Qontak WhatsApp

API WhatsApp Link: Cara Integrasi WA Ke Aplikasi Lain

api whatsapp link

Bisakah API WhatsApp Link Menghubungkan WA dengan Aplikasi Lain? Bagaimana Caranya?

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke pengguna WhatsApp lain, meski Anda tidak menyimpan nomor mereka. Caranya cukup melalui link WhatsApp API saja. Dari link WA yang tersedia di sosmed atau website perusahaan, akan langsung dihubungkan ke aplikasi WhatsApp untuk berinteraksi lebih nyaman.

Cara ini sudah banyak diadopsi oleh bisnis, terlebih untuk bisa membuat link WA sangat mudah, Anda hanya perlu upgrade WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp API. Setelah itu Anda dapat mengintegrasikan API WhatsApp link dengan aplikasi lain yang Anda miliki.

manfaat-api-whatsapp-link


Apa itu API WhatsApp link?

API WhatsApp link adalah link yang digunakan pelanggan untuk langsung terhubung dengan bisnis. Hal ini tak lepas dari API (Application Programming Interface) adalah sebuah interface yang dapat menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Begitu juga link WhatsApp yang merupakan tools untuk menghubungkan WA dengan Aplikasi lain.

WhatsApp link hanya bisa didapatkan dari WhatsApp API. Biasanya bisnis memanfaatkan link tersebut untuk melakukan pemesanan atau mengajukan pertanyaan via aplikasi WhatsApp. Hal tersebut tetap bisa dilakukan meski pelanggan tidak menyimpan nomor bisnis.

API WhatsApp link telah banyak dimanfaatkan bisnis online untuk mempermudah pelanggan menjangkau mereka hanya dengan meng-klik link yang tersedia. Ini merupakan win-win solution bagi kedua pihak. Calon pembeli dipermudah, pemilik bisnis bisa meningkatkan penjualan. Bisnis dapat menyebarkan link WhatsApp ke media sosial seperti dari Facebook, Instagram, dan lainnya untuk lebih banyak menjaring pelanggan.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business Biasa

WhatsApp Business API

Hanya bisa digunakan untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop)

Jumlah admin tak terbatas

Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual

Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat

Menyimpan nomor secara manual

Nomor dan nama otomatis tersimpan

Tidak bisa mengirimkan pesan blast

Dapat mengirimkan pesan blast

Koneksi terputus saat perangkat utama offline

Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif

Tidak bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain

Bisa integrasi dengan aplikasi lain

Tidak ada centang hijau

Ada centang hijau

 Apa Keuntungan Menggunakan API WhatsApp Link?

API WhatsApp link memiliki manfaat utama sebagai sarana bagi pelanggan untuk menghubungi bisnis. Selain itu masih banyak manfaat dari fitur WhatsApp Business yang satu ini, diantaranya:

1. Mempermudah calon pembeli dalam berinteraksi dengan Bisnis

Calon pembeli tidak perlu repot menyimpan nomor telepon di kontak, menuju aplikasi WhatsApp, mencari kontak, baru memberikan pesan untuk bertanya atau melakukan pemesanan terhadap jasa/produk yang diinginkan.

Langkah merepotkan tersebut dapat dihilangkan dengan mencantumkan API WhatsApp link pada media sosial. Hal ini mempermudah pembeli untuk langsung masuk ke kolom chat WhatsApp dan memulai interaksi.

2. Menjangkau lebih banyak calon pembeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, prospek atau calon pembeli harus melalui tahapan dalam sales funnel yaitu awareness. Ketika calon pembeli sudah aware terhadap suatu produk/jasa, tahap selanjutnya adalah interest. Pada tahap ini, calon pembeli menunjukkan ketertarikan dengan bertanya-tanya tentang produk/jasa tersebut.

API WhatsApp link membantu memudahkan calon pembeli melewati tahap tersebut. Seringkali calon pembeli keburu malas untuk memulai interaksi dikarenakan langkah yang terlalu rumit dan panjang. Dengan kemudahan ini, bisnis dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli.

3. Meningkatkan penjualan

Ketika bisnis berhasil menjangkau lebih banyak calon pembeli, artinya kesempatan untuk melakukan penjualan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya keuntungan dan pendapatan bisnis.


Bagaimana Cara Membuat API WhatsApp Link?

