Qontak WhatsApp

Kenali Apa itu CRM, Manfaat, Fungsi dan Penggunaannya

apa-itu-crm

Mengenal Apa itu CRM dan Contoh Penggunaannya dalam Bisnis

Mungkin bagi sebagian besar orang masih asing dengan CRM, lalu apa itu CRM? Arti CRM adalah strategi yang membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan menjadi lebih efisien. CRM juga memanfaatkan teknologi berupa aplikasi untuk menyederhanakan proses bisnis, sehinggan terbangun komunikasi dengan pelanggan lebih baik.

Berikut adalah panduan lengkap mengenai CRM ini menjelaskan tentang apa itu CRM, fungsi, manfaat dan tahapannya? apa manfaat dan pentingnya sebuah aplikasi CRM bagi bisnis, serta bagaimana cara memilih sistem CRM terbaik di Indonesia untuk perusahaan Anda dan fitur-fitur CRM yang harus dicari pada sistem tersebut.


Apa itu CRM?

Sebelum jauh membahas mengenai CRM, kenali dulu apa itu CRM. Arti CRM (Customer Relationship Management) adalah teknologi digital yang  mengelola hubungan antara pelanggan dengan bisnis. CRM mampu merampingkan proses pada bisnis, sehingga meningkatkan produktivitas.

Cara kerja sistem CRM adalah menyimpan setiap interaksi antar keduanya dalam satu database terpadu. Data tersebut dapat diakses dengan mudah kapan saja dibutuhkan.

Tonton penjelasan apa itu CRM dan contohnya dalam video berikut ini:


Apa Tujuan Penggunaan CRM?

Tujuan utama CRM adalah untuk meningkatkan hubungan bisnis. CRM membantu bisnis Anda dalam mengembangkan hubungan yang dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selain itu, tujuan CRM adalah:

  • Melacak tim penjualan dan lokasi KPI/ GPS mereka
  • Membantu staf penjualan dalam mengelola dan mememperoleh lebih banyak peluang
  • Memberikangambaran lengkap mengenai jalur penjualan kepada manajer penjualan dan untuk mengotomatisasi perkiraan penjualan
  • Menjaga kepemilikan jalur penjualan yang merupakan aset utama perusahaan
  • Memastikanperusahaan Anda memiliki gambaran lengkap dari setiap proses penjualan
  • Memberikan gambaran lengkap tentang setiap pelanggan kepada mereka yang membutuhkannya dalam perusahaan Anda
  • Menjalankan dan melacak efektivitas darikegiatan pemasaran yang ada
  • Memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan Anda

Fitur unik yang diperlukan dalam sistem CRM di Indonesia adalah menciptakan sales KPI khusus yang akan digunakan untuk memantau produktivitas, melacak GPS secara langsung, serta mengotomatisasi dokumen. Integrasi dengan Whatsapp dan pusat panggilan (call center) juga penting.

Saya Mau Coba Gratis CRM Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa itu Fungsi CRM untuk Bisnis?

Secara umum, fungsi utama CRM adalah untuk menjaga dan meningkatkan pengalaman customer (customer experience). Selain itu, manfaat penggunaan CRM adalah sebagai berikut:

  • Melacak tim penjualan dan KPI / Sales KPI Anda
  • Meningkatkan manajemen kontak/ basis data (sistem database manajemen)
  • Meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan
  • Memajukan manajemen penjualan
  • Meningkatkan efisiensi dan penjualan
  • Menciptakan kolaborasi antara perusahaan dan tim melalui chatting (WhatsApp CRM)
  • Memfasilitasi akurasi pelaporan dan perkiraan penjualan
  • Meningkatkan wawasan data untuk pemasaran dan pengembangan produk
  • Meningkatkan hasil pada matrik penjualan
  • Membantu pertumbuhan bisnis

Dengan menggunakan CRM, maka aktivitas untuk mendapatkan penjualan serta customer journey dapat disatukan dalam Hub terpusat. CRM sistem akan memfasilitasi kolaborasi tim. Jadi tidak akan ada duplikasi upaya, pesan yang hilang, atau panggilan balik yang terlupakan. Semuanya mengarah pada komunikasi yang lebih tepat waktu, hubungan yang lebih baik dan tentu saja pada lebih banyak penjualan. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat CRM.

apa-itu-crm-qontak


Mengapa CRM banyak Digunakan oleh Bisnis?

CRM dapat memberi Anda gambaran yang jelas tentang pelanggan Anda. Anda dapat melihat semuanya di satu dasbor sederhana. Dashboard tersebut dapat disesuaikan untuk menampilkan riwayat pelanggan dengan Anda, status pesanan mereka, masalah layanan pelanggan yang luar biasa, dan banyak lagi.

CRM akan menciptakan struktur dan susunan bagi perusahaan Anda yang akan mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas. Dengan mengumpulkan data dan mengukur kinerja karyawan & KPI, CRM dapat membantu bisnis Anda untuk menghasilkan uang dengan cara membangun sistem yang baik.

Kelebihan CRM sistem adalah memberikan wawasan yang lebih besar terkait kinerja bisnis serta laporan analisis data penjualan aktual sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis. CRM sistem memberikan gambaran lengkap tentang pelanggan Anda dan aktivitas mereka, sehingga akan membentuk strategi terkait peningkatan pengalaman pelanggan Anda.

Apa-itu-crm-qontak-tracking-kpi


Apa itu Manfaat CRM untuk Bisnis?

Manfaat yang akan didapatkan bisnis setelah menggunakan CRM adalah menjalin hubungan pelanggan dengan baik. Manfaat ini secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan bisnis. Selain itu, manfaat lainnya menggunakan CRM adalah:

1. Menciptakan fokus sentris pelanggan

  • Membantu Anda menemukan setiap pelanggan, kontak, dan komunikasi secara instan
  • Meningkatkan layanan dan dukungan pasca-penjualan dan menyimpan semua catatan dan komunikasi
  • Meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan
  • Dapat meningkatkan penjualan dan profitabilitas

2. Mengkategorikan dan memprioritaskan calon pelanggan

  • Melacak calon pelanggan Anda dari ujung ke ujung
  • Mengotomatiskan proses penjualan Anda
  • Mengelola tugas dan janji Anda
  • Menciptakan Hub terpusat di mana semuanya berada di satu tempat

3. Membuat visibilitas total yang mengakhiri duplikasi

  • Meningkatkan kolaborasi dan lintas tim
  • Memfasilitasi tenaga kerja jarak jauh
  • Merampingkan proses kerja Anda dengan cara mengintegrasikan sistem lain yang Anda gunakan
  • Memberikan Wawasan dan Pelaporan

4. Laporan yang akurat dan terperinci

  • Wawasan aktivitas pelanggan
  • Manajemen ROI pemasaran

Setiap orang di perusahaan Anda dapat melihat semua interaksi dengan kontak yang ada di CRM termasuk komunikasi mereka sendiri, apa yang mereka beli dan kapan sebuah transaksi terjadi, apa yang mereka bayar, dan masih banyak lagi. Kecuali, jika Anda ingin membatasi siapa yang dapat melihat hal tertentu dengan seizin penggunanya.

Saya Mau Coba Gratis CRM Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa saja Tahapan CRM?

Terdapat tiga tahap dalam sistem CRM yang harus dilakukan oleh setiap korporasi, berikut adalah penjelasannya.

– Mendapatkan pelanggan baru (Acquired)

Agar bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru, hal yang perlu lakukan adalah memberikan kenyamanan mereka untuk bertransaksi. Manfaatkan CRM untuk memberikan pelayanan terbaik mulai dari promosi hingga close deal. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya terhadap perusahaan anda.

– Menambah nilai produk atau layanan (Enhanced)

Pada dasarnya ada dua cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan, yakni up selling dan cross selling. Melalui up selling, Anda bisa menawarkan produk yang sama dengan kualitas yang telah ditingkatkan jauh lebih baik. Sementara cross selling, Anda dapat mempromosikan produk pelengkap dari produk yang telah dimiliki oleh pelanggan sebelumnya.

– Mempertahankan (Retain)

Selain fokus mendapatkan pelanggan baru, Anda juga perlu mempertahankan pelanggana yang sudah ada. Caranya dengan memberikan pelayanan dan dukungan penuh seperti mendengarkan pendapat atau masuk dari pelanggan. Misalnya saat pelanggan tidak puas dengan produk Anda, minta masukan sesuai harapan mereka. Kemudian, lakukan evaluasi dan memperbaiki kualitas produk atau layanan Anda.


Apa Rekomendasi CRM yang Terbaik?

Ada banyak sekali aplikasi CRM yang tersedia di pasaran saat ini. Namun, tidak semua aplikasi CRM dapat memenuhi kebutuhan Anda. Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan modal bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa rekomendasi CRM terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia:

Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia:

  1. Qontak.com
  2. Microsoft Dynamics
  3. SalesForce
  4. Pipedrive
  5. HubSpot
  6. Freshsales
  7. Zoho
  8. SAP CRM
  9. Sugar CRM
  10. Oracle CRM

Untuk selengkapnya, Anda bisa membaca: Aplikasi CRM: Top 10 di Indonesia, No. 1 Wajib


Apa saja Contoh Penerapan CRM dalam dunia Bisnis?

