Qontak WhatsApp

Pengertian dan Tujuan CRM dalam Bisnis

Pengertian CRM Dalam Bisnis

Tujuan Aplikasi CRM dalam Bisnis

Tujuan aplikasi CRM dalam bisnis ada banyak, namun umumnya adalah untuk memudahkan seluruh aktivitas berbisnis. Aplikasi CRM atau disebut juga aplikasi sales, pada dasarnya, memungkinkan para karyawan pemasaran, penjualan dan operasional untuk mengelola dan menganalisis hubungan dengan pelanggan aktual dan potensial perusahaan atau dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Software CRM memungkinkan melakukan pelacakan pada setiap interaksi. Selain itu melacak KPI yang terdapat di dalam dan di luar perusahaan serta dapat mengumpulkan informasi tentang para pelanggan.

Dengan cara ini, ketika berbicara dengan para pelanggan, perusahaan akan selalu tahu siapa mereka dan dapat melihat sejarah mereka dengan perusahaan. Hal ini dapat membuat interaksi yang terjadi menjadi lebih personal, meningkatkan peluang konversi, dan mendorong kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Aplikasi CRM memiliki berbagai fungsi yang memungkinkan Anda untuk dapat melacak interaksi antara pelanggan/ perusahaan melalui berbagai media yang tersedia, termasuk:

  • Email
  • Panggilan telepon (masuk & keluar)
  • Media sosial
  • Aplikasi obrolan seperti WhatsApp (WhatsApp CRM adalah fitur Qontak.com)
  • Formulir kontak
  • Mesin pencari

Perangkat lunak ini menangani proses tertentu, beberapa diantaranya adalah sebagai program sales untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, program CRM dapat otomatisasi tugas berulang yang dilakukan oleh tenaga pemasaran, mengatur pengingat untuk acara-acara penting, dan menampilkan peringatan jika ada hal yang benar-benar membutuhkan perhatian. Beberapa aplikasi CRM/aplikasi sales juga menawarkan kemampuan analitik sehingga memungkinkan Anda untuk melacak efisiensi dari berbagai upaya pemasaran yang dilakukan yang bertujuan untuk menghasilkan arahan dan konversi.

Perangkat lunak (software) CRM yang dikombinasi dengan otomatisasi pemasaran akan menciptakan tim penjualan dan pemasaran yang lengkap untuk mengelola seluruh sales dan marketing bisnis. Mulai dari kualifikasi calon pelanggan hingga manajemen peluang, prakiraan, dan penutupan transaksi.

Pengertian Fitur & Fungsi Aplikasi CRM Pada Perusahaan

fitur-fungsi-aplikasi-crm

Manajemen end-to-end pada sales funnel melibatkan sebuah kombinasi antara sistem otomatisasi marketing dan fungsionalitas CRM software. Ada banyak program CRM/program sales populer sudah melakukan sistem otomatisasi marketing yang menawarkan fungsionalitas. HubSpot, misalnya, menawarkan keduanya, sementara aplikasi CRM lainnya memungkinkan integrasi yang mudah dengan sistem otomatisasi pemasaran lainnya.

Berikut ini merupakan daftar beberapa fungsi yang biasanya ditawarkan oleh aplikasi CRMbaca disini untuk melihat daftar yang lebih panjang:

