Daftar isi
6 min read

7 Aktivitas CRM dalam Memasarkan Produk

Tayang 19 Mei 2023
Diperbarui 11 Desember 2023
Aktivitas CRM dalam Memasarkan Produk
7 Aktivitas CRM dalam Memasarkan Produk

Aktivitas pemasaran CRM adalah salah satu cara baru untuk mempermudah memasarkan produk. Mengeluarkan sebuah produk atau jasa baru merupakan keniscayaan yang harus dilakukan bagi sebuah bisnis.

Tujuannya jelas, yakni agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat pelanggan semakin loyal.

Namun tentu ada tugas lain yang menanti Anda setelah itu, yakni memasarkan produk atau jasa baru.

Sebagus dan sehebat apa pun produk atau jasa baru tetap saja dapat gagal di pasar bila Anda salah dalam memasarkannya.

Dan kebanyakan pemasar pasti menggunakan metode pemasaran yang umum, yakni menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard tanpa memilah-milah.

Tentu menggunakan metode pemasaran seperti di atas tidaklah salah.

Namun bila Anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan hasil maksimal, tentu akan jauh lebih baik. Nah, hal ini dapat dilakukan dengan aktivitas pemasaran CRM.

Apa itu Aktivitas Pemasaran CRM?

Aktivitas pemasaran CRM adalah sebuah teknik pemasaran yang menggabungkan customer relationship management dan marketing.

Teknik aktivitas pemasaran CRM memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan pemasaran karena memangkas proses administrasi dan semua yang tidak berhubungan dengan proses marketing.

Melakukan aktivitas pemasaran CRM dapat dilaksanakan dengan bantuan aplikasi CRM.

Dengan menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas pemasaran CRM, tentunya semua hal dari melakukan marketing sampai pelanggan itu selesai melakukan transaksinya, semua sudah tercatat secara otomatis di dalam aplikasi.

Karena itu Anda perlu tahu 7 teknik aktivitas pemasaran CRM. yang dapat membantu Anda sukses memasarkan produk atau jasa baru.

aktivitas pemasaran crm

7 Cara Memasarkan Produk melalui Aktivitas Pemasaran CRM:

1. Identifikasi Target Pasar Anda

Target-Tips Marketing

Langkah pertama pada aktivitas pemasaran CRM adalah menentukan target pasar Anda. Sebelum memutuskan untuk membuat produk atau jasa baru tersebut, tentu Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu perihal target pasar Anda. Data-data riset tersebut harus Anda buka kembali saat ingin memasarkan produk Anda. Ketahui usia, jenis kelamin, status sosial dan ekonomi, dan ketahui motivasi atau alasan target market Anda mau membeli produk Anda. Setelah Anda mengetahui target pasar, Anda dapat dengan mudah mendapatkan customer Anda. Salah satu komponen dalam mengidentifikasi target pasar beserta audiens sebagai berikut:

  • Usia
  • Gender
  • Pendapatan
  • Pendidikan
  • Dimana target tinggal

2. Jabarkan Keunikan Produk/Jasa Baru Anda

Langkah selanjutnya dalam aktivitas pemasaran CRM adalah mengetahui kelebihan apa yang Anda jual.  Anda dapat melakukan diferensiasi dengan kompetitor melalui menentukan apa unique selling product Anda. Selayaknya produk atau jasa baru yang belum banyak diketahui orang, maka Anda harus menjabarkan berbagai keunikan atau kelebihan yang ditawarkan. Sehingga target market Anda pun dapat mengidentifikasi apa yang menjadi keunggulan produk Anda dibandingkan kompetitor atau produk sebelumnya.

Produk ini bisa Anda masukkan pada aplikasi CRM sehingga pada saat pelanggan menghubungi Anda dan memesan, semua sudah otomatis tercatat dalam aplikasi.

3. Gunakan Teknik Giveaway

Anda bisa memberikan produk terbaru Anda kepada pelanggan secara gratis melalui giveaway. Kenapa teknik ini penting? agar Anda mendapat awareness dari calon pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan teknik giveaway, Anda bisa mendapatkan jumlah pengikut yang otomatis meningkatkan engagement rate karena mereka juga akan komentar di akun Anda. Apabila produk Anda memang menunjukkan kualitasnya di pasar, kedepannya tanpa perlu giveaway, produk Anda akan diterima dengan mudah.

