Qontak WhatsApp

Mengenal Apa itu SFA dan 5 Aplikasi Sales Force Automation Terbaik

Apa itu SFA? Panduan Lengkap Sales Force Automation

Ketahui Apa itu SFA dan 5 Rekomendasi Aplikasi Sales Force Automation Terbaik!

Pernahkah Anda mendengar apa itu SFA? SFA (Sales Force Automation) merupakan sistem atau aplikasi yang dapat menyederhanakan proses penjualan bisnis. Aplikasi SFA dapat secara otomatis menyelesaikan tugas penjualan berulang, sehingga tim sales bisa fokus melakukan penjualan yang berdampak peningkatan pendapatan untuk bisnis.

Saat ini, banyak bisnis memanfaatkan aplikasi SFA untuk mengefisiensikan proses penjualan mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya developer penyedia aplikasi SFA berkembang di pasar lokal maupun global. Apabila Anda ingin mengikuti jejak mereka, kami telah merangkum pengertian apa itu SFA dan 5 aplikasi sales force automation terbaik yang bisa Anda gunakan, sebagai berikut:

5 Rekomendasi Aplikasi Sales Force Automation (SFA) terbaik untuk bisnis Anda diantaranya sebagai berikut:

  1. Qontak.com
  2. Pipedrive
  3. Robi SFA
  4. Salesforce
  5. Hubspot

Apa itu SFA? Pengertian Sales Force Automation

SFA (Sales Force Automation) adalah sistem yang dapat mengotomatisasi tugas bisnis seperti proses sales, melacak interaksi pelanggan, serta menganalisis prakiraan dan kinerja sales.

Sales force automation membantu sales force dalam melakukan tugas repetitif sehingga menjadi lebih produktif dan mempercepat terjadinya close deal. Sales force merupakan tim penjualan, strategi penjualan, serta teknologi penjualan yang berada di balik sebuah bisnis untuk mendorong tumbuh pesatnya bisnis tersebut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata dua pertiga waktu sales force dihabiskan untuk pekerjaan administratif yang tidak menghasilkan pendapatan. Aplikasi sales force automation (SFA) akan membantu mengatasi hal tersebut sehingga mereka dapat lebih produktif dalam melakukan penjualan.

Untuk lengkapnya mengenai aplikasi sales force automation, Anda bisa melihat video berikut ini:


Apa itu Manfaat Penggunaan Aplikasi Sales Force Automation (SFA) Untuk Bisnis?

Setelah mengetaui apa itu SFA, ada baiknya Anda juga memahami manfaatnya. Dimana manfaat utama sales force automation (SFA) adalah untuk membantu tim sales dalam proses penjualan agar perusahaan dapat menjual produk/jasa mereka lebih banyak. Aplikasi SFA dapat mengotomatiskan tugas berulang, sehingga tim sales dapat mengerjakan tugas yang lebih penting.

Manfaat lainnya penggunaan aplikasi SFA adalah

1. Membantu sales force fokus pada tugas penting

Aplikasi sales force membantu salesforce melakukan tugas administrative sehingga mereka dapat lebih fokus melakukan tugas yang dapat menghasilkan pendapatan. Contohnya adalah menelpon klien, melakukan meeting, atau mengatur strategi sales.

Aplikasi sfa

2. Merampingkan proses sales dengan strategi terefektif

SFA membantu proses sales lebih efisien. Tampilan Metode Kanban pada sistem akan membantu tim sales melihat tiap tahapan pada proses sales yang sedang terjadi.

3. Membantu manajer mendapat insight terhadap efektivitas proses sales

Aplikasi sales force automation (SFA) memiliki fitur pelaporan dan analisis yang dapat membantu tim sales melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Hal ini dapat membantu dalam menyusun strategi sales yang lebih baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Saja Fitur-Fitur Aplikasi Sales Force Automation (SFA) Itu?

Saat ini di pasar lokal maupun global, terdapat berbagai pilihan aplikasi sales force automation yang tersedia di pasaran. Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda. Lalu apa itu fitur-fitur SFA yang dimaksud?

Berikut ini adalah fitur-fitur yang biasanya dimiliki aplikasi sales force automation dan digunakan dalam perusahaan:

– Pelaporan dan analisis

Aplikasi sales force mampu memberikan laporan sales secara otomatis secara real time. Hal ini akan membantu manajer ketika memerlukan analisis kinerja sales dan tim dengan cepat. Laporan ini juga membantu manajer dalam membuat perencanaan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Pelaporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales dengan melacak KPI (key performance indicator) software, pendapat bulanan atau tahunan, serta trend penjualan produk.

apa-itu-sfa-sales-force-automation-pada-sales-report-qontak

– Otomatisasi dokumen dan quotation

Pembuatan dokumen dan quotation tidak lagi dilakukan secara manual karena telah diotomatisasi oleh sistem. Aplikasi CRM  dapat menghasilkan dokumen yang dibutuhkan secara instan dalam bentuk dokumen template spreadsheet atau word.

