Aplikasi Distributor: Pengertian dan 7 Kegunaannya

aplikasi distributor

Kenali Apa itu Aplikasi Distributor

Aplikasi distributor adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu mengelola seluruh aktivitas dalam distribusi seperti pesanan penjualan, monitor harga pasar, pengiriman, penagihan dan masih banyak lagi. Data yang disajikan aplikasi distributor cukup akurat karena berbasis digital, sehingga meminimalisir kesalahan yang disebabkan human error.

Software distributor gratis menjadi solusi tepat bagi bisnis kecil hingga besar yang menghadapi tantangan seperti inventaris produk yang kompleks, perubahan permintaan pasar dan fluktuasi situasi dalam jaringan rantai pasokan. Dikarenakan pelanggan tidak mau tau permasalahan yang dihadapi oleh bisnis. Bahkan mereka akan meninggalkan bisnis yang terlambat atau salah dalam mengirimkan produk pesanan mereka.

Hal ini didukung oleh penelitian Voxware yang mengungkapkan bahwa:

Kecil kemungkinan dari 69 persen dari 500 pelanggan untuk kembali bertransaksi dengan bisnis sama setelah terlambat menerima produk dari hari yang dijanjikan. Sementara sekitar 16 persen pelanggan akan berpindah ke bisnis lain setelah menerima produk salah meski hanya sekali.

Keterlambatan atau ketidakakuratan produk pesanan pelanggan yang disebabkan sistem distribusi buruk, dapat berdampak pada hilangnya loyalitas hingga menurunya keuntungan. Aplikasi distributor barang akan sangat membantu bisnis mengurangi resiko ini.


Baca penjelasan mengenai Aplikasi Distributor dan fungsinya secara singkat pada presentasi slide di bawah ini:

Baca juga: Manfaat dan contoh Aplikasi Sales dan Distribusi

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Distributor

Aplikasi distribusi merupakan bagian bagian dari pemasaran atau aplikasi sales order distributor yang memegang peran cukup penting. Perangkat lunak ini melaksanakan sejumlah fungsi berupa aktivitas-aktivitas selama proses memindahkan barang dari produsen ke konsumen.

Berikut fungsi-fungsi yang dijalankan oleh software  distributor gratis  yang sangat berguna untuk bisnis Anda:

  1. Pelaporan Otomatis

Aplikasi distributor memungkinkan untuk memperbarui data secara otomatis. Hal ini membantu bisnis mendapatkan laporan data statistik secara cepat dan akurat yang dapat diakses untuk banyak gadget yang telah terintegrasi. Cara ini menjadikan laporan Anda memiliki standar kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan dan meminimalkan resiko kesalahan dalam pembuatan laporannya.

Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang efektif tanpa terlalu banyak manipulasi praktek manajemen tradisional. Anda juga menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

  1. Aplikasi Distributor Menyediakan Data Real-Time

Aplikasi distributor menyediakan data lengkap secara real time atau nyata dari pasar, tempat penjualan, jalur penjualan, inventaris, penjualan masuk, penjualan keluar, promosi, tampilan produk dan lainnya. Hal ini memudahkan Anda dalam menganalisa dan melihat bagaimana performa bisnis Anda. Selain itu, software distributor juga dapat membantu Anda mengatur aktivitas dan melihat kinerja karyawan, melihat ketersediaan bahan baku atau produk, melacak pembayaran hingga memproyeksikan keuntungan.

  1. Pelayanan Pelanggan Lebih Cepat dan Memuaskan

Aplikasi distributor memungkinkan untuk memperbarui dan mengarsipkan informasi purna jual dan pelanggan secara cepat dan lengkap. Cukup dengan beberapa klik saja, tim CS Anda dengan mudah mendapatkan data yang diinginkan dan bisa langsung disampaikan kepada pelanggan tanpa menunggu waktu lama.

  1. Memonitor Bisnis

Dengan fitur lengkap yang disediakan aplikasi distributor, Anda dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi penting menyangkut operasional bisnis Anda. Mulai dari stok bahan baku, melihat aktivitas karyawan, produk yang terjual, kapan waktu tersibuk hingga laporan penjualan harian.

  1. Managemen multi gudang

Aplikasi distributor barang memudahkan untuk mengontrol semua gudang yang anda miliki dari satu tempat. Anda tidak perlu lagi meminta data-data dari masing-masing kepala gudang untuk mengetahui jumlah stok. Adanya penyimpanan dengan sistem cloud server, Anda akan bisa dengan mudah mengontrol setiap gudang kapan saja dan dimana saja.

  1. Aplikasi Distributor Meminimalisir Human Error

Aplikasi distributor akan semakin meminimalkan terjadinya berbagai kesalahan yang mungkin saja bisa disebabkan oleh karyawan Anda. Dengan adanya aplikasi distributor, pencatatan dan pendataan barang-barang akan menjadi semakin lebih cepat dan mudah. Dan aplikasi ini juga akan menjadi semakin meningkatkan efisiensi pekerjaan dari para karyawan Anda, sehingga mereka tidak akan merasa terlalu bosan pada saat melakukan pekerjaannya.

