Qontak WhatsApp

5 Aplikasi Chatting Gratis Terbaik di Tahun 2021

Inilah Rekomendasi Aplikasi Chatting Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi chatting sudah menjadi kebutuhan komunikasi sehari-hari saat ini. Aplikasi chatting yang paling banyak digunakan saat ini adalah WhatsApp. Namun selain WhatsApp, masih banyak aplikasi pesan instan lainnya yang tak kalah seru.

Lalu aplikasi pesan instan apa saja yang populer digunakan untuk bertukar pesan? Artikel ini akan mengulas rekomendasi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan pengguna internet.

5 Aplikasi chatting gratis terbaik sebagai berikut:

  1. Facebook Messenger
  2. Line
  3. WhatsApp
  4. Telegram
  5. WeChat

Apa itu Aplikasi Chatting?

Aplikasi chatting adalah media komunikasi yang menghubungkan dua orang atau lebih melalui pesan instan. Komunikasi melalui aplikasi ini dianggap lebih efektif dan efisien. Alasanya kedua pihak tidak perlu bertemu di waktu sama (baik langsung atau virtual) untuk berkomunikasi.

Kehadiran aplikasi chat ini mulai menggeser keberadaan layanan komunikasi lainnya seperti telepon, email atau SMS. Sebab selain bertukar pesan, beberapa aplikasi chat juga bisa digunakan untuk menelpon bahkan video call. Selain itu, Anda tidak memerlukan pulsa. Selama ada koneksi internet, Anda bisa menggunakan aplikasi chatting gratis.


Mengapa Anda perlu Menggunakan Aplikasi Chatting?

Seperti yang diketahui, aplikasi chat merupakan media komunikasi paling populer saat ini. Tak mau tertinggal, bisnis juga memanfaatkan aplikasi chat ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang terjalin akan berlangsung secara real time, meski tidak bertemu langsung. Pelanggan juga tidak perlu menginstall aplikasi atau mengisi form untuk berkomunikasi dengan bisnis.

Selain untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan/customer service, aplikasi chatting gratis juga dimanfaatkan bisnis untuk aktivitas marketing mereka. Melalui aplikasipesan instan, bisnis dapat menyebarkan kampanye langsung ke pelanggan layaknya mengirim email marketing. Hal ini cukup efektif, mengingat pengguna aplikasi chatting gratis cenderung melihat platform tersebut beberapa kali sehari. Artinya peluang pesan kampanye Anda dibaca pelanggan lebih besar.


5 Aplikasi Chatting untuk Marketing

1. Facebook MessengerAplikasi Chatting Facebook Messenger

Facebook Messenger kini sudah menjadi salah satu alat komunikasi utama di tanah air. Menggunakannya untuk terkoneksi dengan calon customer Anda pun bukan lagi hal yang asing mengingat kebanyakan orang masih secara aktif menggunakan Facebook. Facebook Messenger dapat Anda manfaatkan sebagai cara langsung untuk langsung mendapatkan informasi dan menampung pertanyaan dari pengunjung laman Facebook Anda.

2. LineAplikasi Chatting Line

Hampir semua orang yang Anda temui memiliki akun Line pribadi di Indonesia, dan sebesar itulah dampak dan otonomi Line sebagai brand chat messenger. Line menjadi aplikasi chatting yang relevan untuk apapun yang dicari oleh target market Line yang rata-rata anak muda. Untuk melakukan promosi, Line menyediakan platform Line untuk bisnis atau brand untuk memiliki halaman promosi yang dapat di-add oleh target marketnya. Sisanya tergantung dari bagaimana rencana bisnis untuk berjualan di dalamnya atau memancing followers dengan promosi menarik.

3. WhatsAppAplikasi chatting WhatsApp

Penggunaan WhatsApp saat ini telah berkembang sebagai media interaksi bisnis dengan pelanggan yang paling efektif. Hampir bisa dipastikan bahwa seluruh pengguna smartphone memiliki WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga memiliki open rate lebih tinggi dibandingkan media komunikasi lain seperti email.

Salah satu fitur yang cukup banyak diminati oleh pelaku bisnis, terutama bisnis online dan pihak marketing, adalah WhatsApp Blast. Sayangnya, fitur blast ini tidak dapat ditemukan di WhatsApp biasa maupun WhatsApp Business. WhatsApp Blast bisa diperoleh dengan bekerja sama dengan vendor untuk dapat memiliki WhatsApp Business API.

Dengan WhatsApp Business API, Anda bisa menyediakan pelayanan customer atau CS selama 24/7 melalui integrasi dengan ChatBot. Selain itu, bisnis Anda juga bisa memiliki multiple agen atau lebih dari 2 agen di berbagai lokasi dalam 1 nomor.

4. TelegramTelegram- aplikasi chatting

Telegram adalah aplikasi chatting selain WA yang sedang banyak dibicarakan beberapa waktu terakhir. Aplikasi ini memungkinkam Anda untuk membentuk broadcast groups. Setelah Anda meng-upgrade Telegram, Anda dapat mengimpor riwayat percakapan dan menyimpan berdasarkan urutan tanggal pengirimannya. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi bisnis untuk menyebarkan pesan kampanye.

5. WeChatWeChat

Aplikasi chatting selain WA berikutnya adalah WeChat. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti grup yang telah disediakan oleh WeChat, Anda juga bisa menemukan teman baru otomatis melalui fitur “radar.” Pengguna WeChat memiliki kode (barcode) yang dikenal sebagai kode QR. Kode tersebut sangat membantu bisnis untuk mudah dihubungi pelanggan hanya dengan membagikannya.

Baca juga: Software Chatting: 5 Pilihan Terbaik untuk Bisnis! dan 8 Software Untuk Membalas Chat Customer Terbaik


Gunakan Aplikasi Chatting yang Terbaik untuk Bisnis dan Marketing Anda!Omnichannel Communications Qontak.com

Qontak.com merupakan Official Partner WhatsApp Business API. WhatsApp Business API Qontak.com terintegrasi dengan sistem omnichannel CRM. Sistem ini menghubungkan semua aplikasi pesan instan yang digunakan bisnis baik untuk marketing atau customer service dalam satu platform.

Jadi Anda tidak perlu repot untuk mengurus bagaimana teknis setiap aplikasi chatting selain WA yang Anda gunakan. Sebagai gantinya, Anda dapat fokus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan bisnis.

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), Qontak.com juga menyediakan Chatbot WhatsApp yang membuatnya menjadi lebih canggih, interaktif, dan dapat dipersonalisasikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By