API Whatsapp Link: Bagaimana Mengoptimalkannya untuk Bisnis Online

api whatsapp link

Apa saja manfaat penggunaan API Whatsapp link bagi bisnis online?

Situasi pandemic CoVid-19 telah membuat bisnis beralih ke online. Mereka tidak bisa lagi mengandalkan pemasukan dari toko fisik sebab kondisi tidak memungkinkan pelanggan untuk datang langsung. Cara terbaik untuk tetap memperoleh pemasukan adalah dengan melakukan penjualan di mana pelanggan menghabiskan sebagian besar waktu mereka saat ini: online. Salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan API Whatsapp link.

Media sosial dan aplikasi pesan menjadi kunci dalam berjualan online, mulai dari Facebook, Instagram, hingga Whatsapp. Aplikasi ini menjadi sarana bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Whatsapp telah mengembangkan fiturnya untuk bisnis yaitu Whatsapp Business API. Whatsapp API ini memiliki berbagai kelebihan, di antaranya adalah integrasi dengan software CRM (Whatsapp CRM), Whatsapp Chatbot, dan API Whatsapp link.

Baca juga: Apa itu Whatsapp API?

API Whatsapp Link saat ini banyak dimanfaatkan bisnis online untuk mempermudah pelanggan dalam menjangkau mereka. Hanya dengan meng-klik link yang diberikan, pelanggan dapat langsung terhubung dan melakukan pemesanan atau mengajukan pertanyaan. Ini merupakan win-win solution bagi kedua pihak. Calon pembeli dipermudah, pemilik bisnis bisa meningkatkan penjualan.

api whatsapp link

 

Keuntungan menggunakan API Whatsapp Link:

  1. Mempermudah calon pembeli dalam berinteraksi dengan bisnis

Calon pembeli tidak perlu repot menyimpan nomor telepon di kontak, menuju aplikasi Whatsapp, mencari kontak, baru memberikan pesan untuk bertanya atau melakukan pemesanan terhadap jasa/produk yang diinginkan.

Langkah merepotkan tersebut dapat dihilangkan dengan mencantumkan API Whatsapp link pada media sosial. Hal ini mempermudah pembeli untuk langsung masuk ke kolom chat Whatsapp dan memulai interaksi.

  1. Menjangkau lebih banyak calon pembeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, prospek atau calon pembeli harus melalui tahapan dalam sales funnel yaitu awareness. Ketika calon pembeli sudah aware terhadap suatu produk/jasa, tahap selanjutnya adalah interest. Pada tahap ini, calon pembeli menunjukkan ketertarikan dengan bertanya-tanya tentang produk/jasa tersebut.

API Whatsapp link membantu memudahkan calon pembeli melewati tahap tersebut. Seringkali calon pembeli keburu malas untuk memulai interaksi dikarenakan langkah yang terlalu rumit dan panjang. Dengan kemudahan API Whatsapp link, bisnis dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli.

  1. Meningkatkan penjualan

Ketika bisnis berhasil menjangkau lebih banyak calon pembeli, artinya kesempatan untuk melakukan penjualan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya keuntungan dan pendapatan bisnis.

Bagaimana Mengoptimalkan API Whatsapp Link

Selain keuntungan di atas, bisnis sebetulnya dapat memanfaatkan API Whatsapp link lebih jauh lagi. Setelah calon pembeli memulai interaksi, Anda tentu ingin memberikan layanan yang terbaik untuk mereka. Ketika bisnis sudah semakin berkembang, melayani pertanyaan calon pelanggan satu per satu dapat membuat kewalahan. Hal ini dapat di atasi dengan penggunaan Whatsapp Chatbot.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Whatsapp Chatbot yaitu:

  1. Memberikan customer support yang cepat dan tersedia selama 24/7
  2. Menangani pelanggan melalui platform yang mereka gunakan sehari-hari
  3. Meningkatkan hubungan pelanggan dan customer experience
  4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam melayani pelanggan
  5. Mendorong lead conversion

api whatsapp link

Untuk dapat memiliki fitur Whatsapp Chatbot di atas, Anda terlebih dahulu harus terdaftar pada Whatsapp API. Untuk mengetahui bagaimana memulai API Whatsapp silakan baca di sini.

Whatsapp API memiliki berbagai kelebihan dibandingkan Whatsapp Business biasa, di antaranya adalah:

  • Memiliki checkmark yang resmi dan terverifikasi dari Whatsapp
  • Kemampuan untuk mengirim blast notification Whatsapp
  • Kemampuan mengakses Whatsapp dari berbagai perangkat
  • Integrasi dengan layanan customer service seperti sistem CRM

Integrasi Whatsapp dengan sistem CRM disebut juga Whatsapp Automation, yang dapat digunakan oleh berbagai skala bisnis.

 

Api whatsapp link

Komponen kunci yang terdapat pada Whatsapp Automation adalah sebagai berikut:

  • Mendeteksi nama calon pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam Whatsapp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan Whatsapp
  • Memperoleh analisis terhadap percakapan Whatsapp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Whatsapp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp

Manfaatkan API Whatsapp Link untuk Bisnis Online Anda

API Whatsapp link memudahkan interaksi antara bisnis dengan pembeli. Untuk dapat memaksimalkan fungsi Whatsapp, Anda wajib mempertimbangkan untuk menggunakan API Whatsapp bagi bisnis online Anda.

Integrasikan bisnis Anda dengan Whatsapp Business API melalui partner terpercaya. Qontak merupakan official business partner Whatsapp Business API Indonesia. API Whatsapp sangat fleksibel dan dapat membantu bisnis online untuk berkembang lebih baik lagi.

Cobalah sekarang dengan Qontak.com.

× Contact Us!