Qontak WhatsApp

6 Aplikasi CRM di Indonesia: Mana yang Terbaik?

Apa aplikasi CRM terbaik di Indonesia?

Aplikasi CRM di Indonesia sudah banyak penggunanya dan disediakan oleh vendor lokal maupun internasional, oleh karena itu para calon pembeli yang serius diluar sana harus memiliki pemahaman utama terlebih dahulu tentang pemilihan aplikasi CRM yang tepat. Untuk memulainya, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mempelajari tentang seluk beluk CRM, yang akan kami kupas dalam artikel ini

Baca dulu: Apa itu CRM?

Sebagian besar provider aplikasi CRM lokal tidak memiliki fitur yang lengkap dan mencoba untuk menyalin sistem aplikasi CRM yang ada di Amerika Serikat, sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi CRM lokal masih gagal dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang ada di Indonesia. Akibatnya, penerapan CRM tersebut akhirnya gagal dan uang yang telah dibayarkan hilang begitu saja dari aplikasi tersebut.

Oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui apa saja aplikasi CRM terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia!

Berikut adalah 6 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia! No. 6 Wajib!

SalesForce

Aplikasi Sales CRM SalesForce

SalesForce yang merupakan perusahaan software berbasis cloud yang berkantor pusat di San Fransisco, California. Pendiri SalesForce adalah Marc Benioff dan Parker Harris. Perusahaan ini menyediakan layanan software CRM. SalesForce juga menjual rangkaian aplikasi perusahaan pelengkap yang berkaitan dengan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi.

Berikut adalah fitur-fitur Salesforce:

  1. Sales Cloud: Untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis
  2. Marketing Cloud: Dapat memantau kampanye marketing dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut
  3. Services Cloud: Layanan pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan
  4. Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi real time mengenai pelanggan dan penjualan
  5. Salesforce Chatter: Dapat membuat kolaborasi dalam tim tanpa batas

VTiger

aplikasi crm vtiger

Vtiger merupakan solusi aplikasi CRM  paling populer. Aplikasi ini  membantu perusahaan untuk mengorganisir dan memelihara informasi secara efisien di dalam segala aspek yang berkaitan dengan customer.

Fitur – fitur inti di dalamnya antara lain:

  1. Pelacakan customer service: Menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan. Baik itu complaint maupun service produk. Bisa ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah service customer yang bersangkutan
  2. Customer Relationship Management: Membantu manage semua data-data customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang bersangkutan
  3. Otomatisasi Sales Force: Melakukan penjualan produk dan billing atas customer. Terdapat menu Quotation, Sales Order hingga Invoice
  4. Notes atau Memo: Semacam memo atau notes yang membantu kita mengingatkan akan hal-hal kecil yang mudah terlupakan
  5. Kalender Perusahaan: Mencatat semua event / kalender penting bagi aktifitas perusahaan. Semua jadwal atau agenda kerja akan muncul di menu ini
  6. Pelaporan Analitis: Menyediakan laporan-laporan yang sudah teranalisis dengan baik oleh system
  7. Manajemen Material: Fitur untuk management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk sampai penambahan dari segi pembelian (Purchase Order) dan pengurangan produk dari segi Penjualan (Sales Order dan Invoice)
  8. Sinkronisasi: Fitur yang bertujuan untuk mensikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi email semacam Microsoft Outlook, Google Gmail, dll.

Oracle

Aplikasi Sales CRM Oracle

Oracle merupakan perusahaan teknologi komputer multinasional Amerika yang berkantor pusat di Austin, Texas. Salah satu produk Oracle yang berkaitan dengan sales adalah Siebel CRM yang merupakan aplikasi Customer Relationship Management. Perangkat lunak CRM tersebut memberikan fitur transaksional, analitis, serta keterlibatan untuk mengelola semua kegiatan dalam menghadapi para pelanggan.

Berikut fitur Siebel CRM:

  1. Meminimalisir proses lead-to-cash
  2. Meningkatkan produktivitas seluruh tim
  3. Meningkatkan kinerja penjualan dengan forecasting, upsell, dan manajemen komisi
  4. Membantu mengelola penjualan

SAP CRM

SAP CRM merupakan aplikasi customer relationship management buatan SAP SE yang pada awalnya merupakan sebuah software yang terintegrasi dalam menangani CRM.

Berikut adalah fitur-fitur SAP CRM:

  1. Dukungan bisnis yang berfokus pada pelanggan (pemasaran, penjualan, dan pelayanan)
  2. Memiliki gambaran sales funnel melalui berbagai channel
  3. Menyajikan data analitik untuk pelaporan dan pengambilan keputusan
  4. Menyimpan semua data ke dalam cloud
  5. Otomatisasi sales dan marketing
  6. Pelacakan penjualan dan forecasting

Microsoft Dynamics

Aplikasi Sales CRM Microsoft Dynamics

Microsoft Dynamics adalah rangkaian aplikasi software perencanaan sumber daya dan CRM perusahaan. Sistem operasinya tentunya adalah Microsoft Windows. Lalu mengapa memilih aplikasi ini? Karena dengan memakai Dynamics 365 ini, Anda akan memperoleh software CRM yang berfungsi sebagai solusi fleksibel. Anda dapat memilih aplikasi tunggal untuk lini bisnis tertentu, atau memilih untuk menggunakan beberapa software CRM yang terintegrasi dengan baik. Harga yang ditawarkan oleh Microsoft pun beragam sesuai dengan paket yang Anda pilih.

