Apa Saja Fungsi Sales Force dalam Bisnis?

apa saja fungsi sales force

Apa itu Sales Force atau SalesForce? Apa saja fungsi Sales Force?

Menurut Cambridge Dictionary, sales force didefinisikan sebagai sebuah grup atau pegawai di perusahaan yang bertanggung jawab dalam melakukan penjualan produk atau service, terutama dengan mengunjungi atau menelpon pelanggan dan calon pelanggan. Secara singkat, dapat diartikan bahwa sales force adalah tenaga penjualan. Namun, apa saja fungsi sales force?

Sales force atau Salesforce biasanya mengacu pada tim penjualan, strategi penjualan, serta teknologi penjualan yang berada di balik sebuah bisnis untuk mendorong tumbuh pesatnya bisnis tersebut. Dalam memaksimalkan produktivitas mereka, sales force selalu memerlukan sebuah software CRM,atau sering disebut salesforce CRM.

Apa saja fungsi sales force?

Tugas utama dari sales force adalah menghasilkan penghasilan dan pendapatan. Apa fungsi sales force lainnya? Selain itu, secara umum fungsi sales force adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan brand awareness

Orang-orang yang kemungkinan menjadi pelanggan baru memerlukan interaksi dan kesempatan untuk mempelajari bisnis yang ditawarkan.

Penggunaan media sosial dapat menjadi cara yang paling efektif saat ini untuk terhubung dengan pelanggan potensial, melakukan promosi sales campaign, dan menyediakan informasi yang perlu diketahui pelanggan mapun calon pelanggan.

Fungsi ini dipermudah melalui integrasi dengan teknologi pendukung CRM, salah satunya Whatsapp. Fitur pesan pada Whatsapp Business API berupa template message membantu memberikan informasi umum dan FAQ (frequently asked questions) kepada pelanggan.

apa saja fungsi sales force

  1. Menambah loyalitas pelanggan

Sales representatif harus bekerja untuk membangun hubungan kembali dengan pelanggan sebelumnya, antara lain melalui promosi, diskon, maupun komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dapat diperoleh dengan aplikasi CRM, di mana aplikasi CRM dapat menyimpan seluruh informasi mengenai pelanggan. Hal ini akan mempermudah sales tim sales ketika melakukan komunikasi kembali ke pelanggan.

  1. Meningkatkan pendapatan

Untuk menghasilkan pendapatan, sales force harus membangun kepercayaan terhadap pelanggan. Tim sales representatif harus bisa melakukan keterikatan pada tiap tahapan dalam sales funnel hingga pelanggan sampai di tahap decision dan melakukan pembelian.

Melacak tiap tahapan dalam sales funnel artinya semakin mudah dengan penggunaan software CRM.

Apa saja fungsi sales force berdasarkan perannya?

Selain itu, fungsi sales force juga dibedakan berdasarkan peran masing-masing tim penjualan. Berikut ini adalah 5 fungsi sales force berdasarkan perannya:

  1. Inside sales

Tim inside sales bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan klien eksisting. Tim ini diharapkan dapat mempertahankan bisnis yang sudah ada dan membangun hubungan bisnis yang kuat dengan mereka. Inside sales akan lebih efektif dan efisien jika ditandemkan dengan strategi inbound marketing.

Sistem CRM dapat membantu inside sales dalam melakukan fungsi ini. Kemampuan software CRM dalam menyimpan data dan riwayat pelanggan memberikan kegunaan CRM dalam meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mempertahankan pelanggan dengan lebih baik. Ditambah dengan modul CRM berupa mobile CRM yang dimiliki Qontak akan semakin mempermudah Anda dalam mengakses data pelanggan.

  1. Outside sales

Outside sales merupakan cara tradisional penjualan secara face-to-face, yaitu dengan melakukan interaksi langsung dengan pelanggan di luar kantor.

Penggunaan software CRM seperti Qontak yang memiliki fitur untuk melacak tim sales dengan live check-in GPS akan sangat membantu. Perusahaan dapat memastikan keberadaan tim sales mereka dengan melakukan check-in dan check-out pada lokasi pertemuan dengan klien.

  1. Sales support

Sales support bekerja di belakang layar dengan menangani detail untuk membantu tim sales melakukan close deal lebih cepat. Fungsi sales support meliputi investigasi calon pelanggan dan membuat profil pelanggan, menganalisis data, dan melakukan research.

Fungsi ini akan sangat terbantu dengan penggunaan software CRM yang dapat menyimpan seluruh data pelanggan, merekam interaksi dengan pelanggan, serta menganalisisnya dalam satu platform. Sales support semakin mudah melakukan fungsinya dalam melakukan research pelanggan dan menyediakan data yang diperlukan.

apa saja fungsi sales force

  1. Client service

Client service berfungsi untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dan memupuk hubungan bisnis yang baik. Dengan memastikan kepuasan pelanggan, peran ini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui pelanggan eksisting.

Fungsi peran ini akan dipermudah dengan adanya integrasi sistem CRM Whatsapp atau call center. Penggunaan aplikasi customer service dapat meningkatkan customer experience menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan membangun Whatsapp untuk customer service.

Memberikan pelayanan yang baik dapat memberikan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan cara ini bisnis dapat mempertahankan pelanggan (customer retention) sehingga pendapatan meningkat.

  1. Lead generation/development

Peran ini berfungsi dalam melakukan penelitian dan membangun jaringan untuk membuat koneksi bisnis yang baru. Penelitian yang tepat dapat membawa bisnis menemukan pelanggan potensial. Lead generation/development juga bertanggung jawab menilai apakah calon klien tersebut akan memberikan manfaat untuk perusahaan.

Sales Force dan CRM

Fungsi Sales Force dan Customer Relationship Management tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Aplikasi CRM diperlukan agar sales force berjalan dengan efektif dan efisien sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas pekerja. Sales force bertujuan untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis.

Otomatisasi bisnis dapat diperoleh dengan melakukan Sales Force Automation (SFA). Sales force automation dapat membantu bisnis bertumbuh tanpa banyak campur tangan. Beberapa yang dapat diotomatisasi di antaranya adalah:

  • Pelaporan dan analisis
  • Pelacakan KPI (key performance indicator) dan GPS sales
  • Otomatisasi data entri dan dokumen

Menemukan sales force yang tepat memang memerlukan waktu serta trial and error. Namun, hal ini sepadan untuk dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Ingin meningkatkan sales force bisnis Anda? Segera hubungi kami untuk meningkatkan produktivitas dan mengotomatisasi bisnis Anda!

× Contact Us!