Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Kecil/UMKM

aplikasi crm

Bisakah aplikasi CRM diterapkan untuk bisnis kecil/UMKM?

Dalam bisnis, CRM (customer relationship management) atau manajemen hubungan pelanggan merupakan hal yang penting. Namun, bagi pemilik bisnis yang masih merintis seperti UMKM mungkin bertanya-tanya: Perlukah bisnis saya menggunakan aplikasi CRM? Bukankah aplikasi CRM digunakan untuk bisnis skala besar saja?

Kenyataannya, bukan hanya perusahaan besar saja yang merasakan manfaat CRM.

Mengapa bisnis kecil membutuhkan aplikasi CRM?

Bagi bisnis kecil/UMKM, konsumen adalah prioritas utama.

Ketika baru memulai bisnis, mengelola informasi mengenai data pesanan dan kontak pelanggan bukanlah hal yang sulit. Data-data tersebut masih bisa dikelola sendiri dan dicatat secara manual. Namun, ketika bisnis semakin berkembang, jumlah pelanggan dan karyawan akan bertambah. Jika tidak dikelola dengan baik, data pesanan yang membludak bisa tercecer atau bahkan tidak tercatat.

Penggunaan aplikasi CRM untuk bisnis yang baru merintis bisa membantu mengelola data pesanan dan informasi pelanggan. Selain itu, CRM juga membantu mengotomatisasi proses bisnis yang membosankan dan menghabiskan waktu seperti memasukkan data. Dengan demikian, bisnis bisa lebih fokus dalam meningkatkan penjualan dan berinteraksi dengan pelanggan.

Selengkapnya mengenai Apa itu CRM? CRM Adalah Apa?

Apa saja manfaat aplikasi CRM?

Aplikasi CRM dapat membantu bisnis skala kecil/UMKM dalam beberapa hal berikut:

  1. Manajemen kontak

CRM membantu dalam mengelola informasi mengenai seluruh data pelanggan. Hal ini akan memudahkan bisnis dalam melacak seluruh riwayat interaksi dengan pelanggan dan siapa yang bertanggung jawab menangani pelanggan tersebut. Informasi ini akan membantu proses penjualan berjalan lebih lancar.

aplikasi crm

  1. Hubungan dengan pelanggan yang lebih baik

Dengan informasi yang tersimpan dalam sistem CRM, bisnis dapat mengetahui lebih banyak tentang pelanggan mereka. Hal ini akan membantu bisnis dalam menjalin relasi yang lebih baik dan kuat dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik.

  1. Laporan penjualan

CRM mampu memberikan laporan dan analisis secara otomatis, seperti berapa jumlah deals terjadi, jumlah panggilan maupun chat yang dilakukan, total penjualan per bulan, hingga target penjualan. Laporan tersebut ditampilkan secara visual sehingga memudahkan bisnis dalam melihat kinerja penjualan secara keseluruhan.

aplikasi CRM

  1. Transparansi data dan produktivitas tim

Dengan melacak kegiatan tim, pemilik bisnis dapat mengukur kinerja atau key performance indicator (KPI) tiap karyawan secara akurat yang akan membuat mereka bertanggung jawab untuk memenuhi target.

aplikasi CRM

  1. Efisiensi proses bisnis

Dengan CRM, semua pekerjaan dan pesanan pelanggan dapat ditangani dengan baik tanpa terjadi tumpang tindih tanggung jawab antar karyawan. CRM membantu melihat mana pelanggan atau pesanan yang sudah tertangani dan siapa yang menanganinya.

  1. Meningkatkan penjualan dan keuntungan

Dengan manfaat yang telah disebutkan di atas, CRM membantu meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Dengan demkian bisnis mampu menyusun strategi bisnis yang lebih baik dan meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini akan bedampak pada meningkatnya penjualan dan keuntungan bagi bisnis.

Baca juga:

8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

6 Kegunaan CRM Untuk Kesuksesan Perusahaan Anda

5 Keuntungan CRM bagi Bisnis Anda

Mengapa aplikasi CRM Qontak merupakan pilihan terbaik untuk bisnis kecil/UMKM?

Tampilan Qontak.com

Sistem CRM Qontak telah digunakan oleh berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis UMKM hingga bisnis skala besar. Berbagai fitur dan modul CRM yang dimiliki Qontak sangat fleksibel dan mudah digunakan sehingga penggunaannya tidak terbatas untuk jenis usaha tertentu saja.

Selain berbagai manfaat CRM yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki CRM Qontak:

  1. Mudah digunakan dan disesuaikan

Aplikasi CRM Qontak memiliki tampilan yang mudah digunakan sehingga dapat digunakan tanpa harus membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Aplikasi CRM Qontak juga dapat disesuaikan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda tidak perlu memahami teknis yang sulit sebab pengaturannya sangat mudah.

  1. GPS tracking

Aplikasi CRM Qontak dilengkapi dengan sistem live GPS sehingga bagi bisnis yang memiliki tim sales di lapangan dapat dengan mudah melacak keberadaan mereka. Tidak perlu khawatir jika internet sedang down sebab sistem GPS Qontak dapat melacak bahkan dalam keadaan offline.

 

 

  1. Sistem mobile

Anda dapat dengan mudah mengakses penggunaan aplikasi CRM Qontak melalui smartphone sehingga monitoring bisnis dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa harus berada di kantor atau membuka laptop/komputer. Tim sales di lapangan pun dapat dengan mudah mengakses data pelanggan tiap saat.

aplikasi crm

  1. Pelatihan dan support

Tim kami akan memberikan pelatihan dan pendampingan secara gratis hingga bisnis Anda dapat menggunakan aplikasi CRM. Dengan kemudahan CRM Qontak, klien biasanya dapat mempelajarinya hanya dengan 1-2 kali pertemuan. Maintenance juga akan dilakukan untuk memastikan server dapat berjalan lancar.

  1. Integrasi dengan aplikasi lain

Aplikasi CRM Qontak terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang telah digunakan dalam proses bisnis Anda, mulai dari integrasi email dengan Gmail dan Microsoft, integrasi Micrososft Excel dan PDF untuk mempermudah dalam memberikan pelaporan, hingga integrasi dengan Whatsapp API.

Qontak merupakan salah satu official partner Whatsapp yang dapat mengintegrasikan bisnis Anda dengan Whatsapp Business API.

Beberapa fitur yang dapat Anda miliki dengan mengintegrasikan Whatsapp API dengan bisnis Anda melalui CRM Qontak:

  • Kemampuan mengakses Whatsapp dari berbagai perangkat
  • Kemampuan untuk mengirim blast notification Whatsapp
  • Otomatisasi chat bot dan AI (artificial intelligence)
  • Menyalurkan pesan ke agen yang diatur (Misalnya: Tekan ‘1’ untuk Cabang A; Tekan ‘2’ untuk Cabang B, dsb)
  • Template pesan dan pembayaran pada Whatsapp

Selengkapnya mengenai Apa itu Whatsapp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya

Kesimpulan

Penggunaan aplikasi CRM tidak terbatas hanya untuk perusahaan besar saja. Bisnis yang sedang merintis atau UMKM pun bisa merasakan dampak dari penggunaan CRM.

Apakah Anda memiliki bisnis kecil/UMKM? Kembangkan dan otomatisasi bisnis Anda dengan Qontak, software CRM Indonesia terbaik dengan harga bersaing. Jika masih ragu, hubungi kami untuk konsultasi bisnis Anda dan dapatkan free trial.

× Contact Us!