Apa itu Social Selling dan Mengapa Penting bagi Bisnis Anda?

social selling

Social Selling

Media sosial merupakan sebuah wadah online yang dapat membantu kita untuk bersosialisasi dengan orang lain. Akan tetapi, media sosial tidak hanya tentang menjadi sosial, banyak aspek lain di dalamnya termasuk “social selling“.

Melalui media sosial, rekan, karyawan, klien, pelanggan maupun calon investor, secara tidak langsung tepat berada di depan Anda. Membangun hubungan serta membangun kepercayaan dengan mereka itulah yang disebut dengan social selling.

Saat ini, social selling tidak lagi menjadi pilihan dalam menjalani bisnis, akan tetapi sudah menjadi keharusan. Karena hal ini merupakan strategi yang cukup kuat, yang dapat membantu Anda untuk menjual ide-ide Anda, membangun kredibilitas, dan mendapatkan pelanggan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk memanfaatkan social selling?

social selling

Inilah 3 hal yang dapat membantu Anda untuk memanfaatkan kekuatan social selling:

  • Mulailah bangun jaringan Anda

Dasar dari setiap hubungan yang baik adalah memahami. Luangkan waktu untuk memahami calon pelanggan, investor, calon mitra bisnis Anda ataupun klien. Bangun hubungan dengan mereka, dimulai dengan mengetahui siapa mereka.

Situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin maupun situs sosial lainnya memberi kita akses ke informasi penting tentang satu sama lain. Jaman sekarang, orang lebih cepat terbuka di ranah online. Anda dapat memilih siapa orang yang tepat untuk anda hubungi menggali informasi berharga tentang mereka, mulai dari pekerjaan mereka, pendidikan sampai dengan kebiasaan mereka.

  • Jadilah diri Anda sendiri

Disaat Anda telah mendapatkan target yang Anda inginkan untuk bergabung ke dalam jaringan Anda, mulailah berinteraksi dengan mereka. Cari hal-hal umum yang dapat digunakan sebagai bahan pembicaraan awal dan bangunlah hubungan dengan mereka.

Memulai berteman dan membangun hubungan dengan orang lain, sebenarnya sangatlah mudah selama Anda menjadi diri sendiri. Jika Anda dapat membaca kondisi dan situasi, maka Anda dapat memulai pembicaraan dan mengarahkan Anda untuk menemukan orang yang tepat bagi kebutuhan bisnis Anda.

Di ranah online seperti media sosial, hal tersebut dapat tetap dilakukan. Jadilah diri Anda sendiri jika berinteraksi pada blog maupun forum yang Anda suka dan berikan suara Anda pada setiap mereka yang sekiranya memiliki potensi untuk masuk ke dalam jaringan Anda.

  • Kembangkan jaringan Anda

Langkah selanjutnya adalah memperdalam hubungan Anda, hal tersebut adalah yang paling penting dalam bisnis apapun, termasuk menunjukkan kredibilitas Anda. Orang akan bersedia untuk menamkan investasi, bekerja dan memiliki partner bisnis dengan orang yang telah mereka kenal dan mereka percaya. Bangun hubungan yang baik dengan mengesampingkan hal yang berkaitan dengan transaksi bisins. Karena social selling adalah tentang berinteraksi dengan orang melalui cara yang santun. Membina hubungan membutuhkan waktu dan usaha timbal balik yang dilakukan secara terus menerus.

Strategi ini menghasilkan 40% potensi jaringan yang lebih jika dibandingkan dengan cara konservatif seperti cold call. Perusahaan yang memiliki kemampuan dalam membina hubungan, menghasilkan 50% jaringan potensial yang siap diprospek dengan 33% biaya yang lebih murah. Walaupun hasil statistik tersebut merujuk pada proses penjualan tradisional, para pengusaha sebaiknya memperhatikannya.

Gunakan Aplikasi Sales untuk social selling yang Lebih Baik!

Pebisnis manapun pasti ingin meningkatkan bisnisnya dengan praktis dan biaya yang lebih ringan. Hal tersebut dapat dicapai dengan bantuan aplikasi sales yang akan sangat bermanfaat bagi strategi penjualan dan social selling bisnis tersebut.

Untuk membantu melacak proses sales dengan benar, Anda harus memiliki sebuah sistem yang dilengkapi dengan fitur tertentu. Beberapa fitur penting yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Software yang mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis agar dapat mengelola bisnis dengan mudah.
  2. Aplikasi mobile dan GPS offline. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile untuk mengelola bisnis dan melacak lokasi GPS tim sales di lapangan walaupun tanpa akses internet.
  3. Dashboard pelaporan dengan analisis yang dapat disesuaikan, misalnya disaring berdasarkan per tenaga sales, tim, atau periode waktu tertentu
  4. Software KPI dan manajemen tugas untuk melacak kinerja tim dengan metrik yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan sales dan operasional bisnis
  5. Otomatisasi dokumen. Fitur ini memudahkan dalam mengunggah template Spreadsheet dan Word untuk mengotomatisasi seluruh dokumen secara instan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya
  6. Integrasi dengan WhatsApp, Chat, dan Call Center untuk dapat merekam percakapan secara instan
  7. Sales pipeline yang jelas. Sales pipeline harus dapat mudah dipahami untuk mengetahui apa yang terjadi pada tiap tahapan prospek.

Coba GRATIS aplikasi sales terbaik di Indonesia sekarang atau hubungi kami untuk konsultasi gratis!

social selling

You may also like