Qontak WhatsApp

Apa itu Omnichannel Marketing? Definisi dan Strategi

Definisi dan Strategi Omnichannel Marketing

Omnichannel Marketing Meningkatkan Interaksi Pelanggan, Pelajari Strateginya!

Omnichannel marketing merupakan solusi tepat untuk diterapkan pada bisnis di era ini. Sistem Omnichannel marketing ini dilakukan karena pelanggan modern saat ini tidak lagi terbatas pada satu platform saja, namun mereka terbiasa untuk menggunakan berbagai platform yang ada. Untuk itu, sebagai pebisnis Anda perlu mempelajari Omnichannel marketing strategy agar peluang untuk berinteraksi dengan pelanggan dapat meningkat.

Berikut ini merupakan 6 strategi Omnichannel marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda:

  1. Pengalaman Pelanggan yang Terencana
  2. Gunakan Data Sebagai Acuan saat Menyusun Rencana Pemasaran
  3. Segmentasi Prospek dan Personalisasi Alur Bisnis
  4. Konteks yang Relevan
  5. Gunakan Alat Pemasaran Otomatis yang Tepat
  6. Ciptakan Bisnis yang Berpusat pada Pelanggan

Pelajari Strategi Omnichannel Marketing untuk Meningkatkan Peluang Interaksi Pelanggan


Apa Definisi Omnichannel Marketing?

Omnichannel marketing adalah strategi pemasaran yang mengintegrasi berbagai platform bisnis baik online/offline untuk keperluan branding, komunikasi, dan pemesanan. Strategi marketing Omnichannel ini menitikberatkan pada pengalaman pelanggan yang baik sehingga pelanggan dapat berinteraksi dengan bisnis melalui berbagai platform yang mereka sukai, mulai dari media sosial hingga hotline customer service.

Omnichannel marketing strategy tidak hanya menargetkan terjadinya sales secara online atau offline saja, namun juga gabungan keduanya. Sebagai contoh pembeli dapat melakukan pemesanan lewat online, kemudian produk yang dipesan akan mereka ambil di toko offline. Pada dasarnya Omnichannel Indonesia bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam menemukan, memperoleh informasi, serta memesan produk atau jasa pada sebuah bisnis.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca Juga: 6 Manfaat Penting Aplikasi CRM untuk Online Shop


Apa Manfaat Penerapan Omnichannel Marketing pada Bisnis?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari penerapan Omnichannel marketing yang sayang untuk dilewatkan, yaitu:

  • Meningkatkan peluang terjadinya interaksi dan transaksi. Dengan hadirnya bisnis Anda di berbagai platform bisnis, prospek dan pelanggan Anda memiliki lebih banyak peluang untuk berinteraksi dengan tim customer service atau call center Anda. Dengan meningkatnya interaksi melalui platform tersebut, peluang terjadinya transaksi juga meningkat.
  • Menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Karena Omnichannel marketing strategy berfokus pada pengalaman individu di seluruh perangkat daripada di saluran tertentu, maka pengalaman pelanggan dapat menjadi lebih baik. Hal tersebut mendorong terjadinya lebih banyak penjualan pada bisnis tersebut dan meningkatkan retensi dengan lebih baik.
  • Dapat menyusun strategi dan identitas brand yang kohesif. Menciptakan strategi yang baik di seluruh platform sama halnya dengan membangun citra dari sebuah brand. Dengan berfokus pada hal tersebut, tim bisnis Anda akan mampu menyusun dan memiliki strategi brand yang lebih komprehensif dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Peningkatan pendapatan. Sistem Omnichannel terbaik yang diterapkan dapat mendorong pelanggan untuk terlibat dengan sebuah brand di berbagai platform. Interaksi pelanggan yang meningkat dan beragam di setiap tahapan transaksi dapat membantu meningkatkan pendapatan.
  • Membangun loyalitas. Dengan menerapkan strategi marketing Omnichannel, kemungkinan besar pelanggan akan membeli dari bisnis Anda lagi. Pelanggan tetap rata-rata menyumbang 40 persen dari pendapatan. Meskipun jumlahnya lebih kecil dari basis pelanggan Anda, namun biaya untuk mempertahankan pelanggan lama lebih rendah dibandingkan biaya untuk memperoleh pelanggan baru. Oleh karenanya sangat penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.
  • Data atribusi yang lebih baik. Omnichannel terbaik seharusnya tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan dengan brand Anda, tetapi juga meningkatkan analitik data Anda. Dengan melacak interaksi di seluruh platform, maka bisnis Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan Anda. Misalnya seperti apa pengalaman mereka dengan bisnis Anda, kapan dan di mana pelanggan lebih suka terlibat, dan kampanye mana yang paling membuahkan hasil, dan sebagainya. Semua data ini dapat dimasukkan kembali ke dalam strategi Omnichannel Indonesia Anda untuk membuat kampanye yang lebih bertarget dan mengoptimalkan penggunaan media.