Saat ini informasi mengenai apa itu CRM dan contohnya telah banyak ditemukan pada dunia bisnis. Misalnya saja pada industri retail, F&D, manufaktur dan lainnya. Mereka memanfaatkan sistem untuk membantu tim penjualan dan pemasaran merampingkan alur kerja bisnis sehingga  meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Penggunaan software CRM telah berkembang ke tim layanan pelanggan, serta tim support untuk mengelola layanan pasca-penjualan mereka. Berikut adalah beberapa contoh penerapan CRM pada berbagai industri:

– Industri Kesehatan

Indusrti kesehatan memiliki data cukup banyak seperti data pasien yang selalu update, peralatan medis, data karyawan, obat-obatan dan masih banyak lainnya. Semua data tersebut dapat disimpan secara lengkap dan otomatis, serta dikelola dengan baik melalui aplikasi CRM.

– Industri Retail

Aplikasi CRM dapat mengatur masalah stok barang, akuntansi, laporan penjualan dan pendapatan, dan lain-lain. Hal ini sangat diperlukan oleh industri retail yang mempunyai alur penjualan kompleks. Implementasi sistem CRM pada bisnis retail juga untuk menghindari kesalahan umum yang biasa terjadi saat proses penjualan dilakukan secara manual.

– Industri Konstruksi

Pemanfaatan aplikasi CRM pada industri kontruksi  adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan mitra bisnis. Dengan begitu menambah peluang untuk memperoleh proyek baru. Pelanggan atau rekanan yang mempercayai seorang kontraktor cenderung memberikan proyek dengan nilai yang tinggi dan merekomendasikannya ke kolega mereka.

– Industri Manufaktur

Aplikasi CRM banyak dilirik sebagai solusi cerdas untuk perusahaan manufaktur mengelola pelanggan lebih efisien. Hal ini disebabkan karena kemampuan sistem CRM dalam melacak pipeline dan proses bisnis secara real-time serta dalam mengelola kontak pelanggan.

– Industri Perhotelan

Kepuasan pelanggan merupakan aspek penting yang harus diusahakan oleh pihak manajemen hotel. Pengelola hotel harus mampu melayani dan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Aplikasi CRM berbasis web pada industri hotel dapat mewujudkannya. Selain itu informasi yang diperoleh melalui sistem CRM juga dimanfaatkan sebagai penentuan strategi promosi hotel.

Baca Juga: 8 Tips Untuk Keberhasilan Penerapan CRM


Bagaimana Cara Terbaik Memilih CRM?

Cara memilih CRM adalah dengan bersikap realistis tentang kompetensi TI dan kebutuhan Anda, serta berapa banyak yang ingin Anda investasikan. Akan terdapat pertukaran kondisi antara kemudahan penggunaan CRM dan fitur yang disertakan.

Secara umum, harga ditentukan oleh berapa banyak pengguna yang Anda miliki, jumlah catatan pelanggan, persyaratan penyimpanan Anda, dan kompleksitas beberapa fitur. Bahkan jika Anda mampu membayar CRM terbaik dan menginginkan semua fitur, Anda tidak perlu melakukan semuanya sekaligus.

Sebagian besar vendor menawarkan uji coba CRM gratis agar Anda dapat melihat bagaimana sistem tersebut akan bekerja untuk Anda dan mengetahui bagaimana bentuk layanan pelanggan mereka.


Apa saja Fitur CRM yang Harus Diperhatikan?

Fitur CRM yang Anda butuhkan akan bervariasi tergantung pada bisnis Anda. Perlu diingat bahwa tidak semua CRM sama. Ada berbagai tingkatan fitur, mulai dari yang paling dasar hingga fitur khusus yang dapat menarik perhatian para pembeli.

Harga memang cenderung menjadi faktor utama tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan fitur manakah yang benar-benar Anda butuhkan. CRM yang dikemas dengan fitur-fitur yang sebenarnya tidak pernah Anda gunakan akan menjadi lebih rumit, lebih mahal, dan cenderung membatasi pemakaian penggunanya. Hal ini merupakan salah satu alasan yang paling banyak ditemui terkait kegagalan CRM.

aplikasi-crm-reporting

Ada banyak tambahan kecil yang dapat membuat perbedaan terkait bagaimana Anda menggunakan CRM. Cari satu yang bisa Anda sesuaikan dengan bidang dan pengaturan Anda sendiri untuk mencerminkan proses penjualan Anda. Berikut adalah fitur-fitur yang wajib dimiliki aplikasi CRM adalah:

1. Laporan Dashboard CRM

Anehnya, terdapat banyak sistem CRM pada bisnis kecil yang tidak mencakup banyak hal terkait laporan CRM, itupun jika ada. Padahal CRM terbaik akan mencakup penulis laporan Prakiraan Penjualan serta penulis Laporan Listing terkait aktivitas ad-hoc. Jika Anda tidak dapat mengakses wawasan CRM Anda, maka sistem itu tidaklah lebih dari sebuah manajemen kontak.

2. Pelacakan terhadap Tim Penjualan & KPI

Pelacakan terhadap tim penjualan mencakup pelacakan GPS tim penjualan ditambah dengan kehadiran mereka dan semua KPI serta semua tugas yang harus mereka lakukan.

3. Otomatisasi Bisnis

Apa CRM itu dapat membuat bisnis menjadi otomatis? Di dalam dunia bisnis saat ini, bahkan untuk bisnis kecil, otomatisasi CRM telah menjadi suatu keharusan untuk dimiliki. Otomatisasi dapat membantu menciptakan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dengan cara mengotomatiskan proses manual Anda. Berbagai tindakan yang Anda lakukan di CRM akan memicu terciptanya alur kerja untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan serangkaian aturan yang telah Anda tetapkan.

4. Integrasi

Kelebihan otomatisasi dan integrasi CRM adalah untuk meneruskan data antara berbagai sistem yang Anda gunakan, serta memperbarui dan menyinkronkan informasi mengenai pelanggan Anda. Di sini Anda dapat menggunakan integrasi asli melalui API CRM sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan orang lagi untuk memasukkan data secara manual.

5. Integrasi Pemasaran/ WhatsApp & Obrolan

CRM dengan obrolan yang terintegrasi dapat sangat membantu. Sedangkan integrasi pemasaran dapat memungkinkan Anda untuk mengirimkan email promosi secara langsung dari CRM Anda dan merekam interaksi yang terjadi pada kontak Anda kembali ke akun mereka.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur CRM, silakan lihat postingan kami terkait Fitur CRM untuk lebih lengkapnya.


Apa itu Cloud CRM dan Keuntungannya bagi Bisnis?

Cloud CRM adalah sistem manajemen hubungan pelanggan berbasis cloud. Keuntungan menggunakan aplikasi CRM berbasis cloud adalah tidak adanya biaya modal dan pemeliharaan untuk para pelanggan, karena software cloud CRM diciptakan dan dikelola oleh vendor CRM seperti Qontak.com.

Dengan menjalankan ribuan sistem CRM milik para pelanggan, penyedia dapat menciptakan skala ekonomi yang besar. Faktor-faktor inilah yang membuat CRM berbasis web menjadi sangat terjangkau. CRM berbasis web memiliki opsi untuk membayar bulanan atau tahunan, sehingga menyebabkan resiko keuangan yang rendah.

Keuntungan besar lainnya dari CRM adalah bahwa para pengguna CRM dapat mengakses sistem tersebut di mana saja melalui browser internet mereka. Mereka dapat melakukannya  di rumah, di kantor, ataupun saat dalam perjalanan melalui telepon mereka.


Apa itu CRM Qontak.com?

apa-itu-crm-untuk-online-shop

CRM Qontak.com adalah CRM lokal yang efektif dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang ada di Indonesia yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan sekaligus menurunkan biaya bisnis. Sistem kami dapat secara langsung menyesuaikan proses serta kebutuhan bisnis Anda dalam waktu 15 menit.

Dengan memperhatikan tim penjualan serta melacak semua KPI, metrik data, dan tugas mereka, kami dapat membantu bisnis mereka dalam membangun program insentif dan analitik yang kuat untuk menumbuhkan bisnis mereka. Tim penjualan yang dinilai pada akhirnya mempunyai kinerja yang lebih baik dan Qontak.com memungkinkan terciptanya budaya data-sentris.


Cobalah CRM Qontak.com Gratis Sekarang!

Setelah mengetahui apa itu CRM, Anda tentu memahami pentingnya CRM bagi keberlangsungnya bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi CRM yang akan membantu mengelola hubungan pelanggan Anda. Pilihlah aplikasi CRM terbaik yang telah memiliki banyak pengalaman seperti Qontak.com.

Di Qontak.com, kami sangat bangga dengan kesuksesan yang telah diraih oleh para pelanggan kami, oleh karena itu kami mendorong mereka untuk ikut serta dalam memberikan ulasan mengenai CRM agar dapat membantu para pelanggan baru untuk melakukan hal yang sama. Hubungi kami sekarang, disini.

Dapatkan FREE TRIAL sekarang atau dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By