mobile

Aplikasi mapping sales yang canggih dapat diakses melalui handphone untuk mempermudah akses informasi penjualan. Dengan menggunakan aplikasi CRM di smartphone, seluruh data yang perlu diketahui oleh tim sales, mulai dari kontak, perusahaan, maupun deals yang sedang berlangsung, dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hal ini membuat tim sales tetap up to date terhadap detail deals yang terjadi sesaat sebelum berkomunikasi dengan klien.

aplikasi sales tracking

Setelahnya, tim sales dapat dengan mudah menambahkan aktivitas seperti follow up dan detail lainnya. Hal ini membuat tim sales berjalan lebih efisien dan tidak ada calon klien yang terlewatkan.

aplikasi tracking salesman

Perangkat mobile juga memudahkan dalam melacak lokasi penjualan untuk memberitahukan manajer atau tim leader dan dengan mudah memindah kartu nama untuk menghindari memasukkan data secara manual.

  1. Melakukan segmentasi tim

Aplikasi mapping CRM seperti Qontak dapat membantu mengelompokkan tim penjualan Anda berdasarkan letak geografis, besar kecilnya deals, divisi produk, dan lain sebagainya. Hal ini membantu bisnis untuk fokus ke area yang menghasilkan penjualan dan memiliki potensi bisnis terbesar. 

Software CRM dapat membantu bisnis dalam melihat kinerja harian tim secara langsung melalui tampilan pada dashboard.

sales tracking

  1. Melihat calon pelanggan melalui pipeline

Software CRM dengan kemampuan mapping sales dapat dengan mudah digunakan untuk memindahkan data calon pelanggan ke dalam sales pipeline yang terintegrasi.

Ketika tenaga sales lapangan meraih calon pelanggan baru, mereka dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam kontak di sistem CRM dan terintegrasi langsung dengan proses dalam sales pipeline.

Selanjutnya, tenaga sales dapat menambahkan aktivitas baru seperti meeting maupun follow up email ke dalam pipeline tersebut. Hal ini akan dimudahkan dengan adanya aplikasi sales funnel yang merupakan salah satu fitur dari aplikasi sales.

sales mapping qontak

  1. Melacak tiap proses dalam sales funnel

Banyak klien yang dihadapi setiap harinya dapat membingungkan bagi tim sales dan terkadang mereka melupakan beberapa di antaranya. Aplikasi mapping CRM dapat membantu tim penjualan dalam mengingatkan mana saja klien atau meeting yang harus mereka hadapi.

Software CRM dapat menyimpan seluruh informasi mengenai pelanggan. Dengan demikian, tiap perjalanan klien dalam aplikasi sales funnel dapat terlacak dengan baik melalui pipeline. Hal ini untuk memastikan tidak ada calon pelanggan yang terlewatkan akibat data hilang atau terlupakan.

Tingkatkan Penjualan Anda dengan Aplikasi Mapping Sales, Coba Sekarang!

Qontak merupakan penyedia aplikasi untuk mapping area marketing terbaik yang dirancang untuk tim sales yang berada di garda terdepan penjualan. Software mapping sales yang dimiliki Qontak membantu tim sales untuk bekerja lebih efektif dan efisien sehingga memperbaiki produktivitas dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales