Qontak WhatsApp

Apa Itu Customer Support dan Manfaatnya untuk Bisnis

Definisi, Tugas dan Manfaat Customer Support untuk Bisnis

Pelajari Pengertian Customer Support dan Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Bisnis Anda!

Apa itu customer support? Pernahkah Anda menanyakan hal yang serupa? Keberadaan customer support dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Oleh karenanya, kita akan mempelajari apa itu customer support serta beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan customer support.

Pelajari Apa Itu Customer Support dan Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Bisnis Anda!


Apa Itu Customer Support?

Customer Support adalah beberapa kegiatan bisnis yang dilakukan oleh tim customer service untuk membantu pelanggan dalam mendapatkan pelayanan yang berkaitan dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam customer support yaitu instalasi produk, perakitan produk, pelatihan, pelayanan komplain, perawatan, penambahan kelas, pemecahan masalah, dan sebagainya.

Customer support pada sebuah bisnis biasanya dikelola dengan menggunakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Dengan adanya customer support, kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap sebuah bisnis dapat meningkat.

Saya Mau Coba Gratis Customer Support Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Customer Support Sekarang!


Apa Tugas Customer Support pada Sebuah Bisnis?

Terkadang masih ada beberapa orang yang salah kaprah dengan istilah customer support dan customer service, padahal keduanya memiliki tugas yang berbeda. Customer service hanya berfungsi untuk membangun hubungan yang berpusat pada pelanggan.  Sedangkan customer support biasanya merupakan sebuah layanan yang disediakan dari vendor perusahaan IT sebagai salah satu jenis dukungan khusus, yang menjadi bagian dari kategori dukungan yang lebih luas yang berorientasi bisnis.

Beberapa tugas dari customer support adalah sebagai berikut:

  • Membantu pelanggan untuk menggunakan produk dan layanan dengan benar, efisien, dan efektif.
  • Memberikan bantuan yang diperlukan untuk memecahkan masalah pelanggan yang berfokus pada pemecahan masalah.
  • Memberikan konsultasi untuk klien mereka agar dapat lebih memahami manfaat produk atau layanan.

Apa Saja Manfaat dari Memiliki Customer Support pada Bisnis?

Setelah membahas tentang apa itu customer support, kita perlu mengetahui manfaat apa saja yang dapat sebuah bisnis peroleh jika menggunakan aplikasi customer support. Secara umum, manfaatnya adalah sebagai berikut:

– Memberikan Citra Positif (Customer Relation)

Kehadiran tim customer service dengan pelayanan yang baik dapat memberikan citra yang positif atau baik bagi sebuah bisnis. Banyaknya pelanggan yang merasa senang dengan bisnis Anda akan membuat orang lain percaya kepada bisnis Anda. Citra yang baik akan membangun hubungan pelanggan (customer relation) yang baik pula. Dengan demikian secara tidak langsung dapat membantu sebuah bisnis untuk membangun branding yang baik serta menjadikannya lebih unggul dibandingkan para pesaingnya.

– Menciptakan Area Kerja yang Positif

Kepercayaan pelanggan yang yang meningkat dengan adanya citra positif yang dibangun meningkatkan hal positif lainnya juga, termasuk semangat dan kinerja tim bisnis Anda. Secara bertahap, hal tersebut akan menciptakan area kerja yang positif di lingkungan bisnis Anda. Bayangkan jika terdapat banyak pelanggan yang tidak puas dengan produk Anda, maka penjualan akan menurun serta komplain yang diberikan pelanggan akan meningkat. Hal ini tentunya dapat membawa area kerja Anda ke arah yang negatif.

– Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaat utama penggunaan customer support adalah meningkatnya penjualan, baik produk atau jasa. Ketika agen customer service Anda dapat menjelaskan fungsi dan cara kerja produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik dan tepat, maka kemungkinan terjadinya penjualan akan meningkat.

– Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain meningkatkan penjualan, agen customer service yang menangani komplain atau permintaan melalui chat pelanggan dengan baik juga bisa memberikan kesan profesionalisme dari perusahaan sehingga pelanggan merasa senang dengan pelayanan perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Pelanggan yang loyal bisa saja merekomendasikan bisnis Anda kepada tetangga, keluarga, bahkan kolega mereka sehingga bisnis Anda akan lebih dikenal.

Baca Juga: 5 Contoh Manajemen Customer Service yang Buruk


Dapatkan Customer Support Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Customer Service CRM Qontak.com

Anda dapat memiliki customer support yang terbaik pada bisnis Anda dengan bantuan dari sistem CRM (Customer Relationship Management) yang disediakan oleh Qontak.com. Mengapa? Karena Qontak.com menyediakan aplikasi CRM dengan fitur yang lengkap serta berbasis Omnichannel. Dengan demikian, Anda dapat mengintegrasikan seluruh saluran bisnis yang Anda perlukan serta mengelolanya dalam satu platform.

Selain itu, Qontak.com telah dipercaya oleh lebih dari 1000 perusahaan besar di Indonesia untuk membantu mereka mengotomatiskan dan merampingkan proses bisnisnya sehingga meningkatkan kinerja tim bisnis mereka. Tak hanya itu, Qontak.com juga merupakan partner resmi Facebook yang dapat membantu Anda memperoleh API pada WhatsApp bisnis dan Instagram bisnis Anda. Jadi, Anda dapat mengoptimalkan bisnis Anda menggunakan semua layanan yang Qontak.com berikan.

Jika tertarik, Anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan tim Qontak.com atau mencoba free trial aplikasi customer support CRM mereka sebelum memulai berlangganan. Klik opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda di bawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

You may also like

0 comments

By