  1. Manajemen calon pelanggan: Sebuah aplikasi CRM/aplikasi sales dapat melacak calon pelanggan perusahaan (kontak/ basis data), selain itu juga memungkinkan tim pemasaran untuk memasukkan calon pelanggan baru ke dalam sistem (secara otomatis atau manual) serta melacak dan menganalisis data tentang mereka.
  2. Pelacakan Kinerja KPI: Beberapa aplikasi CRM melacak KPI apapun yang ingin dilacak oleh perusahaan seperti jumlah rapat, jumlah survei yang telah dilakukan, atau hal apapun yang ingin dilacak oleh perusahaan. Dengan melacak variabel ini, perusahaan dapat mengukur data dan meningkatkan kinerja.
  3. GPS Pelacakan Kehadiran SDM: Beberapa cara kerja CRM software/program sales juga dapat melacak lokasi GPS. Namun, dalam banyak kasus, lokasi GPS dapat dipalsukan dengan menggunakan aplikasi lain. Oleh karenanya, aplikasi CRM terbaik harus dapat berfungsi juga secara offline (tanpa koneksi internet) yang terhubung dengan satelit dan juga harus dapat beroperasi dengan sistem Check-in/Check-out serta pelacakan GPS secara langsung.
  4. Otomatisasi alur kerja: Sistem CRM dapat membantu sebuah bisnis dalam mengoptimalkan proses kerja dengan merampingkan beban kerja biasa, sehingga memungkinkan para karyawan untuk fokus pada tugas-tugas kreatif dan tugas dengan tingkat beban yang lebih tinggi.
  5. Analisis: solusi aplikasi CRM/aplikasi sales dapat menawarkan alat analitik bawaan yang memberikan wawasan dan membantu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Seorang karyawan pemasaran dapat menganalisis data dan membuat kampanye bertarget yang sesuai. Analisis CRM software/program sales dapat membantu melacak atribusi dan memberikan wawasan tentang kualitas pengalaman pelanggan.
  6. Intelegensi buatan: solusi CRM software sekarang menawarkan kemampuan AI yang tertanam dalam sistem untuk membantu mengenali pola secara otomatis yang mengarah kepada kesuksesan penjualan, yang dapat membantu Anda membangun strategi yang lebih akurat untuk kegiatan pemasaran di masa mendatang.
  7. Pengalaman pelanggan individual: Anda juga dapat menggunakan aplikasi CRM/aplikasi sales untuk menciptakan pengalaman secara pribadi dan konsisten bagi pelanggan potensial Anda di berbagai saluran pemasaran, yang dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek.

Solusi CRM Siap Pakai untuk Bisnis Anda!

Ada banyak perusahaan yang menawarkan solusi aplikasi CRM komersial yang siap pakai. Program ini biasanya disediakan sebagai perangkat lunak berbentuk layanan yang menawarkan kombinasi antara fungsi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

Quick Tips: Bingung Memilih Aplikasi CRM yang tepat? Cek Top 10 Aplikasi Sales dan CRM di Indonesia

Berikut adalah contoh beberapa solusi Aplikasi CRM untuk bisnis Anda: 

Qontak.com (CRM di Indonesia & Asia)

Penyedia aplikasi sales monitoring yang mudah untuk didapatkan adalah Qontak.com. Qontak.com merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi sosial yang salah satunya adalah menyediakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dari Indonesia yang memiliki fitur lengkap dengan harga CRM yang bersaing, pastinya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan aplikasi sales monitoring/CRM populer lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales monitoring Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat di-custom sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu sesuai dengan kebutuhan. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.

Dengan segala fitur unggulan yang dimilikinya, tidak heran jika Qontak.com menjadi salah satu rekanan resmi WhatsApp di Indonesia. Anda dapat memperoleh WhatsApp Business API melalui Qontak.com. Anda dapat pula mengintegrasikannya dengan sistem CRM menjadi WhatsApp CRM. Dengan demikian Anda dapat memiliki solusi bisnis lengkap hanya dari satu vendor, coba gratis sekarang!

Adapun penyedia lainnya seperti 

  1. SalesForce
  2. Oracle
  3. Microsoft Dynamics
  4. Freshsales
  5. Zoho

Namun, dari banyak aplikasi sales order tersebut, hanya Qontak.com yang dapat melakukan integrasi WhatsApp dengan WhatsApp API, serta omnichannel lainnya di Indonesia.

Apakah Perlu Menerapkan Aplikasi CRM untuk Bisnis Sekarang? 

tujuan-aplikasi-crm

Program CRM/sales telah menjadi mata pencaharian dalam dunia bisnis saat ini. Dengan membangun milik Anda sendiri yang disertai dengan solusi lokal yang hebat akan mampu memberikan beberapa keuntungan bisnis yang besar.

Sistem CRM modern/program sales telah berevolusi dan mulai menawarkan fungsionalitas melampui dari apa yang mereka lakukan saat mengumpulkan data pelanggan di berbagai saluran. Kami memperhatikan integrasi media sosial, integrasi obrolan, AI, profil holistik, dan masih banyak lagi.

Coba GRATIS Sekarang!

Jika Anda mencari sebuah sistem yang mudah untuk digunakan dalam sebuah aplikasi seluler dan web untuk memenuhi semua kebutuhan tenaga penjualan (sales) dan operasional Anda, maka hubungi kami hari ini untuk memperoleh uji coba Qontak.com gratis.

 

You may also like

By