– Pelacakan aktivitas tim melalui GPS

Adanya sistem mobile pada CRM Qontak.com mempermudah melakukan pelacakan lokasi sales di lapangan sehingga manager akan mendapat notifikasi keberadaan mereka. Tim sales hanya perlu melakukan scan kartu nama untuk menghindari pemasukan data secara manual.

– Manajemen sales pipeline

Aplikasi SFA membantu sales force dalam memvisualisasikan sales pipeline dan memodifikasinya sesuai dengan proses sales yang sedang berjalan. Baik perusahaan B2B maupun B2C akan terbantu melihat berbagai sudut pandang proses deals dengan fitur yang dimiliki Qontak.com. Deals yang sedang berlangsung dapat dengan mudah dipindahkan ke tahapan mana pun pada tampilan board. Sales force dapat mengatur tanggal deadline beserta pengingat agar tidak ada deals yang terlewat. Semua deals dapat difilter secara menyeluruh.

– Sistem pesanan pembelian (purchase order system)

Pesanan pembelian inbound dapat dilakukan secara otomatis. Pengelolaan pesanan pembelian dapat dilakukan dari website maupun aplikasi mobile. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan integrasi dengan ERP (enterprise resource planning) maupun sistem internal perusahaan.


Apa itu Perbedaan Aplikasi SFA dan Aplikasi CRM?

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda tidak asing dengan apa itu SFA dan CRM. Padahal pada dasarnya Sales force automation dan customer relationship management  sama, karena SFA biasanya merupakan bagian dari CRM. Namun, secara fungsi terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

CRM membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Maka Aplikasi CRM biasanya digunakan oleh bagian customer service dan berfokus menyimpan informasi berupa kontak pelanggan dan interaksi yang terjadi dengan pelanggan, serta bagaimana mempertahankan pelanggan. Selengkapnya mengenai CRM adalah Apa?

Sementara itu, SFA membantu bisnis dalam mengotomatisasi dan mengelola proses sales. Aplikasi SFA biasanya digunakan oleh sales force dan berfokus pada siklus sales, mulai dari melakukan prospek, kontak dengan klien, hingga close deal.

Walaupun secara mendasar keduanya berbeda, fitur aplikasi SFA dan CRM biasanya terdapat dalam satu aplikasi CRM.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Sales Force Automation?

Selain mengetahui apa itu SFA, Anda juga perlu memahami cara kerja sales force automation. Cara SFA pada umumnya dikembangkan berbasis cloud/web yang terhubung dengan database atau sistem perusahaan. Sehingga, salesman dan unit kerja terkait selalu terhubung kapan saja dan di mana saja secara langsung.

Menggunakan aplikasi SFA yang terintegrasi dengan sistem internal perusahaan, salesman dapat melihat rute perjalanan, daftar penagihan, mengetahui Key Performance Indicator yang harus dan sudah dicapai, hingga mendokumentasikan perjalanan.

Sementara itu, manajer dan supervisor dapat dengan mudah memonitor aktivitas salesman, keuntungan penjualan, stok di gudang secara real-time melalui fitur sales monitoring dimana saja dan kapan saja.

Dengan sistem kerja yang terintegrasi dan canggih ini, tentunya dapat mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh human error. Tim sales juga bisa fokus pada produktivitas penjualan dan pencapaian targetnya.


Faktor Apa yang Membantu Keberhasilan SFA?

Sales Force Automation akan memberi dampak yang lebih baik bagi kinerja tim penjualan ketika sejumlah faktor kondisi terpenuhi. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Aplikasi SFA atau CRM harus dirancang agar dapat dengan mudah digunakan, terutama untuk salesman.
  2. Tersedianya fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  3. Pengguna aplikasi sales harus memiliki sifat positif.
  4. Keterlibatan setiap kelompok pengguna sejak perencanaan hingga penggunaan.
  5. Penyebaran tim multidisiplin dalam tahap perencanaan SFA.
  6. Dukungan manajemen senior terhadap tim penjualan dalam hal pemanfaatan SFA.

Apa saja Aplikasi Sales Force Automation (SFA) Terbaik?

1. Qontak.com

Qontak-Apa itu SFA

Qontak.com menyediakan aplikasi sales force automation yang mampu mengelola, melacak serta menyederhanakan seluruh alur penjualan. Aplikasi SFA Qontak.com dijalankan menggunakan sistem CRM Omnichannel. Sistem ini mempermudah Anda memantau seluruh aktivitas tim penjualan maupun pelanggan dari berbagai saluran bisnis dalam satu platform. Selain itu, tim penjualan juga dapat dengan mudah berkomunikasi dan berkolaborasi pada platform yang sama.

