Apa Itu Helpdesk Online dan Manfaatnya

helpdesk online

Apa pun jenis industri dan skalanya, bisnis menghadapi berbagai jenis pelanggan setiap harinya. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sangat penting bagi bisnis untuk memberikan kepuasan pelanggan. Selain meningkatkan customer experience, pelayanan yang baik akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis sehingga meningkatkan customer retention. Salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanannya adalah dengan memfasilitasi tim customer service mereka dengan software helpdesk online.

Apa sebenarnya help desk online? Bagaimana helpdesk dapat membantu bisnis?

Apa itu helpdesk online?

Helpdesk memiliki banyak pengertian, tergantung dari jenis bisnis dan apa tujuan dari help desk tersebut. Secara umum, help desk adalah sebuah sumber yang memberikan informasi dan bantuan yang berkaitan dengan produk/jasa sebuah perusahaan kepada pelanggan atau pengguna akhir. Helpdesk online artinya bantuan tersebut dilakukan secara online. Tujuan dari help desk adalah untuk menyelesaikan masalah atau memberikan arahan tentang suatu produk.

Help desk merupakan salah satu dari jenis aplikasi untuk customer service. Help desk awalnya digunakan untuk IT support, namun sekarang perusahaan menggunakannya sebagai bagian dari layanan pelanggan. Perusahaan biasanya menyediakan helpdesk secara online kepada pelanggan melalui beberapa media, seperti website, aplikasi pesan instant seperti Whatsapp API dan Whatsapp Chatbot, atau email.

Mengapa bisnis memerlukan helpdesk online?

Helpdesk online membantu bisnis untuk mengelola komunikasi pelanggan sehingga dapat memberikan respon yang lebih cepat dan efektif kepada pelanggan. Secara keseluruhan, helpdesk memungkinkan tim support memberikan customer experience yang terbaik kepada pelanggan.

Sistem helpdesk membawa seluruh interaksi pelanggan dari berbagai sumber saluran dalam satu tampilan dan saling terintegrasi satu sama lain. Sebuah helpdesk biasanya memiliki fitur otomatisasi untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan dan melacak apa saja permasalahan yang mereka hadapi. Selain itu, helpdesk juga dilengkapi fitur yang dapat memberikan insight terhadap pengalaman pelanggan serta memberikan analitik terhadap kinerja tim support perusahaan.

Manfaat helpdesk online bagi bisnis

Menggunakan helpdesk online dapat memberikan berbagai manfaat bagi bisnis, di antaranya:

  1. Mendorong kepuasan pelanggan

Salah satu manfaat utama dari helpdesk online adalah meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan penanganan yang mudah dan cepat terhadap permasalahan mereka.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 57% pelanggan mempertimbangkan customer service sebagai alasan utama yang membuat mereka loyal terhadap suatu brand, bahkan melebihi produk/jasa yang ditawarkan.

  1. Menyatukan seluruh saluran customer support ke dalam satu tempat

Helpdesk membantu menyatukan seluruh saluran bantuan dalam bisnis ke dalam satu tempat, mulai dari Whatsapp API, Whatsapp Chatbot, Facebook Messenger, Line, Telegram, email, hingga sistem CRM. Fungsi ini membantu tim support untuk mengintegrasi dan memonitor berbagai saluran dalam satu dashboard, atau sering disebut dengan istilah omnichannel.

Selain itu, menyatukan seluruh informasi dari berbagai sumber juga membantu seluruh tim support memiliki informasi yang sama tentang pelanggan. Hal ini menghindari pelanggan untuk mengulang pertanyaan yang sama ke agen yang berbeda.

helpdesk online

  1. Memperoleh laporan dan analisa menyeluruh

Software helpdesk online yang baik dapat memberikan informasi bagaimana kinerja agen customer support dalam menangani pelanggani, seperti berapa chat/telepon yang ditangani setiap harinya. Sistem helpdesk seperti Qontak dapat memberikan analitik yang canggih dengan pelaporan yang dapat disesuaikan sehingga dapat meningkatkan kinerja percakapan dengan pelanggan.

helpdesk online

  1. Memungkinkan bisnis untuk bertumbuh dan berkembang lebih baik

Pelanggan yang puas sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis. jika pelanggan tidak merasakan pelayanan yang baik, mereka tidak akan loyal. Hal ini akan membuat bisnis sulit untuk bertumbuh.

Memiliki sebuah helpdesk membantu perusahaan untuk bertumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan pelanggan mereka.

  1. Mengotomatisasi customer support

Memiliki sistem helpdesk online membantu mengotomatisasi beberapa tugas harian dari tim customer support, seperti mengirimkan notifikasi dan pengingat. Beberapa sistem helpdesk seperti Qontak juga dapat secara otomatis menangkap nama dan percakapan klien tanpa perlu memasukkannya secara manual.

helpdesk online

Memiliki helpdesk dapat memudahkan bisnis untuk menangani pertanyaan pelanggan dengan lebih efisien dan memberikan customer experience yang lebih baik. Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilih aplikasi help desk yang tepat, namun semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing perusahaan.

Pilihlah aplikasi helpdesk dengan fitur lengkap yang mudah disesuaikan seperti Qontak. Qontak merupakan aplikasi customer service yang terhubung dengan Whatsapp API, Facebook Messenger, Line, Telegram, Email, dan sistem CRM untuk mengotomatisasi seluruh helpdesk perusahaan.

Dapatkan demo sekarang dan miliki sistem end-to-end lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda.

 

× Contact Us!