Bagaimana Strategi Omnichannel Marketing?

Anda dapat memperoleh berbagai manfaat yang telah kami sebutkan diatas jika Anda menerapkan strategi marketing Omnichannel yang tepat, di antaranya adalah:

1. Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Omnichannel Marketing Pengalaman Pelanggan yang Terencana

Pahami platform apa yang banyak digunakan oleh mayoritas prospek tertarget Anda. Pelajari juga perilaku mereka di semua platform yang mereka gunakan, dan buatlah rencana terperinci tentang bagaimana pengalaman pelanggan yang akan tim bisnis Anda berikan kepada mereka.

2. Gunakan Data Sebagai Acuan saat Menyusun Rencana Pemasaran

Omnichannel Marketing Data untuk Menyusun Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran harus disusun berdasarkan analisis data sebagai acuan. Anda dapat memperoleh data yang lengkap dan akurat serta analisis data menggunakan aplikasi CRM Qontak.com.  Dengan bantuan data yang tersimpan secara otomatis dalam CRM, Anda akan mengetahui bagaimana perilaku pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan solusi atas kebutuhan pelanggan serta menyelesaikan berbagai tantangan atau masalah yang Anda.

3. Segmentasi Prospek dan Personalisasi Alur Bisnis

Omnichannel Marketing Segmentasi Prospek dan Personalisasi Alur Bisnis

Setelah menganalisis data, Anda dapat dengan mudah mengelompokkan pelanggan ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan pola perilaku umum. Omnichannel marketing strategy ini akan membantu Anda dalam merencanakan alur bisnis yang telah dipersonalisasi untuk setiap jenis pelanggan.

4. Konteks yang Relevan

Pemasaran Multi Saluran Konteks yang Relevan

Bagian terpenting dari strategi marketing Omnichannel adalah konteksnya. Mengirim pesan yang salah ke prospek atau pelanggan pada waktu yang  salah akan membuat pelanggan atau prospek enggan untuk berinteraksi dengan tim bisnis Anda. Pastikan bahwa konteks pada pesan yang Anda kirimkan relevan bagi prospek dan pelanggan dan dikirimkan di saat yang paling tepat.

5. Gunakan Alat Pemasaran Otomatis yang Tepat

Pemasaran Multi Saluran Alat Pemasaran Otomatis yang Tepat

Gunakan alat pemasaran yang tepat untuk menerapkan strategi Omnichannel terbaik Anda. Lakukan analisis menyeluruh sebelum memilih aplikasi Omnichannel marketing yang tepat.

6. Ciptakan Bisnis yang Berpusat pada Pelanggan

Pemasaran Multi Saluran Bisnis yang Berpusat pada Pelanggan

Ini adalah langkah yang penting jika Anda ingin menerapkan Omnichannel marketing pada bisnis Anda. Karena pada dasarnya penerapan strategi marketing Omnichannel berpusat pada pelanggan. Karena kecuali karyawan Anda tidak dilatih untuk menawarkan pengalaman yang konsisten kepada pelanggan, tidak ada strategi atau alat pemasaran yang dapat membantu bisnis untuk meningkat.


Mengapa Strategi Omnichannel Marketing itu Penting?

Omnichannel marketing sangat penting karena dapat membantu pebisnis menciptakan customer experience yang positif, mengurangi angka churn, dan membangun citra positif. Sebagai contoh, bayangkan Anda baru selesai bekerja dan ingin meminum secangkir kopi Starbucks. Selanjutnya Anda tahu bahwa kedai kopi favorit tersebut sering ramai ketika malam hari dan Anda tidak memiliki tenaga untuk mengantre.

