Apa itu Software Manajemen Tugas?

Manajemen Tugas

Dalam kehidupan, akan selalu ada tugas dari berbagai jenis dan tingkat kompleksitas yang berbeda. Dalam pengerjaan tugas-tugas tersebut, hal yang paling menantang dan mempengaruhi keputusan kedepannya adalah pengaturan manajemen tugas tersebut. Semua tugas membutuhkan manajemen yang kompeten – hal ini berlaku dalam kehidupan pribadi ataupun bisnis Anda. Untuk dapat mengestimasikan tugas Anda agar mendapatkan hasil yang efisien, anda dapat menggunakan software manajemen tugas untuk membantu Anda.

Apa itu manajemen tugas, software manajemen tugas,  manfaatnya dan penggunaan software manajemen tugas dalam tingkatan tim dan individu? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Apa Itu Manajemen Tugas?

Task management atau Manajemen Tugas merupakan sebuah aktivitas dimana seorang individual atau pemimpin tim melacak kemajuan tugas melalui siklus hidupnya. Individu ini biasanya akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan penting di sepanjang jalan yang tergantung pada kemajuannya.

Untuk mencapai manajemen tugas yang efektif, diperlukan beberapa bentuk sistem pelacakan yang diformalkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan waktu dan metode yang diuji seperti diagram / grafik Gantt, Spreadsheet, dll. Semua metode tersebut membutuhkan data yang harus selalu diperbarui tiap saatnya untuk mendapatkan hasil yang akurat. Manajemen tugas membutuhkan perusahaan untuk menjadi lebih bergantung kepada data, sehingga hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan untuk perusahaan tersebut mengambil keputusan untuk kedepannya.

Software Manajemen Tugas

Software Manajemen Tugas adalah perangkat lunak yang digunakan untuk meringankan beban untuk setiap proyek atau manajer tugas. Software ini dapat membantu dalam pengaturan, pengolahan tugas secara efektif dengan berbagai fungsi yaitu:

  • Pembuatan tugas
  • Perencanaan
  • Penugasan
  • Pelacakan
  • Pembuatan laporan

Laporan yang dihasilkan merupakan kunci dari manajemen tugas dan memungkinkan analisis yang sangat fleksibel dan intuitif dari efisiensi keseluruhan anggota tim, departemen atau organisasi secara keseluruhan.

Software ini juga tentu dapat membantu Anda berurusan antara individual atau untuk pribadi dengan harapan atau tenggat waktu klien yang tidak realistis atau masalah SDM, dimana semua dapat diatur dengan manajemen tugas.

Bagaimana Software Manajemen Tugas dapat membantu Bisnis Anda?

Software CRM Manajemen Tugas di Qontak merupakan software berbasis cloud. Software ini bergantung kepada persyaratan dari manajemen tugas yang ada. Seperti, ukuran level organisasi dan kepegawaian, tugas individu, Perusahaan kecil, menengah atau Perusahaan besar. Software CRM Manajemen Tugas di Qontak dapat disesuaikan dengan ukuran, kerumitan dan fungsionalitas dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, software manajemen tugas ini dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti manufaktur & distribusi, keuangan & asuransi, properti & kontraktor, logistik dan lainnya.

Software Manajemen Tugas dalam Tim

Kegunaan dari sebuah software manajemen tugas dalam sebuah tim akan membantu manager dalam meningkatkan kolaborasi dan koordinasi anggota tim. Dalam sebuah software manajemen tugas juga dapat melihat bentuk kemampuan untuk mengelola beban kerja dari anggota tim dimulai dari menjadwalkan rapat, pengumpulan tugas dan status pengerjaan (tertunda, sedang berlangsung atau diselesaikan)

Secara umum, manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan software manajemen tugas dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Memaksimalkan Manajemen Tugas dan Meningkatkan Kolaborasi Tim.
  • Menyimpan Tugas Anda Dalam Satu Tempat
  • Dapat Diandalkan dan Aman
  • Memudahkan proses pendelegasian
  • Menambahkan dan menyortir tugas baru dengan mudah
  • Memberikan metrik dan KPI
  • Fleksibel dan dapat diskalakan
  • Dapat digunakan untuk manajemen uang dan waktu
  • Memudahkan komunikasi antar kolega
  • Memberi aksesibilitas yang baik

Software Manajemen Tugas dalam Tugas Individual

Manajemen tugas dalam skala individu mengacu kepada kegiatan sehari-hari yang harus Anda selesaikan. Dalam fungsionalitas professional, manajemen tugas individual dapat membantu Anda untuk mengejar dan mengatur waktu Anda agar semua tugas dapat diselesaikan dalam tenggat waktu. Software manajemen tugas per individual dapat disesuaikan dengan KPI yang telah ditentukan oleh perusahaan, sehingga dapat memudahkan pekerja untuk tetap dalam waktu tenggat pengerjaan target. Untuk mengetahui cara menentukan dan mengelola KPI Anda dapat klik link disini untuk membaca artikel mengenai KPI lebih lanjut.

Software manajemen tugas Individual memudahkan pengguna untuk mengatur tugas dikarenakan:

  • Kegiatan Terpusat
  • Memiliki visualisasi yang jelas dan terperinci
  • Memprioritaskan tugas
  • Melacak kemajuan
  • Aksesibilitas kapans aja dan dimana saja

Keuntungan diatas dapat meningkatkan produktivitas dan mengefisiensikan waktu dalam pengerjaan tugas. Peningkatan produktivitas dari pekerja dapat meningkatkan revenue dari sebuah bisnis, sehingga penggunaan software manajemen tugas sangatlah penting untuk mengembangkan dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Untuk mengetahui software CRM Manajemen Tugas dari Qontak lebih lanjut, anda bisa klik link disini dan berkonsultasi dengan customer service kami.

You may also like