  1. Aplikasi Distributor Meningkatkan Keuntungan

Dengan mengetahui bagaimana penjualan dan kondisi bisnis berdasarkan data real time, Anda dapat dengan mudah mengambil dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keuntungan.

Cara Memanfaatkan Aplikasi Distributor dengan Baik

Pada tahun 2019 sudah banyak bermunculan berbagai pilihan software distributor gratis. Tetapi pelaku bisnis masih banyak yang mengelola bisnisnya dengan cara manual. Mereka berdalih biaya investasi mahal serta SDM yang tidak kompeten.

Alasan tersebut sudah tak berlaku saat ini. Pasalnya sekarang Anda dengan menemukan penyedia aplikasi distributor yang menawarkan harga terjangkau dan mudah dalam pengoperasiannya. Salah satu yang terbaik di Indonesia adalah Qontak.com.

Qontak.com menawarkan aplikasi sales dan CRM (Customer Relationship Management) yang memiliki berbagai fitur wajib untuk sistem distribusi bisnis Anda, yaitu:

  • Sales Order Tracking

Fitur sales order tracking membantu Anda memonitoring kerja sales atau karyawan sehingga terlihat pergerakan mereka. Dengan begitu, tercipta alur kerja mulus dan dapat menghemat waktu, mulai dari produktivitas yang lebih baik hingga membangun customer retention untuk jangka panjang.

  • GPS Tracking

Fitur ini membantu manajer sales dalam melacak keberadaan sales ketika bertugas di lapangan, termasuk mengantarkan barang. Biasanya fitur ini menginformasikan waktu, lokasi check-in dan check-out beserta laporannya untuk tiap anggota tim. Selain live GPS, Qontak.com juga meyediakan GPS offline yang memungkinkan untuk melacak lokasi sales walaupun tanpa koneksi internet sehingga Anda selalu up to date dengan kondisi dan lokasi sales.

  • Report

Fitur ini memiliki dashboard laporan canggih yang berisi analisis berdasarkan listing terkait aktivitas ad-hoc yang ada dalam sistem. Misalnya prospek penjualan, pencapaian tim, trend atau garis aktivitas dan lainnya yang diatur per tenaga sales atau untuk periode tertentu. Laporan yang ditampilkan, dapat diunduh ke dalam PDF, CSV dan XLS.

  • KPI Tracking

Fitur ini untuk melacak kinerja tim dengan metric yang kustomable agar dapat meningkatkan penjualan dan operasional bisnis. Pelaporan KPI (Key Performance Indicators) diperlukan untuk menginformasikan kemajuan sebuah perusahaan terhadap kinerja yang ingin dicapai. Dengan bantuan fitur ini, Anda dapat melihat KPI secara otomatis dan kinerja bisnis secara keseluruhan kapanpun dan dimanapun.

  • Stock Management

Fitur ini dapat mengatur katalog produk sesuai kebutuhan pesanan secara otomatis. Selain itu, juga memungkinkan integrasi katalog produk memberikan secara real time ke dalam sistem CRM dan sistem manajemen persedian barang. Tujuannya untuk menghilangkan kesalahan yang sering terjadi dengan sistem manual seperti, data input yang memakan waktu. Kesalahan data seperti pengiriman yang salah, kehabisan stok, kelebihan stok, akan membuat perusahaan kehilangan lebih banyak uang dan tenaga kerja untuk memperbaikinya.

  • Otomatisasi Dokumen

Otomatisasi dokumen memudahkan untuk mengunggah template spreadsheet dan word seperti quotation, invoice, proposal, dan lainnya secara instan. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan biaya.

  • Sales Pipeline

Fitur sales pipeline memungkinkan Anda untuk beralih di antara semua proses penjualan bisnis dalam satu sistem terpadu dengan mudah. Fitur ini juga memungkinkan tidak ada sistem yang tumpang tindih sehingga Anda dapat membuat solusi penjualan yang sempurna.

  • Integrasi dengan channel lain

Fitur ini memungkinkan untuk terintegrasi dengan WhatsApp, Chat dan Call Center untuk dapat merekam percakapan dengan pelanggan secara instan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan data yang berguna bagi penyusunan kebijakan bisnis.

Dapatkan Aplikasi Distributor Terbaik di Indonesia

Aplikasi distributor yang baik adalah perangkat lunak yang memiliki fitur mudah digunakan, terus up to date, biaya investasi yang terjangkau, pelayanan yang cepat dan terjamin keamanan data. Fitur lengkap dan penggunaan yang mudah menjadikan Qontak.com pilihan aplikasi distributor terbaik.

Selain mudah digunakan dan harga terjangkau, fitur tracking Qontak.com membantu dalam mengawasi kinerja sales. Anda juga dapat dengan mudah mengambil keputusan untuk meningkatkan bisnis dari Report.

Tunggu apa lagi, coba GRATIS sekarang aplikasi distributor terbaik di Indonesia. Kami selalu siap membantu apabila Anda mengalami kesulitan mendapatkan aplikasi distributor untuk bisnis Anda.

aplikasi distributor

 

You may also like