Fitur yang ditawarkan oleh Qontak.com diantaranya meliputi:

  • Tampilan 360 derajat manajemen database
  • Memiliki pengaturan akses hierarki database
  • Menyimpan semua catatan, komunikasi, tugas, dan file secara lengkap
  • Laporan penjualan, layanan pelanggan, serta ticket yang dapat disesuaikan
  • Laporan garis trend dan aktivitas yang memuat laporan mingguan/bulanan serta analisis bisnis yang rinci
  • Visualisasi penjualan, tiket, dan project pipeline
  • Fitur drag and drop, pop ups, dan filter yang kuat dengan multiple pipelines
  • Menangani kesepakatan yang telah berakhir serta mengelola pipeline yang saling terhubung
  • Dokumen yang dapat disesuaikan dari Word atau Spreadsheet

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Pipedrive

Pipedrive-Apa itu SFA

Pipedrive adalah contoh aplikasi sales force automation yang mudah untuk digunakan dan dipelajari. Aplikasi SFA ini khusus dibuat untuk memudahkan bisnis dalam mengelola data penjualan dan pelanggan mereka. Pipedrive memberikan akses manajer dan tim penjualan Anda untuk membuat tugas dan catatan rapat dimanapun. Setiap perubahan data akan langsung disinkronkan ke aplikasi SFA Pipedrive.

Fitur-fitur Pipedrive, antara lain:

  • Sistem Otomatisasi
  • Akses daftar tugas dan kontak Anda secara instan.
  • Temukan pelanggan dan detail kesepakatan.
  • Pencatatan meeting dan panggilan telepon, dapat disinkronkan langsung ke aplikasi web.
  • Membuat panggilan telepon dan email baru hanya dengan satu ketukan.
  • Log panggilan telepon.
  • Jelajahi bisnis Anda pada tampilan peta.
  • Bisa berjalan di atas platform mobile + web.

3. Robi SFA

Robi SFA- Apa itu SFA

Robi SFA adalah contoh aplikasi SFA yang memudahkan dalam bisnis memantau kinerja tim sales lapangan dengan pelacakan lokasi GPS. Dengan Robi SFA, Anda dapat lebih mudah mengetahui kondisi dilapangan dan membantu menyusun strategi penjualan. Dashboard Robi SFA yang mudah dimengerti berdasarkan peta, dapat membantu manajer dalam pengelolaan kegiatan penjualan. Seperti membuat jadwal kunjungan harian sales, memastikan kehadiran sales, update stock, taking order, dan sebagainya.

Fitur-fitur Robi SFA, antara lain:

  • Pencatatan kehadiran tim sales (presensi)
  • Pengelolaan kegiatan penjualan multi-sentral
  • Pencatatan waktu dan lokasi kunjungan toko
  • Pembuatan jadwal kunjungan toko
  • Pengelolaan tugas sales
  • Bisa memperbarui kunjungan toko yang sudah dilakukan secara real-time.
  • Report sales dan analisis melalui Dashboard

4. Salesforce

Salesforce-Apa itu SFA

Sales Force adalah contoh aplikasi sales force automation yang mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis. Aplikasi SFA ini memiliki dukungan tim developer dan programmer handal yang memungkinkan aplikasi berjalan di atas banyak platform dengan teknologi terkini. Selain itu, ada layanan dukungan pelanggan yang merespon dalam 1×24 jam untuk membantu kendala pelanggan.

Fitur yang disediakan oleh Sales Force diantaranya:

  • Sales Cloud
  • Marketing Cloud
  • Service Cloud
  • Salesforce Chatter

5. Hubspot

Hubspot-Apa itu SFA

Hubspot adalah contoh aplikasi sales force automation yang dirancang untuk membantu bisnis Anda tumbuh lebih baik. Aplikasi HubSpot memiliki tampilan sederhana yang mudah digunakan dan bisa menyimpan hingga satu juta kontak. Aplikasi sales ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang memungkinkan mengirimkan email notifikasi ke prospek dan laporan panggilan melalui browser.

Fitur yang dimiliki contoh aplikasi sales force automation CRM HubSpot diantaranya:

  • Otomatisasi alur kerja yang mampu menghemat waktu
  • Prediksi dan menilai prospek potensial untuk diprioritaskan tindak lanjut oleh tim penjualan
  • Integrasi salesforce yang mencatat setiap email, rapat, panggilan dan lainnya di ujung jari Anda.
  • Laporan dan dasbor yang siap pakai dan dapat disesuaikan

Dapatkan Aplikasi untuk Sales Force Automation Anda

Setelah mengetahui apa itu SFA, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi SFA. Sebab, aplikasi Sales force automation membantu sales force dalam mengotomatisasi proses sales sehingga lebih produktif dalam melakukan penjualan. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik gunakanlah aplikasi SFA yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM nomor 1 di Indonesia yang mampu mengotomatiskan proses penjualan seperti aplikasi SFA. Fitur lengkap yang dimiliki Qontak.com akan membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan mengotomatisasi proses sales. Bahkan sistem CRM yang dimiliki Qontak.com telah membantu bisnis dalam meningkatkan produktivitas hingga 64%. Qontak juga telah dipercaya lebih dari 1000+ bisnis untuk meningkatkan sales, marketing dan customer service.

Jika ingin mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda, segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan free trial.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By