Qontak.com

Penyedia aplikasi sales monitoring yang mudah untuk didapatkan adalah Qontak.com. Qontak.com merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi sosial yang salah satunya adalah menyediakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) atau aplikasi customer relationship management yang merupakan sales monitoring yang berasal dari Indonesia yang memiliki fitur lengkap dengan harga CRM yang bersaing, pastinya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan aplikasi sales monitoring/ CRM populer lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales monitoring Qontak.com adalah sebagai berikut:

  1. Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  2. 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  3. Live GPS and Mobile Application: Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  4. KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  5. WhastApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  6. Document Otomatization: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  7. Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.
  8. Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal
  9. Live Chat and Web Chat Feature: Dapat terintegrasi dengan fitur Live Chat dan Web Chat sehingga menambah kemudahan untuk pelanggan menghubungi kontak bisnis Anda.

Dengan segala fitur unggulan yang dimilikinya, tidak heran jika Qontak juga menjadi salah satu rekanan resmi WhatsApp di Indonesia. Anda dapat memperoleh WhatsApp Business API melalui Qontak. Anda dapat pula mengintegrasikannya dengan sistem CRM menjadi WhatsApp CRM. Dengan demikian Anda dapat memiliki solusi bisnis lengkap hanya dari satu vendor, coba gratis sekarang!

Fungsi Aplikasi CRM Pada Perusahaan

Setelah mengetahui berbagai jenis perangkat lunak CRM terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia, penting halnya untuk mengetahui fungsi yang wajib dimiliki oleh software CRM. Beberapa aplikasi CRM yang sudah disebutkan di atas belum tentu memiliki fitur dan fungsi ini. Oleh karena itu, untuk menambah bahan pertimbangan, berikut adalah fitur wajib dan fungsinya pada aplikasi CRM:

1. Aplikasi yang Customizable sesuai Kebutuhan CRM Bisnis

Sebuah CRM harus dapat disesuaikan secara instan dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan dan proses bisnis Anda. Selain itu, sebuah CRM harus mampu mendukung perusahaan untuk mengontrol akses data dalam jumlah tak terbatas sehingga tidak semua orang dalam perusahaan dapat mengakses data berharga Anda.

2. Pelacakan GPS pada Aplikasi Mobile

Perangkat lunak CRM harus menawarkan GPS Check-In dan GPS Check-Out, tetapi software CRM terbaik menawarkan akses GPS ini tanpa sambungan internet, yang merupakan fitur khusus yang dipelopori oleh CRM Qontak.com.

3. Pelacakan KPI Penjualan

Sebagian besar perangkat lunak CRM di Indonesia seringkali gagal dalam membuat pelacakan KPI menjadi prioritas. Software CRM yang hebat memungkinkan Anda membuat KPI apapun yang ingin Anda lacak bagi tim penjualan Anda atau di luar tim penjualan Anda (tim operasional dan tim pendukung lainnya). Dengan begitu, Anda dapat menjadikan perusahaan Anda dijalankan berdasarkan sentris data dan kinerja.

4. Integrasi Aplikasi CRM dan WhatsApp

Semua orang menggunakan WhatsApp, oleh karena itu CRM di Indonesia harus dilengkapi dengan integrasi CRM WhatsApp atau integrasi aplikasi obrolan seperti Line, Telegram, Facebook, dan lainnya. CRM Qontak.com dilengkapi dengan integrasi ini sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan kontak dan percakapan WhatsApp Anda ke dalam perangkat lunak CRM Anda secara instan! Tidak diperlukan entri data secara manual.

5. Integrasi Aplikasi CRM dan E-Commerce

CRM yang baik untuk Indonesia dapat diintegrasikan dengan apapun misalnya dengan situs web Anda, sistem ERP, e-commerce, sistem akuntansi, dan lain-lain. Terdapat banyak perangkat lunak lokal, oleh karenanya CRM lokal harus dapat langsung berintegrasi baik dengan perangkat lunak lokal maupun internasional. Software CRM Qontak.com dapat mengakomodasinya.

6. Sistem Pemesanan Pembelian

Sistem CRM di Indonesia harus dirancang untuk dapat dengan mudah melakukan Pesanan Pembelian jika dibutuhkan atau bekerja untuk peneltian atau kerja lapangan jika diperlukan.

Dapatkan Aplikasi CRM Terbaik bersama Qontak.com!

Sistem aplikasi CRM internasional tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis lokal di Indonesia. Solusi-solusi yang tercantum di atas merupakan sistem khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis lokal di Indonesia.

Qontak.com benar-benar merupakan sistem CRM unik yang dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis di Indonesia dengan standar kompleks untuk mengalahkan sistem internasional manapun pada saat yang bersamaan. Qontak.com saat ini digunakan oleh banyak perusahaan BUMN, UKM, Produsen, Distributor, Keuangan & Asuransi, Agensi, Perusahaan Desain, Perusahaan Logistik dan masih banyak lagi.

Dapatkan uji coba Qontak.com CRM gratis Anda hari ini dengan penyesuaian dan implementasi CRM secara gratis.

You may also like

By