Apa itu Whatsapp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya

whatsapp business api

Anda mungkin pernah mendengar tentang Whatsapp API. Apa bedanya dengan Whatsapp for Business biasa?

Whatsapp merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan internet. Whatsapp telah membantu lebih dari 1,5 miliar orang berhubungan dan berbagi dengan orang yang penting bagi mereka. Tidak heran jika Whatsapp merupakan cara yang mudah, aman, dan dapat diandalkan bagi bisnis untuk menjangkau pelanggannya.

Apa itu Whatsapp API?

Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang dimilikinya, Whatsapp mengembangkan fiturnya bagi pemilik bisnis melalui Whatsapp Business Official atau Whatsapp API. Selain mendukung fitur sekelompok fitur standard yang disediakan oleh aplikasi Whatsapp biasa, Whatsapp API, atau sering juga disebut API WA bisnis, memiliki beberapa kelebihan. Aplikasi ini dapat diterapkan pada server dan menyediakan API lokal yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pesan secara terprogram.

API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yang artinya memungkinkan developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Dengan demikian, API Whatsapp juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah Ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service.

Versi ini berbeda dengan Whatsapp Business biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel.

Baca juga: Bagaimana Mengintegrasi WhatsApp dengan CRM Perusahaan Anda? Begini caranya!

Bagaimana Memulai Whatsapp API?

Setelah memutuskan untuk menggunakan Whatsapp versi ini, berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memulai Whatsapp API Anda:

  1. Gunakan API mentah dan integrasikan dengan teknologi atau sistem internal perusahaan Anda
  2. Anda juga bisa menggunakan Whatsapp API yang telah terintegrasi menjadi Whatsapp yang lebih canggih, seperti yang disediakan oleh Qontak. Qontak menyediakan Whatsapp API yang telah terintegrasi dengan sales dan customer service untuk membantu mengotomatisasi percakapan dan menumbuhkan bisnis Anda.
  3. Ketika salah satu dari dua hal di atas telah dilakukan, Anda harus bekerja sama dengan official partner Whatsapp untuk dapat mengaksesnya, salah satunya adalah Qontak
  4. Official partner akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat untuk API dan selanjutkan akan memproses untuk mendaftarkan bisnis Anda ke Whatsapp secara langsung

whatsapp business api

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memulai API Whatsapp, kami dapat membantu Anda.

Persetujuan Penggunaan

Setelah selesai menyiapkan akun Whatsapp, terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus Anda patuhi dalam menggunakan Whatsapp API.

Pelanggan harus menyatakan bersedia untuk menerima pesan di Whatsapp dengan menyetujuinya melalui pihak ketiga. Persetujuan ini dapat dilakukan melalui media yang digunakan bisnis Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan/calon pelanggan saat ini, baik website, email, SMS, dan sebagainya.

  • Persetujuan ini haruslah merupakan persetujuan aktif. Artinya, persetujuan harus diberikan melalui tindakan pengguna, seperti memasukkan nomor telepon atau mencentang kotak persetujuan.
  • Pesan persetujuan harus jelas agar pengguna mengetahui jenis pesan apa yang akan diterimanya.

Dengan melakukan hal tersebut, Whatsapp memastikan bahwa notifikasi yang dikirim bukanlah spam dan hanya merupakan informasi yang penting dan relevan.

Fitur-Fitur Whatsapp API

Beberapa fitur yang dimiliki adalah:

  1. Menggunakan satu nomor Whatsapp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  2. Memiliki tanda centang hijau resmi dari Whatsapp untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda
  3. Menyimpan dan mengunduh semua kontak Whatsapp, percakapan, dan lainnya secara otomatis
  4. Akes laporan sales, customer service, dan agen CS Anda
  5. Integrasi dengan layanan customer service seperti sistem Whatsapp CRM

 

Perbedaan Fitur dengan Whatsapp Business biasa

whatsapp business apiDari tabel di atas dapat dilihat bahwa fitur yang dimiliki lebih unggul dibandingkan Whatsapp Business biasa. Namun kembali lagi penggunaannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Karena Whatsapp API sangat fleksibel, Anda dapat bekerja sama dengan provider Whatsapp untuk memperoleh Whatsapp yang dapat memberikan fitur-fitur lebih canggih.

Beberapa fitur tersebut adalah integrasi Whatsapp dengan sistem CRM Sales dan Customer Service. Integrasi tersebut disebut juga Whatsapp Automation, yang dapat digunakan oleh berbagai skala bisnis.

Komponen kunci yang terdapat pada Whatsapp Automation adalah sebagai berikut:

  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan Whatsapp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam Whatsapp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan Whatsapp
  • Memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan Whatsapp untuk melacak berapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • Dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem Whatsapp

Kesimpulan

Whatsapp API memberikan pengalaman interaksi dengan bisnis bagi pelanggan yang aman dan bebas spam. Fitur-fitur yang dimilikinya memudahkan pemilik bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Sebaliknya, pelanggan maupun calon pelanggan juga dipermudah dalam menjangkau bisnis. Inilah yang menjadi keunggulan Whatsapp untuk customer service.

Masih bingung bagaimana memulainya? Hubungi Qontak, salah satu dari official partner Whatsapp API Indonesia yang memberikan solusi Whatsapp, Sales, dan sistem CRM terlengkap untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda.

Source: Facebook for Developers

× Contact Us!