Aplikasi Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Memperluas Koneksi Bisnis?

Koneksi bisnis adalah persyaratan utama bagi Anda yang ingin memperluas kesempatan dan melebarkan sayap usaha atau apapun itu yang menjadi modal Anda untuk membangun sesuatu. Dibandingkan ide dan modal uang yang besar, koneksi dan orang-orang tepat yang mendengar, memahami dan mendukung visi Anda sesuai dengan bidang kemampuan mereka masing-masing adalah keunggulan yang membuat Anda selangkah lebih maju.
Selain kenalan pribadi Anda dan beberapa orang baru yang Anda temui lewat media sosial seperti LinkedIn dan Facebook, terdapat beberapa jenis media sosial dalam bentuk aplikasi yang memungkinkan Anda bertemu dengan calon kolega yang bisa Anda ajak bekerja sama. Beberapa aplikasi yang bisa langsung Anda coba antara lain:

1. Weave

Sumber gambar: techradar.com
Sumber gambar: techradar.com

Weave membantu Anda memilih profil orang-orang profesional yang Anda butuhkan, dengan pilihan men-swipe profil yang Anda rasa tidak sesuai ala Tinder untuk para pebisnis. Ketika orang yang Anda pilih juga membutuhkan skill yang Anda pasang di aplikasi ini, koneksi pun terjadi. Uniknya, Weave hanya menampilkan profl-profil yang sesuai dengan apa yang kriteria Anda butuhkan. Dalam sehari, Anda bisa menemukan ratusan koneksi baru. Weave tersedia dalam smartphone Android dan iOS.

2. Coffee the App

Sumber gambar: contently.com
Sumber gambar: contently.com

Coffee the App merupakan aplikasi perjodohan bisnis yang ditujukan bagi generai millennial, yang terkoneksi dengan LinkedIn dan Facebook untuk melakukan sign in. Sama seperti Weave, Anda hanya perlu melakukan swipe pada profil-profil yang ditemui, ke kanan jika tertarik untuk saling terkoneksi, ke kiri jika Anda ingin melewati koneksi. Jika terjadi match, aplikasi akan masuk ke tahap introduksi.

Selain itu, jika Anda membutuhkan orang untuk bekerja pada level pemagang maupun pegawai tahun pertama, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasang lowogan pekerjaan dan mencari kandidat yang tepat. Aplikasi ini sayangnya hanya tersedia pada smartphone iOS.

3. Caliber

Sumber gambar: mobileworld.it
Sumber gambar: mobileworld.it

Caliber merupakan aplikasi yang didedikasikan untuk para pekerja di industri teknologi untuk dapat saling bertemu. Setelah melakukan sign in melalui LinkedIn, Anda perlu memenuhi profil Anda sesuai dengan pilihan yang tersedia, sebagai seorang engineer, spesialis produk, bisnis, pendiri atau marketing. Kemudian, Anda dapat langsung melakukan swipe untuk menandai orang-orang yang menarik profilnya untuk diajak bekerjasama. Aplikasi ini juga memiliki fitur filter untuk membantu Anda memilih orang-orang dengan background tertentu seperti founder yang sedang mencari bisnis baru untuk dikembangkan bersama atau mencari investor dari firma ternama.

Pencarian melalui nama perusahaan, posisi atau kemampuan tertentu dengan skill di area tertentu juga dapat dilakukan. Jejak pencarian dan ketertarikan yang Anda lewati sebelumnya juga terekam untuk dapat dilihat kembali. Aplikasi ini hanya tersedia untuk para pengguna handphone iOS.

4. Refresh

Sumber gambar: blog.optimizely.com
Sumber gambar: blog.optimizely.com

Refresh membantu menggali detail mengenai profesional lainnya untuk membantu menemukan kesamaan di antara Anda dan calon orang baru yang ingin Anda kenal untuk urusan bisnis. Aplikasi ini melacak orang-orang yang ada di Internet dan media sosial dan menemukan latar belakang pekerjaannya, kebanyakan melalui LinkedIn serta melalui tweet terpopuler yang pernah diposkan ke Twitter orang yang bersangkutan hingga menemukan orang dari latar belakang yang sama, untuk memberikan bahan pembicaraan untuk mengawali percakapan.

Kesamaan ini dapat memunculkan koneksi di antara Anda dan orang yang ada di aplikasi yang sama. Aplikasi ini bisa menjadi ice breaker untuk rekan bisnis potensial dan tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

5. MeetUp

Sumber gambar: barcelonacheckin.com
Sumber gambar: barcelonacheckin.com

Sudah ada sejak tahun 2002, MeetUp membantu terorganisirnya 9,000 pertemuan per hari di antara 19 juta anggotanya yang tersebar di seluruh dunia. Pertemuan dengan sesama pengusaha yang terdekat dari lokasi tempat Anda berada atau pertemuan baru dengan orang yang bias membantu proyek Anda dapat dilacak oleh MeetUp yang juga membantu Anda menemukan grup-grup yang sesuai dengan ketertarikan Anda serta melakukan RSVP untuk acara-acara mendatang. Aplikasi ini tersedia di dalam handphone Android dan iOS.

6. CityHour

Sumber gambar: appreviewcentral.net
Sumber gambar: appreviewcentral.net

Jika Anda sedang berada di kota baru atau sedang memiliki waktu luang tanpa tahu apa yang harus dilakukan, aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan orang dalam jarak 50 mil yang tertarik untuk bertemu langsung dalam waktu dua jam mendatang. Anda dapat melihat latar belakang orang yang ada di dekat Anda sebelum memutuskan untuk bertemu. Dengan demikian, Anda dapat menyamakan goal networking sebelum bertemu untuk berdiskusi. Aplikasi yang masih tersedia untuk pengguna iOS saja ini juga dapat menganjurkan tempat-tempat lokal di kota tempat Anda berada.

7. Bizzabo

Sumber gambar: eventmanagerblog.com
Sumber gambar: eventmanagerblog.com

Jika Anda adalah orang yang sering menghadiri konferensi bisnis, Bizzabo dapat membantu Anda memaksimalkan pertemuan Anda dengan orang yang tepat dengan menunjukkan siapa saja yang menghadiri event yang sama. Anda dapat membangun koneksi, bahkan hingga acara berakhir. Melalui aplikasi ini, Anda dapat langsung melihat profil LinkedIn, Twitter atau langsung mengirimkan pesan pribadi.

Aplikasi ini juga membantu memberikan petunjuk topik yang bisa Anda gunakan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang ada di acara yang sama. Namun, Bizzabo tidak selalu tersedia dalam semua event karena untuk bisa berfungsi, penyelenggara acara harus membayar Bizzabo untuk menawarkannya pada para peserta. Aplikasi ini saat ini tersedia dalam handphone Andorid dan iOS.

8. Let’s Lunch

Sumber gambar: letslunch.com
Sumber gambar: letslunch.com

Di tahun 2011, terinspirasi dari banyaknya orang yang makan siang sendirian, aplikasi ini diluncurkan untuk membantu terjalinnya koneksi antara pengguna yang satu dengan yang lainnya di waktu makan siang. Hingga kini, para penjalin hubungan bisnis aktif dengan total 30,000 orang tergabung di dalam aplikasi ini.

Aplikasi baru milik pengguna handphone iOS ini dapat mempermudah Anda mengatur jadwal meeting dan dapat membantu Anda langsung memilih orang yang ingin Anda temui dengan menggeser profilnya ke tanggal di kalender saat Anda dan orang tersebut memiliki waktu kosong.

Mana yang paling menjawab kebutuhan Anda?

You may also like