WhatsApp API Link hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp official partner seperti Qontak.com. Setelah itu dengan bantuan WhatsApp partner, akun WhatsApp Business akan diajukan menjadi API WhatsApp Business. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak langkah-langkah membuat WhatsApp API berikut ini:

Step 1. Berpartner Business Solution Provider (BSP) Qontak.com

api-whatsapp-link-BSP

Pastikan Anda memilih partner resmi WhatsApp API terbaik di Indonesia seperti Qontak.com. BSP Qontak.com akan memastikan seluruh fitur WhatsApp API yang dibutuhkan dapat Anda miliki dengan harga terjangkau.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Manager

verifikasi-facebook-business-manager-untuk-api-whatsapp-link

Selanjutnya Qontak.com akan mengajuman verifikasi aku Facebook Manger Anda ke pihak Facebook.  Mereka akan memvalidasi kebenaran identitas perusahaan yang didaftarkan. Maka dari itu Anda perlu menyiapkan identitas bisnis seperti:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Qontak.com akan membantu proses ini, sehingga tidak perlu repot untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk registrasi perusahaan. Setelah seluruh syarat terpenuhi, official partner akan mendaftarkan bisnis Anda secara langsung ke WhatsApp.

Step 3. Tambahkan Nomor WhatsApp API Link

isi-profil-api-whatsapp-link

Setelah disetujui oleh WhatsApp, Anda perlu menambahkan nomor telepon yang ingin digunakan. Nomor ini tidak bisa diganti selamanya. Selain itu, Anda bisa melengkapi profil bisnis. Usahakan profil diisi dengan informasi bisnis selengkap mungkin seperti jam operasional, website, katalog dan lainnya. Hal ini akan membantu branding bisnis Anda.

Step 4. Bagikan WhatsApp Link API

share-whatsapp-link-api

Setelah nomor telah aktif, WhatsApp bisa langsung digunakan dan diintegrasikan dengan aplikasi CRM untuk semakin mengembangkan sales dan customer service perusahaan. Kemudian Anda dapat membagikan WhatsApp Link ke semua saluran bisnis yang digunakan seperti instagram, website, media sosial dan lainnya. Hal ini dapat mengoptimalkan sales dan customer service bisnis Anda.


Siapa yang Membutuhkan WhatsApp API Link?

Bisnis dari berbagai industri dan skala bisnis membutuhkan API WhatsApp Link. Sebab fitur WhatsApp Business API satu ini dapat diintegrasikan aplikasi yang dimiliki bisnis seperti Aplikasi CRM tanpa pelu menginstal aplikasi tambahan. Jadi sangat cocok digunakan mulai dari bisnis kecil/UMKM hingga industri retail yang memiliki banyak saluran pemasaran seperti media sosial, marketplace, website dan lainnya. Melalui link WhatsApp, Bisnis dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan memberikan layanan terbaik untuk mereka.  Dengan begitu pelayanan kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih baik dan canggih.


Bagaimana Mengoptimalkan API WhatsApp Link?

Bisnis sebetulnya dapat memanfaatkan API WhatsApp link lebih jauh lagi, selain yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah prospek memulai interaksi, Anda tentu ingin memberikan layanan yang terbaik untuk mereka. Ketika bisnis sudah semakin berkembang, melayani pertanyaan calon pelanggan satu per satu dapat membuat kewalahan. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memaksimalkan penggunaan WhatsApp Chatbot

Chatbot adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan Al yang mampu menangani permintaan pelanggan sederhana. Selain itu banyak hal yang bisa dilakukan oleh Chatbot WA ini, diantaranya

  • Memberikan customer support yang cepat dan tersedia selama 24/7
  • Menangani pelanggan melalui platform yang mereka gunakan sehari-hari
  • Meningkatkan hubungan pelanggan dan customer experience
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan
  • Mendorong lead conversion

Untuk dapat memiliki fitur WhatsApp Chatbot di atas, Anda terlebih dahulu harus terdaftar pada WhatsApp API. Untuk mengetahui bagaimana memulai API WhatsApp, Anda dapat membacanya disini atau berkonsultasi langsung dengan Qontak.com dibawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Integrasi WhatsApp dengan sistem CRM

Integrasi dengan sistem CRM sangat penting bagi Anda yang menggunakan WhatsApp link. Dengan begitu akan banyak membantu Anda dalam banyak hal, seperti:

  • Mendeteksi nama calon pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam WhatsApp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan WhatsApp
  • Memperoleh analisis terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp.

Api whatsapp link


Manfaatkan API WhatsApp Link untuk Bisnis Online Anda

Untuk dapat memaksimalkan fungsi WhatsApp, Anda wajib mempertimbangkan untuk menggunakan API WhatsApp bagi bisnis online Anda. API WhatsApp sangat fleksibel dan memudahkan interaksi antara bisnis dengan pembeli, sehingga membantu bisnis Anda untuk berkembang lebih baik lagi.

Integrasikan bisnis Anda dengan WhatsApp Business API melalui partner terpercaya. Qontak.com merupakan official business partner atau mitra resmi dari WhatsApp Business API.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di samping kanan!


Tonton penjelasan singkat mengenai Whatsapp Business API melalui video berikut ini:

You may also like

By