Menyiasati banyak pelanggan yang juga seperti Anda, Starbucks memiliki opsi memesan dengan menggunakan aplikasi (mobile apps). Melalui mobile apps, Anda dapat memesan kopi sebelum sampai dan langsung mengambilnya ketika masuk ke toko tanpa harus antre. Hal tersebut merupakan salah satu contoh sederhana dari bagaimana teknologi omnichannel dapat menciptakan customer experience yang positif.


Contoh Penerapan Strategi Omnichannel Marketing di Berbagai Industri

Anda dapat menggunakan strategi marketing omnichannel di beberapa industri, seperti:

1. Telekomunikasi

Marketing Omnichannel dapat digunakan di industri telekomunikasi untuk memungkinkan pelanggan membayar tagihan, mengisi ulang, atau menerima pemberitahuan tentang produk atau promo baru. Qontak, misalnya, membantu perusahaan telekomunikasi untuk menerapkan sistem notifikasi pembayaran otomatis, sistem monitoring ticketing keluhan pelanggan, dan pengingat otomatis. 

2. Tour dan Travel

Dari mengingatkan penumpang tentang penerbangan yang akan datang beberapa hari sebelum perjalanan hingga mengirimkan penawaran terbaik untuk hotel dan restoran, Industri tour dan travel dapat memanfaatkan pemasaran omnichannel sepanjang perjalanan pelanggan. Qontak telah membantu perusahaan penerbangan, hotel, resort, serta biro perjalanan dalam membuat sistem pemesanan tiket melalui chat WhatsApp dan media sosial dengan chatbot, reminder otomatis untuk tiket yang terkonfirmasi dan beberapa hari sebelum penerbangan, serta monitoring keluhan pelanggan. 

3. Perbankan 

Bank dapat menggunakan strategi pemasaran omnichannel untuk mengingatkan pelanggan tentang tagihan yang akan dibayar, atau memberikan kredit, saldo debit terbaru pada transaksi. Anda juga dapat mengumumkan peluncuran produk baru dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan permintaan baru atau membuka akun baru. Sebagai contoh, Qontak telah membantu bank dan perusahaan finansial lainnya dalam mempercepat proses penjualan dan pelayanan pelanggan melalui solusi Omnichannel CRM. Pelanggan bank tersebut sekarang dapat menyelesaikan permintaan dalam 3 menit, bukan 25 menit.

4. Kesehatan

Kesehatan sebagai industri yang sangat diatur, mungkin lambat dalam mengadopsi teknologi omnichannel; namun, beberapa perusahaan kesehatan dan rumah sakit telah mengadopsinya untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pasien. Qontak telah membantu banyak rumah sakit, perusahaan kesehatan serta health tech dalam menawarkan layanan seperti mengingatkan pasien tentang janji dengan dokter, menanyakan ketersediaan untuk janji, dan memberikan tips kesehatan harian untuk meningkatkan keterlibatan.


Dapatkan Aplikasi Terbaik untuk Menerapkan Strategi Omnichannel Marketing Sekarang!

Omnichannel Communications Qontak.com

Diatas kami telah mengulas berbagai manfaat serta strategi penerapan strategi marketing Omnichannel untuk bisnis Anda. Untuk memperoleh manfaat yang optimal bagi bisnis Anda, Anda memerlukan aplikasi Omnichannel terbaik yang hanya bisa didapatkan melalui Qontak.com.

Mengapa Qontak.com? Karena Qontak.com menyediakan aplikasi CRM yang berbasis Omnichannel sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai Omnichannel marketing. Dengan menggunakan sistem CRM Omnichannel Indonesia milik Qontak.com, Anda dapat mengintegrasikan semua platform bisnis yang Anda butuhkan dengan mudah.

Selain itu, Anda dapat mengelola, memonitor, serta menganalisis bisnis Anda pada semua platform melalui satu dashboard. Antarmuka yang dimiliki oleh aplikasi CRM Qontak.com juga ramah pengguna sehingga sangat cocok untuk pengguna pemula sekalipun.

Jangan tunda lebih lama, segera terapkan Omnichannel marketing strategy pada bisnis Anda melalui aplikasi Omnichannel terbaik dari Qontak.com dengan cara klik opsi dibawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

Artikel Terkait: 6 Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis dan 8 Pilihan Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis

0 comments

By