4. Gandeng Influencer Ketika Launching

Influencer Marketing

Sumber Gambar: grouphigh.com

Saat ini keberadaan influencer dapat sangat menguntungkan bagi sebuah merek. Pasalnya, besarnya pengaruh influencer dapat membuat produk Anda yang baru cepat laku di pasar. Namun pastikan bahwa produk atau jasa Anda yang baru sesuai dengan latar belakang atau kesibukan influencer tersebut. Sehingga influencer pun terlihat benar-benar membutuhkan produk atau jasa baru Anda.

Dampak infuencer yang besar dan luas juga tentu dapat lebih menguntungkan Anda dalam meminimalisir pengeluaran untuk iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard.

5. Sebarkan Press Release Berkelanjutan

cara memasarkan produk press release

Sumber Gambar: makomarketing.com

Umumnya produsen besar sering mengundang wartawan dalam proses launching produk baru mereka. Tujuannya agar peluncuran tersebut dapat diberitakan dan dibaca oleh khalayak luas. Tapi, satu kesalahan yang sering dilakukan produsen besar yaitu hanya memberikan press release dalam bentuk email marketing saat launching. Setelah itu tak ada press release lagi yang diberikan.

Anda perlu menambahkan lagi hal yang dilakukan produsen besar tersebut, yakni hasilkan press release berkelanjutan. Setelah press release saat launching, Anda bisa menyebarkan press release yang berisikan testimoni pelanggan, kabar mitra terkait, atau hal lain yang masih berhubungan dengan produk atau jasa baru Anda. Sehingga berita yang bersangkutan dengan produk atau jasa baru Anda masih dapat terus tersiar.

6. Biarkan Pelanggan Mencoba Sebelum Membeli

Beri kesempatan kepada pelanggan Anda untuk mengenali lebih dekat produk atau jasa baru yang Anda tawarkan. Anda bisa membuat versi uji coba gratis bila produk baru Anda berupa aplikasi. Atau Anda bisa berikan ulasan berupa video produk. Atau selipkan jasa terbaru Anda sebagai jasa gratis lebih dulu pada pelanggan yang menggunakan layanan jasa Anda yang sudah ada sebelumnya.

7. Tentukan Tempat dan Media Iklan Anda

aktivitas pemasaran crm

Beriklan memang perlu dilakukan agar pelanggan Anda dapat selalu teringat pada produk Anda. Inilah kekuatan iklan yang paling diincar. Tapi Anda tak boleh sembarangan memasang iklan agar hasilnya setimpal dengan pengeluaran Anda nantinya.

Memasang iklan di televisi, radio, koran, internet, spanduk dan billboard tentu memerlukan biaya yang tak sedikit. Apalagi setiap media belum tentu efektif dan tepat bagi produk baru Anda. Karena itu Anda harus tahu betul target market Anda, seperti tempat apa yang sering mereka kunjungi, apakah mereka lebih sering menonton televisi atau mendengar radio, apakah mereka aktif di internet atau tidak, atau website seperti apa yang sering mereka kunjungi.

Praktikkan Aktivitas Pemasaran CRM Anda sekarang!

Omnichannel-Strategi pemasaran media sosial

Bagaimanapun, aktivitas pemasaran CRM yang tepat perlu dilakukan agar produk atau jasa baru Anda berhasil di pasaran. Sebab tanpa teknik pemasaran yang tepat, maka produk atau jasa baru Anda tidak mungkin dapat sampai ke pelanggan yang membutuhkannya. Sehingga sudah pasti produk Anda akan gagal di pasar. Karena itu 7 teknik pemasaran CRM ini dapat menjadi pegangan bagi Anda agar lebih berhasil memasarkan produk atau jasa yang baru.

qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Instagram API, Omnichannel Facebook Messenger, dan WhatsApp Business API. Semua layanan pelanggan pada social media Anda dapat dijalankan dalam 1 platform. Terlebih, qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini

Kategori : CRMMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales